Panduan Wisata Bali Selatan: Keliling Bali Selatan Dalam Sehari!

Bali selatan itu luaaas banget, jadi bingung mau milih datang ke tempat wisata Bali Selatan yang mana aja, apalagi cuma punya waktu sehari doang. Tetapi, bagaimana jika ternyata bisa berburu tempat wisata Bali Selatan dalam satu hari? Nah bakal capek enggak ya? Nggak bakal sih, yang ada bakalan seneng banget liburan ke Bali, melihat tempat wisatanya yang cakep!

Begitulah komentar para traveler  yang mau mencoba menjelajah tempat wisata bali bagian selatan. Kalau udah beli buku pertama saya tentang bali yang berjudul The Traveler Notes : Bali The Island Of Beauty. Memang bali bagian selatan itu rajanya pantai, bahkan ketika kesasarpun masih bisa ketemu pantai kok! Hehee.

Nah, biar waktu traveling tidak dihabiskan hanya untuk bingung milih pantai di Bali Selatan mana yang asik buat dikunjungi, juga tempat wisata Bali Selatan mana yang asik. Saya mau deh, berbagi rahasia cara melahap tempat wisata dan pantai cakep bagian selatan dalam sehari. Mulai dari yang namanya sunrise, makan siang di tepi pantai hingga ngedapetin sunset yang romantis. Mau tau gimana caranya? Buat para beachholic baca sampai abiss…!

Mengunjungi Wisata Bali Selatan Dalam Sehari!

Untuk pertama, wisata bali selatan berupa pantai dulu ya! Karena memang pantai adalah salah satu tujuan wisata yang nggak bisa dilewatkan kalau ada kesempatan liburan ke Bali. Mulai dari pantai untuk menikmati sunset, hingga pantai untuk menikmati sunrise yang syahdu!

Berburu Wisata Bali Selatan Berupa Pantai : Sunrise Pantai Sanur!

Berburu wisata Bali Selatan berupa pantai, melihat sunrise di Pantai Sanur.
Berburu wisata Bali Selatan berupa pantai, melihat sunrise di Pantai Sanur.

Ada puluhan pantai di Bali Selatan yang cantik, tetapi hanya Pantai Sanur yang merupakan pantai terbaik untuk menyaksikan sunrise. Mana lagi coba, tempat yang paling kece dan deket buat ngeliat sunrise? Dari area Kuta dan denpasar bisa dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit, dekat sekali bukan?

Pastikan malam sebelumnya kamu tidak begadang atau keasikan dugem di Legian, karena biar enggak ketinggalan yang namanya sunrise. Selain itu kamu harus sampai di Pantai Sanur sekitar jam 5:30 pagi, atau jika mau ngerasain ademnya pantai di Bali Selatan spesialis sunrise ini, bisa datang lebih pagi lagi.

Saya pernah juga datang jam 4 pagi, soalnya emang niat booking tempat strategis buat hunting foto sunrise di Pantai Sanur. Buat photography mania harus di catet nih! Datang lebih pagi~~ lebih pagi dari ayam kalau bisa! Karena kalau kesiangan ya nggak dapet pemandangan sunrise cakep di Pantai Sanur deh.

Melihat Ombak Di Pantai Penyu, Pulau Serangan Wisata Bali Selatan Berupa Pulau

Ini lho pantai di Bali yang namanya Pantai Penyu :D
Ini lho pantai di Bali yang namanya Pantai Penyu :D

Menjelang siang, ketika atraksi matahari terbit di Pantai Sanur sudah selesai, satu tempat wisata Bali Selatan yang asik untuk di kunjungi adalah Pantai Penyu yang ada di Pulau Serangan. Hah? Di Pulau Serangan? Harus nyeberang pake perahu dong? Enggak perlu menyeberang memakai perahu kok, karena pulau ini sudah terhubung ke Pulau Bali oleh sebuah jembatan.

Dulu sih rencananya di pulau ini akan dibangun sebuah resort, setelah dilakukan reklamasi besar – besaran. Tetapi, kenyataannya sekarang ini Pulau Serangan malah lebih pupuler dengan Pantai Penyu sebagai tempat para bule yang gila surfing. Kalau mau surfing bisa juga mencoba skill menaklukkan ombak di pantai ini.

(Baca Juga : 5 Pantai Dengan Pemandangan Sunset Terbaik Di Bali)

Yang gak bisa surfing, tapi sekedar ingin menyaksikan para penunggang ombak atau mau coba cari kecengan bule – bule six pack dan two pieces, pas banget waktunya kalau berkunjung ke pantai ini menjelang siang. Biasanya para surfer yang gila ombak itu datang untuk menjajal skil surfing mereka pada jam segitu.

Untuk masuk ke pantai penyu akan dikenakan tiket total sebanyak Rp. 3000 (Data tahun 2012), Rp. 1000 untuk masuk ke Pulau Serangan, dan Rp. 2000 untuk ke Pantai Penyu. Sedikit tips jika membawa kamera DSLR untuk tujuan pribadi, bukan untuk publikasi atau semacamnya. Ada baiknya kamera DSLR tadi dimasukkan kedalam tas, karena kamera tadi kadang dianggap untuk keperluan komersial. Alhasil, dikenakan charge yang cukup mahal nantinya. Tapi, kalau memang untuk keperluan komersial, sebaiknya dibayar yah, itung – itung ikut membantu mensejahterakan Pulau Serangan.

Makan Siang Di Tepi Teluk Jimbaran

Berpanas - panasan di Pantai Jimbaran sepertinya asik!
Berpanas – panasan di Pantai Jimbaran sepertinya asik!

Rangkaian berburu tempat wisata Bali Selatan dalam sehari bisa bikin capek dan laper juga loh, apalagi setelah mendatangi dua pantai.  Nah, pantai yang ketiga ini bisa didatangi pada waktu tengah hari, ketika perut sudah mulai keroncongan. Di Teluk Pantai Jimbaran tidak hanya bisa melihat ombak, atau air laut saja, tetapi juga bisa berburu makanan laut segar, kemudian menyantapnya di tepi laut. Eh? Bukannya Jimbaran ini asiknya cuma buat dinner di malam hari ya?

Siapa bilang kalau di Jimbaran itu hanya asik buat makan malam saja? Enggak kok, malah yang paling seru itu kalau makan siang di Jimbaran! Berburu seafood segar di pasar ikan Kedonganan yang terletak di Jimbaran, kemudian menikmatinya dengan hembusan angin sepoi – sepoi teluk jimbaran. Dan, yang menyenangkan lagi, harga seafood tadi bisa lebih murah! Yang traveling ala backpacker-pun bisa kok, gak bikin jebol kantong lah!

Bersantai Di Pantai Padang – Padang

Pantai Di Bali Selatan, pernah disambangi si Julia Robert, siapa sih dia? :D
Pantai Di Bali Selatan, pernah disambangi si Julia Robert, siapa sih dia? :D

Lewat tengah hari, matahari sudah tidak begitu panas, karena itu mencari pantai yang bisa digunakan untuk bersantai sebelum menyaksikan sunset adalah pilihan yang tepat. Untungnya Bali Selatan memiliki pantai dengan akses yang mudah seperti Pantai Padang – Pandang. Meskipun dulu pantai ini lokasinya agak terpencil, sekarang akses ke tempat ini sangat mudah, posisinya tepat berada di tepi jalan, cukup dekat dari Jimbaran.

Pantai ini menjadi terkenal sejak Julia Roberts iseng – iseng bersantai di tempat ini dalam film “Eat, Pray, Love” nya. Sebenarnya pantai ini bisa menjadi terkenal meskipun bukan karena si Julia Robert, karena pantai Padang – Padang sendiri memang pantai yang cantik untuk bermain air laut dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Menikmati Matahari Terbenam Di Pantai Suluban

Pantai Suluban adalah salah satu pantai di Bali Selatan yang memiliki sunset view cakep :)
Pantai Suluban adalah salah satu pantai di Bali Selatan yang memiliki sunset view cakep :)

Menikmati matahari terbenam di Bali Selatan adalah sesuatu yang paling asik menurut saya. Suasana tenang, romantis, kekaguman terhadap lukisan alam ciptaan tuhan, semuanya terbungkus menjadi satu. Dan, Bali Selatan memiliki banyak pantai yang asik untuk sekedar menghabiskan waktu senja, menunggu matahari terbenam bersama teman atau kekasih.

Nah, dari sekian banyak tempat wisata Bali Selatan, Pantai Suluban adalah salah satu dari yang terbaik. Selain bisa melihat cantiknya matahari terbenam Bali Selatan, di pantai ini juga disajikan atraksi para surfer profesional yang sedang mengasah kemampuan menunggang ombaknya. Melihat matahari terbenam di Pantai Suluban itu bagaikan “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Bisa menyaksikan matahari terbenam, sambil menyaksikan atraksi surfing gratis! Tertarik!?

Rekomendasi Penginapan Atau Hotel Ketika Mengunjungi Tempat Wisata Bali Selatan

  • The Pavilion Hotel Kuta
  • Aquarius Legian Hotel
  • Grand Mega Resort Spa Bali
  • Hidden Oasis Bed Breakfast
  • Hotel Ratna
  • Jesen’s Inn 1
  • Jesen’s Inn 3
  • La Inn Kuta
  • The 101 Bali Legian Hotel
  • Pop Hotel Kuta Beach
  • Sayang Maha Mertha Hotel
  • Amazing Kuta Hotel
  • Balisani Padma Hotel
  • Wedari Guest House
  • Udayana Kinfisher Eco Lodge
  • Kemala Bed And Breakfast
  • The Gong Hotel
  • The Hill Ungasan House Hotel
  • The Puncak Hotel And Villa
  • Surga Bali Cottages
  • Kiki Home Stay
  • Sandat Mas Cottages

Peta Berburu Wisata Bali Selatan Berupa Pantai Dalam Satu Hari!!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
15 Responses
  1. Wisata Bali

    WOW! bener2 indah pantainya, semoga saja kita dapat menjaga kebersihan pantai disana agar semakin banyak turis yang mau pergi kesana. :D

  2. shieren

    hai, info nya berharga banget,sy sampe beli bukunya loh untuk persiapan juli nanti kesana.mau tanya dong kalo mau main jet ski, banana boat gitu yang murah tapi oke dimana?apa lebih baik beli paket voucher di internet seperti www[dot]kutaraya[dot]com , www[dot]balitobali[dot]com atau mending langsung nego harga disana?thx before :)

  3. Pernah seharian penuh berburu pantai di Kecamatan Kuta Selatan dari Tanjung Benoa sampai Pantai Jimbaran. Karena waktu mepet dan gak tau kapan lagi baru bisa ke Bali, akhirnya 1 hari tersisa di pake buat berburu foto setiap pantai di selatan Bali karena jaraknya berdekatan.

    Saya mulai dari Watersport Tanjung Benoa > Pantai Geger Nusa Dua > > Pantai Pandawa > Pantai Green Bowl > Pantai Melasti > Pantai Suluban > Pantai Padang Padang > Pantai Jimbaran

    Sempat mau ke Pantai Bingin dalam perjalanan antara Pantai Suluban dan Pantai Padang Padang, tapi kayaknya sudah terlalu ekstrim lokasinya, sudah kapok pas di Green Bowl. Simpan tenaga untuk Pantai Suluban dan Pantai Padang Padang yang berdasarkan informasi cukup panjang juga anak tangganya. hahaaa

    Sampai di Pantai Jimbaran benar-benar sudah kehabisan tenaga, habis itu langsung balik homestay, mandi dan cabut dari Bali.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: