Panduan Liburan Ke Nusa Lembongan Bali

Panduan Liburan Ke Nusa Lembongan Bali
5 (100%) 16 votes

Pernah tahu Nusa Lembongan? Ada sebuah pulau yang merupakan bagian dari Bali, yang membuat saya selalu ingin kembali kesana. Apalagi ketika saya ingin menikmati suasana yang tidak begitu ramai, dimana saya bisa merenung, hingga mendapatkan inspirasi. Nama pulau itu adalah Nusa Lembongan yang berada di antara Bali dan Nusa Penida.

Nusa Lembongan sendiri adalah sebuah pulau kecil favorit saya yang berada di bagian tenggara Pulau Bali. Meskipun pulau ini terpisah dari Bali, tetapi Nusa Lembongan masih menjadi bagian dari Provinsi Bali. Lokasinya juga tidak terlau jauh, sekitar 1 – 2 jam perjalanan laut dengan menggunakan kapal nelayan atau fastboat dari Bali.

Suasana sore Nusa Lembongan seperti ini yang selalu bikin kangen siapapun yang pernah kesini.
Suasana sore Nusa Lembongan seperti ini yang selalu bikin kangen siapapun yang pernah kesini.

Saking sukanya dengan Nusa Lembongan, saya sudah dua kali menyambangi pulau ini. Memang pulau ini juga mempunyai semua daya tarik seperti yang dimiliki beberapa pulau kecil cantik Indonesia yang lainnya. Sebutlah lansekap pulau yang cukup berbukit, beberapa pantai cantik hingga beberapa aktifitas seru seperti surfing, diving and snorkeling bisa dilakukan di Nusa Lembongan. Jadi, bisa dibilang juga kalau Nusa Lembongan adalah Gili Trawangan-nya Bali. Kedengaran menarik ya? Mau kesana lagi doong~~

Memang! Pulau yang luasnya sekitar 8 km persegi ini bisa dijadikan alternatif yang lebih murah ketika ingin mendapatkan suasana menyenangkan sebuah pulau kecil seperti Gili Trawangan tetapi enggak punya banyak waktu. Apalagi buat yang tidak ingin pergi jauh – jauh ke Lombok, bisa saja pergi ke Bali yang kemudian bisa menyeberang ke Nusa Lembongan dari sana. Deal!?

Hanya Nusa Lembongan yang punya view super kece seperti ini ya!
Hanya Nusa Lembongan yang punya view super kece seperti ini ya!

Dari Pulau Bali, si cantik Nusa Lembongan bisa dicapai dari dua tempat, yaitu dari Pantai Sanur, dan Pelabuhan Benoa. Penyeberangan dengan kapal biasa berupa Jukung (public boat) hanya bisa dari Pantai Sanur saja. Sedangkan penyeberangan dengan kapal cepat (fastboat) bisa dari Pantai Sanur atau Pelabuhan Benoa, sementara penyeberangan dengan menggunakan kapal besar cruiser hanya bisa dari Pelabuhan Benoa yang mempunyai dermaga penyeberangan.

Cara Pergi Ke Nusa Lembongan, Gimana Caranya?

Whoaaa? Ternyata ada banyak ya tempat menyeberang ke Nusa Lembongan? Terus mana dong yang paling asik seru dan menyenangkan? Semuanya menyenangkan lho! Mulai dari kapal biasa yang paling murah, fastboat yang seru, hingga cruiser yang paling mewah. Beruntung saya pernah merasakan ketiga cara untuk mencapai pulau cantik di tenggara Bali ini. Dan… Cara manakah yang paling bagus?

  • Cruiser dari Pelabuhan Benoa. Sejauh ini cruiser adalah cara yang paling jetset atau mewah untuk mencapai Nusa Lembongan. Meskipun Cruiser yang merupakan kapal besar ini tidak benar – benar berlabuh di pulau. Kapal cruiser yang besar ini hanya akan berlabuh di sebuah dermaga apung yang ada di teluk di dekat Nusa Lembongan. Nah, dari situ saya baru bisa beraktifitas. Entah snorkeling di teluknya, bermain air atau menyeberang ke Nusa Lembongan dengan kapal yang lebih kecil. Untuk yang suka mencoba naik kapal cepat yang besar bak sebuah kapal pesiar, naik Cruiser adalah cara paling asik!

    Cruising adalah cara paling mewah dan elegan untuk menyeberang ke Nusa Lembongan dari Pelabuhan Benoa, Bali.
    Cruising adalah cara paling mewah dan elegan untuk menyeberang ke Nusa Lembongan dari Pelabuhan Benoa, Bali.
  • Fastboat si kapal cepat. Jika tidak mempunyai waktu yang terlalu banyak, naik fastboat adalah cara tercepat untuk menuju Nusa Lembongan. Saya sendiri pernah memakai fastboat ketika kembali dari Nusa Lembongan menuju Bali. Bukan karena saya tergesa – gesa atau tidak punya waktu, tetapi karena saya ingin merasakan serunya naik fastboat melewati Laut Bali. Seru lho! Apalagi ketika fastboat sedang melewati gelombang besar :D

    Jika ingin merasakan serunya menyeberangi selat bali dengan penuh goncangan, Fastboat seperti ini adalah pilihan utama.
    Jika ingin merasakan serunya menyeberangi selat bali dengan penuh goncangan, Fastboat seperti ini adalah pilihan utama.
  • Public Boat, kapal biasa yang ekonomis. Ya, kapal biasa yang lebih dikenal dengan public boat ini hanya melayani keberangkatan dari Sanur dengan waktu keberangkatan pagi hari saja (Sekitar jam 07.00 Wita). Kapalnya mirip dengan kebanyakan kapal nelayan dan biasa disebut Jukung. Karena itu kapal ini paling lamban untuk menuju Nusa Lembongan dari pada yang lain. Cuma, untuk yang ingin merasakan bagaimana rasanya berlayar seperti seorang nelayan, lebih baik mencoba naik kapal ini. Tetapi ingat! Kapal biasa ini keamanannya adalah yang paling rendah daripada dua yang lainnya :)

    Suka dengan yang klasik? Yang tradisional? Coba deh menyeberang dengan public boat atau jukung yang biasa digunakan nelayan untuk melaut. Seru sih, tapii... :D
    Suka dengan yang klasik? Yang tradisional? Coba deh menyeberang dengan public boat atau jukung yang biasa digunakan nelayan untuk melaut. Seru sih, tapii… :D

Pergi Ke Lembongan Dari Pantai Sanur

Rute pergi ke Nusa Lembongan paling umum dan gampang adalah dari Pantai Sanur karena ada banyak kapal cepat yang melayani rute ini.

  • The Marlin Cruises. Termasuk pick and drop di sekitar Bali Selatan dansekitar Pulau Lembongan), Bisa langsung hubungi ke kapten kadek (Hotel Pantai Sanur), Telp +62 82340228744, (indosdiver@gmail.com). Perahu cepat untuk sampai ke Sanur dan Lembongan memakan waktu 20-25 menit. Kapal besar dengan tiga mesin, termasuk Life Jacket, dan safety transfer. Berangkat setiap hari dari Pantai Sanur pukul 10.00, 1:00 pagi, 16:00. Berangkat setiap hari dari Pulau Lembongan pada 08:30, 11:30 AM, 3:00 PM.
  • Mushroom Lembongan Paradise. Termasuk drop off dan pick up di daerah Lembongan. Tiket dapat dibeli di Jl Hangtuah 78, Sanur di depan Dapur Korea (Pantai Sanur), Telp + 62 361 – 281974, 62 87 861987782 (sales@lembongancruise.com). Penyeberangan membutuhkan waktu 25 – 30 menit. Menggunakan kapal bermotor dengan 600 tenaga kuda yang dinilai di bawah maritim internasional. Panjang 14.00 meter, lebar 3.00 meter. Kapasitas Perahu untuk 45 orang dilengkapi dengan jaket pelampung dan dikover Asuransi. Berangkat setiap hari dari pantai Sanur ke Jamur Jamur pukul 09:30, 13:00, 16:30. dan berangkat setiap hari dari teluk jamur ke pantai Sanur pukul 08.00, 11:00, 15:30. Rp 300.000 / orang / PP. Gratis untuk Bayi di bawah 5 tahun.
  • Sea Horse Lembongan. Melayani rute Mushroom Bay ke Sanur, Telp +62 82340228744 (fax: +623665596401). Lembongan: 8:00 AM dan 3PM dan Sanur: pukul 8.30 malam dan 16.30. Perahu cepat baru dengan peralatan pengaman, dan perahu besar dengan tiga mesin, rute perjalanannya adalah Lembongan – Sanur. Penyeberangan membutuhkan waktu penyeberangan 25-30 menit. Rp 200.000 per orang satu arah termasuk drop di Lembongan.
  • BLUE BEACH BOAT / CAHAYA BAGUS. Hubungi +6285100143000 (bluebeachdps@yahoo.com). Perjalanan menempuh waktu 25 menit. Berangkat setiap hari dari pantai Sanur ke Teluk Jungutbatu pada pukul 8.30 pagi, 12.30 PM, 15.30 sore dan kembali dari lembongan pukul 10.30 pagi, 14.00 dan 17.00. Pesan langsung karena tempat duduk mungkin terbatas, termasuk transfer Hotel dari Sanur, Kuta, Seminyak, Legian, dan jimbaran disertakan saat pemesanan minimal 2 orang. Daerah lain memiliki biaya tambahan. Rp. 200.000 / orang (satu arah).
  • Ocean Star Express. Melayani rute Sanur ke Lembongan, Telp +62 82340228744 (beachcliffhuts@gmail.com, fax: +62 366 5596401). Berangkat daru Lembongan: 3PM dan Sanur: 10.AM. Menggunakan speedboat dan kapal pesiar dengan perlengkapan keselamatan, toilet. Perahu yang lebih besar dengan 3 mesin. Tersedia juga untuk rute ke pulau Gili dan Lombok. Penyeberangan memakan waktu 1 jam 30 menit + tergantung pada kondisi cuaca dan operasional; Rp 590,000. Rp 250.000 per orang satu arah termasuk pick up and drop di sekitar Bali dan Lembongan.
  • Sea Horse Lembongan. Melayani rute Mushroom Bay ke Sanur, Telp +62 82340228744 (fax: +623665596401). Lembongan: 8:00 AM dan 3PM dan Sanur: pukul 8.30 malam dan 16.30. Perahu cepat baru dengan peralatan pengaman, dan perahu besar dengan tiga mesin. Rute perjalanannya adalah Lembongan – Sanur. Penyeberangan membutuhkan waktu 25-30 menit. Rp 200.000 per orang satu arah termasuk di Lembongan.
  • Perama. Perahu berangkat setiap hari pukul 10.30 pagi. Perjalanan melintasi sekitar 90 menit, dan tidak ada pilihan pulang di hari yang sama. Kantor Perama Sanur dapat ditemukan di Warung Pojok di Jalan Hangtuah. Bus harian Perama berangkat dari sini ke Ubud, Kuta, bandara, Padang Bai (untuk Lombok) dan Amed. Rp 110.000 per orang untuk satu arah.
  • Rocky Fast Cruise. Telp +62 361 8012324 (reservations@rockyfastcruise.com). Perahu cepat yang dapat diandalkan dan sangat cepat dari Pantai Sanur ke Jungut Batu. Tiket bisa dibeli di kantor di Jl Hangtuah, Sanur, tepat di pantai Sanur dimana kapal berangkat, dan di Jungut Batu di Nusa Lembongan. Penyeberangan membutuhkan waktu 25-35 menit, tergantung kondisi laut. Berangkat dari Sanur 10:00, 12PM, 2PM dan 4:30 PM. Berangkat Nusa Lembongan 9AM, 11:00, 13:00 dan 15.30. Mereka melakukan penjemputan di hotel (area terbatas) dan penjemputan di bandara / drop off jika Anda mengirimi mereka pesan mengenai rincian perjalanan pribadi Anda. Tarif satu arah Rp 250.000 dan kembali Rp 450.000 termasuk penjemputan dan drop off hotel.
  • Scoot Cruise. Telpon +62 361 285522. Perahu cepat dari Pantai Sanur yang membawa Anda ke Jungut Batu. Transfer hotel juga termasuk. Tiket dapat dibeli dari kantor Scoot di samping Dunkin ‘Donuts di Jalan Hangtuah di seberang Hotel Sanur Paradise Plaza, atau di pantai dekat titik keberangkatan. Penyeberangan memakan waktu 30-40 menit. Berangkat Sanur 9:30 AM, 13:30 dan 16:00. Berangkat Nusa Lembongan 8:30 AM, 11:30 AM dan 3PM. Tarif satu arah USD 27 dan kembali USD 45, termasuk hotel pick up.
  • Kapal Cepat Umum. Berangkat dari Pantai Sanur (di depan hotel pantai Ananda), Telp +62 81338737344 (221hospitalityservice@gmail.com). Berangkat setiap hari dari Pantai Sanur ke Teluk Jungutbatu pada pukul 8:30 pagi, pukul 09.00, 11.00, 15.00, 4.30 sore dan kembali pada pukul 8 pagi, 10:30 AM, 00.00, 00.00, menuju Teluk Jamur meninggalkan Sanur pada pukul 8:00 pagi, 09:00, 11, 00, 13.00, 15.30, 15.30, 16.30, dan daun dari Teluk Jamur pada pukul 07.00, 08.00, 09:00, 11:00, 13.00, 23.30, 15.30 dan 4.30 sore. Pesan langsung karena kursi mungkin terbatas. Info harga bisa didapatkan di loket tiket di ujung jalan Hang Tuah di Pantai Sanur. Harganya Rp. 250.000 / orang / oneway dan Rp. 400.000 / orang / pulang termasuk transfer Hotel dari Sanur, Kuta, Nusa Dua, Seminyak, Legian, Nusa Dua, Ubud, Bandara dan jimbaran disertakan saat pemesanan minimal 2 orang. Daerah lain seperti canggu, uluwatu, teluk padang, sidemen, candidasa dan amed memiliki biaya tambahan RP.150.000 / mobil.
  • Kapal Jukung. Berangkat setiap hari dari pantai Sanur pukul 10.30 pagi di depan Hotel Ananda atau di dekat Hotel Grand Inna Bali Beach (tergantung pada air pasang). Penjual tiket resmi berada di ujung jalan Hang Tuah. Tidak ada fasilitas kembali di hari yang sama. Perahu berangkat dari Nusa Lembongan pada pukul 8:00 pagi. Perjalanan memerlukan waktu sekitar 90 menit. Rp 100.000 per orang.

Pergi Ke Lembongan Dari Pelabuhan Serangan

Marina Srikandi, bisa dihubungi lewat no telp +62 361 729 818 (marketing@marinasrikandi.com). Mereka berangkat dari Serangan ke Nusa Lembongan dari pukul 08.30 pagi dan dari Nusa Lembongan ke Serangan pada pukul 03.30 WIB. Harga tiketnya Rp. 175.000 dan dan untuk tiket kembali Rp. 350.000. Antar jemput gratis ke beberapa daerah pilihan di Bali.

Pergi Ke Lembongan Dari Pelabuhan Benoa

  • Bounty Cruises. Bisa dipesan lewat no telp +62 361 443765. Transfer standar tersedia dengan menggunakan kapal catamaran kecepatan tinggi. Layanan (transfer standar) berangkat setiap hari dari Pelabuhan Benoa pada pukul 9 pagi dan dari Nusa Lembongan pukul 15:15. Jika memiliki waktu yang terbatas untuk berkunjung ke pulau ini, pilihannya adalah dengan mengambil satu hari pelayaran ke dermaga ponton Bounty Cruise Nusa Lembongan. Lama perjalanan ke Lembongan ditempuh dalam waktu 90 menit. Minuman dan makanan ringan tersedia di kapal. Perjalanan termasuk aktivitas air di dan dekat ponton; seperti banana boat, water slide, kayak, snorkelling dan glass bottom boat rides. Bisa juga mengikuti tur Nusa Lembongan Village, mengunjungi perkebunan rumput laut dan ‘Rumah Bawah Tanah’. Transfer fastboat: USD 35 satu arah dan USD 70 PP. Pelayaran satu hari adalah USD 95, termasuk makan siang prasmanan.
  • Island Explorer Cruises. Pemesanan bisa telp ke +62 361 728 088. Transfer standar tersedia dengan kapal cepat. Alternatif lain adalah pelayaran seharian dengan kapal pesiar yang berlayar santai. Kapal cepat (hanya transfer) berangkat dari Pelabuhan Benoa pukul 10.30 pagi, kapal ini kembali dari Nusa Lembongan pada pukul 12.30. Kapal pesiar (day cruise) berangkat dari Pelabuhan Benoa pada pukul 09:00 dan akan kembali sekitar pukul 5 sore. Fastboat USD 23 satu arah dan PP USD 40 (termasuk pick up di hotel) atau USD 20 satu arah dan USD 35 PP (tidak termasuk pickup hotel). Harga untuk pelayaran sehari/day cruise adalah USD 69 dengan yacht atau USD 79 dengan kapal pesiar, termasuk penjemputan di hotel, makan siang prasmanan dan kegiatan olahraga air.
  • Bali Hai Cruises. Telp +62 361720331 (sales@balihaicruises.com). “Kapal pesiar Bali Hai mengatur perjalanan sehari ke dan dari pulau Lembongan. Tersedia berbagai kegiatan menarik di aktifitas ini seperti Parasailing, Diving, Snorkling, pemandangan kapal selam dan seluncuran air. Harga mulai dari USD 60 untuk kapal pesiar makan malam sampai USD 100 untuk Beach Club Cruise.
  • Lembongan Fast Boat. Telp +62 817-5793-495 (info@lombokreisen.com). Kapal cepat berangkat pukul 10.30 dan 15.30 dan dari Nusa Lembongan pukul 09.00 dan 13.30. US D 18 satu arah dan USD 35 PP termasuk dengan hotel pick up.

Pergi Ke Lembongan Dari Nusa Penida

Perahu umum berangkat setiap hari dari Toyapakeh dan kadang-kadang Pelabuhan Buyuk, keduanya berada di Nusa Penida utara. Waktu keberangkatan bisa berubah sewaktu-waktu. Tanyakan saja lebih awal, tapi umumnya kapal berangkat pada pukul 06.00. Mereka berlayar menuju ke Jungut Batu atau muara di dekat jembatan gantung antara Nusa Lembongan, tergantung pada pasang surut. Untuk tarifnya adalah sekitar Rp50.000 sekali jalan.

Sudah Berlabuh Di Nusa Lembongan Capt! Sekarang Bagaimana?

Jadi pertama sebelum mulai bingung dan enggak tau arah setelah landing di Nusa Lembongan adalah mengenal 4 area utama yang ada di Nusa Lembongan. Keempat area tersebut adalah Junggut Batu, Desa Lembongan, Hutan Mangrove dan Nusa Ceningan. Keempatnya mempunyai spesialisasi dan daya tariknya masing masing lho. Semuanya kecuali Nusa Ceningan yang hanya sampai jembatan penghubungnya saja sudah saya eksplore dengan sepeda motor yang menjadi transportasi yang sudah umum di sini.

Jungut Batu

Area pertama adalah Jungut Batu, yang merupakan tempat dimana banyak tempat menginap murah di Nusa Lembongan. Biasanya para budget traveler atau para backpacker akan langsung menuju ke Jungut Batu. Saya bahkan pernah menginap di sebuah penginapan yang ada di Jungut Batu dengan harga tidak lebih dari Rp 200.000 per/malam yang bisa diisi oleh 3 orang.

Mencari tempat menginap di Jungut Batu gampang – gampang susah. Selain karena desa ini lumayan luas, penginapan lumayan tersebar. Tipsnya adalah memesan lewat internet sebelum sampai di Nusa Lembongan, atau jika datang secara langsung, bisa tanya kepada kru kapal yang menyeberangkan. Saya kemarin mendapatkan informasi penginapan dari mereka. Di pesisir pantai Jungut Batu sebenarnya juga ada beberapa penginapan, namu seringnya penuh karena lokasi yang strategis, dan kadang juga sedikit lebih mahal.

Jungut Batu yang terlihat dari the hill ini merupakan tempat dimana konsentrasi tempat menginap murah berada.
Jungut Batu yang terlihat dari the hill ini merupakan tempat dimana konsentrasi tempat menginap murah berada.

Desa Lembongan

Nah! Kalau mau melihat kehidupan sehari – hari penduduk asli pulau ini, cobalah berkeliling di Desa Lembongan. Bisa dibilang di desa inilah para penduduk setempat berkegiatan sehari – hari. O iya, bererapa jalan aspalnya kurang bagus, jadi harus sedikit berhati – hati ketika berkeliling disini.

Sementara Desa Lembongan adalah tempat tinggal penduduk asli dari Nusa Lembongan. Seperti Bali, disini mayoritas memeluk Hindu juga.
Sementara Desa Lembongan adalah tempat tinggal penduduk asli dari Nusa Lembongan. Seperti Bali, disini mayoritas memeluk Hindu juga.

Hutan Mangrove

Mangrove sendiri adalah salah satu daya tarik dari Nusa Lembongan, paling tidak untuk orang – orang seperti saya yang suka dengan tumbuhan hijau.  Nah! Disini bisa menyewa perahu yang kemudian akan mengantarkan untuk berkeliling hutan mangrove yang berada disisi timur Nusa Lembongan.

Sayangnya enggak seperti hutan mangrove yang ada di Bali Selatan yah, sudah ada jalan yang bisa dilewati dengan jalan kaki di tengah – tengahnya. Meskipun begitu, tetap saja mangrove yang ada di Nusa Lembongan ini menarik untuk di eksplore lho! Pastinya ada banyak flora dan fauna yang tinggal di dalamnya :)

Siap untuk mengeksplorasi kawasan mangrove Nusa Lembongan?
Siap untuk mengeksplorasi kawasan mangrove Nusa Lembongan?

Nusa Ceningan

Bisa dibilang Nusa Ceningan adalah sebuah pulau yang terpisah dari Nusa Lembongan, karena kedua pulau ini dipisahkan oleh sebuah selat kecil. Namun, karena keduanya juga dihubungkan dengan sebuah jembatan kecil, Nusa Ceningan juga layak untuk dieksplore loh. Sayangya waktu liburan saya ke Nusa Lembongan kurang banyak, jadinya saya hanya berfoto saja di jembatan yang menghubungkan kedua pulau. Nah tertarik untuk mengeksplore Nusa Ceningan juga? Saya tunggu sharingnya :)

Menyeberangi jembatan ini akan sampai dengan pulau yang lebih kecil disebelahnya, Nusa Ceningan.
Menyeberangi jembatan ini akan sampai dengan pulau yang lebih kecil disebelahnya, Nusa Ceningan.

Whoaa! Ada Banyak Banget Tempat Asik Di Nusa Lembongan! Ngapain Aja Ya Enaknya Disana?

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Nusa Lembongan awalnya saya ingin jalan kaki mengelilingi pulau sih, tetapi saya urungkan setelah mendapat wejangan dari ABK Jukung yang mengantarkan saya dari Bali.

Lebih baik sewa motor deh mas, lebih mahal sedikit dari pada di Bali sih, tetapi pasti bakal capek banget kalau jalan kaki” Kata seorang bapak, yang juga anak buah kapal Jukung yang saya naiki.

Yah, memang Nusa Lembongan ini beberapa kali lebih luas daripada Gili Trawangan. Jadi lupakan saja berkeliling dengan jalan kaki seperti disana. Kira – kira yang bisa dilakukan ketika di Nusa Lembongan begini deh.

Naik sepeda motor keliling Nusa Lembongan? Siapa takut!!
Naik sepeda motor keliling Nusa Lembongan? Siapa takut!!
  • Keliling pulau dengan sepda motor, atau sepeda. Jalan kaki boleh sih, tetapi pasti capek banget, mengingat lansekap Nusa Lembongan adalah pulau kecil yang sedikit berbukit.
  • Snorkeling atau Diving disekitar pulau. Ada banyak sekali titik untuk snorkeling disini seperti di Mushroom Bay. Selain itu ada banyak juga jasa yang akan mengantarkan snorkeling atau diving, jadi jangan takut enggak ada yang nganterin yah :D
  • Bersantai melihat ombak yang ganas di Dream Beach. Ya saya hanya merekomendasikan untuk bersantai saja disini, soalnya ombaknya begitu besar, jadi berbahaya jika bermain air atau berenang disini.
  • Menikmati Jungut Batu dari ketinggian The Hill sambil asik berfoto :D
  • Mengunjungi jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Berfoto – foto juga boleh lho! :)
  • Mengkesplore hutan mangrove yang berada di bagian timur pulau.

Gimana? Ada banyak banget bukan meskipun pulau ini ukurannya lebih kecil dari Pulau Bali. Masih kurang? Tambahin kalau ada yang menemukan kegiatan seru yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan :)

Beberapa moda transportasi yang umum digunakan di pulau ini.
Beberapa moda transportasi yang umum digunakan di pulau ini.

Tentang Penginapan, Makan Ekonomis dan Bla… Bla.. Bla.. Pokoknya Tips Yang Enggak Bikin Kantong Bocor Setelah Liburan Di Nusa Lembongan Deh!

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, tempat menginap paling ramah dengan kantong ada di desa Jungut Batu. Disana bisa ditemukan banyak tempat menginap dengan harga dibawah Rp.300.000 per/malam. Sedangkan jika punya dana lebih, dan ingin menginap di tempat yang agak mewah, mungkin bisa mencoba menginap di beberapa villa atau hotel yang berada agak keatas tetapi masih berada di pesisir pantai Desa Jungut Batu.

Makanan murah juga ada lho di Nusa Lembongan. Modelnya sih mirip dengan warung jawa yang bertebaran di Bali, cuma kalau di pulau yang enggak terlalu besar ini hanya ada beberapa saja. Selebihnya adalah restoran yang sedikit mewah, namun tidak rugi jika mencobanya sesekali. Jika tidak mau repot juga bisa mencari hotel yang sekaligus memiliki restoran. Banyak hotel yang merangkap restoran di Jungut Batu, kadang harganya juga enggak terlalu mahal kok.

Makanan murah ada~~ Penginapan murah tapi nyaman apa lagi? :D
Makanan murah ada~~ Penginapan murah tapi nyaman apa lagi? :D

Penginapan dan Hotel di Nusa Lembongan

Ada banyak penginapan di Nusa Lembongan yang bisa digunakan untuk menginap. Paling strategis lokasinya ada di Jungut batu, meski bisa menginap di area mana saja lalu berkeliling dengan sepeda motor. Untuk rekomendasi penginapan juga hotel di Lembongan adalah sebagai berikut:

  • D’Camel Hotels Lembongan, Jalan Raya Jungut Batu, Klungkung, Indonesia
  • Mahagiri Resort Nusa Lembongan, Banjar Kaja, Desa Jungutbatu Lembongan, Nusa Penida – Klungkung, Klungkung, Indonesia, 80771
  • The Beach Huts, Dusun Kaja Desa Jungutbatu Lembongan, Klungkung, Indonesia
  • Sunrise Huts Lembongan, Jalan Ancak Sari, Lembongan, Bali, Klungkung, Indonesia, 80771
  • Lembongan D’Licks Villa, Banjar Kangin Desa Jungutbatu, Nusa Lembongan, Klungkung, Indonesia, 80771
  • Laguna Reef Hut Lembongan, Laguna Beach Lembongan, Klungkung, Indonesia
  • The Cozy Villas Lembongan, Dream Beach Road, Klungkung, Indonesia
  • D and B Bungalows, JUngutbatu Village, Lembongan Island, Klungkung, Indonesia, 08771
  • Poh Manis Lembongan, Ancak Village – Lembongan, Klungkung, Indonesia
  • DMas Huts Lembongan, Jalan Ancak Sari, 18077 Lembongan Bali, Klungkung, Indonesia, 18077
  • Lembongan Made Inn, Jungut Batu , Klungkung, Indonesia, 80361
  • La Casa Janu Lembongan, Dusun Kangin Desa Lembongan, Klungkung, Indonesia, 80772
  • Seaweed Guesthouse, Jalan Raya Lembongan, Nusa Penida, Klungkung-Bali, Klungkung, Indonesia, 80771
  • Dream Beach Hut, Banjar Kawan Desa Lembongan Dream Beach, Klungkung, Indonesia
  • Dimi House, Jalan SD Negeri 3 Lembongan (Dekat Sekolah SDN 3)`, Klungkung, Indonesia, 80771
  • Sari Nusa Inn, Br. Kangin, Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan, Klungkung, Indonesia, 80228
  • Pondok Jenggala, Jalan Raya Jungutbatu Lembongan, Klungkung, Indonesia, 80771
  • Mushroom Beach Bungalows, Tanjung Sanghyang Bay, Klungkung, Indonesia, 80771
  • Sukanusa Luxury Huts, Jalan Jungut Batu Nusa Penida Klungkung, Klungkung, Indonesia
  • Kubu Nusa, Desa Jungut Batu Lembongan, Klungkung, Indonesia, 80361

Tempat Wisata Di Nusa Lembongan

Ada banyak wisata Nusa Lembongan yang menarik. Sebagian besar tempat wisata di Nusa Lembongan adalah berupa pantai yang sepi untuk dinikmati. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dream Beach. pantai terpencil yang indah dengan pasirnya putih. Ombaknya cukup kencang disini, jadi tidak cocok untuk berenang. Ada sebuah kafe yang melekat pada resor di sini, namanya cafe pandan. Dream Beach adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan sepanjang hari tanpa melakukan apapun.
  • Mushroom Beach
  • Paradise Beach
  • Tamarind Beach
  • Scoobydoo Beach
  • Sandy Bay
  • Devil’s Tear
  • Hutan Mangrove Nusa Lembongan
  • Pura Puncak Sari
  • Kebun Rumput Laut
  • Tempat Menikmati Sunset Di Nusa Lembongan
  • Jembatan Kuning Nusa Lembongan – Nusa Ceningan
  • Nusa Ceningan

Last But Not Least! Beberapa Tips Liburan Ke Nusa Lembongan Yang Perlu Diketahui

  • Sewa motor di Nusa Lembongan sedikit lebih mahal dari pada di Bali, range harganya antara Rp. 50.000 – 100.000. Mungkin karena membawa motor ke pulau ini sedikit ribet yah. Kalau beruntung, bisa mendapat motor yang bahan bakarnya sudah penuh ketika menyewa.
  • Harga bahan bakar pasti lebih mahal dari pada di bali, harga BBM untuk ukuran botol mineral 1,5 liter waktu itu adalah Rp. 15.000.
  • Rata – rata sepeda motor di Nusa Lembongan tidak ada plat nomornya, mungkin juga karena enggak ada pak polisi yang bakal menilang disini. Tapi tetap nyetir aman ya disini, tetap pakai helm dan menyalakan lampu di siang hari :D
  • Meskipun pulau yang kecil, tetapi ada banyak pantai yang bisa didatangi di Nusa Lembongan. Sebut saja Dream Beach, Sandy Bay, Tamarind Beach, dan Pantai Jungut Batu.
  • Di dekat jungut batu akan terlihat sesuatu bebentuk eperti kotak – kotak dan berwarna kehijauaa. Nah, itu adalah tempat membudayakan rumput laut yang dimiliki penduduk setempat.
  • Buat shopaholic enggak usah bingung misalnya mau beli oleh – oleh. Di pulau ini ada banyak tempat yang menjual souvenir untuk dibeli. Rata – rata mereka menjual kerajinan tangan yang unik lho :D

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
16 Responses
  1. Littlenomadid

    Bener banget..Salah satu tempat favorite saya di Bali. Sayang pengen snorkeling sama manta di Nusa Penida tapi ombaknya lagi gede =(

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      iyaa, gak perlu jauh – jauh ke gili trawangan ya :D cuma berani snorkeling di mushroom bay doang saya -,- takut kalau di tempat yang arusnya kenceng ;3

  2. Indra Kusuma Sejati

    Nusa lembongan memang merupakan salah astu tempat destinasi yang indah yang beradad di Bali, apalagi bagi mereka yang suka dengan melaukan wisata pantai dengan pesona pemandangannya yang indah.

    Salam,

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: