Dua Pantai Padang Padang!

Dua Pantai Padang Padang!
5 (100%) 15 votes

Pantai Padang Padang di Bali ini ternyata ada dua loh! Serius! Memang, banyak yang tidak tahu, kalau sebenarnya  ada dua Pantai Padang Padang Beach. Salah satunya yang populer karena pernah dipakai untuk shooting film, dan satunya yang lebih sepi dan tersembunyi namun sering dipakai para penunggang ombak melatih skillnya.

Dahulu Pantai Padang Padang Beach tidak begitu terkenal, karena lokasinya yang sedikit jauh dan cukup terpencil. Namun, tiba – tiba pantai ini mendadak meledak setelah disambangi oleh seorang aktris Hollywood yang juga menjadi pemeran utama dalam film “Eat, Pray, Love”. Sekonyong-konyong pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Labuan Sait ini menjadi terkenal!

Jadi bisa dibilang Pantai Padang Padang Beach ini bernasib sama seperti Koh Phi Phi Island yang berada di Thailand. Koh Phi Phi Island juga dikenal sebagai pulau James Bond setelah digunakan untuk syuting film yang berjudul “The Man with The Golden Gun”. Jangan kaget juga kalau ada yang menyebut Pantai Padang Padang Beach sebagai Pantai Julia Robert Nanti.

Sekarang, pantai yang lebarnya hanya sekitar 100 m lebih sering dipadati traveler. Meskipun tidak seramai Pantai Kuta, atau Pantai Balangan di Bali yang juga berada tak jauh dari pantai ini. Memang, meskipun tidak terlalu lebar, Pantai Padang Padang Beach ini memiliki pasir pantai yang halus, dan ombak yang tenang di tepinya.

Ombaknya tidak terlalu kencang, makanya banyak yang berenang di Pantai Padang Padang Beach.
Ombaknya tidak terlalu kencang, makanya banyak yang berenang di Pantai Padang Padang Beach.

Jelas saja pantai ini menjadi terkenal dan ramai. Siapa coba yang tidak suka bermain – main di pasir halus dan berenang di ombak yang tenang? Saya rasa nggak ada deh. Yang namanya bintang hollywood Julia Robert saja sampai kesini lho! Padahal cuman buat berenang. Eh, sama shooting Film Eat Pray Love deh!

Makanya, saya juga mau liburan ke Bali, terus mampir ke Padang PadangBeach cuma buat berenang….. Sambil liatin bule pake bikini sih… #eh

Lokasi pantai yang berada di daerah Labuhan Sait ini juga cukup unik. Kenapa? Karena mungkin Pantai Padang Padang Beach ini adalah satu – satunya pantai di Bali yang berada di bawah jembatan, dan masih ramai dikunjungi. Atau mungkin ada hal lain yang membuat pantai ini ramai dikunjungi?

Ya, memang Pantai Padang Padang bisa terlihat jelas dari atas jembatan. Jadi buat yang malas turun ke pantai, bisa menikmati keindahan pantai ini dari atas jembatan saja. Saya juga sering seperti itu kalau lagi malas menyentuh air laut :D

Pantai Padang Padang Beach ini lebih ramai karena dipopulerkan oleh Julia Robert.
Pantai Padang Padang Beach ini lebih ramai karena dipopulerkan oleh Julia Robert.

Untuk memasuki area Pantai Padang Padang Beach, saya harus melewati sebuah pura yang disekitarnya ditinggali oleh beberapa monyet liar. Tenang saja, para monyet itu tidak nakal kok, asal tidak diusilin saja :| Kalau beruntung, malah beberapa dari mereka mau berpose ketika diambil gambarnya.

Pura yang akan dilewati tadi merupakan pintu masuk utama, hingga menemukan sebuah tanda “To The Beach”. Nah! Dari situ kemudian saya harus melewati sebuah lorong sempit yang berada diantara dua karang besar, dan lorong ini hanya cukup untuk lewat satu orang saja. Kalau sedang ramai pengunjung, mau tidak mau harus bergantian lewatnya.

Daaan, Voila! Setelah lorong sempit tadi telah saya lewati, lalu terlihatlah hamparan pasir putih Pantai Padang Padang Beach yang populer. Terlihat kalau pantai ini dihimpit dua bukit disamping kiri dan kanan-nya.

Pantai Padang Padang Beach Yang Lebih Sepi!

Seperti yang saya bilang sebelumnya, ada dua Pantai Padang Padang di Bali. Satunya yang sudah ramai dan dikenal dengan pantai Julia Robert, satunya adalah yang lebih sepi. The Private Beach of Padang Padang begitu saya menyebutnya agar lebih gampang untuk membedakan.

Turun ke pantai Padang Padang Beach harus lewat tanggaa~
Turun ke pantai Padang Padang Beach harus lewat tanggaa~

Pun begitu, lokasi pantai Padang Padang Beach ini sebenarnya sangat dekat dengan pantai yang lebih ramai. Hanya dibatasi oleh sebuah bukit saja atau beberapa puluh meter di sebelah selatannya. Namun karena aksesnya berbeda, jadinya nggak banyak yang tahu keberadaan pantai ini. Saya pun awalnya tahu karean gak sengaja.

Untuk mencapai The Private Beach of Padang Padang Beach, sayangnya tidak bisa berjalan kaki menyusuri pantai menuju ke arah selatan. Saya harus melewati Jalan Labuhan Sait menuju ke selatan hingga menemukan jalan setapak yang menuju kearah pantai. Pun begitu, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya beberapa menit naik sepeda motor.

Di ujung jalan setapak menuju pantai kedua ini saya sedikit ragu. Saya tidak menyangka kalau pintu masuk menuju pantai adalah rumah penduduk lokal lho. Meskipun awalnya sedikit ragu, tetapi setelah bertanya memang jalan satu – satunya menuju pantai adalah lewat rumah penduduk tadi.

Kalau gini, bakalan jadi pantai favorit deh!
Kalau gini, bakalan jadi pantai favorit deh!

Baru kemudian setelah melewatinya, dilanjutkan turun melewati puluhan anak tangga. The Private Beach Of Padang Padang ini lokasinya memang berada di bawah bukit. Jadi sudah bisa ditebak, untuk mencapainya harus melewati puluhan anak tangga yang berkelok – kelok seperti di Pantai Green Bowl, Pantai Suluban, Pantai Karma Kandara atau Pantai Nyang – Nyang.

Sudah bisa ditebak bukan? Jalan menuju pantai bakal menguras banyak tenaga? Yang bikin kaget, meskipun berada di sebelah Pantai Padang Padang yang ramai, pantai ini sepi sekali, bahkan saya hanya melihat pasangan bule yang sedang berlatih surfing. Sedikit aneh sih, soalnya waktu itu ombak sangat tenang, lebih cocok untuk berenang dari pada berlatih surfing.

Jauuuh lebih sepi dari sebelumnya, padahal sebelahan persis!
Jauuuh lebih sepi dari sebelumnya, padahal sebelahan persis!

Garis pantai The Private Beach of Padang Padang lebih panjang dari yang disebelahnya, pasirnya sedikit lebih kasar, bahkan butirannya cenderung lebih besar. Jadi untuk berjalan kaki sepanjang pantai akan lebih nyaman jika menggunakan alas kaki.

Di pantai ini juga tidak ada warung yang menjual snack dan minuman seperti di Pantai Julia Robert. Membawa minuman dan snack sendiri, bisa menyelamatkan diri dari kehausan juga kelaparan, tidak seperti saya yang kelupaan membawa perbekalan. Akhirnya saya jadi tidak bisa berlama – lama dipantai ini deh.

Nah, entah Pantai Julia Robert atau pun The Private Beach Of Padang Padang, keduanya memiliki keunikan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Jadi ingin datang ke pantai yang mana? Kemanapun, asal tetep jaga kebersihan Pantai Padang Padang nya ya :)

Yang saya suka dari pantai ini, sepinya. Asik buat ngelamun, sambil baca buku :)

Tips Wisata Ke Pantai Padang Padang Beach!

Agar liburanmu ke Pantai Padang Padang Beach lebih asik, ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin pergi liburan ke pantai di Bali yang keren ini.

The Private Beach Of Padang Padang ini berada tak jauh di sebelahnya!
The Private Beach Of Padang Padang ini berada tak jauh di sebelahnya!
  • Untuk menuju ke pantai, harus melewati celah yang cukup sempit mirip gua. Karena banyak orang yang liburan ke pantai ini, jadi sebaiknya berhati hati. Harap bersabar dan bergantian berjalan dengan orang yang berjalan dari arah depan. Anak tangga menuju ke Pantai Padang Padang Beach ini nggak setinggi anak tangga di Pantai Green Bowl, Pantai Karma Kandara atau bahkan Pantai Nyang Nyang. Jadi kamu bisa sedikit lebih lega. Yang penting tetap siapkan tenaga.
  • Karena pantai ini adala pantai yang lumayan populer seperti Pantai Melasti di Bali, jadi fasilitasnya lumayan lengkap. Area parkirnya lumayan luas yang berada tak jauh dari pintu masuk ke pantai. Sudah ada toilet umum untuk membilas tubuh atau sekedar buang air kecil ke kamar mandi. Kalau mau menyewa papan surfing juga ada penyewaan papan surfing di Pantai Padang Padang Beach. Harga sewa papan surfing di pantai ini mulai dari IDR 100.000. Ada beberapa warung atau tempat makan di dekat pantai kalau kamu kelaparan. Jadi nggak perlu khawatir kalau lupa membawa bekal.
  • Harga tiket masuk Pantai Padang Padang Beach untuk wisatawan domestik dan mancanegara berbeda. Tarif tiket masuk untuk wisatawan mancanegara adalah di IDR 10.000 buat orang dewasa dan IDR 5.000 untuk anak-anak. Sementara itu untuk wisatawan domestik adalah IDR 10.000 untuk orang dewasa, dan anak-anak gratis. Selain itu biaya parkir di Pantai Padang Padang Beach adalah IDR 2000 untuk sepeda motor, dan IDR 5000 untuk mobil.
  • Jalan menuju ke Pantai Padang Padang Beach akan melewati dua pantai keren di Bali seperti Pantai Bingin dan Pantai Dreamland. Jadi mungkin sebelum ke Pantai Padang Padang bisa mampir ke dua pantai tersebut.

Penginapan Hotel Dekat Pantai Padang Padang Beach

Kamu bisa menginap di beberapa hotel yang berada di dekat pantai ini.
Kamu bisa menginap di beberapa hotel yang berada di dekat pantai ini.

Ada beberapa penginapan dan hotel di dekat Pantai Padang Padang Beach, jadi kamu bisa menginap di dekat pantai ini selain menginap di tempat yang sudah umum di Bali Selatan seperti Poppies Lane, Kuta ataupun di Legian. Beberapa hotel di dekat Pantai Padang Padang adalah sebagai berikut:

  • D’Padang by Bukitvista, Jalan Labuan Sait, Uluwatu.
  • Blue Rose Villa , Jalan Labuan Sait No.10, Uluwatu.
  • Bali Bule Homestay, Jalan Pantai Padang-padang , Uluwatu -Pecatu , Uluwatu.
  • Jepun Bali Homestay Pantai Padang Padang Beach, Jalan Suluban, Uluwatu.
  • Kiki Homestay Labuan Sait, Jalan Labuan Sait, Uluwatu.
  • Billy’s Beach house, Labuan sait – Uluwatu.
  • Kutuh Manak Guest House, Jl. Labuansait No. 250, Pecatu, Kuta Selatan.
  • Jeffry Surf House, Jl. Labuan Sait A7, Padang Padang, Pecatu, Bali.
  • Ashana Hotel, Jalan Raya Labuansait No 10 Suluban Pecatu, Uluwatu.
  • Belong Bunter Homestay, Jalan Belong Bunter Padang Padang Uluwatu.
  • Three Monkeys Villa, Jalan Pantai Suluban Uluwatu.
  • Rencang Family Guest House, Jl. Labuan Sait, Suluban, Pecatu.
  • Uluwatu Inn, Jalan Labuan Sait – Suluban Pecatu, Uluwatu.
  • Uluwatu Cottages, Jalan Labuan Sait Pantai Padang Padang Beach Uluwatu.
  • Mamo Hotel Uluwatu, Jalan Labuan Sait, Pantai Suluban Uluwatu.
  • Ayodhya Guest House Uluwatu, Jl. Mamo Pantai Suluban Uluwatu Pecatu, Uluwatu.
  • BB Homestay Two, Jalan Labuan Sait Gang Belong Bunter, Pecatu, Uluwatu.
  • Nikkila Villa, Jalan Gunung Wisesa- Labuan Sait, Uluwatu.
  • Pink Coco Bali Hotel, Jalan Melasti Labuan Sait, Uluwatu.
  • Terrace Ampels, Jl Labuan Sait Padang-padang Beach, Uluwatu.

Peta Lokasi, Rute, Cara Pergi Ke Pantai Padang Padang Beach

Menemukan Pantai Padang Padang ini perkara mudah. Soalnya pantai ini berada persis di tepi jalan raya, yaitu Jalan Raya Labuan Sait Makanya kadang pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Labuan Sait.

Bahkan ada juga yang bermain Paddle Boarding disini!
Bahkan ada juga yang bermain Paddle Boarding disini!

Dari Arah Kuta, berangkat saja menuju Jalan Raya Uluwatu hingga ketemu Jalan Labuan Sait. Ikuti saja jalan Labuan Sait tadi hingga ketemu dengan pantai yang berada di bawah jembatan. Kalau bingung, ikuti saja petunjuk lokasi Pantai Padang Padang di Google Maps disini.

PS : Selalu pegang teguh prinsip Ecotourism, jangan pernah merusak atau mengotori alam, Jaga Untuk Anak Cucu Kita. Belum tahu apa itu ecotourism? baca disini (Eco Traveling yaa, Bukan Ego Traveling!!!)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang! Follow catperku Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Support catperku dengan berdonasi, kerjasama, atau beli buku penulis : The Traveler Notes : BALI, THE ISLAND OF BEAUTY

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
7 Responses
  1. dua tahun yang lalu, saya mengunjungi pantai padang-padang ini. asikkk.. ngak terlalu ramai.. sayang, tulisannya belum selesai2 alias belum dipikirkan untuk ditulis. padahal kunjungan say ke bali banyak. tapi, tak satupun tulisan ttg bali nyangkut di Blogku hhahahaa

  2. Tahun 2003-2008 sering banget ke pantai padang2 yg buat shooting julia robert, sepi banget dan gw bisa tiduran sambil baca buku santai tanpa ada orang. Trus bisa mojok curi2 kesempatan buat sedikit mesum itu aman banget hahaha tapi sekarang hadehhhh rame nya minta ampun jd males kesana lagi :-(

  3. Travel Surabaya Bali

    One of the most beautiful beach in Bali.. tapi untuk mencapai ke pantai nya harus melewati goa dan naik turun, kalau bawa orang tua atau anak yang masih di gendong, not really recommend.. tapi kalau sama teman2.. buat foto.. boleh banget..

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: