Panduan Wisata Yogyakarta - Jogja Indonesia Terbaru Tahun 2024

Yogyakarta atau DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat liburan, destinasi kuliner, keunikan dan keindahan objek wusata yang khas. Kota ini merupakan pusat budaya utama di Jawa dan terletak di kaki gunung berapi aktif, Gunung Merapi yang juga merupakan tempat wisata Yogyakarta yang terkenal.

Selain keindahan alam, Yogyakarta juga terkenal dengan seni dan budayanya. Seni tradisional seperti gamelan, tari Jawa klasik dan kontemporer, serta wayang kulit menjadi daya tarik objek wisata Yogyakarta yang tak terbantahkan. Selain itu, pengrajin lokal juga banyak berkarya dalam seni seperti batik, perak, dan karya kulit yang menjadi aktivitas kerajinan yang juga menarik wisatawan.

Yogyakarta Atau Jogja Memiliki Daya Tarik Wisata Alam dan Budaya Yang Menawan

Jika kamu ingin melihat karya seni modern, kamu bisa mengunjungi ASRI (Akademi Seni Rupa) atau Museum Affandi yang terkenal dengan karya impresionis Indonesia yang terkenal, mendiang Affandi.

Selain itu, Yogyakarta juga memiliki daya tarik wisata belanja, terutama di Jalan Malioboro yang selalu ramai dengan kuliner jalanan malamnya dan pedagang kaki lima.

Daya tarik wisata Yogyakarta lainnya adalah Keraton Yogyakarta, istana sultan yang masih memancarkan semangat penyempurnaan dan kearifan lokal yang telah menjadi ciri khas seni Yogya selama berabad-abad. Jangan lupa juga mencoba angkutan tradisional “becak” yang hanya bisa ditemukan di kota ini.

Dengan lokasinya yang strategis, Yogyakarta menjadi pintu gerbang utama ke Jawa Tengah dengan akses mudah melalui udara, kereta, atau jalan darat.

Yogyakarta Atau Jogja Memiliki Daya Tarik Wisata Alam dan Budaya Yang Menawan

Tidak heran jika tempat wisata Yogyakarta selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahun. Jadi, jika kamu ingin merasakan keindahan alam, seni, budaya, dan belanja yang unik, Yogyakarta adalah pilihan yang tepat.

Yogyakarta, bersama dengan kota kembarannya Surakarta (Solo), adalah tempat lahirnya peradaban Jawa. Kota ini adalah pusat kekuatan yang menciptakan candi Borobudur dan Prambanan yang megah pada abad ke-8 dan ke-9, serta Kerajaan Mataram yang kuat pada abad ke-16 dan ke-17.

Yogyakarta dikenal dengan slogan “Jogja The Never Ending Asia” karena daya tariknya yang tak pernah habis. Hari ini, kota ini juga terkenal sebagai “Jogja Istimewa”, sebuah tagline yang menggambarkan nilai-nilai istimewanya.

Kota ini adalah salah satu pusat budaya terkemuka di Indonesia. Mulai dari berkeliling di museum hidup The Kraton atau Keraton Yogyakarta (Istana Sultan), hingga nongkrong di Alun-Alun yang terkenal, menyaksikan pengrajin perak membuat perhiasan yang menakjubkan di Kotagede, dan mungkin mencoba berbelanja di Jalan Malioboro.

Menyusuri sunrise di candi candi terkenal seperti Prambanan dan Borobudur di kota tetangga Magelang, hanya beberapa dari banyak cara untuk tidak pernah bosan di kota yang relatif kecil namun ramai ini.

Keajaiban Warisan Kuno Kota Yogyakarta Yang Penuh Daya Tarik Wisata

 

 

Kamu bisa merasakan keindahan dari kelima keajaiban di kota seni ini. Mulai dari menikmati keajaiban alam dengan mengunjungi pantai-pantai yang indah dan pemandangan yang instagramable.

Pantai Parangtritis, Indrayanti, Pok Tunggal, Siung, Krakal, dan Jogan adalah beberapa pantai terkenal di kota ini. Puncak Becici, Pinus Pengger, dan Jurang Tembelan adalah beberapa tempat tujuan lain yang menarik untuk menikmati alam di Yogyakarta!

Untuk keajaiban kuliner, jangan lupa untuk mencoba Gudeg pertama kali, masakan khas resep tradisional Jawa yang sangat terkenal di kota ini. Bakpia, camilan tradisional dengan banyak rasa yang menarik dan populer sebagai oleh-oleh. Untuk minuman, kamu bisa mencoba Jamu, campuran herba alami berdasarkan tradisi kuno yang digunakan sebagai obat alami.

Batik adalah harta nasional berdasarkan kata “amba” dan “titik” dalam bahasa Jawa yang artinya menulis titik-titik. Ini adalah seni menghias kain menggunakan lilin dan proses pewarnaan.

Keajaiban Warisan Kuno Kota Yogyakarta Yang Penuh Daya Tarik Wisata

Yogyakarta memiliki motif batik yang khas biasanya dibuat dengan dasar putih terang. Beberapa motifnya antara lain Parang Kusumo, Kawung, dan Truntum, yang masing-masing diciptakan dengan filosofi khusus di balik setiap titiknya.

Ada Batik Tulis, Batik Cap, Batik Print, dan hasil campuran dari teknik-teknik tersebut. Yang paling mahal adalah Batik Tulis, yang terbuat dari ornamen lukisan tangan 100%.

Harga akan semakin mahal jika dibuat dari kain sutra yang berharga. Membuat Batik Tulis berkualitas tinggi bisa memakan waktu dari satu hari hingga beberapa bulan yang cermat, tergantung pada ukuran dan rincian desain yang rumit.

Wayang juga merupakan warisan seni yang luar biasa yang dikenal dari Yogyakarta. Ada Wayang Kulit atau boneka kulit, dipentaskan dalam pertunjukan wayang kulit oleh dalang atau ahli boneka melalui layar yang diterangi oleh lampu.

Wayang Orang adalah pertunjukan berukuran hidup yang menggambarkan pesan filosofis yang sama dari cerita kuno dan dipresentasikan oleh pria dan wanita dengan pakaian tradisional yang rumit.

Kamu bisa menemukan keajaiban Rekreasi, dengan mengunjungi desa-desa wisata di Yogyakarta. Tembi, Pentingsari, dan Nglanggeran adalah tiga tempat yang bisa kamu kunjungi.

Rasakan kehidupan sehari-hari orang lokal secara otentik, dan pelajari beberapa keterampilan baru, seperti memainkan gamelan, menenun janur, dan menampilkan tari tradisional Jawa!

Rasakan kehidupan sehari-hari orang lokal secara otentik, dan pelajari beberapa keterampilan baru, seperti memainkan gamelan, menenun janur, dan menampilkan tari tradisional Jawa!

Keajaiban petualangan juga berlimpah di Yogyakarta. Mulai dari mengeksplorasi Taman Nasional Gunung Merapi, naik jeep yang mendebarkan, dan mendaki Gunung Nglanggeran, gunung berapi kuno yang terletak di sebuah desa yang indah.

Para pecinta panjat tebing juga bisa memanjat di pantai Siung, sementara tubing gua adalah daya tarik utama di Goa Pindul. Dan jika kamu mencari pengalaman adrenalin yang tidak terlalu populer, maka Goa Jomblang adalah tempat yang tepat untuk kamu.

Terletak di Desa Jetis Wetan, Goa Jomblang adalah sebuah gua vertikal yang sangat besar dengan kedalaman 80 meter dan dihiasi dengan formasi karst dan tumbuhan seperti stalagmit, stalaktit, kristal, dan paku pakis.

Di sini juga terdapat sungai bawah tanah yang mengalir dengan deras. Tidak hanya ahli gua, pemula juga dapat menikmati keajaiban gua ini karena akan diberikan petunjuk oleh pemandu gua di sini.

Yogyakarta memang sebuah kota dengan berbagai atraksi yang dapat dinikmati. Semua ini dan masih banyak lagi untuk dieksplorasi telah menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan wisata kedua terpopuler di Indonesia setelah Bali.

Selain keindahan alam dan warisan budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan keramahannya, menjadikannya tempat yang ideal untuk berlibur dan menikmati pengalaman yang tak terlupakan.

Cara Pergi Ke Yogyakarta Terbaru Tahun 2024

Ada beberapa cara untuk pergi ke Yogyakarta, mulai dari naik Bus, Kereta Api, hingga Pesawat Terbang.

Cara Pergi Ke Yogyakarta Naik Pesawat

Cara Pergi Ke Yogyakarta Naik Pesawat

Tersedia banyak penerbangan setiap harinya dari Jakarta, Surabaya, dan Bali menuju Bandara Internasional Adisucipto di Yogyakarta dan Yogyakarta International Airport (YIA).

Selamat datang di Bandar Udara Internasional Adisucipto (IATA: JOG), yang terletak sekitar 8 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Meski ukurannya tergolong kecil, namun bandara ini sibuk melayani penerbangan domestik.

Garuda, maskapai penerbangan nasional, menyediakan penerbangan ke Jakarta (50 menit) dengan frekuensi setiap dua jam dan ke Denpasar (60 menit) sebanyak 2-3 kali sehari.

Maskapai penerbangan domestik lainnya juga melayani rute ke Jakarta dan Denpasar, serta kota-kota besar di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Bagi yang mencari penerbangan internasional, AirAsia menyediakan penerbangan ke Kuala Lumpur dan Singapura, sedangkan Malaysia Airlines melayani penerbangan ke Kuala Lumpur. Silkair dan Tigerair juga melayani penerbangan dari Singapura ke Yogyakarta.

Setelah tiba di bandara, kamu dapat mengunjungi meja informasi wisata, mesin ATM, dan stan taksi yang ada di ruang kedatangan. Taksi resmi bandara tersedia dengan tarif sekitar IDR 50.000 tergantung tujuanmu. Kamu bisa membayar di meja taksi di ruang kedatangan dan kemudian langsung menuju taksi resmi yang telah diatur.

Tunjukkan kwitansi pembayaran kepada sopir taksi, tak perlu membayar tambahan biaya lainnya. Untuk taksi yang mengantar penumpang ke terminal keberangkatan, harganya sekitar setengah dari tarif taksi yang diatur di dalam terminal.

Jangan lupa meminta supir untuk menggunakan argo dan siapkan uang sekitar IDR 2.000 sebagai biaya masuk ke bandara, meskipun biaya ini sebenarnya telah dibayar oleh penumpang sebelumnya.

Jangan khawatir jika kamu belum memiliki rencana perjalanan yang matang, di bandara terdapat agen perjalanan seperti Arga Tour atau Java Bali Trips yang bisa membantumu.

Kamu bisa menyewa mobil dengan sopir untuk 10 jam termasuk kunjungan ke Prambanan, Ratu Boko, makan siang, dan dilanjutkan dengan perjalanan selama 2 jam ke Borobudur dengan harga sekitar IDR 500.000 – IDR 600.000.

Sopir yang ramah akan menemanimu selama perjalanan. Jangan lupa untuk menawar harga, meski tidak terlalu banyak, setiap penghematan bisa kamu gunakan untuk makanan yang lebih mewah.

Bandara Adisucipto adalah salah satu dari dua bandara yang terhubung dengan jalur kereta api di Indonesia, selain Bandara Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara.

Kamu bisa naik kereta Prambanan Ekspres untuk menuju Yogyakarta dari bandara ini. Kereta ini melayani rute ke Kutoarjo (di sebelah barat Yogyakarta), Palur (di sebelah timur Surakarta), dan beberapa stasiun di antaranya, termasuk Stasiun Tugu ( stasiun pusat” Yogyakarta) dan Stasiun Solobalapan di Solo.

Stasiun di bandara hanya beberapa menit berjalan kaki dari terminal, dengan terowongan ber-AC yang mengarah ke peron kereta ke arah Yogyakarta.

Untuk kereta api menuju stasiun Yogyakarta, terdapat kereta yang beroperasi sekitar satu kali setiap jam. Waktu tempuhnya hanya 40 menit, namun saat perjalanan menuju bandara, perlu berhati-hati karena mungkin keretanya sudah penuh.

Bandar Udara Internasional Adisucipto (Adisucipto International Airport), Jl. Solo km9, ☎ +62 274 484261 (fax: +62 274 488155). Layanan Informasi Wisata: + 62 274 387202 / 62 274 4531318.

Bagi kamu yang mencari alternatif transportasi, tak ada salahnya mencoba menggunakan layanan ojek online atau taksi online yang telah tersedia di kota Yogyakarta.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan bus umum seperti Trans Jogja yang melayani jalur-jalur strategis di Yogyakarta dan sekitarnya dengan harga yang terjangkau.

Pergi Ke Yogyakarta Lewat Jalur Darat Naik Mobil Atau Travel

Pergi Ke Yogyakarta Lewat Jalur Darat Naik Mobil Atau Travel

Yogyakarta bisa kamu akses langsung dengan mobil lewat jalur selatan atau lewat utara dan lewat jalan tol trans jawa. Jalur Selatan, yang membentang sepanjang bagian selatan Jawa (praktis dari Bandung hingga Surabaya) melewati Yogyakarta. Kota ini terletak sekitar 380 km di timur Bandung dan 300 km di barat daya Surabaya.

Dari Jakarta, perjalanan melalui Jalur Selatan memang mungkin dan umum dilakukan, namun biasanya para pengunjung lebih suka melakukan perjalanan melalui Jalur Pantura (Jalur Pantai Utara). Dari Semarang, yang hanya berjarak 110 km, kamu bisa pergi ke arah selatan, dan akan memasuki Yogyakarta dari utara.

Perjalanan melalui utara memang memotong jarak beberapa puluh kilometer, jalan lebih lebar, dan ada lebih banyak fasilitas (tempat makan, penginapan, pom bensin) sepanjang jalan dibandingkan dengan Jalur Selatan.

Namun, Jalur Pantura lebih ramai karena banyak truk dan bus jarak jauh sepanjang jalan, dan terutama di musim liburan panjang, jalur ini biasanya sangat padat.

Sesampainya di Yogyakarta, ada banyak perusahaan rental mobil di kota ini, banyak pilihan mobil yang bisa disewa, terutama MPV, city car, van, dan bahkan mobil mewah.

  • Jogja Travels, Brontokusuman Yogyakarta, ☎ 088802702727 ([email protected])
  • Yogjocom, Mantrijeron Yogyakarta, ☎ 085848587600 ([email protected])
  • Wisata Jogja Murah, Deresan, Ringinharjo Bantul Jogjakarta, ☎ 085878778317 ([email protected]), [x]
  • Aho Trans, Jatirejo RT 04 RW 22 Sendangadi, Mlati Sleman, Yogyakarta, ☎ (+62) 8122704607 ([email protected])

Pergi Ke Yogyakarta Lewat Jalur Darat Naik Kereta Api

Pergi Ke Yogyakarta Lewat Jalur Darat Naik Kereta Api

Kamu bisa naik kereta api dari Stasiun Tugu, atau yang biasa disebut Stasiun Tugu Pusat, menuju Jakarta dengan waktu tempuh antara 7-12 jam.

Kereta kelas Argo (Argo Lawu dan Argo Dwipangga) adalah yang paling nyaman dan cepat (sekitar 8 jam, dengan harga mulai dari IDR 370.000). Taksaka juga merupakan pilihan yang bagus dengan harga mulai dari IDR 235.000-265.000.

Kereta ekspres ini menghubungkan Yogyakarta dan Jakarta dalam 7-8 jam, baik pada siang hari maupun malam hari. Harga dan jadwal tersedia online. Jalur kereta api antara Kroya dan Prupuk, di mana kereta api melintasi punggung gunung utama di Pulau Jawa, sangat indah.

Jika kamu akan ke Bandung, kamu dapat naik kereta Argo Wilis atau Lodaya yang melewati wilayah yang sangat indah di Pulau Jawa selama siang hari, dengan sawah dan pegunungan yang menawan (meskipun ada kereta Lodaya malam dan Turangga dari Surabaya yang juga beroperasi di malam hari. Harga tiket dimulai dari IDR 180.000.

Untuk perjalanan ke Surabaya, terdapat layanan Sancaka dua kali sehari yang berangkat pada pagi dan sore hari.

Yogyakarta dan Solo terhubung oleh beberapa kereta Prambanan Ekspres. Meskipun namanya Prambanan Ekspres, kereta api ini tidak berhenti di stasiun Prambanan, dan bahkan jika berhenti di sana, stasiunnya agak jauh dari kompleks candi Prambanan. Prambanan Ekspres berhenti di stasiun Maguwo (untuk bandara) sehingga memudahkan para pelancong untuk berganti moda.

Stasiun Tugu (Stasiun Kereta Api Pusat Tugu), Jl. Mangkubumi 1. ☎ +62 274 589685. Stasiun pusat yang melayani destinasi kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo.

Untuk membeli tiket, kamu harus mengambil nomor antrian dari stan yang menghadap ke jendela tiket dari arah Jalan Pasar Kembang. Kemudian, isi slip permintaan tiket di sisi lain ruangan dengan mengacu pada jadwal di dinding di sebelah kiri.

Kamu akan dipanggil ke loket tiket yang sesuai, dan pengumuman akan dipanggil (hanya dalam bahasa Indonesia) dan ditampilkan di papan elektronik di dinding.

Kamu juga bisa membeli tiket hingga 90 hari sebelum keberangkatan dari banyak saluran offline dan dua saluran online ( travel agent ). Stasiun Lempuyangan (Stasiun Kereta Api Lempuyangan), Jl. Lempuyangan. Melayani kereta kelas ekonomi dengan beberapa tujuan, termasuk Stasiun Gambir Jakarta (kereta malam sekitar 8 jam dengan harga IDR 85.000-120.000) dan Stasiun Gubeng Surabaya (perjalanan sekitar 6 jam dengan harga sekitar IDR 50.000-60.000).

Pergi Ke Yogyakarta Lewat Jalur Darat Naik Bus

Pergi Ke Yogyakarta Lewat Jalur Darat Naik Bus

Terminal bus utama di Yogyakarta adalah Giwangan, berjarak 4 km di sebelah tenggara pusat kota. Terdapat layanan bus reguler ke seluruh pulau, termasuk Jakarta (12 jam), Bandung (10 jam), dan Surabaya (8 jam).

Terminal Penumpang Giwangan (Giwangan Bus Terminal). Jl. Imogiri, Giwangan. +62 274 378288, +62 274 7482222 (fax: +62 274 7483333)

Terdapat juga stasiun bus di dalam bandara yang merupakan bagian dari Sistem Busway Trans Jogja. Dari sana, kamu bisa pergi ke salah satu dari banyak stasiun bus dalam sistem mereka. Tiketnya seharga IDR3.000.

Jika kamu akan pergi ke utara, seperti ke Candi Borobudur atau Semarang, misalnya, menuju terminal Jombor yang terletak di atas Jalan Lingkar Utara ( harga tiket sekitar IDR7.000, mungkin bisa berubah).

Jika kamu berencana datang dari Bandung, maka kamu perlu pergi ke Terminal Cicaheum di Bandung untuk naik bus. Jika bus langsung tidak tersedia, maka naik bus ke Purwokerto (6-7 jam, IDR45.000).

Dari Purwokerto, terdapat bus reguler yang tersedia ke Yogyakarta (4-5 jam, IDR 30.000). Bus langsung Bandung – Yogyakarta tersedia 24/7, baik bus reguler (setiap jam) atau bus malam yang berangkat jam 15.00 dari Bandung.

Karena Yogyakarta berdekatan dengan Semarang dan Solo, terdapat juga shuttle bus yang beroperasi antara kota-kota ini, yang disebut Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), dengan biaya IDR45.000 ke Semarang, dan IDR25.000 ke Solo.

  • Joglosemar (Joglosemar), Jl. Magelang Km 5,5, ☎ +62 274 623 700, Rp 25.000-Rp 50.000. edit
  • Day Trans, Purawisata, Jl. Brigjen Katamso, ☎ +62 274 385 990, Rp 50.000 (Semarang).
  • Cipaganti, Jl. Magelang Km 5,6, ☎ +62 274 919 4777 / 9124 888,
  • Central Java Transporter, ☎ +6285225993574 ([email protected]). yang mengoperasikan mobil pribadi dengan 5 atau 7 tempat duduk, untuk paket tur dan harga lihat di situs web mereka.

Cara Keliling Mengunjungi Tempat Wisata Di Yogyakarta Naik Apa Saja?

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berkeliling di Yogyakarta, karena kota ini relatif kecil. Berikut adalah beberapa cara mudah dan murah untuk keliling kota Yogyakarta.

Sewa Mobil Termasuk Supir

Kamu dapat menemukan banyak perusahaan penyewaan mobil di Jogja yang menawarkan paket sewa mobil beserta supir.

Dengan menyewa mobil beserta supir, kamu tidak perlu khawatir dengan rute atau kondisi jalan yang kurang familiar. Supir yang berpengalaman akan membantu kamu untuk menentukan rute terbaik dan menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, kamu juga dapat memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Apabila kamu bepergian bersama keluarga atau teman-teman, kamu dapat memilih mobil berukuran besar. Namun, jika kamu hanya berpergian sendirian atau berdua, mobil berukuran kecil atau sedan bisa menjadi pilihan yang lebih hemat.

Pastikan kamu menyewa mobil dari perusahaan yang terpercaya dan sudah memiliki pengalaman dalam menyediakan layanan sewa mobil beserta supir di Jogja. Jangan ragu untuk membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan penyewaan mobil untuk mendapatkan harga yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Naik Becak

Kamu bisa menikmati perjalanan menggunakan becak yang biasa disebut dengan sebutan beh-chak yang ada di hampir seluruh bagian di Yogyakarta.

Sebelum naik becak, pastikan untuk menawar dengan harga yang sesuai. Perhatikan juga apakah harga tersebut untuk perjalanan satu arah atau pulang pergi serta apakah kamu ingin si sopir menunggu selama kamu berbelanja atau urusan lainnya.

Biasanya, tarif untuk perjalanan dari dalam kota ke kawasan perbelanjaan Malioboro tidak lebih dari IDR 10.000. Sekarang sudah jarang ada becak yang dikayuh di Yogyakarta, kebanyakan berubah menjadi Bentor, sejenis becak yang ditenagai dengan mesin motor. Harganya kurang lebih sama, dari IDR 10.000 – 30.000 tergantung tujuan.

Naik Delman

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi tradisional, kamu bisa menggunakan andong atau dokar yang ditarik oleh kuda. Biasanya, andong ini dapat ditemukan di tempat-tempat wisata seperti stasiun kereta api, Kraton, dan Mal Malioboro.

Namun, jangan lupa untuk menawar dengan keras. Rute tradisional andong adalah dari Jl. Malioboro menuju Keraton, dan disinilah kamu akan menemukan sebagian besar andong. Biasanya, andong akan mengajakmu berbelanja di area Ngasem untuk membeli kaos Dagadu palsu dengan harga mahal.

Setelah itu, andong akan membawamu kembali ke perjalanan awalmu. Biaya untuk satu perjalanan andong adalah sekitar IDR20,000-30.000. Tetapi kamu bisa menawar agar mendapat harga yang lebih murah. Andong dapat menampung hingga 5 penumpang dewasa.

Naik Taksi

Untuk keliling di Yogyakarta, kamu bisa menggunakan taksi yang terkenal dengan tarif yang terjangkau. Kebanyakan pengemudi taksi sudah menggunakan argo, sehingga kamu tidak perlu khawatir ditipu. Biaya awal taksi di Yogyakarta adalah IDR6,000 dan untuk perjalanan di sekitar pusat kota seharusnya tidak lebih dari IDR15,000.

Namun, setelah gelap tarif minimum taksi adalah IDR20,000, meskipun argonya menunjukkan kurang dari IDR20,000. Jika kamu menemukan sopir taksi yang terpercaya dan nyaman, kamu bisa meminta nomor teleponnya agar bisa dihubungi langsung saat membutuhkan transportasi selanjutnya. Biasanya, mereka dengan senang hati memberikan nomor telepon mereka.

Naik Bus ( Trans Jogja )

Bus yang dikenal sebagai TransJogja, beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam dan hanya berhenti di shelter-shelter yang telah ditentukan. Berbeda dengan bus reguler, TransJogja dilengkapi dengan AC dan lebih aman.

Tiket bisa dibeli langsung di shelter dan harga perjalanan satu kali adalah Rp 3.000. Penumpang juga bisa membeli kartu perjalanan reguler yang memotong biaya menjadi Rp 2.700 dan memungkinkan transit ke shelter lain. Ada enam rute yang tersedia, dan peta rute bisa diunduh.

Namun, perlu diingat bahwa jarak antara shelter bus sangat jauh (1-2 km) dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Terkadang, shelter untuk arah yang berlawanan tidak bersebrangan.

Jadi, jika kamu berencana untuk menggunakan bus ini, kamu harus siap untuk berjalan cukup jauh dari shelter menuju tujuanmu.

Sewa Mobil Atau Sepeda Motor

Di luar Stasiun Tugu dekat Jalan Pasar Kembang di jalan yang berjalan dari timur ke barat di sebelah selatan stasiun, kamu akan menemukan beberapa agen rental mobil dan motor.

Motor semi-otomatis (tanpa kopling) yang hampir baru bisa disewa seharga IDR 50.000 per 24 jam; motor yang lebih tua mungkin akan lebih murah, dan motor yang sepenuhnya otomatis seperti Honda Vario atau Yamaha Mio kadang-kadang dapat ditemukan dengan harga IDR 5.000-10.000 lebih mahal.

Mobil bisa disewa sekitar IDR 350.000 untuk 24 jam, atau Rp 225.000 untuk 12 jam. Kamu juga bisa menyewa supir dengan mobil dengan biaya IDR 50.000-IDR 200.000/hari.

Harga dapat bervariasi tergantung pada jarak atau tujuan. Harga selalu tunduk pada negosiasi dan dapat meningkat atau menurun karena permintaan lokal, jenis dan usia kendaraan serta kebutuhan individual kamu pada saat itu.

Biasanya mobil disewakan dengan supir dan sangat dianjurkan bagi wisatawan karena jalanan di Jogja sangat ramai dengan ratusan ribu mahasiswa yang mengendarai sepeda motor dengan sembarangan di sekitar kota.

Harga sewa tidak termasuk bensin (bensin), parkir, biaya masuk, dll. Pada saat berhenti makan siang, disarankan untuk memberi sopir kamu IDR 15.000 sebagai tanda terima kasih, tetapi ia tidak akan mengharapkan untuk makan bersama kamu.

Jika kamu menyewa, pastikan kamu mengenal persyaratan lisensi ( punya sim ) yang berlaku dan penggunaan kendaraan dalam kondisi sekitar.

Aktivitas Liburan Yang Bisa Dilakukan Di Yogyakarta Tahun 2024

Aktivitas Liburan Yang Bisa Dilakukan Di Yogyakarta Tahun 2024

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan kalau berlibur ke Yogyakarta seperti.

Mencoba Merapi Lava Tour

Aktivitas petualangan dengan mengunjungi desa-desa yang terdampak erupsi Gunung Merapi.

Naik jeep dan jelajahi pemandangan yang indah lebih dekat dengan Gunung Merapi.

Masangin

Permainan sederhana dan menyenangkan di alun-alun selatan (alun-alun Sultan).

Peserta akan memakai penutup mata dan harus berjalan lurus melewati dua pohon beringin kuno.

Walaupun terdengar mudah, kebanyakan peserta gagal.

Setelah itu, kamu bisa mencicipi berbagai makanan di warung di sekitar sana, dan menikmati minuman Wedang Ronde yang hangat.

Berkunjung Ke Pasar Minggu Pagi di Boulevard UGM

Setiap Minggu, jalan boulevard utama di kompleks Universitas Gadjah Mada (UGM) dipadati mahasiswa yang jogging dan berlatih beladiri seperti Karate, Silat, dan Capoeira.

Bangun pagi-pagi sekali jam 7-9 dan pergi ke Boulevard UGM untuk berolahraga.

Setelah itu, kamu bisa mencoba berbagai macam makanan yang dijual di warung-warung di sekitar sana, seperti Opor Ayam, Bubur Ayam, Siomay, dan Sate Ambal. Jangan lupa juga untuk melihat pasar loak di dekat sana.

Melihat Wayang Kulit

Pertunjukan bayangan Jawa yang diiringi oleh orkestra gamelan, dipentaskan setiap malam di Museum Sonobudoyo.

Lokasinya berada di Jl. Trikora 6, Yogyakarta 55122 (alun-alun utara). Tiketnya seharga Rp 20.000.

Naik Becak Atau Andong Keliling Kota

Cobalah pergi mengelilingi kota dengan becak atau kereta andong.

Belanja Di Pasar Pradisional

Melihat kebiasaan lokal dengan mengunjungi pasar tradisional seperti Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, dan Pasar Klithikan Pakuncen.

Mencoba Spa

Cobalah sensasi pijat, perawatan kecantikan, perawatan rambut, dan waxing dengan menggunakan produk alami.

Coba juga paket spa yang menawarkan pijat empat tangan, body scrub, manicure, dan pedicure.

Ada juga yang menyelenggarakan kelas Yoga di gazebo di taman yang dikelilingi sawah.

Rafting

Rafting dengan melakukan olahraga arung jeram di Sungai Elo dan Sungai Progo.

Ada banyak operator arung jeram dan kayaking di Sungai Progo yang terletak di Yogyakarta.

Yoga & Meditasi

Seimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa di Jalan Cendrawasih 36, Demangan Baru, Jogjakarta 55281, ☎ +62 274 742 7925, +62 274 566717 (fax: +62 274 566717), [9]. Kelas yoga dan meditasi diadakan setiap hari.

Mencoba Olahraga Golf

Merapi Golf adalah lapangan golf 18 lubang yang terkenal di Yogyakarta yang didesain oleh firma internasional Thomson, Wolveridge & Perrett. Terletak di lereng Gunung Merapi, lapangan ini menawarkan pemandangan pegunungan yang indah saat bermain golf.

Lapangan golf ini mengalami kerusakan pada bagian tertentu selama letusan Merapi pada 2010, namun sekarang telah direstorasi.

Menarik pengunjung dari seluruh dunia ☎ +62 27 4896 176. Ada juga lapangan golf yang lebih kecil yang terletak di dalam kawasan Hyatt Regency Hotel.

Berkunjung Ke Kebun Binatang

Kebun Binatang Gembira Loka, Jalan Kebun Raya No.2, Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia. 2-3. Sebuah kebun binatang yang terletak di tenggara Yogyakarta, sekitar 15-20 menit dengan bis dari pusat kota.

Kebun binatang ini memiliki beragam jenis burung dan reptil yang menakjubkan. Selain itu, tidak terlalu ramai pengunjung, meskipun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Wajib dikunjungi jika kamu menginap di Yogya. 25.000 IDR.

Dimana Tempat Belanja Oleh Oleh Di Yogyakarta?

Dimana Tempat Belanja Oleh Oleh Di Yogyakarta?

Ada beberapa tempat belanja di Yogyakarta seperti di :

Sepanjang Jalan Malioboro

Kamu pasti nggak akan kecewa kalau berkunjung ke Malioboro, jalan belanja yang terkenal di Yogyakarta dan sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun internasional.

Memanjang dari Stasiun Tugu hingga Alun-alun Utara, Malioboro memiliki panjang 2 km dan ratusan toko serta kios-kios pinggir jalan yang menawarkan berbagai jenis oleh oleh.

  • Pasar Beringharjo, Jl. Pabringan 1, Yogyakarta 55122 (utara Benteng Vredeburg), ☎ +62 274 515871, +62 274 561510. Pasar terbesar di Yogyakarta ini menjual berbagai macam barang mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah, dan daging, hingga kerajinan tangan. Jangan lupa untuk menawar harga dengan gigih ya.
  • Mirota Batik (seberang Pasar Beringharjo), Jl. Ahmad Yani 9. ☎ +62 274 588524, +62 274 518127, +62 274 547016. Toko besar milik keluarga ini menawarkan berbagai macam kerajinan tangan tidak hanya dari Yogyakarta, tetapi juga dari seluruh Indonesia.
  • Dagadu (lantai dasar Malioboro Mall). Menawarkan kaos unik dan lucu serta cendera mata lainnya yang berhubungan dengan budaya masyarakat Yogyakarta.
  • Ciamis Art Shop, 153 Jl. Malioboro. Toko yang menjual wayang kulit, topeng, ukiran, dan lainnya dengan harga tetap yang lebih rendah dari pasar. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 1 siang dan 6 sore hingga 9 malam.
  • Nadzar, 187 Jl. Malioboro. Toko oleh-oleh besar yang mengkhususkan diri dalam batik, seni, perhiasan, dan lainnya. Memiliki setiap jenis cendera mata yang bisa kamu bayangkan dengan harga tetap.

Jika berjalan kaki bukan pilihanmu, kamu bisa naik becak atau andong yang ditarik kuda.

Belanja Oleh Oleh Di Mall Yang Ada Di Yogyakarta

Yogyakarta tidak sepadat Jakarta, tetapi kota ini memiliki beberapa mal trendi yang menunjukkan sisi lain dari budaya Yogyakarta.

  • Malioboro Mall, Jl. Malioboro 52-58. ☎ +62 274 551888 (fax: +62 274 588242). Mal belanja premier Yogyakarta yang nyaman tanpa kerumunan. Terdapat toko Matahari besar, supermarket Hero (B1F), toko buku Periplus dengan seleksi bahasa Inggris yang baik (B1F), dan semua restoran cepat saji Barat dan Indonesia (McDonald’s, Pizza Hut, KFC, EsTeler 77, dll). Juga menjadi rumah bagi toko Dagadu terbesar.
  • Galleria Mall, Jl. Jendral Sudirman 99-101. ☎ +62 274 583661 (fax: +62 274 583711). Mal kompak dengan anchor store Matahari. Food court di lantai dasar populer di kalangan pemuda. Terdapat banyak restoran waralaba menarik dan beberapa yang hambar, termasuk KFC, McDonald’s Express, Thai Express, Bakso Gress (bakso Cina disajikan dengan mie), Mie Nusantara, Bee’s (Bento Jepang), Es Teler 77, Cheers Cup (minuman segar berbagai macam).
  • Plaza Ambarrukmo (Amplaz), Jl. Laksda Adisucipto. ☎ +62 274 4331000, (fax: +62 274 4331001), . Terletak di samping Hotel Ambarrukmo yang bersejarah, pusat perbelanjaan 5 lantai yang besar ini menampilkan toko Centro Department Store, Carrefour Hypermarket, Gramedia Bookstore, Timezone, 21 Cineplex, Bread Talk, Starbucks Coffee, Dagadu, dll. Food court ada di lantai 3. Pusat ATM ada di lantai dasar.
  • Saphir Square, Jl. Laksda Adisucipto 32-34. ☎ +62 274 558777, (fax +62 274 558666). Pusat perdagangan besar yang terletak di sebelah Hotel Saphir terdiri dari toko-toko kecil. Toko di lantai pertama menjual barang tiruan seperti tas Gucci, Louis Vuitton, Guess.
  • Jogja City Mall (JCM), Jl. Magelang Km. 6 No.18 Sinduadi. ☎ +62 274 5305855. JCM didesain dengan arsitektur Romawi dengan fasad bangunan yang memiliki pilar-pilar tinggi khas arsitektur Romawi. Kemudian, karakteristik interior dari budaya Jawa yaitu kunci dan pagar berlapis keramik khas Ngayogyakarta.

Daftar Kuliner Dan Tempat Makan Di Yogyakarta Wajib Coba

Liburan ke Yogyakarta tentu saja tidak lengkap kalau tidak mencoba makanannya, apa saja dan rekomendasi tempat makan di Yogyakarta dimana saja? Berikut ini ya.

Makanan Khas Yogyakarta

Berikut beberapa makanan yang harus kamu coba ketika liburan ke Jogja

Gudeg

Kari nangka, ayam, dan telur disajikan dengan nasi, dan menjadi hidangan lokal paling terkenal. Meski terlihat seperti cairan kental berwarna cokelat, namun rasanya lezat jika dimasak dengan benar.

Kamu bisa menemukan banyak restoran gudeg, tapi yang paling populer di antaranya adalah Gudeg Wijilan, Gudeg Juminten, Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Tugu, Gudeg Bu Ahmad.

Jika kamu bisa bangun pagi-pagi, kamu bisa menemukan warung-warung kecil yang menjual gudeg di sudut-sudut jalan atau di dekat pasar tradisional.

Dan jika kamu sulit tidur di malam hari, kamu bisa datang ke Jalan Janturan dan menikmati Gudeg Pawon (menikmati gudeg di dalam dapur ala zaman dulu) yang buka hingga larut malam.

Kamu bisa menemukan banyak restoran gudeg, tapi yang paling populer di antaranya adalah Gudeg Wijilan, Gudeg Juminten, Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Tugu, Gudeg Bu Ahmad.

Ayam goreng Mbok Berek

Ayam kampung goreng dengan rasa bawang putih dan ketumbar yang lezat, disajikan dengan kerupuk yang renyah.

Nasi langgi

Atau yang lebih dikenal dengan sego langgi. Nasi hangat disajikan dengan berbagai lauk. Kamu bisa menemukannya di warung kecil di Jalan Gandekan.

Kipo

Camilan kecil yang terbuat dari adonan tapioka berwarna hijau yang diisi dengan kelapa parut yang telah dicampur gula. Kamu bisa menemukannya di Kotagede.

Bakpia

Bakpia adalah camilan kecil yang terbuat dari pasta kacang hijau yang dicampur gula dan dibungkus dengan adonan pastri tipis.

Bakpia paling populer dikenal dengan sebutan Bakpia Patuk, dan dijual di Jalan Pathuk atau Jalan Aip K.S. Tubun.

Bakpia adalah camilan kecil yang terbuat dari pasta kacang hijau yang dicampur gula dan dibungkus dengan adonan pastri tipis.

Jadah tempe

Roti nasi diisi dengan kue kacang manis. Kamu bisa menemukannya di Kaliurang.

Es rujak atau rujak es krim

Salad buah yang terdiri dari mangga, pepaya, apel, nanas, timun, dan lain-lain, dicampur dengan gula kelapa, air jeruk nipis, garam, cabai, dan es krim. Semua rasa (manis, asam, pahit, pedas, asin) dalam satu piring.

Jika kamu berada di area kampus UGM, jangan lupa untuk mencari di sepanjang Jalan Kaliurang. Di sana, kamu bisa menemukan warung-warung kecil yang menjual es rujak (hanya buka dari pagi hingga siang hari). Dan jika kamu berada di luar area kampus, tetap waspada dan cari tahu di sekitarmu.

Angkringan

Penjual makanan dengan menggunakan gerobak sebagai tokonya. Makanan terkenal yang dijual di sini adalah Nasi Kucing, yaitu nasi dengan sambal atau oseng-oseng yang dibungkus dengan kertas ataudaun pisang.

Angkringan yang paling populer adalah Angkringan Lik Man atau dikenal juga dengan Angkringan Tugu, yang terletak di Jalan Wongso Dirjan, di sisi utara Stasiun Kereta Api Yogyakarta (Stasiun Tugu).

Lihat Angkringan Tugu di bawah ini. Angkringan biasanya buka dari sore (2PM) atau malam (6PM) hingga larut malam (1AM) atau pagi (4AM).

Dapur Solo

Berada di Jl. Demangan Baru No. 1. Kuliner khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Yang terkenal di sini bagi para turis adalah nasi timlo dan nasi liwet.

Mie lethek

Mie yang dimasak dengan bumbu berwarna coklat dan rasanya agak asin. Toppingnya adalah irisan daging ayam dan irisan telur rebus.

Bumbu mie lethek dibuat dari kecap, petis, bawang goreng, kacang tanah goreng, dan seledri. Mie lethek dapat kamu temukan di Bantul dan sekitarnya.

Sate klatak

Sate klatak adalah sate yang terbuat dari potongan daging sapi yang diiris tipis dan dipukul hingga pipih, kemudian dibakar.

Sate ini disajikan dengan nasi, sambal, dan irisan mentimun. Sate klatak dapat kamu temukan di Jalan Klakahrejo-Gondokusuman, Depok, Sleman.

Sate klatak adalah sate yang terbuat dari potongan daging sapi yang diiris tipis dan dipukul hingga pipih, kemudian dibakar.

Gatot

Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nasi ketan yang dicampur dengan sayuran dan lauk pauk seperti telur, tahu, tempe, dan ayam atau daging sapi.

Gatot disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk. Kamu bisa mencicipi gatot di warung-warung yang berada di sekitar kompleks Kampus Universitas Gadjah Mada.

Nasi campur

Nasi putih dengan lauk pauk beragam seperti ayam goreng, tahu, tempe, sayur, dan sate.

Nasi campur biasanya disajikan dalam porsi kecil sehingga kamu bisa mencicipi banyak jenis lauk pauk sekaligus.

Kamu bisa menemukan nasi campur di warung-warung makan di seluruh kota Yogyakarta.

***

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Yogyakarta lainnya seperti tengkleng, pecel, soto, bakmi jawa, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk mencoba setidaknya beberapa dari makanan khas Yogyakarta selama kamu berada di sana.

Daftar Hotel Penginapan di Yogyakarta Dari Hotel Budget Hingga Bintang 5

Berikut ini adalah daftar beberapa penginapan yang bisa kamu gunakan untuk menginap selama berlibur di Yogyakarta.

Penginapan Di Yogyakarta Murah Harga Dibawah IDR 300.000

Di Jogja, terdapat ratusan hotel budget, penginapan murah yang dapat kamu pilih dengan harga mulai dari IDR 50.000. Sebagian besar dapat ditemukan di Jalan Sosrowijayan ( Cari Jalan Sastrowijayan di Google Maps) yang berdekatan dengan Jalan Malioboro, dan di daerah Jalan Prawirotaman yang berjarak sekitar 3,5 km ke arah selatan dari pusat kota.

Berikut adalah beberapa pilihan hotel yang cocok bagi kamu yang ingin berhemat saat berkunjung ke Yogyakarta:

  1. Hotel/Losmen Candi, Jalan Pasar Kembang No.5 (dekat dengan Stasiun Tugu), ☎ +62 817 41211997. Hotel yang bersih dan rapi dengan berbagai pilihan kamar yang sesuai dengan anggaran wisatawan, termasuk kamar untuk 4 orang. Harga mulai dari Rp 120.000.
  2. BHUMI Hostel, Jalan Raden Ronggo no.14 (barat Lapangan Karang, Kotagede), ☎ +62 274 376547. check-in: 2PM; checkout: tengah hari. Hostel ini menawarkan kamar tidur bersama 6 tempat tidur dan kamar pribadi. Terletak di Kotagede yang tidak berada di pusat kota, tetapi ada tempat-tempat yang bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki seperti pengrajin perak, pabrik cokelat Monggo, dan pemakaman Keraton Mataram. Tempat ini sangat bersih, dengan toilet modern, air panas, dan dekat dengan beberapa tempat makan lokal. Sarapan lokal disediakan dan tersedia opsi vegetarian. Harga mulai dari Rp 125.000 untuk tempat tidur tunggal di kamar tidur bersama dengan AC dan kamar mandi bersama, dan Rp 300.000 untuk kamar pribadi dengan AC dan kamar mandi bersama.
  3. Edotel, Jalan Kenari No. 4, ☎ +62 274 558436. Hotel yang bersih dan dijalankan oleh siswa sekolah kejuruan yang bersebelahan, sehingga semua pendapatan hotel dimanfaatkan untuk kepentingan sekolah. Tempat tidur yang besar dan nyaman, serta lokasinya yang dekat dengan pusat kota tetapi tenang. Staf siswa sangat baik dan semua kamar dilengkapi dengan air panas dan WiFi. Namun, Edotel berada di daerah yang cukup konservatif di Yogyakarta – pasangan tidak akan dapat berbagi kamar kecuali jika mereka menikah, bahkan teman sejenis yang berbagi kamar juga bisa menjadi masalah.
  4. Bladok Losmen & Restoran, Jalan Sosrowijayan No. 76, ☎ +62 274 560452. Bladok Losmen & Restoran adalah hotel kecil dengan kamar yang bersih dan nyaman, desain yang tradisional, serta semua kamar dilengkapi dengan kamar mandi pribadi. Kamar-kamar dengan balkon juga tersedia. Harga untuk kamar double dengan kipas angin & air panas adalah Rp 140.000, sedangkan untuk kamar yang lebih sederhana sekitar Rp 100.000.
  5. Hotel Oryza, Lokasinya bersebelahan dengan Bladok. Bangunan tradisional dengan halaman dalam yang indah bakal membuat kamu merasa nyaman dan tenang. Kamar-kamarnya bersih dan suasana yang santai, bahkan kamu bisa menikmati kopi dan teh secara gratis di sini. Untuk kamar standar dengan kamar mandi dalam dan AC, harganya sekitar Rp 190,000, tapi kalau mau yang lebih hemat bisa pilih kamar basic dengan kamar mandi bersama dengan harga sekitar Rp 120,000.
  6. Kampoeng Djawa, Jl. Prawirotaman I no.40, ☎ +62 274 378318, [x]. Kampoeng Djawa menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan kipas angin atau AC yang diatur sekitar taman yang penuh dengan suara burung dan air mengalir. Kamar dilengkapi dengan TV, staf yang ramah, perhatian dan membantu. WiFi, air minum, teh, dan kopi disediakan secara gratis. Harga mulai dari Rp 140,000 (kipas angin) dan Rp 220,000 (AC).
  7. The Munajat Backpacker, Jl. Malioboro 26 (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Tugu), ☎ +62 274 585138. The Munajat Backpacker memiliki 5 kamar dengan kipas angin dan kamar mandi dalam, serta 4 kamar dengan kipas angin dan kamar mandi luar. WiFi gratis. Harga mulai dari Rp 99,000.
  8. Monica Hotel, Jl. Sosrowijayan GT1/192, ☎ +62 274 580598. Tempat yang baru direnovasi dan bersih. Harga standar Rp 165,000 dengan kipas angin dan kamar mandi dalam, termasuk sarapan, roti panggang, dan kopi/teh. Pastikan untuk meminta tanda terima dan menyimpannya selama Anda tinggal di kota. Harga Rp 250,000 untuk kamar berisi 4 orang dengan kipas angin dan kamar mandi dalam.
  9. Losmen Nuri. Jl. Sosrowijayan Wetan GT I/77. ☎ +62 274 543654. Kamar yang sangat bersih, indah dan memiliki suasana yang baik, kamar dengan kamar mandi bersama atau kamar mandi sendiri. Harga mulai dari Rp 80,000 (dapat dinegosiasikan).
  10. Rumah Boedi Pavilion, Gowongan Kidul JT III/446, ☎ +62 274 559498. Kamar-kamar dengan AC, semua dilengkapi dengan balkon/deck, kabel TV, internet, telepon, dan minibar. Layanan pijat, layanan kamar, dan pelayan tersedia. Layanan antar jemput bandara/kota dan rental mobil tersedia. Harga mulai dari US$30.
  11. Rumah Eyang, Jl. Parangtritis, Gang Sartono 823, Yogyakarta 55143, Indonesia, ☎ +62 812 2711 7439. Sebuah Penginapan yang tenang dengan sentuhan yang damai, taman yang indah dan ruang galeri seni jauh dari keramaian Jalan Marliboro. Inn ini memiliki 12 kamar dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, AC/kipas angin, dan menyediakan menu sarapan. Tarif kamar: IDR 125,000 – IDR 175,000 (Data diperoleh pada Januari 2012, harga kamar dapat berubah kapan saja).
  12. Setia Kawan, Sosrowijayan Wetan GT.1/27, ☎ +62 274 512452. Hotel artistik di salah satu gang utama dekat stasiun kereta api. Kamar-kamarnya bersih, nyaman, dan dihias secara imaginatif tanpa jendela (bayangkan Dali bertemu Indonesia). Selalu penuh terbooking. Di seberang jalan adalah restoran pemiliknya, menawarkan berbagai makanan Indonesia dan vegetarian dengan harga terjangkau. Jika kamu duduk di atap, bersikaplah tenang, jika tidak kamu mungkin akan diusir tanpa peringatan. Mulai dari Rp 110.000, termasuk sarapan.
  13. Andrea Hotel, Sosrowijayan Wetan GT I/140 Gang 2, ☎ +62 274 563502. Terletak di Gang 2, di seberang Hotel 1001 Malam dan Setia Kawans losmen, bersih, pemilik berkebangsaan Eropa yang ramah, fasilitas bar, kamar dengan AC dan kipas angin. Mulai dari Rp 140.000.
  14. ViaVia Guesthouse, Jl Prawirotaman Mg 3/514A, ☎ +62(0)274 37 47 48. Beberapa kamar memiliki AC dan/atau kamar mandi dalam; setiap kamar berbeda, tetapi semua bersih dan nyaman. WiFi tersedia. Sarapan disajikan di guesthouse, dan mereka memiliki restoran dan agen wisata yang sangat baik di dekatnya. Mulai dari Rp 150.000-200.000.
  15. De Pendopo Homestay, persis di belakang Jl Prawirotaman – ikuti tanda di depan Via Via, [x]. Keempat kamar dilengkapi dengan AC dan kamar mandi dalam. WiFi tersedia. Pilihan sarapan yang baik (termasuk). Yang terpenting, orang-orangnya sangat menyenangkan dan membantu. Mulai dari Rp 232.100.
  16. Wisma Gajah. Jl. Prawirotaman 4. ☎ +62 274 375659. Terletak di daerah Prawirotaman yang berkembang, dengan kamar tidur tunggal dan ganda dilengkapi kolam renang dan teras. Mulai dari Rp 80.000-140.000.
  17. Omah Sabah. Jl. Plumbon No. 279 RT 11/15 (Utara JEC). ☎ +62 274 581366. Terletak di kawasan Janti yang tenang dan menenangkan, dengan jarak berjalan kaki ke tempat shelter Trans Jogja, mudah untuk menjelajahi Jogja. Hanya 20 menit dari/ke Bandara ADISUCIPTO. Semua 4 kamar bersih dan nyaman, kamu akan memiliki seluruh rumah untuk dirimu sendiri yang sempurna untuk kelompok besar/keluarga dengan kapasitas maksimum 10 orang. Beberapa kamar memiliki AC, TV Kabel, Kamar Mandi En-Suite / Bersama. Sarapan tersedia (dengan biaya tambahan). WiFi gratis. Rental mobil tersedia atas permintaan.
  18. Nirvana Inn Yogyakarta (guest house jogja), Jalan Wahid Hasyim No. 60 A, Waringin Sari, Depok, Sleman, ☎ 6281915550988, [x]. checkin: 2 siang; checkout: 12 siang. Menyediakan tempat menginap yang nyaman dan terjangkau, cocok untuk keluarga atau rombongan teman. Terletak di beberapa titik strategis di Jogja. Fasilitas lengkap, seperti LED TV, AC, Kulkas, wifi gratis. Dekat dengan pusat perbelanjaan. Mulai dari Rp 199.000.
  19. Joglo Plawang Boutique Villa, Jl. Pakem, Turi km 5 Turi, Sleman, ☎ +62 274 4461611, adalah villa yang nyaman dan unik dengan nuansa Jawa yang kental. Kamu bisa merasakan pengalaman menginap di rumah joglo tradisional yang dikelilingi halaman dalam yang indah. Kamarnya bersih dan suasana santai, kopi dan teh gratis tersedia. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 190.000 saja untuk kamar standard dengan kamar mandi dalam dan AC.
  20. Venezia Home Stay, Jl. Tirtodipuran 27, (dekat area Prawirotaman). ☎ +62 274 374049. () Kamarnya tersedia dalam tipe 2 Bed Dorms dengan kipas angin dengan harga Rp 85.000 atau Superior Rooms dengan kamar mandi pribadi, AC dan shower panas dengan harga Rp 275.000. Sarapan sudah termasuk di dalam harga. Pemilik yang ramah adalah seorang wanita muda Indonesia yang juga mengelola Venezia Garden. Saudaranya bertindak sebagai pemandu wisata dan dapat memberikan informasi tentang perjalanan di sekitar area tersebut.
  21. Venezia Garden, Jl. Surami 55, (dekat area Prawirotaman). ☎ +62 274 374049. () Kamarnya tersedia dalam tipe 8 Bed Dorms dengan AC dengan harga Rp 85.000 atau Superior Rooms dengan kamar mandi pribadi, AC dan shower panas dengan harga Rp 350.000. Sarapan sudah termasuk di dalam harga. Kolam renang tersedia untuk para tamu.
  22. Indraloka Home Stay, Jl. Cik Di Tiro 18, (di jalan utama menuju Universitas Gadjah Mada), +62 274 544428. Lokasinya dekat dengan UGM.
  23. Wisma Gadjah Mada, ikuti Jl. Cik Di Tiro sampai ke kampus UGM, hotel ini berada di sisi timur jalan, tepat di selatan gedung “auditorium” UGM – kamu tidak akan melewatinya jika kamu datang ke UGM dari arah selatan. ☎ +62 274 563461, +62 274 557216.
  24. Ishiro Kencana Hotel, Jl. Kaliurang Km 4,2/7. ☎ +62 274 520230. Hotel ini berada di sebelah utara kampus UGM, dan sangat mudah diakses.
  25. Ministry of Coffee, Jl. Prawirotaman I/15A. . ☎ +62 274 376 057, +62 274 7473828. Ini adalah salah satu tempat penginapan modern terbaik di Jalan Prawirotaman, lengkap dengan selimut putih bersih, doona empuk, dan AC yang nyaman. Setiap kamar memiliki dekorasi dan skema warna yang unik. Ministry of Coffee juga memiliki kafe, perpustakaan, dan restoran. Pilihan sarapan gratis yang sangat baik menjadikan tempat ini sangat berharga untuk uangmu. Stafnya ramah dan sederhana.

Penginapan DI Yogyakarta Harga Menengah Keatas Hingga Bintang 5

  1. Hotel Seno, Jalan Dagen 109, Yogyakarta, ☎ +62 274 562491. Terletak di pusat kota Yogyakarta, hotel ini menawarkan akses mudah ke pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan stasiun kereta api. Kamar-kamarnya bersih dan nyaman, dengan tarif yang terjangkau mulai dari Rp 250.000. Hotel Seno juga memiliki restoran dengan menu masakan lokal dan bar yang menyediakan minuman dan camilan.
  2. The Phoenix Hotel Yogyakarta – MGallery Collection, Jalan Jenderal Sudirman No.9, Yogyakarta, ☎ +62 274 566617. Hotel bergaya kolonial ini terletak di tengah kota Yogyakarta, dekat dengan Malioboro dan Keraton. Kamar-kamarnya luas, elegan, dan dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti AC dan TV kabel. Terdapat juga restoran, bar, dan kolam renang outdoor.
  3. Duta Garden Hotel, Jalan Prawirotaman No.26, Brontokusuman, Yogyakarta, ☎ +62 274 378828. Hotel yang ramah lingkungan ini menawarkan kenyamanan dan kemewahan yang terjangkau di Prawirotaman. Kamarnya bersih, modern, dan dilengkapi dengan AC dan kamar mandi pribadi. Ada juga restoran dengan menu masakan Indonesia dan internasional, serta kolam renang outdoor yang indah.
  4. Grand Aston Yogyakarta, Jalan Urip Sumoharjo No.37, Yogyakarta, ☎ +62 274 566999. Hotel bintang lima ini menawarkan kenyamanan dan kemewahan di tengah kota Yogyakarta. Kamarnya luas, elegan, dan dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti AC, TV kabel, dan kamar mandi mewah. Terdapat juga restoran, bar, dan kolam renang outdoor.
  5. Pesonna Hotel Tugu Yogyakarta, Jalan Diponegoro No.99, Yogyakarta, ☎ +62 274 2924890. Hotel ini terletak di Tugu, area yang terkenal dengan keramahan penduduknya dan keindahan seninya. Kamar-kamarnya luas, modern, dan dilengkapi dengan AC, TV kabel, dan kamar mandi pribadi. Terdapat juga restoran, bar, dan kolam renang outdoor dengan pemandangan yang indah.
  6. Adhisthana Hotel Yogyakarta, Jl. Prawirotaman II No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta, ☎ +62 274 386987. Adhisthana Hotel Yogyakarta menawarkan suasana tradisional Jawa yang tenang dengan fasilitas modern. Dilengkapi dengan kolam renang outdoor dan restoran, hotel ini memiliki 32 kamar yang luas dan nyaman dengan dekorasi klasik. Tarif kamar dimulai dari Rp 500.000-an.
  7. Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Dusun Tanjungan Borobudur, Magelang, ☎ +62 293 788888. Terletak di kaki gunung terkenal Borobudur, hotel ini memiliki desain arsitektur yang menggabungkan budaya Jawa kuno dan modern. Terdapat 75 kamar yang elegan dengan fasilitas modern, seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi. Hotel ini juga dilengkapi dengan kolam renang outdoor, pusat kebugaran, dan restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional.
  8. Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Jl. Laksda Adisucipto Km. 8.7, Yogyakarta, ☎ +62 274 488588. Terletak di tengah-tengah taman hijau yang luas, hotel ini memiliki 246 kamar yang mewah dengan fasilitas modern, seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi. Selain itu, hotel ini dilengkapi dengan kolam renang outdoor, pusat kebugaran, spa, dan beberapa restoran yang menyajikan berbagai masakan.
  9. Melia Purosani Hotel Yogyakarta, Jl. Suryotomo No. 31, Yogyakarta, ☎ +62 274 589521. Hotel ini memiliki 280 kamar yang luas dan elegan dengan fasilitas modern, seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi. Terdapat beberapa restoran yang menyajikan berbagai masakan lokal dan internasional, kolam renang outdoor, dan spa.
  10. The Alana Hotel & Conference Center Malioboro Yogyakarta, Jl. Sosrowijayan Wetan No. 11, Yogyakarta, ☎ +62 274 2923456. Terletak di area Malioboro, hotel ini memiliki 296 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi dalam. Kolam renang yang luas dan pusat kebugaran tersedia untuk menjaga kebugaran para tamu.
  11. Harper Mangkubumi, Jl. Mangkubumi No. 52, Yogyakarta, ☎ +62 274 2924000. Hotel yang terletak di tengah kota Yogyakarta, menyediakan kamar-kamar yang modern dan nyaman dengan fasilitas seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi dalam. Terdapat juga kolam renang dan pusat kebugaran yang memanjakan para tamu.
  12. ibis Styles Yogyakarta, Jl. Dagen No. 109, Yogyakarta, ☎ +62 274 589777. Terletak di area pusat kota Yogyakarta, hotel ini menawarkan kamar-kamar yang modern dengan fasilitas seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi dalam. Kolam renang dan pusat kebugaran juga tersedia untuk para tamu.
  13. Kampoeng Djawa Hotel, Jl. Parangtritis km 8,2, Yogyakarta 55188. ☎ +62 274 496204. Sebuah hotel yang menawarkan pengalaman tinggal di sebuah kampung Jawa yang asri dan damai dengan pemandangan sawah hijau dan udara segar. Terdapat kolam renang dan tempat makan yang menyajikan hidangan lezat khas Jawa.
  14. RedDoorz @ Raya Janti, Jl. Raya Janti No. 1C, Condongcatur, Yogyakarta. ☎ +62 21 80629888. Hotel modern dengan kamar yang bersih dan nyaman serta dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, dan shower air panas. Terdapat tempat parkir yang luas dan akses mudah ke pusat kota Yogyakarta.
  15. Tentrem Hotel Yogyakarta, Jl. AM. Sangaji No. 72 A, Yogyakarta 55233. ☎ +62 274 6415555. Hotel mewah berbintang lima dengan pemandangan kota yang indah dan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, spa, dan restoran yang menyajikan hidangan internasional. Terdapat juga pusat kebugaran dan tempat parkir yang aman.

Daftar Tempat Wisata Pantai Di Jogja Terpopuler Tahun 2024 Ini

Berikut adalah daftar tempat wisata di Jogja terpopuler tahun 2024 untuk yang mau jalan – jalan ke Yogyakarta, mulai dari pantai, museum, wisata alam dan kuliner.

Apa saja selengkapnya? Simak di travel blog indonesia catperku.com ini ya!

Kalau ngomongin Yogyakarta, pertamakali yang terdengar sekarang ini pasti enggak jauh – jauh dari keramaian Jalan Malioboro, cave tubing di Goa Pindul, bertualang di Gua Jomblang atau jelajah pantai selatan Yogyakarta yang elok nan jelita itu.

Padahal, sebenarnya Kota Yogyakarta lebih dari sekedar tempat shopping atau wisata alam yang menawan saja loh.

Karena ada banyak tempat wisata di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi disini, misalnya seperti beberapa dibawah ini.

Pantai Drini

Payung warna warni ini menjadi cirikhas tempat wisata di Jogja Pantai Drini
Payung warna warni ini menjadi cirikhas Pantai Drini

Pantai Drini adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Drini terkenal dengan pasir putih yang halus serta air laut yang jernih dan biru.

Pantai Drini merupakan tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang indah.

Di sini, Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat menakjubkan.

Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat yang cocok untuk berjalan-jalan atau bermain air.

Pantai Drini juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat memanjakan Anda selama berada di sini.

Ada beberapa warung yang menyajikan makanan dan minuman segar serta beberapa penginapan yang nyaman untuk menginap.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai Yogyakarta terkenal, berlokasi di Gunungkidul, Jogja.

Tepatnya Pantai Indrayanti Beach ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih dan biru.

Di Pantai Indrayanti, Anda bisa menikmati aktivitas seperti berjalan-jalan di tepi pantai, bermain air, dan bermain pasir.

Pantai Indrayanti memiliki ciri khas berupa beberapa fasilitas warung yang berada di dekat pantai.

Disini ada beberapa warung yang menyajikan makanan dan minuman segar yang bisa dinikmati sembari menikmati keindahan laut sekitar.

Kalau kamu mau menginap, ada juga beberapa penginapan yang nyaman untuk menginap di dekat sini.

Pantai Indrayanti juga merupakan tempat yang ideal untuk menikmati sunrise dan sunset yang indah.

Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera kamu untuk menangkap momen-momen indah di pantai ini.

Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar serta pasir yang putih dan halus.

Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata pantai di Jogja yang sangat ideal untuk menikmati panorama alam yang indah.

Disini kamu juga bisa mencoba berbagai macam aktivitas seperti surfing, parasailing, atau hingga naik ATV atau delman untuk mengelilingi pantai.

Di pantai ini, Anda juga bisa menikmati berbagai macam makanan dan minuman segar di warung-warung yang terdapat di sekitarnya.

Selain itu, ada juga beberapa penginapan yang nyaman untuk menginap jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di pantai ini.

Daftar Tempat Wisata Budaya Di Jogja Terpopuler Tahun 2024 Ini

Daftar Tempat Wisata Budaya Di Jogja Terpopuler Tahun 2024 Ini
Salah satu candi di Candi Ijo.
Percaya atau enggak, Yogyakarta punya lebih banyak dari itu. Memang, dari sisi utara, hingga selatan Yogyakarta juga tidak pernah ada matinya untuk para pecinta sejarah dan budaya.

Misalnya saja di Kaliurang yang berada tidak jauh dari lereng Gunung Merapi, terdapat sebuah museum bernama Ullen Sentalu, salah satu museum terbaik di Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu, Temukan Budaya Jawa Disini

Dikatakan, untuk para penyuka atau yang ingin belajar kebudayaan Jawa lebih dekat, haruslah bertandang ke Museum Ullen Sentalu.

Untuk tiket tempat wisata di Jogja ini hanya seharga IDR 30.000, dan dengan uang segitu kalian sudah bisa mendapatkan pengetahuan mendetail dan rinci seputar kebudayaan Jawa, koleksi keraton yang eksklusif hingga cerita seputar keluarga Keraton Yogyakarta yang unik nan menarik.

Salah satu area di museum Ullen Sentalu
Salah satu area di museum Ullen Sentalu

Seperti cerita tentang Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang ternyata memiliki nama Belanda Henkie, atau seorang Raden Ayu Kuspariyah yang merupakan ibunda Sunan PB XII ternyata merupakan wanita yang modern dan pandai memainkan piano tidak akan pernah kalian ketahui kecuali mampir ke Museum Ullen Sentalu.

Sebagai orang Jawa, kekaguman saya makin bertambah kalau kemudian mengetahui arti dibalik aksara jawa yang ternyata begitu bermakna.

Semua itu akan bisa diketahui di museum ini. (Baca Juga : Mesin Waktu Itu Bernama Ullen Sentalu)

Aksara jawa ini ternyata bisa dilafalkan menjadi sebuah kalimat “Hanacaraka, data-sawala, pada jayanya, magha-batanga”.

Yang secara terpisah aksara tadi bisa diartikan mulai dari “Ha-Na-Ca-Ra-Ka” yang mengisahkan tentang dua orang sakti, “Da-Ta-Sa-Wa-La” menceritakan kalau keduanya terlibat perselisihan hingga mereka berkelahi.

“Pa-Da-Ja-Ya-Nya” menyebutkan kalau keduanya sama – sama sakti, pada kumpulan aksara yang tersisa “Ma-Ga-Ba-Tha-Nga” menceritakan kalau akhirnya dua orang sakti tadi tewas bersama.

Jadi, aksara jawa yang terlihat rumit tadi, ternyata memiliki makna yang begitu dalam.

Relief di Museum Ullen sentalu yang mengingatkan kepedulian generasi muda terhadap kebudayaan jawa yang semakin memudar.
Relief di Museum Ullen sentalu yang mengingatkan kepedulian generasi muda terhadap kebudayaan jawa yang semakin memudar.

Terakhir, Jangan sampai lupa untuk mencoba minuman spesial yang disajikan di Museum Ullen Sentalu.

Resepnya memang berasal langsung dari Gusti Kanjeng Ratu Mas, permaisuri Sunan PB X. Bisa dibilang ini adalah minuman kerajaan, jadi tidak boleh dilewatkan.

Saya tidak tahu isinya dan campurannya apa saja, tetapi rasanya manis dengan rasa Jahe yang kuat.

Minuman yang bernama Wedang Ratu Mas, ini dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan awet muda.

Itu, baru Museum Ullen Sentalu, beranjak sedikit ke tengah kota, kalian bisa menemukan tempat wisata di Jogja Benteng Vredeburg dengan sejarahnya yang panjang.

Benteng Vredeburg, Saksi Sejarah Di Pusat Kota Jogja

Selain sebagai tempat wisata, selama kurang lebih 2,5 Abad, benteng ini berdiri kokoh di tengah Kota Yogyakarta dan telah menjadi saksi bisu berbagai macam peristiwa bersejarah.

Awalnya tugas utama Benteng Vredeburg adalah untuk mengawasi gerak – gerik Keraton Yogyakarta di masa sebelum kemerdekaan.

(Baca Juga : Transformasi Sebuah Benteng Vredeburg)

Bagian tengah Benteng Vredeburg yang penuh sejarah.
Bagian tengah Benteng Vredeburg yang penuh sejarah.

Namun pada perjalanannya, Benteng Vredeburg juga pernah menjadi tempat berkuasa sementara Thomas Stamford Raffles pada masa Inggris berkuasa, hingga dimanfaatkan oleh Bangsa Indonesia pada masa Agresi Militer Belanda II (19 Desember 1948).

Sekarang, Benteng Vredeburg menjadi museum yang apik dengan berbagai macam diorama menarik yang menceritakan berbagai peristiwa sejarah penting yang terjadi di Yogyakarta.

Ini juga merupakan salah satu tempat wisata di dekat Jalan Malioboro yang bisa kamu kunjungi.

Beranjak sedikit menjauh dari keramaian Jalan Malioboro, terdapat suasana yang sedikit berbeda.

Cukup terkenal dikalangan backpacker, dan mendapat julukan Kampung Turis, ada banyak pengalaman menyenangkan disini.

Wisata Di Yogyakarta Terkenal Di Kalangan Bakpacker, Kampung Turis Prawirotaman

Misalnya seperti kafe hoping, mencicipi kafe dengan menu yang enak dan suasana santai di sepanjang Jalan Prawirotaman I dan II.

Barang antik yang bisa di temui di Prawirotaman.
Barang antik yang bisa di temui di Prawirotaman.

Atau bisa juga blusukan di Pasar Prawirotaman I, kemudian berburu jajanan pasar yang kini kian menghilang dan susah dicari.

Penyuka barang antik pasti menganggap Prawirotaman ini sebuah surga.

Pasalnya, disini dapat dengan mudah ditemukan toko barang antik, yang merupakan tempat favorit para kolektor.

Namun jangan risih kalau sering ditawari oleh tukang becak yang biasa mengantarkan turis ke Malioboro di sepanjang Prawirotaman ya.

Tolak saja secara halus, bilang kalau kalian sedang ingin berjalan keliling Prawirotaman. (Baca Juga : Balada Prawirotaman, Kampung Turis Di Yogyakarta)

Becak terparkir di salah satu sudut jalan Prawirotaman II, Wisata Di Yogyakarta Terkenal Di Kalangan Bakpacker, Kampung Turis Prawirotaman
Becak terparkir di salah satu sudut jalan Prawirotaman II.

Candi Ijo, Dekat Dengan Prambanan

Terakhir, adalah Candi Ijo, yang namanya tertutup oleh nama besar beberapa destinasi di dekatnya seperti Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.

Sebagai tempat wisata candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta, candi ini tidak hanya memiliki sisi budaya dan sejarah yang tinggi, tetapi juga memiliki pemandangan yang apik di Jogja.

Candi Ijo yang tertutup kabut tipis. Sebagai tempat wisata candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta, candi ini tidak hanya memiliki sisi budaya dan sejarah yang tinggi, tetapi juga memiliki pemandangan yang apik di Jogja.
Candi Ijo yang tertutup kabut tipis.

Dari Candi Ijo, kalian bisa menikmati lansekap kota Yogyakarta yang membantang luas ke arah barat, dan melebar dari utara ke selatan.

Runway Bandara Internasional Yogyakarta Adi Sucipto juga terlihat dari sini, membuat pemandangan semakin apik dan menyenangkan.

Alternatifnya, kalian bisa menikmati detil Candi Ijo yang terdiri dari 17 struktur bangunan dan terbagi  dalam 11 teras berundak ini.

Bangunan utama Candi masih terlihat utuh, namun beberapa candi yang terletak dibawah terlihat berantakan, dan bahkan beberapa masih terlihat seperti sedang digali.

Pun, berkunjung kesini adalah salah satu kepuasan tersendiri untuk siapapun yang ingin melihat yogyakarta dari sudut pandang yang benar – benar berbeda.

Keraton Yogyakarta

Keraton Jogja adalah tempat wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan.

Keraton adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah istana di Jawa, Indonesia.

Di Jawa, istana keraton biasanya merujuk kepada istana yang dibangun oleh kerajaan-kerajaan Jawa, seperti Keraton Yogyakarta atau Keraton Surakarta.

Keraton Yogyakarta adalah sebuah istana yang terletak di kota Yogyakarta, DIY, Indonesia.

Istana ini merupakan rumah bagi Sultan Yogyakarta dan keluarga kerajaannya, serta merupakan simbol kekuasaan sultan di wilayah tersebut.

Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu dari dua keraton yang masih aktif di Indonesia, yaitu Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta.

Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Istana ini terdiri dari beberapa bangunan utama, seperti Kompleks Pagelaran, Siti Hinggil Ler, Kamandhungan Lor, Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul, Siti Hinggil Kidul.

Selain itu, di sekitar keraton juga terdapat beberapa bangunan lainnya seperti masjid, tempat ibadah, dan tempat-tempat lain yang digunakan oleh sultan dan keluarga kerajaannya.

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jogja.

Pada waktu tertentu, wisatawan dapat melihat keindahan arsitektur dan desain istana ini, serta menyaksikan pertunjukan tari-tarian Jawa yang dipertunjukkan oleh para penari di istana tersebut.

Keraton Yogyakarta juga merupakan tempat yang sangat penting bagi masyarakat Jogja, karena merupakan tempat yang menjadi simbol kebudayaan dan kekuatan Jawa.

Masyarakat Jogja memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap sultan dan keluarga kerajaannya, sehingga keraton dianggap sebagai tempat yang sakral dan dihargai oleh masyarakat tersebut.

Wisatawan dapat mengunjungi Keraton Yogyakarta setiap hari dengan jam buka pukul 08.30 pagi hingga pukul 13.00 siang.

Tips Jelajah Wisata Heritage Dan Wisata Budaya Di Yogyakarta

  1. Museum Ullen Sentalu bisa dicapai dengan berkendara selama kurang lebih 1-2 jam perjalanan dari yogyakarta. Karena tidak diperbolehkan memotret ketika didalam Museum, pastikan untuk mendengarkan baik baik semua penjelasan pemandu museum. Biasanya datang sekali pasti kurang, karena banyaknya cerita yang bisa didapatkan di museum ini. Jangan lupa juga untuk mampir ke Restoran Beukenhof di penghujung tur museum. Ada banyak penganan enak yang bisa dicoba loh.

    Beukenhof, Restoran Bergaya Eropa Di Yogyakarta
    Beukenhof, Restoran Bergaya Eropa Di Yogyakarta
  2. Tiket masuk Benteng Vredeburg tergolong sangat murah, untuk sebuah museum yang keren. Hanya dengan IDR 2000, kalian bisa banyak belajar mengenai sejarah penting yang terjadi di Kota Yogyakarta. Jangan lupa mampir ke Indische Koffie, cafe dengan desain jadul nan unik yang masih berada di kawasan benteng. Lokasi benteng Vredeburg ini berada di tengah kota, tidak jauh dari Nol Kilometer Yogyakarta.

    Indische Koffie, kafe yang direkomendasikan ketika mampir ke Museum Benteng Vredeburg.
    Indische Koffie, kafe yang direkomendasikan ketika mampir ke Museum Benteng Vredeburg.
  3. Prawirotaman sejatinya dikenal sebagai alternatif tempat menginap yang murah, tetapi dengan suasana yang lebih nyaman. Selain itu lokasi Prawirotaman ini juga cukup strategis untuk menjangkau berbagai destinasi menarik di Yogyakarta. Pagi hari, dan Sore hingga malam hari sangatlah menyenangkan untuk sekedar berjalan kaki disekitar prawirotaman untuk berburu kuliner atau hinggap di salah satu café yang ada dan menghabiskan waktu dengan bersantai.

    Kalian bisa berburu jajanan pasar di pasar tradisional di Prawirotaman.
    Kalian bisa berburu jajanan pasar di pasar tradisional di Prawirotaman.
  4. Untuk masuk ke Candi Ijo sebenarnya tidak ada pungutan tiket, alias gratis. Hanya perlu mengisi buku tamu, dan memberikan sumbangan seikhlasnya kalau mau, untuk konservasi dan perawatan Candi Ijo. Datanglah ketika sunset dan hari yang cerah ke Candi Ijo, untuk mendapatkan pemandangan sunset yang menawan dari Kota Yogyakarta. (Baca Juga : Mengagumi Candi Ijo Sekaligus Lansekap Yogyakarta Dari Ketinggian)

    Pemandangan cantik Yogyakarta yang bisa terlihat dari tempat wisata Candi Ijo di Jogja.
    Pemandangan cantik Yogyakarta yang bisa terlihat dari tempat wisata Candi Ijo di Jogja.

Untuk Daftar Tempat Wisata Di Jogja Paling Hits Terbaru Lainnya Di Tahun 2024 Bisa Lihat Di Bawah Ini

Dari yang paling hits dan populer, tempat wisata terbaru dan tips penting saat berlibur di jogja ada disini semua.

Pacu Adrenalin, Sandboarding Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Kira - kira beberapa menit setelah melewati gerbang, akan terlihat jelas gundukan pasir yang berada di kanan jalan. Gumuk Pasir Parangkusumo yang terkenal sebagai salah satu tempat bermain sandboarding di dunia ini berada di tepi jalan, dan mudah sekali ditemukan.

Ijo Kuliner Candi Ijo: Tempat Ngopi Sambil Menikmati Senja Syahdu Jogja

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Kalau kamu lagi di Jogja dan pengen cari tempat asyik buat nongkrong sambil menikmati suasana alam yang hijau, coba deh mampir ke Ijo Kuliner Candi Ijo. Sesuai namanya, lokasi tempat ini memang berada tidak jauh dari tempat wisata Candi Ijo dan Tebing Breksi.

Pantai Indrayanti The Best Beach In Daerah Istimewa Yogyakarta

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Pantai Indrayanti the best beach in Daerah Istimewa Yogyakarta, paling populer Di Gunung Kidul Jogja!? Berapa harga tiket masuk tempat wisata ini? Temukan informasi dan panduan lengkap liburan ke pantai di Gunung Kidul ini dengan baca tulisan ini!

Main Ke Tugu Jogja, Kamu Bisa Ngapain Aja?

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Liburan ke Yogyakarta tanpa main ke Tugu Jogja? Ya pasti rasanya ada yang kurang ya. Karena Tugu Jogja ini adalah salah satu landmark Kota Jogja yang cukup ikonik. Bahkan ini adalah salah satu tempat liburan di Jogja yang tepat untuk membuat kenangan. Jadi kalau kamu liburan ke Jogja, pastikan mampir ke tempat ini ya.

Panduan Lengkap Wisata Bukit Paralayang Watugupit

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Beberapa orang mungkin mengenal tempat ini dengan nama wisata Paralayang Parangtritis, namun sebagian mengenal tempat ini sebagai Bukit Watugupit / Watu Gupit. Makanya waktu pertama kali saya sempat berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini sempat bingung mencari lokasinya.

Taman Sari, Wisata Yogyakarta Hits Karena Instagram!

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Taman Sari Jogja: Tempat Wisata Instagramable yang Populer di Yogyakarta! Dalam sejarahnya, Taman Sari Jogja mungkin belum banyak dikenal, namun sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati di Yogyakarta. Taman ini menawarkan pemandangan yang indah dan cocok untuk diabadikan dalam foto Instagramable.

Panduan Liburan Ke Jogja Ala Catperku

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Panduan liburan ke Jogja ala catperku! Jogja memang selalu menjadi tujuan liburan favorit saya. Mungkin juga Jogja ini salah satu tujuan favorit kamu juga. Yang jelas, selain liburan ke Bali, mungkin kamu juga perlu menjadikan Jogja untuk tujuan liburanmu selanjutnya. Ada banyak alasan kenapa kamu harus mampir ke Jogja meski sesekali.

Panduan Liburan Ke Pantai Gesing Gunung Kidul Jogja

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Tulisan ini mengulas tentang info liburan wisata Ke Pantai Gesing Gunung Kidul Jogja termasuk harga tiket masuk, cara pergi, dan penginapan terdekat. Bisa kamu baca kalau kamu mau mengunjungi tempat ini.

Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Jogja Untuk Liburan!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Pantai di Gunungkidul yang asik buat dikunjungi kalau liburan ke Jogja yang mana aja ya? Selama ini ada banyak pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Dan itu bukan pertanyaan mudah buat saya jawab, karena saya belum banyak menjelajah pantai – pantai di Jogja, terutama yang berada di kawasan selatan Jogja. Padahal ada banyak banget lho pantai yang ada di kawasan Gunungkidul Jogja.

Pantai Sepanjang: Surga Pantai Pasir Putih di Gunungkidul, Yogyakarta

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Hai, semuanya! Kali ini, saya akan membawamu untuk mengenal lebih dalam tentang Pantai Sepanjang yang terletak di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pantai di gunungkidul ini adalah salah satu surga tersembunyi di pesisir selatan pulau Jawa yang memiliki pesona alam yang luar biasa.

City Touring di Yogyakarta: Petualangan Seru di Kota Gudeg

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Hari ini saya akan bercerita tentang petualangan seru saya saat city touring di Yogyakarta. Kota ini memang penuh dengan keindahan budaya, sejarah, dan kuliner yang menggugah selera. Rute perjalanan saya tidak terlalu panjang, tetapi penuh dengan pengalaman menarik.

Pantai Wohkudu: Pesona Tersembunyi di Gunung Kidul, Jogja

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Terletak di sebelah barat Gunung Kidul, Pantai Wohkudu, meski belum begitu terkenal seperti pantai-pantai lainnya seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, atau Pantai Baron, memiliki daya tariknya sendiri. Mari kita eksplor lebih dalam tentang pesona tersembunyi Pantai Wohkudu di bawah ini.