Water Blow Nusa Dua Bali, Tempat Wisata Gratis Bali Yang Unik Dan Langka!

Pernah liburan ke Bali lalu main ke Water Blow Nusa Dua Bali!? Saya pernah! Ketika baru sampai, suara ombak semakin membesar, dan beberapa saat kemudian, ombak menjadi tinggi dan semakin tinggi, lalu ombak pun terpecah setelah menabrak karang.

Kira – kira karena itulah, tempat ini menjadi menarik dan unik. Apalagi tempatnya ada didekat kumpulan resort yang ada di Nusa Dua, Bali. Saya cukup sering mampir ke tempat wisata di Bali yang ini!

Jarang sekali lho saya bisa melihat pemandangan ombak yang bisa meloncat tinggi hingga beberapa meter di atas permukaan laut. Baru di Bali saya bisa menyaksikannya.

Itupun hanya ada di satu tempat, yaitu di suatu tempat yang dinamakan dengan Water Blow Nusa Dua Bali. Hemm, water blow? Air yang bisa nyemburrr, kira – kira begitu singkatnya :D

Tempat yang dinamakan Water Blow Nusa Dua Bali ini, dulunya adalah sebuah tebing berupa karang terjal dan berbahaya jika dilihat dari jarak dekat. Karena waktu itu untuk melihat atraksi waterblow, mungkin saya pun harus melewati hamparan karang yang cukup tajam.

Namun, seiring dengan naiknya popularitas si waterblow, dan semakin banyaknya orang yang mengunjungi tempat ini, pihak BTDC (Bali Tourism Development Corporation) kemudian merapikan kawasan water blow yang ada di Nusa Dua ini.

Dibuatlah jalan setapak yang menuju pusat atraksi Water Blow Nusa Dua Bali. Dibangun juga sebuah gazebo yang berada didekatnya, namun terakhir kali saya mengunjunginya, gazebo tadi sudah tidak berbekas. Hanya tersisa bagian bawahnya saja. Terbang gara – gara badai mungkin?

Tempat Wisata Di Bali Yang Ini Fotogenik!

Water Blow Nusa Dua Bali, tempat di mana air laut bisa melompat tinggi ini selalu membuat saya kagum :D
Water Blow Nusa Dua Bali, tempat di mana air laut bisa melompat tinggi ini selalu membuat saya kagum :D

(Baca Juga : Kembang Api Tahun Baru 2020 Di Pantai Kuta Bali Keren Banget! [ Suasana Malam Tahun Baru Di Bali ] )

Meskipun kawasan ini sudah cukup populer, menemukannya pun ternyata lumayan sulit. Bahkan dulu saya menemukan lokasi Water Blow Nusa Dua Bali secara tidak sengaja.

Waktu itu sedang ada acara “Hello Asean” yang di adakan di Pulau Nusa Gede, dan ternyata lokasi waterblow Bali sendiri ada di arah tenggara atau sudut kanan pulau ini. Well, tempatnya memang agak nyempil deh :D

Ketika itu saya dikejutkan dengan pemandangan buih besar berwarna putih di kejauhan, yang beberapa saat kemudian terpecah menjadi butiran – butiran air.

Menarik! Sangat menarik. Apalagi jika saya bisa berfoto didepannya, ketika ombak belum terpecah dan sedang menjulang tinggi. Ternyata itu adalah Water Blow Nusa Dua Bali!

Memang sudah biasa, kalau sebagian besar orang yang sedang mengunjungi tempat ini pasti berlomba – lomba untuk berfoto di depan ombak yang sedang melompat tinggi tadi.

Kalau mau mencoba berfoto, siapkan saja kamera dengan kecepatan shutter yang tinggi. Kalau tidak jangan harap bisa mengambil foto sempurna, karena ombak melompat tinggi hanya beberapa detik saja di Water Blow Nusa Dua Bali.

BACA JUGA :  Akhirnya Ikutan Tour Ke Hainan Pertama Kali! Ternyata Seperti Ini Toh Rasanya Ikut Tour Itu!

Kok Ombaknya Bisa Melompat Tinggi?

Lantas, gimana caranya ya si ombak tadi kok bisa melompat tinggi? Pikiran saya mulai menanyakan hal yang absurd. Apalagi si ombak kan gak punya kaki tuh?

Nah loh, brain, please stop ya, jangan tanya makin absurd lagi :| Pun begitu, saya sebenarnya penasaran sekali kenapa ombak itu bisa lompat – lompat tinggi sebelum pecah menabrak karang.

Padahal, kaki aja gak punya, sayap apa lagi? Saking penasarannya, saya mencoba sedikit lebih mendekat ke ujung tebing karang yang ada di tempat wisata ini. Ada apa sih disini?

Ternyata bagian ini adalah dimana terdengar suara keras akibat hantaman ombak dengan tebing yang berupa karang. *teman – teman jangan ditiru ya, kalau digambarkan, ini adegan berbahaya, bisa bisa keseret ombak kalau gak hati – hati :|*

Jadi celah karang sempit inilah, yang memungkinkan ombak bisa menyembur, dan meloncat tinggi ke udara.
Jadi celah karang sempit inilah, yang memungkinkan ombak bisa menyembur, dan meloncat tinggi ke udara.

( Baca Juga : Jemeluk Bay : Don’t Judge Beauty by It’s Cover! )

Ternyata eh ternyata, setelah mendekat, yang membuat ombak bisa melompat tinggi adalah sebuah celah batu karang yang cukup besar di lokasi tempat Water Blow Nusa Dua Bali berada.

Air laut akan melompat tinggi melewati celah tersebut, setelah ombak besar menabrak bagian bawah karang dengan kecepatan tinggi. Karena itu jika ombak laut tidak terlalu besar kemungkinan ombak melompat tinggi akan kecil. Saya beruntung dong, datang kesitu ketika ombaknya kencang :D

O iya teman – teman, selain atraksi berupa water blow, Pulau Nusa Gede yang tidak terlalu besar ini juga menarik untuk sekedar jalan – jalan ringan. Ukurannya mungkin hanya sebesar lapangan bola.

Berkeliling Nusa Gede pun tidak akan membuat capek, malah bisa membuat badan lebih seger. Apalagi setelah basah kena ombak di Water Blow Nusa Dua Bali! Biar badan kering dulu juga sih.

Di Pulau Nusa Gede ini juga terdapat sebuah pura yang berada di dekat laut, meskipun tidak boleh dimasuki seperti Tanah Lot. Tetapi pemandangan sore hari di depan pura tersebut sangat cantik.

Apalagi menjelang matahari terbenam, ciamik bangeeet! Yang pasti pemandangan tersebut bakal memuaskan para pemburu pemandangan matahari terbenam di Bali seperti saya. *ceritanya sunset hunter sejati nih :D*

Kira - kira bakal seperti ini nih, pemandangan matahari terbenam dari Nusa Dua :D
Kira – kira bakal seperti ini nih, pemandangan matahari terbenam dari Nusa Dua :D

Jadi, mana yang lebih suka? Water Blow Nusa Dua Bali dengan pemandangan sunsetnya? Atau malah kedua – duanya? Yang jelas, untuk waktu terbaik untuk menikmati  tempat wisata di Bali ini adalah ketika angin sedang kencang ( sekitar bulan Juni – Juli).

Ketika itu ombak lumayan besar, tentunya ombak akan melompat semakin tinggi dari celah karang dong. O iya, agar tidak terlalu panas, siang menjelang sore adalah waktu berkunjung terbaik. Bisa sekalian melihat pemandangan sunset lagi :D. Sekali mendayung, dua destinasi cantik terengkuh :).

Tips Juga Fakta Menarik Tentang Water Blow Nusa Dua Bali

Sebelum main ke tempat wisata di Bali selatan ini, mungkin akan lebih menyenangkan kalau kamu tahu beberapa tips juga fakta menarik mengenai Water Blow Bali ini!

Pengunjung tempat ini begitu antusias untuk mengabadikan peristiwa alam yang bisa dibilang unik ini.
Pengunjung tempat ini begitu antusias untuk mengabadikan peristiwa alam yang bisa dibilang unik ini.

( Baca Juga : Jalan – Jalan Dengan Sedikit Rencana! )

1. Fenomena Langka Di Bali

Selama menjelajah Pulau Bali, baru tiga kali saya menemui fenomena unik seperti ini. Pertama di Water Blow Nusa Dua Bali ini, kedua di Devil’s Tears Nusa Lembongan, dan yang terakhir di Pantai Bias Tugel yang ada di dekat Pelabuhan Padang Bai.

Memang sih, untuk mendapatkan fenomena alam seperti ini diperlukan formasi karang yang pas. Mungkin saja fenomena seperti ini masih ada di tempat lainnya di Indonesia. Namun yang pernah saya lihat dan kunjungi ya baru tiga diatas.

BACA JUGA :  Es Pleret, Si Pelepas Dahaga Dari Kota Blitar

2. Water Blow Nusa Dua Bali Berada Di Kawasan Resort Mewah Bali

Siapa sangka kalau tempat wisata unik ini berada di kawasan mewah bali. Tepatnya berada di kawasasan BDTC atau Bali Tourism Development Corporation. Jadi main ke Nusa Dua nggak cuma untuk menyaksikan pasir pantai yang indah, atau sunset yang menawan. Tapi bisa menikmati fenomena alam unik di Bali yang jumlahnya tak banyak ditemui.

3. Fasilitasnya Cukup Lengkap

Mungkin karena lokasinya berada di daerah resort, jadi fasilitas untuk wisatawan cukup diperhatikan disini. Seperti misalnya disini terdapat sebuah jalanan kayu yang dibuat mendekat kearah ombak melompat tinggi.

Jadi kamu bisa berjalan melewati kayu tersebut, lalu berfoto dengan latar belakang Water Blow Nusa Dua Bali. Kalau beruntung, kamu bisa berfoto dengan latar belakang ombak yang melompat tinggi. Tapi hati-hati ya, kadang karena ombaknya gede, jadi bisa basah kena air.

Momen seperti inilah yang paling saya tunggu di Water Blow Nusa Dua Bali.
Momen seperti inilah yang paling saya tunggu di Water Blow Nusa Dua Bali.

4. Berburu foto di Water Blow Nusa Dua Bali

Jadi selain tempat yang unik, ini adalah salah satu tempat favorit untuk berburu foto. Tempatnya memang indah dan menarik. Terutama ketika cuaca sedang bagus-bagusnya. Datanglah pada kondisi cuaca yang bagus agar mendapatkan hasil foto terbaik sesuai yang diinginkan.

5. Waktu Terbaik Mengunjungi Tempat Wisata Water Blow Nusa Dua Bali

Kalau ingin melihat ombak melompat tinggi di tempat ini, berkunjunglah ketika angin sedang kencang. Dipastikan kamu akan mendapati ombak melompat tinggi setelah membentur celahan karang di Water Blow Nusa Dua Bali. Datang juga pada pagi hari atau sore hari ketika cahaya sedang bagus jika kamu ingin mendapatkan foto terbaik dari tempat wisata di Bali selatan ini.

Harga Tiket Water Blow Nusa Dua Bali

Harga Tiket Water Blow Nusa Dua Bali berapa sih?
Harga Tiket Water Blow Nusa Dua Bali berapa sih?

Percaya atau enggak, harga tiket masuk ke kawasan wisata Water Blow Nusa Dua Bali ini gratis! Hanya perlu membayar biaya parkir saja jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Bali Selatan ini. Agak kaget juga waktu dulu pertama kali berkunjung ke tempat ini. Padahal lokasinya di kawasan elit, tapi ternyata masuknya gratis.

Namun untuk kamu yang punya acara khusus seperti prewedding di Water Blow Nusa Dua Bali, mungkin harus membayar tersendiri. Saya tidak tahu harganya berapa, namun kabarnya untuk foto prewedding di kawasan wisata Nusa Dua ini berkisar di harga dua jutaan. Standar harga foto prewedding di Bali sih itu.

Untuk tempat wisata ini buka 24 jam setiap hari, meski waktu terbaik berkunjung kesini adalah ketika pagi hari atau sore hari. Soalnya kalau malam tempatnya pasti sepi, dan kadang anginnya kencang. Jadi ya nggak begitu bisa menikmati apa apa deh.

Tempat Wisata Lain Dekat Sini Apa Lagi!?

Ada beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi kalau main kesini. Beberapa adalah tempat wisata pantai di Bali, kawasan watersport hingga ada yang berupa tempat wisata museum di Bali. Jadi main kesini ngak cuma bisa menikmati keunikan dari tempat wisata unik Bali ini saja!

Tempat wisata lain dekat Water Blow Nusa Dua Bali apa saja?
Tempat wisata lain dekat Water Blow Nusa Dua Bali apa saja?

1. Pantai Geger Dan Pantai Sawangan

Pantai ini lokasinya bersebelahan, pasirnya putih, ombaknya bagus dan tempat yang asik untuk berenang. Saya sendiri baru pernah main ke Pantai Sawangan. Lokasinya berada sekitar belasa menit berkendara dari kawasan Nusa Dua.

2. Pantai Nusa Dua

Sebagian besar mungkin merupakan pantai kepunyaan resort. Tapi ada juga yang boleh dikunjungi umum. Hanya perlu berjalan kaki dari area Water Blow Nusa Dua Bali untuk main kesini.

BACA JUGA :  Flight Trip Tokyo Haneda To Akita With ANA Airlines Boeing 737 800 Economy Class

3. Pantai Gunung Payung

Kalau yang namanya Pantai Gunung Payung ini adalah salah satu pantai tersembunyi di dekat Nusa Dua. Jalan menuju ke pantai ini agak kurang bagus, tapi pantainya sangat sepi. Jadi cocok untuk kamu yang suka dengan pantai sepi.

4. Museum Pasifika Bali

Kalau nggak mau basah-basahan di pantai, alternatifnya adalah mengunjungi wisata museum di Bali. Masih berada di kawasan BDTC yang berada tak jauh dari area tempat wisata pantai di Bali ini terdapat sebuah museum yang keren lho. Namanya Museum Pasifika! Buat yang suka karya seni dan lukisan bakalan seneng banget nih kalau main kesini!

5. Kawasan Water Sport Tanjung Benoa

Nah, kalau suka dengan kegiatan air yang menantang, boleh deh sepulang dari waterblow langsung menuju ke kawasan wisata Water Sport Tanjung Benoa. Disini ada banyak banget aktifitas yang bisa dicoba. Cocok untuk yang suka tantangan olah raga air!

Hotel Dekat Water Blow Nusa Dua Bali

Ada beberapa hotel yang berada di dekat Water Blow Nusa Dua Bali. Memang karena kawasan resort mewah, sebagian besar yang terdekat adalah hotel tipe luxury. Namun masih ada juga dengan jarak yang masih terjangkau hotel budget dekat tempat wisata di Nusa Dua ini. Misalnya Pop Hotel. Nah, untuk kamu yang ingin menginap di dekat tempat wisata ini, bisa mencoba menginap di beberapa hotel dibawah ini ya:

  • The Lerina Hotel Nusa Dua, Jalan Bypass Ngurah Rai No.1001x Badung, Nusa Dua.
  • Amaroossa Suite Bali, Taman Mumbul Jl Kebo Iwa No 2, Nusa Dua – Bali – Indonesia.
  • Airy Nusa Dua Pratama 8 Benoa Bali, Jl.Pratama No.8, Nusa Dua.
  • Amaris Hotel Pratama Nusa Dua, Jln. Pratama Lingkungan Celuk, Kel. Benoa, Kuta Selatan – Indonesia, Nusa Dua.
  • The Sakala Resort Bali – All Suites, Jalan Pratama No. 95, Tanjung Benoa, Nusa Dua.
  • Mesten Tamarind Bali Hotel Nusa Dua, Jalan Celagi Nunggul, Sawangan, Nusa Dua.
  • Hotel Santika Siligita Nusa Dua, Jl. Pintas Siligita No. 3A Banjar Peminge Nusa Dua.
  • Mulia Resort, Jalan Raya Nusa Dua Selatan Kawasan Sawangan Nusa Dua, Nusa Dua.
  • POP! Hotel Nusa Dua, Jln. By Pass Ngurah Rai No. 188x, Mumbul, Nusa Dua (Hotel Budget dekat Water Blow Nusa Dua).
  • Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Kawasan Pariwisata Lot SW1, Nusa Dua.
  • Horison Bellevue Heritage Villas Nusa Dua, Jalan Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua.
  • Mahogany Hotel, Jl Taman Bali No 1 By Pass Ngurah Rai, Mumbul,, Nusa Dua.
  • Benoa Sea Suites and Villas by Premier Hospitality Asia, Jalan Taman Sari, jalan Pratama Tanjung Benoa Nusa Dua.
  • Grand Whiz Hotel Nusa Dua, Blok T, Kawasan Wisata Nusa Dua, Nusa Dua.
  • The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Lot N-3 , Nusa Dua.
  • Grand Mirage Resort & Thalasso Bali, Jalan Pratama No 74 Tanjung Benoa Nusa Dua.
  • Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Lot N5 Nusa Dua Tourism Complex, Nusa Dua.
  • Bali Relaxing Resort & Spa, Jl.Pratama No. 62 Tanjung Benoa, Nusa Dua.
  • Mercure Bali Nusa Dua, Jalan Nusa Dua Selatan, Dh Jl Terompong Lot Sw 03, Nusa Dua.
  • INAYA Putri Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua LOT S-3, , Nusa Dua.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *