Jimbaran Bay, Pantai Nelayan Tersembunyi Di Bali Selatan

Jimbaran Bay atau Teluk Jimbaran, merupakan sebuah teluk di Bali. Di Jimbaran bay ini terdapat 3 pantai yang saling berbatasan. Pantai tersebut adalah Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Kelan. Yang paling terkenla sih Pantai Jimbaran, yang mungkin bagi sebagian besar orang terkenal dengan “spot dinner” sambil menikmati indahnya matahari terbenam pada sore hari. Kedengaran menarik bukan?

Tempat wisata seperti Jimbaran bay ini adalah suatu hal yang jarang saya temui di Indonesia. Apalagi suasana seperti dinner di tepi Pantai Jimbaran. Hmm… menarik memang, saya pun pernah mencobanya, dan tempat yang layak untuk dicoba. Terutama bagi pecinta seafood. Karena di Jimbaran tersedia beraneka macam seafood segar yang  tinggal kita tunjuk, dan tidak berapa lama kemudian akan tersedia untuk kita santap. Kalau mau versi ekonomisnya, main saja ke Pantai Kedonganan dengan pasar ikan segar Kedonganan. Atau, kalau mau melihat sunset saja bisa main ke Pantai Kelan.

Memang dengan keberadaan tiga pantai yang berdekatan, Jimbaran Bay ini adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi ketika liburan ke Bali. Saya sendiri sudah mencoba berkunjung ke tiga pantai yang ada disini. Favorit saya adalah Pantai Kelan yang ada di dekat runway Bandara Ngurah Rai. Sementara itu kalau lagi pengen beli ikan laut segar, saya pasti main ke Pantai Kedonganan. Nah, kalau mau ngerasain yang namanya dinner di tepi pantai, mainnya ya ke Pantai Jimbaran ya!

Namun main Pantai Jimbaran nggak hanya tentang makan ditepi pantai saja. Soalnya disekitar Jimbaran Bay ini juga terdapat desa nelayan. Kadang mereka terlihat sedang bekerja memperbaiki kapalnya. Yang jelas, ada banyak hal yang bisa dilakukan kalau main ke Teluk Jimbaran di Bali ini. Yap, berkunjung ke Jimbaran Bay itu berarti, bisa melihat pantai, main di pasir pantai yang halus, dan mencicipi seafood segar yang enak!

Jimbaran Bay siang hari ketika cuaca sedang cerah, banyak yang beraktifitas disini. Waktunya melihat lebih dekat keberadaan Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Kelan yang ada di Teluk Jimbaran Bali.
Jimbaran Bay siang hari ketika cuaca sedang cerah, banyak yang beraktifitas disini. Waktunya melihat lebih dekat keberadaan Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Kelan yang ada di Teluk Jimbaran Bali.

Kesempatan untuk menjelajah lebih dalam Jimbaran Bay ini pun akhirnya datang. Niatnya memang sekaligus dalam rangka explorasi beberapa hidden spot di Bali bagian selatan. Setelah sebelumnya saya mengeksplore Pulau Serangan, Wisata Trekking Mangrove, dan Pantai Tegalwangi. Sekarang, waktunya melihat lebih dekat keberadaan Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Kelan yang ada di Teluk Jimbaran Bali.

Ada 3 Pantai di Teluk Jimbaran, Yaitu Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Kelan

Jimbaran Bay sebenarnya memang bukan salah satu tempat wisata di Bali Selatan yang tersembunyi ya. Aksesnya cukup mudah, dan disekitar Teluk Jimbaran ini juga terdapat sebuah desa nelayan, dan sebuah pasar ikan segar yang berada di Pantai Kedonganan. Sehingga menurut saya layak untuk dijelajahi  lebih dalam, demi mendapatkan seafood segar dengan harga yang lebih ekonomis. Belum lagi keberadaan Pantai Kelan yang merupakan pantai di Bali favorit saya untuk melihat sunset!

Waktu itu saya datang ketika siang bolong. Lumayan panas, tapi terik sinar matahari tidak akan menghentikan langkah saya untuk menjelajah Jimbaran Bay yang ternyata tediri dari tiga buah desa. Yaitu Desa Kelan, Desa Kedonganan, dan tentunya Desa Jimbaran sendiri. Informasi tersebut saya dapatkan dari nelayan lokal. Dia memanggil saya karena melihat saya sedang asyik jeprat – jepret ria dengan kamera saya.

Dari bapak nelayan juga juga saya tahu kalau disini ada tiga pantai, Pantai Kelan, Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran. Saya kira sebelumnya yang namanya Pantai Jimbaran itu ya sepanjang teluk ini. Ternyata berbeda, beda tergantung ada di desa mana pantai itu berada. Yah, meskipun batasnya juga nggak kelihatan sama sekali sih.

Karena memang pantai nelayan, jadi mudah bertemu dengan mereka. Kalau desa nelayan di Teluk Jimbaran Bali ini berada di bagian Pantai Kedonganan ya!
Karena memang pantai nelayan, jadi mudah bertemu dengan mereka. Kalau desa nelayan di Teluk Jimbaran Bali ini berada di bagian Pantai Kedonganan ya!

Mas  sini dong, kami difoto nanti masuk tipi kan?” Kata mereka.

Mereka adalah bapak – bapak nelayan yang sedang sibuk memperbaiki jaring yang akan mereka gunakan untuk menangkap ikan. Masuk TV dari mana pikir saya? Paling banter juga masuk travel blog indonesia catperku.com pak, dengan pengunjungnya yang hanya ribuan per hari. Hahaaa… Ya sudahlah, jepret saja sekalian tanya – tanya nanti, siapa tahu dapet info tentang suplier ikan segar di Jimbaran.

Layaknya seorang photographer professional saya mendekat dan “klik” satu foto terekam di kamera digital lusuh saya.

Lagi liburan mas, dari mana?” Salah seorang nelayan itu menanyai saya.

Ah, enggak pak ini cuman iseng saja, lagi libur kerja, dan saya belum pernah main ke sini” Jawab saya.

Kalau sore hari banyak yang mancing di Teluk Jimbaran ini. Terlihat beberapa restoran di bagian Pantai Jimbaran yang tepat berada di tepi pantai.
Kalau sore hari banyak yang mancing di Teluk Jimbaran ini. Terlihat beberapa restoran di bagian Pantai Jimbaran yang tepat berada di tepi pantai.

Akhirnya dari percakapan pembuka itu terjadi percakapan yang cukup panjang, yang memang saya sengaja demi mendapatkan informasi lebih jauh tentang Jimbaran Bay ini. Dari percakapan tersebut saya jadi tahu kalau ternyata mayoritas nelayan yang tinggal di Jimbaran Bay ini datang dari Pulau Jawa, terutama di Desa Kedonganan dan Desa Kelan. Terus yang paling penting, ada tiga pantai disini siap saya jelajahi yaitu Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan, dan Pantai Kelan.

Bahkan kata mereka ketika musim ikan akan ada lebih banyak lagi nelayan musiman yang datang ke Jimbaran Bay, untuk menjual ikan hasil tangkapan mereka. Wah yang bener? Saya kira nelayan sini asli Bali. Eh, ternyata dari sabang sampai merauke kok tetep aja ketemu wong jowo (orang jawa).

Kalau beruntung bisa bertemu dengan kepiting ini di Teluk Jimbaran. Saya bertemu kepiting lucu ini di Pantai Kelan dekat runway bandara Ngurah Rai.
Kalau beruntung bisa bertemu dengan kepiting ini di Teluk Jimbaran. Saya bertemu kepiting lucu ini di Pantai Kelan dekat runway bandara Ngurah Rai.

Dari percakapan kami, saya juga mendapat informasi kalau terdapat tempat pelelangan ikan di dekat Pantai Kedonganan yaitu Pasar Ikan di Desa Kedonganan. Hanya saja, kata mereka kalau sedang musim angin barat seperti ini harga ikan akan lebih mahal. Yah,, di mana – mana memang begitu sih, nanti sajalah beli ikan-nya yang penting sudah tahu dimana lokasi pasar ikan yang ada di dekat Pantai Jimbaran.

Saya juga jadi lebih banyak tahu tentang Jimbaran Bay ini. Sebenarnya sih saya ingin lebih lama ngobrol dengan mereka. Namun sayangnya dari tadi saya terlanjur penasaran untuk menjelajah hamparan pasir yang membentang sampai runway Bandara Ngurah Rai. Kata mereka area tersebut termasuk area Pantai Kelan, yang cocok digunakan untuk bersantai di sore hari sambil menikmati sunset,

Oke lah pak, saya pamit dulu mau lanjut jalan – jalan-nya” Kata saya kepada mereka.

Nelayan di Teluk Jimbaran ini nggak semuanya dari Bali, ada yang dari Pulau Jawa juga. Kedua bapak nelayan ini sedang membenahi jaring ikan di Pantai Kedonganan.
Nelayan di Teluk Jimbaran ini nggak semuanya dari Bali, ada yang dari Pulau Jawa juga. Kedua bapak nelayan ini sedang membenahi jaring ikan di Pantai Kedonganan.

Kemudian saya beranjak meninggalkan mereka dan menuju hamparan pasir putih Pantai Kelan tersebut. Dari kejauhan hamparan pasir Pantai Kelan begitu memikat mata, dan saya sendiri heran ternyata ada pantai nelayan yang masih cukup bersih dan layak untuk di kunjungi. Karena kebanyakan pantai nelayan yang saya temui pasti kotor dan kurang enak jika dijadikan untuk tempat tujuan wisata.

Salah satu keunikan yang ada di Pantai Kelan ini menurut saya adalah, pantai ini terletak di seberang runway bandara. Jadi kita akan sering melihat pesawat yang akan sedang take off dari bandara Ngurah Rai. Sebenarnya saya tidak tahu boleh atau tidak bersantai – santai di pantai yang berbatasan dengan bandara ini, karena terlihat CCTV di beberapa titik pagar pembatas bandara.

Bisa liat pesawat landing dan take off dari Pantai Kelan
Bisa liat pesawat landing dan take off dari Pantai Kelan

Tapi saya sih cuek aja, enggak ada yang ngusir dan pantainya cozy banget, tidak seperti pantai Kuta yang seharusnya sudah berganti nama menjadi pantai lautan manusia. Sayangnya saya datang ke sini siang hari, lain kali saya akan datang sore hari menjelang sunset. Suasana pantai ini tentunya akan lebih menarik diwaktu sore.

Selain Pantai Kelan, ada dua pantai lagi yang masih termasuk di Jimbaran bay, yaitu Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran sendiri. Namun, saya masih punya tujuan lain yang harus dikunjungi, dan kaki saya sudah terlalu capek untuk berjalan. “padahal males kepanasan :D“. Akhirnya saya beranjak pergi dari Pantai Kelan ini, untuk mampir sebentar ke Pasar Ikan Kedonganan, sebelum akhirnya melanjutkan ke tempat eksotis tersembunyi selanjutnya di Bali Selatan.

Fact About Jimbaran Bay :

Pemandangan sunset dari Teluk Jimbaran ini aduhai indahnya
Pemandangan sunset dari Teluk Jimbaran ini aduhai indahnya
  1. Terdiri dari tiga pantai dengan spesialisasi masing – masing, Pantai Jimbaran untuk dinner di tepi pantai, Pantai Kedonganan terdapat pasar ikan, Pantai kelan dengan pasir putihnya yang menawan.
  2. Pantai Kelan cocok untuk melihat sunset, alternatif jika Pantai Kuta sudah dipenuhi lautan manusia.
  3. Di dekat Pantai Kedonganan terdapat pasar ikan, namanya Pasar Ikan Kedonganan. Bisa menjadi sebuah alternatif murah jika ingin membeli berbagai macam jenis seafood dengan harga murah di Bali.

Ada Banyak Hotel Murah Di Jimbaran, Hinga Hotel Di Jimbaran Bintang 5!

Untuk anda yang ingin menginap di dekat Jimbaran Bay, ada banyak hotel murah di Jimbaran. Untuk yang mau lebih mewah, banyak juga hotel di Jimbaran Bintang 5 atau 4. Untuk daftar hotel di Jimbaran adalah sebagai berikut:

  • Bali Paragon Resort Hotel
  • Kila Infinity8 Bali, inspired by Aerowisata Hotels & Resorts
  • DenBukit Residence and Suites
  • WG Hotel Jimbaran
  • Paradise Loft Villas Jimbaran
  • Buana Bali Villas & Spa
  • Akatara Stay
  • MaxOneHotels.com @ Bukit Jimbaran – Bali
  • Ayola Bali Jimbaran
  • Watermark Hotel and Spa Bali
  • Jimbaran Lestari Hotel & Residence-Spa
  • Noah Villa & Chapel
  • ZURI Express Jimbaran Beach Bali
  • Ungasan Bay View Hotel & Convention Bali
  • Sari Segara Resort & Spa
  • Coco De Heaven
  • Nirmala Hotel Jimbaran Beach Bali
  • The Hill Ungasan Bukit Jimbaran
  • Bali Ramantika House & Spa
  • Best Western Kamala Jimbaran

Photo Story : Life’s Around Jimbaran Bay

Best picture versi saya, hasil hunting di teluk jimbaran beberapa waktu lalu, saya kasih tema Life’s Around Jimbaran Bay. Mengambarkan tentang kehidupan sekitar teluk jimbaran, selain itu sempat saya tulis juga artikelnya, bisa di baca disini Jimbaran Bay, Akhirnya Kutemukan Pantai Nelayan Itu

Taken with : Sony a200 + Kit Lens
Taken By : Fahmi

Pada waktu cuaca cerah, menjelajah Pantai Jimbaran di Jimbaran Bay ini sangat menyenangkan!
Pada waktu cuaca cerah, menjelajah Pantai Jimbaran di Jimbaran Bay ini sangat menyenangkan!
Pantai Jimbaran Bali ini termasuk salah satu pantai tempat nelayan berlabuh di Bali.
Pantai Jimbaran Bali ini termasuk salah satu pantai tempat nelayan berlabuh di Bali.
Kadang ada juga orang yang memancing di Pantai Jimbaran Bali ini.
Kadang ada juga orang yang memancing di Pantai Jimbaran Bali ini.
Mungkin memang banyak ikan di Pantai Jimbaran Bali. Makanya di sepanjang garis pantai Jimbaran bay, sering terlihat orang yang sedang memancing di tepi pantai.
Mungkin memang banyak ikan di Pantai Jimbaran Bali. Makanya di sepanjang garis pantai Jimbaran bay, sering terlihat orang yang sedang memancing di tepi pantai.
Pada salah satu sudut pantai, terlihat banyak perahu nelayan setempat sedang berlabuh.
Pada salah satu sudut pantai, terlihat banyak perahu nelayan setempat sedang berlabuh.
Para nelayan di Pantai Jimbaran ini berasal dari berbagai daerah. Seperti dari Jawa misalnya.
Para nelayan di Pantai Jimbaran ini berasal dari berbagai daerah. Seperti dari Jawa misalnya.
Jimbaran bay adalah salah satu pantai di Bali yang memiliki pantai landai dan garis pantai yang sangat panjang.
Jimbaran bay adalah salah satu pantai di Bali yang memiliki pantai landai dan garis pantai yang sangat panjang.
Waktu terbaik untuk mengunjungi Jimbaran Bay adalah ketika sore hari, menjelang sunset atau matahari terbenam.
Waktu terbaik untuk mengunjungi Jimbaran Bay adalah ketika sore hari, menjelang sunset atau matahari terbenam.
Jangan kaget ya kalau melihat ada banyak kapal nelayan disini
Jangan kaget ya kalau melihat ada banyak kapal nelayan disini
Berkunjung ke Pantai Jimbaran Bali ketika siang hari juga seru. Tapi jangan lupa untuk menggunakan sunblock ya.
Berkunjung ke Pantai Jimbaran Bali ketika siang hari juga seru. Tapi jangan lupa untuk menggunakan sunblock ya.
Pada satu bagian di Jimbaran Bay, dekat Pantai Kelang kamu bisa menemukan pemecah ombak seperti ini.
Pada satu bagian di Jimbaran Bay, dekat Pantai Kelan kamu bisa menemukan pemecah ombak seperti ini.
Jimbaran bay Bali ini juga berbatasan dengan runway Bandara Internasional Ngurah Rai ya!
Jimbaran bay Bali ini juga berbatasan dengan runway Bandara Internasional Ngurah Rai ya!
Tidak semua bagian pantai berpasir halus, ada juga yang berupa pantai karang seperti ini.
Tidak semua bagian pantai berpasir halus, ada juga yang berupa pantai karang seperti ini.
Jadi kalau mengunjungi Jimbaran Bay Bali pada bagian pantai karang, sebaiknya mengunakan alas kaki yang benar.
Jadi kalau mengunjungi Jimbaran Bay Bali pada bagian pantai karang, sebaiknya mengunakan alas kaki yang benar.
Kalau menunjungi bagian pasir pantai yang halus sih nggak perlu menggunakan alas kaki.
Kalau menunjungi bagian pasir pantai yang halus sih nggak perlu menggunakan alas kaki.
Kalau beruntung, disini kamu bisa bertemu kepiting seperti ini.
Kalau beruntung, disini kamu bisa bertemu kepiting seperti ini.
Jadi siapa yang mau main ke Jimbaran Bay? Disini ada 3 pantai keren lho, ada Pantai Kelan, Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran.
Jadi siapa yang mau main ke Jimbaran Bay? Disini ada 3 pantai keren lho, ada Pantai Kelan, Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: