Pantai Balangan, Bukan Lagi Pantai Tersembunyi Di Bali!?

Rate this post

Pantai Balangan Beach Bali ini dulunya mungkin tidak begitu terkenal pantai lainnya di Bali. Seperti Pantai Kuta yang menjadi pantai sejuta umat. Lokasi pantainya agak jauh dan terpencil di Bali Bagian selatan sih. Namun, di Pantai Balangan inilah pertama kalinya saya melihat pantai dengan rangkaian pohon kelapa yang tertata rapi, unik dan penuh estetika. Belum pernah saya menemukan pantai secantik ini di Bali.

Iya, memang beneran sangat jarang lho saya menemui pantai dengan komposisi pohon kelapa yang pas di Pulau Bali. Selain di pantai ini, pantai yang memiliki rangkaian pohon kelapa apik baru saya temukan di beberapa pantai di Lombok. Namun saya tidak tahu ya, apakah rangkaian pohon kelapa di Pantai Balangan Ini natural atau buatan manusia.

Lupakan saja sejenak mengenai asal-usul pohon kelapa tadi. Yang jelas kombinasi pasir putih di Pantai Balangan Beach Bali dengan pohon kelapa menurut saya adalah sebuah kombinasi yang tidak dapat terpisahkan, entah kenapa pantai yang seperti ini lebih terasa nyaman dan tenang. Pantai yang pas untuk bermalas-malasan. Pokoknya, liburan ke Bali, wajib banget main kesini!

Emangnya gak mau? Dibuai dengan suasana nyaman selama sehari penuh, diiringi deru ombak pantai yang bisa membuat hati tenang. Siapa sih yang nggak betah berlama-lama di pantai seperti ini? Saya rasa semua pasti betah berlama-lama untuk tinggal dan menikmati suasana tenang dari Pantai Balangan Beach Bali setiap harinya.

Pohon kelapa yang banyak bertebaran adalah ciri khas di Pantai Balangan Beach Bali ini
Pohon kelapa yang banyak bertebaran adalah ciri khas di Pantai Balangan Beach Bali ini

Jalan-jalan ke Pantai Balangan Beach Bali ini sebenarnya masih dalam rangka menghabiskan long weekend natal yang cukup panjang, juga dalam rangka menjelajahi beberapa pantai tersembunyi di Bali. Salah satunya ya pantai ini. Pantai yang pernah masuk ke dalam list “Bali’s Best 5 Hidden Beaches” versi CNN Go pada 2012.

Selain pantai keren ini, sebenarnya banyak pantai lain di Bali yang juga menarik untuk dikunjungi. Misalnya seperti Pantai Penyu di Pulau Serangan, Pantai Tegalwangi, Pantai Dreamland, dan Jimbaran Bay. Memang ya, kalau membicarakan dan menggambarkan pantai yang ada di Pulau Bali serasa tidak ada habisnya. Saking banyaknya pantai di pulau ini.

Mungkin pulau seribu pura ini juga layak menerima julukan pulau seribu pantai. Apalagi kalau bukan karena memiliki banyak pantai eksotis dan unik di tiap sudutnya. Termasuk Pantai Balangan Beach Bali ini salah satunya. Kalian tidak hanya akan menemukan pasir putih pantai yang indah, tetapi juga pemandangan menarik sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini. Karena itu saya sarankan mengunakan sepeda motor saja kalau berkunjung ke pantai ini. Biar lebih menikmati suasana gitu.

Dulu termasuk salah satu pantai tersembunyi di Bali, tapi sekarang namanya makin ngehits dan terkenal
Dulu termasuk salah satu pantai tersembunyi di Bali, tapi sekarang namanya makin ngehits dan terkenal

Iya, perjalanan menuju lokasi dimana Pantai Balangan Beach Bali berada akan melewati sudut-sudut Bali selatan yang jauh dari keramaian. Sepanjang perjalanan akan sangat berbeda jika dibandingnkan dengan keramaian Kuta, Legian ataupun Seminyak. Seakan, kalian akan melewati sisi Pulau Bali yang tidak biasa.

Lokasinya tersembunyi di bagian selatan Pulau Bali, pantai yang berada di wilayah Pecatu ini terletak diantara dua bukit karang yang terjal mengapitnya dengan kokoh. Mungkin dulunya Pantai Balangan Beach Bali ini terbentuk karena hantaman ombak yang membelah bukit bagian pulau selatan Bali ini ya?

Entahlah, namun kalau diperhatikan dengan baik, memang hampir setiap pantai yang berada di wilayah selatan Bali itu memiliki tipe yang sama. Yaitu dihimpit oleh bukit karang terjal dan tinggi. Untungnya pantai ini tidak seperti Pantai Tegalwangi yang akses jalannya masih kurang baik.

Pun jaraknya hanya sekitar 40 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Bahkan dari salah satu bukit di pantai ini bisa melihat runway bandara bali dengan jelas. Ketika siang hari, kamu bisa menikmati pesawat yang sedang take off dan landing. Sementara malam hari kerlip lampu daerah Kuta akan terlihat apik dari sini.

Balangan ini dulu lebih terkenal di kalangan turis asing
Balangan ini dulu lebih terkenal di kalangan turis asing

Akses dan rute ke Pantai Balangan Beach Bali ini memang jauh lebih mudah. Jalanan utama menuju pantai berupa aspal mulus. Jalanan menuju pasir pantai juga sudah terdapat anak tangga. Tidak perlu bersusah payah hanya demi menuju ke pantai seperti di Pantai Tegalwangi. Pantas saja, kalau kian hari pantai ini makin populer.

Apalagi posisi Pantai Balangan Beach Bali dengan panjang garis pantai kurang lebih 1 km ini menghadap ke arah utara. Sehingga saya dan siapapun juga bisa sambil melihat aktifitas Bandara Internasional Ngurah Rai di kejauhan seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Untuk bagian timur sendiri dibatasi dengan tebing tinggi, dengan lekukan dibawahnya karena tergerus oleh ombak.

Di bagian barat di Pantai Balangan Beach Bali ini dibatasi oleh tebing tinggi yang penuh dengan tumbuhan, terutama pohon kelapa, selain itu juga terdapat semacam pondok untuk menikmati pantai dari ketinggian. Saya sering bersanai di bagian barat pantai ini, terutama kalau matahari sedang terik. Kalau pantai lagi surut, baru deh saya bermain air.

Asiknya, jika kondisi laut sedang surut saya bisa berjalan menuju Pantai Dreamland dengan cara terus berjalan kearah barat sambil menyusuri bibir pantai. Tetapi jika kondisi laut sedang pasang, sebaiknya jangan dicoba berjalan kaki menuju ke Pantai Dreamland ya. Terlalu berbahaya! Kalau lagi sial, kamu malah bisa tersapu ombak!

Datanglah di waktu yang tepat agar mendapatkan foto terbaik di Pantai Balangan Beach Bali.
Datanglah di waktu yang tepat agar mendapatkan foto terbaik di Pantai Balangan Beach Bali.

(Baca Juga : Pantai Pandawa, Pantai Di Bali Yang Tidak Biasa!)

Dibanding dengan pantai lainnya, tekstur pasir di Pantai Balangan Beach Bali terasa sedikit kasar. Tetapi ini wajar, karena Balangan memang bukan pantai yang bertipe pasir sehalus tepung seperti Pantai Seminyak. Namun coba injakkan kaki kalian di pantai ini sambil menikmati suasana sepi, nyaman dan tenang. Tentunya ini adalah suasana yang tidak dapat saya temukan di pantai sejuta umat, Pantai Kuta Bali.

Berenang dan surfing nampaknya merupakan aktifitas yang menjadi daya tarik utama di Pantai Balangan Beach Bali, namun karena pantai ini terletak di bagian selatan Bali yang ombaknya cukup besar, kalian harus selalu waspada, selain itu juga tidak ada penjaga pantai yang bertugas di pantai ini, seperti layaknya di Pantai Kuta.

Yakin nggak mau main ke salah satu pantai terbaik di Bali ini?
Yakin nggak mau main ke salah satu pantai terbaik di Bali ini?

Pantai ini memiliki ombak yang sempurna untuk berselancar, makanya pantai ini populer di kalangan peselancar. Eh, di Pantai Balangan Beach Bali ini juga pernah menjadi tuan rumah untuk perlombaan olahraga selancar air kelas dunia lho. Selain menonton, bisa juga belajar berselancar atau belajar surfing di Pantai Balangan Beach Bali. Ada sekolah untuk peselancar pemula disini. Kursus berselancar di Pantai Balangan Beach Bali ini berlangsung singkat, jadi tak akan menyita banyak waktu.

Meskipun Pantai Balangan Beach Bali ini tersembunyi, fasilitas dan akomodasi yang ada cukup banyak, terdapat banyak cafe dengan kursi malas. Ada banyak juga penginapan di Pantai Balangan. Bisa juga menginap di dekat pantai jika mau. Memang pantai ini layaknya surga, mengingat kondisi Pulau Bali sekarang yang sudah mulai sedikit ramai dan macet.

Namun sejak dari dulu, pantai ini tetap populer dikalangan surfer
Namun sejak dari dulu, pantai ini tetap populer dikalangan surfer

Seperti beberapa pantai di Bali lainnya, misalnya Pantai Suluban, pantai ini ramai dengan turis asing. Soalnya ketika saya berkunjung ke pantai di Bali Selatan ini saya banyak melihat para bule yang sedang bersantai sambil berjemur menikmati sinar matahari. Saya pun tidak mau kalah, bedanya sih saya gak berjemur di pantai, namun mampir ke sebuah cafe yang ada di Balangan. Saya membeli sebiji kelapa muda, menikmatinya  sambil membaca buku. Cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bukan?

O iya, buat kamu penyuka sunset yang epik di Bali, di Pantai Balangan Beach Bali ini adalah salah satu tempat menikmati sunset di Bali juga lho! Dibandingkan dengan pantai lain di Bali, Balangan ini salah satu tempat yang indah untuk menikmati matahari terbenam lho. Terutama salah satu spot untuk menikmati sunset di Pantai Balangan Beach Bali, berupa tebing tinggi yang ada di dekatnya. Tertarik untuk pergi kesini?

Di Pantai Balangan Beach Bali itu, kalau lagi surut makin keren! Pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang populer untuk prewedding lho. Kalian mau prewedding disini?
Di Pantai Balangan Beach Bali itu, kalau lagi surut makin keren! Pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang populer untuk prewedding lho. Kalian mau prewedding disini?

Cara Pergi Ke Pantai Balangan Beach Bali 

Cara terbaik untuk pergi Pantai Balangan Beach Bali adalah menggunakan sepeda motor dari Kuta, Menuju ke arah Nusa Dua melewati Jalan I Gusti Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu Jimbaran – Jalan Pantai Balangan. Dengan waktu tempuh kira – kira 45 Menit.

Tidak dipungut biaya tiket masuk untuk masuk ke salah satu pantai yang indah di Bali ini. Hanya harus membayar biaya parkir saja seperti yang saya sebutkan diatas. Jika memerlukan panduan, kalian bisa mengikuti rute menuju ke Pantai Balangan ini dengan bantuan Google Maps disini.

Fakta Tentang Suasana Di Pantai Balangan Beach Bali

Ada beberapa informasi penting mengenai pantai ini yang perlu kamu ketahui. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Spot yang cukup menarik untuk  berenang, surfing, dan bersantai, terutama bagi anda yang tidak terlalu suka pantai yang ramai.
  2. Terdapat banyak akomodasi yang seharusnya lebih murah dari pada di sekitar Kuta, Bali. Jadi mau menginap juga bukan suatu masalah.
  3. Lokasinya dekat dengan Pantai Dreamland, berjalan kearah barat menyusuri bibir pantai anda akan sampai ke Pantai Dreamland.
  4. Harga tiket parkir di Pantai Balangan adalah IDR 2000 per sepeda motor dan IDR 5000 untuk setiap kendaraan roda empat. Tidak perlu membayar tiket masuk lagi, alias tiket masuk di Pantai Balangan ini adalah gratis!

Waktu Terbaik Mengunjungi Pantai Balangan Beach Bali

  • Pagi hari sampai siang hari adalah waktu terbaik untuk bersantai di bawah pohon kelapa atau di gazebo yang ada. Jangan lupa membawa buku dan membeli kelapa muda, agar waktu bersantai terasa lebih lengkap.
  • Siang hari sampai sore hari adalah waktu terbaik untuk surfing. Ingat! Dasar Pantai Balangan adalah karang, pastikan memakai pelindung kaki khusus surfing agar terlindungi dari karang yang tajam.
  • Waktu air laut surut adalah waktu terbaik jika ingin berenang di Pantai Balangan Beach Bali, dan kondisi surut lebih sering terjadi pada waktu sore hari.

Penginapan Hotel Dekat Pantai Balangan Beach Bali

Ada beberapa hotel di Pantai Balangan Beach Bali yang bisa digunakan untuk menginap. Beberapa diantaranya berupa villa dan homestay. Untuk daftar penginapan di Pantai Balangan bisa dilihat dibawah ini:

  • Coconuts Hummingbird
  • Jimbaran Balangan BeachFront Villa Nakar
  • Balangan Paradise Hostel & Restaurant
  • Biu Biu Villa, Balangan Beach
  • Aman Gati Hotel Balangan
  • Mandala Surfhill
  • Casa De Balangan by Exotiq Villa Holidays
  • Adinda Balangan Beach Villa
  • Klapa Resort
  • La Joya Bungalows
  • Merta Sari Balangan Bungalow
  • Balangan Cottage
  • Balangan Beach Villa
  • Flower Bud Bungalows
  • Jl. Pantai Balangan
  • Balangan Garden Bungalow

Travel Vlog Di Pantai Balangan Beach Bali

Jika kamu penasaran seperti apa kondisi pantai ini, kamu bisa melihat travel vlog di Pantai Balangan Beach Bali yang saya buat dibawah ini ya!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
13 Responses
  1. Nana

    Terimakasih ya :) kemarin Maret ane ke Bali dan sempetin mampir ke Pantai Balangan, beneran bagus. Thanks refensinya : keep blogging

  2. callitlove

    mantep masbro blognya, tiap pantai ada detailnya sendiri2 :)

    gw rencana ke Bali lagi bulan Juli/Agustus buat belajar surfing, rencananya sih nginep didaerah Uluwatu, balangan salah satu spotnya :)

  3. Blogarama Nnoart

    Sudah pernah rencana mau ke Pantai Balangan setelah dari Pantai Green Bowl, tapi gara-gara ada satu dan lain hal, waktu yang tersisa habis semuanya buat Pantai Green Bowl. Akhirnya batal ke Pantai Balangan, karena setelah pulang dari Green Bowl langsung pulang dari Bali.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: