Pantai Pandawa, Pantai Di Bali Yang Tidak Biasa!

Pantai Pandawa, ada yang bilang kalau dulu pantai ini adalah salah satu pantai tersembunyi yang ada di Bali. Secret beach atau hidden beach di bali gitu ya. Tetapi, sekarang sudah tidak lagi, karena saya sudah pernah menginjakkan kaki di pantai ini juga! Hehee!

Oke, itu bukan alasan sebenarnya kenapa Pantai Pandawa sudah tidak disebut sebagai Hidden Beach Lagi.

Hanya di Pantai Pandawa saya bisa melihat budidaya rumput laut yang sederhana dari dekat di Bali Selatan.

Jalanan menuju Pantai Pandawa
Jalanan menuju Pantai Pandawa

(Baca Juga : Pantai Balangan, Pantai Penuh Pohon Kelapa di Bali)

Beberapa saat sebelum sampai ada bukit dengan pemandangan yang kece
Beberapa saat sebelum sampai ada bukit dengan pemandangan yang kece

Pantai Pandawa adalah salah satu pantai yang berada di Bali Selatan, untuk mencapai pantai ini saya harus membelah tebing kapur yang luar biasa besarnya. Nah, dulu jalan yang membelah tebing tadi belum sebagus ketika saya datang ke Pantai Pandawa.

Itulah alasan sebenarnya kenapa Pantai Pandawa yang ada di Bali ini dulunya terkenal dengan pantai tersembunyi. Tempat idaman para bule yang suka berjemur bertelanjang dada a.k.a topless! Sial, kenapa deh pantai Pandawa harus menjadi ramai sekarang ini?

Sejenak, mari lupakan bule topless yang sudah mengambang di angan – angan. Bayangkan saja hamparan pantai dengan ombak tenang, dan warna air biru toska terlihat dari atas bukit sebelum turun lebih jauh menuju pantai. Itulah, gambaran nyata dari si Pantai Pandawa!

Pantai Pandawa terlihat ramai dari ketinggian
Pantai Pandawa terlihat ramai dari ketinggian

Yup! Selain pantai, sebaiknya berhenti sebentar ke atas bukit yang telah dibelah jalan tepat sebelum jalur menuju pantai. Pemandangan cakepnya pasti akan membangkitkan semangat traveler narsis yang telah lama terpendam di dalam jiwa.

Melanjutkan turun menuju pantai saya mengamati bagian kiri jalan. Saya tertarik dengan beberapa lubang besar di tebing yang ternyata ada ukiran patung didalamnya.  Ternyata beberapa patung adalah patung dari karakter Pandawa Lima dari kisah Mahabharata yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Mungkin juga karena itu juga pantai ini jadi dinamakan Pantai Pandawa. Pantai tempat Pandawa Lima bersenang – senang.

Mungkin sih….

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang
Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang

Mobil dan sepeda motor masih menjadi transportasi terbaik untuk mencapai pantai ini, meskipun bersepeda bisa menjadi pilihan yang sehat. Enggak usah bingung juga mau memarkir kendaraan dimana, karena sudah disediakan tempat parkir yang rapi dipintu masuk pantai.

Banyak wajah tersenyum girang, anak – anak kecil berlarian menuju air ketika saya memasuki pantai. Begitulah wajah Pantai Pandawa ketika saya kunjungi pada hari libur dan air laut sedang surut. Memang ketika sedang surut, ombak laut selatan sudah terpecah jauh ditengah. Jadi ditepi pantai yang ada hanya pantai yang tenang, tempat yang asik untuk bermain air dan berenang.

Pantai Pandawa selalu ramai dikunjungi turis
Pantai Pandawa selalu ramai dikunjungi turis

Waktu itu, Saya sedang enggak mood untuk bermain air, saya lebih tertarik dengan benda yang berwarna kehijauan di sebelah barat pantai.

“Wah! Rumput laut!” Gumam saya ketika mendekati benda berwarna hijau tadi.

Baru kali ini saya menemukan pantai yang juga digunakan untuk membudidayakan rumput laut di Bali Selatan. Sebelumnya saya hanya pernah melihat yang seperti ini di Nusa Lembongan saja. Yang seperti itu seharusnya bisa memberi nilai tambah, daripada sekedar pantai yang umumnya untuk berenang, berselancar atau berjemur saja. Mungkin pada kunjungan selanjutnya saya akan mencoba membeli rumput laut langsung dari pantai ini.

Rumput laut sedang dikeringkan
Rumput laut sedang dikeringkan

(Baca Juga : Nusa Lembongan, Kecil Tapi Menyenangkan!)

Seorang petani rumput laut di Pantai Pandawa
Seorang petani rumput laut di Pantai Pandawa

Tips Buat Yang Mau Liburan Ke Pantai Pandawa :

  • Pantai Pandawa juga dikenal dengan nama Pantai Kutuh karena berada di daerah yang bernama Desa Kutuh. Munggkin dengan menggunakan nama yang unik yaitu Pandawa Lima, harapannya pantai ini bisa menjadi lebih terkenal, dan bisa mengangkat taraf ekonomi penduduk sekitar.
  • Tarif retribusi untuk masuk ke pantai adalah IDR 2000, enggak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pemandangan dan suasana yang akan didapatkan di Pantai Pandawa.
  • Di pantai pandawa disewakan Kano atau sampan kecil bisa yang bisa dipakai untuk menjelajahi pesisir pantai. Harga sewanya adalah IDR 15.000.
  • Beberapa pantai yang ada di dekat Pantai Pandawa adalah Pantai Gunung Payung dan Pantai Green Bowl.

(Baca Juga : Pantai Geger, Hasil Kegagalan Pencarian Pantai Payung)

Cara Menuju Ke Pantai Pandawa :

Dari arah Kuta kalian berkendaralah menuju arah Jimbaran – GWK atau Garuda Wisnu Kencan. Tak jauh dari GWK kalian akan menemui perempatan. Belok ke kanan berarti kalian akan sampai ke Pantai Balangan, dan belok ke kiri adalah arah menuju Pantai Pandawa. (Belok ke kiri ya)

Setelah belok kiri, lurus aja pelan pelan, sampai ketemu pertigaan dengan tanda petunjuk ke arah Pantai Pandawa (Pandawa Beach). Ikuti saja petunjuk tadi, hingga ketemu Pantai Pandawa. Gampang kok, petunjuk cara menuju ke Pantai Pandawa sekarang sudah jauh lebih banyak daripada beberapa tahun lalu.

Atau, kalau kalian kebingungan, coba memakai gps dan Google Map saja. Peta lokasi Pantai Pandawa di google map bisa ditemukan disini ya (klik disini)

Foto – Foto Pantai Pandawa

Ada banyak perahu kecil di dekat pantai
Ada banyak perahu kecil di dekat pantai
Anak-anak pantai yang sedang berenang dengan bahagia
Anak-anak pantai yang sedang berenang dengan bahagia
Perahu ini milik para nelayan setempat
Perahu ini milik para nelayan setempat
Salah satu patung Pandawa Lima
Salah satu patung Pandawa Lima
Pantai Pandawa, Pantai Di Bali Yang Tidak Biasa!
Pantai Pandawa, Pantai Di Bali Yang Tidak Biasa!
Pantai pandawa dari bukit tadi
Pantai pandawa dari bukit tadi

Yang Banyak Dicari

  • cewe hot berjemur di pantai part 8
  • pantai pandawa review
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

23 Responses
  1. Aku suka jalanan menuju pantai ini, jalan nya ketutupan batu2an gitu di kanan kiri hihi kaya bukan di Indonesia. Tapi sayang cuma liat di instagram hahaha mudah2an nanti bisa kesana! :D

  2. Whuaa udah luamaa nggak ke Bali, tahu-tahu udah ada pantai baru lagi. Dulu terakhir saya ke Pantai Lovina Mas, pas masih baru dikenalin jadi masih sepi pengunjungnya. Semoga kapan2 bisa ke Bali lagi sama keluarga tercinta, aamiin.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: