Melirik Pasar Ikan Segar kedonganan, Alternatif Ekonomis Untuk Para Pecinta Seafood

Sebenarnya sudah lama saya mencari pasar yang khusus menjual ikan seperti Pasar ikan segar Kedonganan ini, terutama untuk di Pulau Bali bagian selatan. Akhirnya baru “nemu” setelah kemarin muter – muter sampai kulit jadi sedikit eksotis di Teluk Jimbaran. *Padahal memang udah eksotis gara gara sering ke pantai :D*

Akhirnya saya punya kesempatan untuk melihat – lihat sekaligus membeli ikan di pasar ikan segar Kedonganan ini, setelah mendapat tugas mencari ikan segar buat dibakar di year end party 2011 bareng teman- teman kantor unyu jaya family. Lumayan deh daripada muter – muter di pasar tetapi enggak beli, cuma melihat saja.

Pasar Ikan Segar Kedonganan, pusatnya ikan segar di Bali Selatan! Beneran, kalian nggak akan menemukan pasar ikan lagi selain disini untuk di area Bali bagian selatan! Kalau nggak pecaya coba ubek-ubek aja deh sampai pusing :D

Paling enak ikan kakap merah ini nih!
Paling enak ikan kakap merah ini nih!

Tahu enggak yang namanya pasar itu pasti ramai? Ya iya lah kalo sepi kuburan kali…! Tetapi kayaknya kuburan sekarang udah gak sepi lagi deh you know why gak usah dibahas deh :D. Anyway ini pertama kalinya saya ngubek – ngubek pasar ikan segar. Taunya sih dulu cuman pasar tradisional aja, itupun dipaksa emak, kalo enggak mau ga dimasakin,, doh!!.

(Baca Juga : Senja di Pantai Segara)

Sedikit kaget juga kalo ternyata pasar ikan Kedonganan ini rame banget, apa lagi musim akhir tahun. Ada banyak orang yang mencari ikan segar karena punya acara bakar – bakar, termasuk para bule yang lagi liburan di Bali. Hemm, banyak juga ya yang nyasar di pasar ikan ini. Mungkin mereka lagi males beli langsung di cafe-cafe yang ada di Jimbaran.

Atau mungkin para bule tadi ingin merasakan serunya tawar-menawar dengan penjual ikan yang ada di pasar ikan di dekat Jimbaran ini. Saya juga, nggak sabar ingin menawar untuk membeli ikan-ikan segar disini. Sebelum menawar tentu harus saya pastikan dulu ikannya nanti segar atau sudah lama.

Berbagai macam kepiting juga ada loh, jangan lupa ditawar kalau mau beli
Berbagai macam kepiting juga ada loh, jangan lupa ditawar kalau mau beli

Dari sekilas sih, sepertinya sebagian besar ikan di Pasar Ikan Kedonganan ini masih segar-bugar. Eh, mati tapi masih segar ding! Soalnya memang ikan-ikan ini ditangkap dari area sekitar selat Bali, daerah di sekitar Banyuwangi hingga paling jauh katanya di area pantai selatan Jawa. Setelah ditangkap biasanya langsung dimasukkan ke lemari es. Jadinya sampai pasar ikan ini masih segar untuk dimasak deh.

Lokasi Pasar Ikan Kedonganan ini mudah sekali di temukan, karena lokasinya dekat dengan Teluk Jimbaran atau di dekat Pantai Kedonganan. Kalau penasaran cari saja di google map, atau tanya – tanya orang kalo lagi di bali. Kalo gak mau susah, ntar saya publish peta ke arah pasar ikan segar Kedonganan ini (ps: peta lokasinya sudah dipublish di bawah ya).

Buat pecinta seafood anda boleh ngiler ketika berkunjung ke pasar ikan ini, karena banyak sekali jenis seafood yang dijual di Pasar Ikan Kendonganan ini. Mulai dari jenis ikan A-Z. Sampai – sampai ada yang bahkan saya enggak tau jenisnya. Maklum saya bukan ahli ikan, cuma jago makan ikan saja :p.

Ada berbagai jenis ikan di Pasar Ikan Kedonganan
Ada berbagai jenis ikan di Pasar Ikan Kedonganan

Yang jelas di pasar ikan Kedonganan ini saya bisa menemui banyak sekali hasil tangkapan laut nelayan yang dijual. Dari berbagai jenis Ikan, Cumi-Cumi, Kerang, Kepiting, Udang hingga Lobster super besar. Tinggal beli sesuai kebutuhan dan selera saja sih! Toh harganya bisa ditawar lagi. Kalau makan di cafe dekat Pantai Jimbaran mana bisa nawar!

Terus, harga ikan segar di pasar ini relatif murah, apalagi kalo di bandingkan dengan warung seafood yang berterbaran di Jimbaran. Kisaran harga perkilo mulai dari Rp. 30.000. Kebetulan kemarin yang buat dibakar di year end party 2011, saya mendapatkan red snapper dengan harga Rp. 50.000 per/Kg.Agak terlalu mahal sih, karena harga di hari normal sekitar Rp. 30.000 per/Kg, maklum efek tahun baru harga malah naik semua.

(Baca Juga : Woooo! Di Bali Ada Pura Ditengah Laut!!)

Selain bisa bawa pulang ikan dalam keadaan segar, di pasar ikan Kedonganan ini juga terdapat penjual yang bisa sekaligus memanggang ikan yang telah dibeli. Soalnya ada banyak penjual di area luar pasar yang sedang membakar ikan. Dari informasi yang saya dapatkan, biaya untuk membakar ikan disini mulai dari IDR 20 ribu per kilogramnya. Murah atau mahal ya segitu?

Mau dibakar di pasar langsung juga bisa
Mau dibakar di pasar langsung juga bisa

Namun dengan harga segitu biasanya sudah lengkap dengan sambalnya kok. Bisa milih antara sambal matah yang segar dan lezat atau sambal terasi dengan rasa dan aroma yang kuat menusuk indra perasa kita. Jika ingin langsung dibakar disana, sebaiknya jangan datang pas rame ya. Biar makannya nanti juga lebih nyaman.

O iya, selain untuk berburu ikan segar dan tempat membakar ikan. Di pasar ikan segar Kedonganan ini juga banyak terdapat alat – alat untuk memanggang termasuk arang juga. Karena itu jika punya rencana stay di bali, lebih baik bikin acara bakar – bakar sendiri dan cari ikan-nya disini. Lebih seru dari pada dinner ala Jimbaran yang bisa bikin kantong bocor. Terutama jika terlalu sering makan di cafe tepi pantai Jimbaran Bay :D.

Fakta Tentang Pasar Ikan Kedonganan :

Suasana di luar pasar ikan segar Kedonganan ini lumayan ramai
Suasana di luar pasar ikan segar Kedonganan ini lumayan ramai
  1. Berlokasi di desa Kedonganan, Teluk Jimbaran, di selatan Bandara Ngurah Rai tepatnya.
  2. Sebaiknya ke sini waktu musim ikan dan tidak di peak season, karena dipastikan harganya jadi melambung tinggi. Tetapi kalau tidak bisa di hindari, pastikan ada yang raja tega menawar :D
  3. Pun begitu, selalu coba tawar ketika beli. Siapa tahu dapat harga yang termurah di pasar ikan segar Kedonganan ini.
  4. Sebagian besar ikan yang dijual tidak semuanya dari perairan Bali, bahkan katanya lebih banyak dari perairan jawa.
  5. Bagi yang tidak mau repot, ada yang juga yang bisa di bakar di tempat.
  6. Ingin Lihat Lebih Banyak Fotonya klik disini

Peta Lokasi Dan Rute Ke Pasar Ikan Segar Kedonganan :

Alamatnya bisa dilihat dibawah ini ya, atau di google maps dibawahnya.
Pasar Ikan Kedonganan
Jl. Pantai Kedonganan
Jimbaran – Bali

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • diskripsi tentang aroma pasar ikan
  • jual ikan laut dibali
  • lokasi pasar ikan kedonganan
  • pasar ikan benoa
  • Pasar ikan wilayah kuta bali
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
7 Responses
  1. Pasir, Sunset Dan Humanisme pantai Kuta, Sisi Lain Dari Pantai Kuta

    […] Melirik Pasar Ikan Segar kedonganan , Alternatif Ekonomis Untuk Para Pecinta Seafood […]

  2. Dream Create Future - Catatan Perjalananku

    […] Melirik Pasar Ikan Segar kedonganan , Alternatif Ekonomis Untuk Para Pecinta Seafood […]

  3. Jimbaran Bay, Akhirnya Kutemukan Pantai Nelayan Itu

    […] percakapan kami, saya juga mendapat informasi kalau terdapat tempat pelelangan ikan yaitu Pasar Ikan di Desa Kedonganan. Hanya saja, kata mereka kalau sedang musim angin barat seperti ini harga ikan akan lebih mahal. […]

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      hoo, baru ngerti saya :D kalau dibakar biasanya beli ikan segar, terus numpang bakar. bayar kurang dari 20 ribu lengkap sama nasi n sambal :)

  4. R. Adi Susanto

    Saya kepengen mampir ke pasar kedonganan, kalau ada yang tau bukanya atau saat ikannya ada dan ramai itu jam berapa yah.. minta tolong dong saya di beritahu… makasih

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: