Virgin Beach, Pantai Alami Tersembunyi Di Bali Timur

Virgin Beach, Pantai Alami Tersembunyi Di Bali Timur
5 (100%) 23 votes

Virgin Beach AKA Pantai Perasi AKA White Sand Beach Bali dengan Pantai Pasir Putih di Karangasem!? Lokasinya ada dimana itu? Yap, Sebuah obrolan sederhana melalui aplikasi pengirim pesan skype membuahkan hasil penemuan pantai baru nan tersembunyi di Bali. Pantai ini memang benar – benar berbeda dari kebanyakan pantai di daerah selatan Pulau Bali. Sepi dan tersembunyi!

Setelah sebelumnya obrolan ringan di skype juga menghasilkan explorasi pulau kecil di timur Pulau Bali, yaitu Pulau Serangan. Selanjutnya adalah eksplorasi Virgin Beach, kalau sebutan orang bule yang masih muda, White Sand Beach Bali kalau yang nyebut bule agak tua, dan pantai pasir putih atau Pantai Perasi kalo yang nyebut orang lokal. Kalau saya, pantai pasir putih di bali yang super keren saja! Hehehe…

Nggak salah memang kalau pantai pasir putih di Bali ini makin lama makin disukai orang. Daya tarik White Sand Beach Bali ini memang luar biasa. Meski lokasinya jauh dari keramaian bali seperti Sanur dan Kuta, teta ada beberapa orang yang rela berkendara jauh hanya demi mengunjung pantai ini. Seperti saya salah satunya. Malah, menurut saya kalau ada waktu liburan ke Bali lebih lama, boleh mampir ke White Sand Beach ini ya!

Ya, Pantai Ini Memiliki Beberapa Nama! Virgin Beach, Pantai Perasi, White Sand Beach Bali Dengan Pantai Pasir Putih Yang Indah!

Mungkin pantai ini nggak seterkenal pantai lain seperti Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan Pantai Seminyak yang ada di Bali Selatan. Yang jelas sepertinya Virgin Beach atau Pantai Perasi, adalah salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Pulau Bali. Iya nggak? Saya sih iya, nggak tau kalau kalian. Yang jelas Pantai Perasi dengan hamparan White Sand Beach nya ini adalah salah satu pantai di Bali favorit saya!

Suasana Pantai Virgin AKA Pantai Perasi AKA Pantai Pasir Putih Karangasem yang menyenangkan di cuaca cerah!
Suasana Pantai Virgin AKA Pantai Perasi AKA Pantai Pasir Putih Karangasem yang menyenangkan di cuaca cerah!

Memang belakangan ini memang saya sedikit dibuat kecewa dengan beberapa pantai andalan pulau dewata. Seperti Pantai Kuta yang kian hari semakin kotor, entah akibat turisme masal atau memang semakin hari semakin banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Meski ada juga yang bilang Pantai Kuta kotor karena lagi musim badai.

Yang jelas saya rindu dengan keberadaan pantai yang belum terjamah oleh yang mass tourism. Dan, Pantai Perasi atau Virgin Beach dengan White Sand Beach Bali Timur ini menjawab semua kerinduan itu. Sebuah pantai alami dengan pasir putih Bali yang khas, tersembunyi yang berada di timur Bali. Siapa sih yang gak tergoda dengan keberadaan pantai seksi ini?

Entah kenapa pantai ini memiliki sampai empat buah nama, Virgin BeachWhite Sand Beach Bali, Pantai Perasi dan Pantai Pasir Putih yang notabene hanya terjemahannya saja :D. Tapi apalah arti sebuah nama? Toh pantai ini tetap cantik dinikmati semuanya. Asal selalu terus dijaga ya!

Air lautnya super jernih, pasirnya putih, nggak salah namanya Virgin Beach. Pantainya juga seperti namanya, White Sand Beach Bali dengan pantai pasir putih memukau.
Air lautnya super jernih, pasirnya putih, nggak salah namanya Virgin Beach. Pantainya juga seperti namanya, White Sand Beach Bali dengan pantai pasir putih memukau.

Yang jelas penamaan pantai ini sesuai dengan kondisinya. Pantai yang masih sangat alami, bersih dan belum terlalu banyak sentuhan dilakukan oleh manusia, meskipun sudah banyak warung yang berada di dekat White Sand Beach Bali ini sih. Tapi memang rata-rata pantai di Bali itu ada warung didekatnya. Seperti misalnya Pantai Bias Tugel yang ada di dekat Pelabuhan Padang Bai.

Kondisi pantai yang masih alami tergambarkan jelas dengan gradasi warna biru kehijauan yang seakan bisa menyihir mata, hingga tidak berkedip. Ombak di Virgin Beach pun sangat tenang, berenang dan bermain air tidak bisa terlewatkan ketika mengunjungi pantai ini. Terus yang pasti, kondisi white sand beach begitu keren untuk dijadikan tempat bermain pasir.

Ada beberapa orang yang memang sengaja snorkeling di White Sand Beach Bali ini.
Ada beberapa orang yang memang sengaja snorkeling di White Sand Beach Bali ini.

Karena nggak banyak yang tahu, menjadikan pantai ini lebih tenang dan sepi, hanya terlihat beberapa pengunjung yang mayoritas Bule, Tidak seperti pantai lain yang sudah menjadi pantai sejuta umat. Lokasi White Sand Beach Bali terletak lebih dari 70 Km dari Kuta, memerlukan waktu lebih dari satu jam dengan menggunakan sepeda motor untuk mencapainya.

Secara tepat White Sand Beach Bali terletak di Kabupaten Karangasem, berlokasi diantara dua bukit sehingga menambah kesulitan untuk mencapainya, karena harus menuruni bukit dengan jalan yang sedikit berbatu. Lokasinya sendiri nggak terlalu jauh dari kawasan wisata Candi Dasa ya. Jadi selain ke pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Perasi ini, bisa main main ke Candidasa.

Meski lokasi White Sand Beach Bali cukup tersembunyi, usaha keras mencapai pantai akan terbayarkan begitu melihat dan merasakan keindahan pantai ini. Berada di sisi timur laut pulau bali dan berhadapan langsung dengan selat Lombok membuat pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga aman untuk bermain air ataupun berenang.

Siapa yang tahan untuk tidak menceburkan diri ke air sebening White Sand Beach Bali ini!
Siapa yang tahan untuk tidak menceburkan diri ke air sebening White Sand Beach Bali ini!

Air di Virgin Beach sangat jernih, seperti beberapa pantai di Amed, Bali Timur. bahkan saya bisa melihat ikan – ikan kecil bersliweran tanpa harus snorkling atau diving, nampaknya saya sedang beruntung waktu itu. Meskipun bukan snorkeling spot seperti Pulau Menjangan, atau Amed, ada beberapa bule yang sedang snorkeling di pantai ini.  Saya belum tahu apakah pemandangan bawah air pantai ini juga menarik, lain kali saya akan mencobanya.

Lokasi pantai yang tersembunyi di Bali ini pun tidak membuat saya kesulitan mencari makanan dan minuman. Karena di tepi White Sand Beach Bali ini ada beberapa restoran dengan konsep beach restaurant, bahkan beberapa lantainya pun masih berupa pasir pantai. Perlu dicatat harga yang ditawarkan bukan rate harga lokal, atau harga bule. Tapi nggak masalah, asal kualitasnya bagus.

Berenang, snorkeling atau bersantai di White Sand Beach Bali? Silahkan dipilih sendiri!
Berenang, snorkeling atau bersantai di White Sand Beach Bali? Silahkan dipilih sendiri!

Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sisa makanan dengan sembarangan. Saya sendiri akhirnya hanya membeli kelapa muda, karena memang minum kelapa muda setelah bermain – main air akan terasa nikmat sekali. Nah, jadi siapa yang ingin berkunjung ke salah satu pantai tersembunyi di Bali yang super seksi White Sand Beach Bali ini?

Fasilitas Yang Ada Di Virgin Beach AKA White Sand Beach Bali

Jangan lupa menikmati kelapa muda sambil bersantai di warung yang ada di dekat pantai White Sand Beach Bali.
Jangan lupa menikmati kelapa muda sambil bersantai di warung yang ada di dekat pantai White Sand Beach Bali.

Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di pantai White Sand Beach Bali ini. Meski beberapa harus membayar, tetapi sebenarnya nggak terlalu mahal kalau memang niat liburan.

  • Pasir putih pantai lengkap dengan air yang jernih bebas untuk dinikmati siapapun. Kalau sudah berkunjung kesini, rugi kalau nggak berenang di White Sand Beach Bali.
  • Jika ingin snorkeling, kalian bisa menyewanya dari beberapa tempat penyewaan yang ada di dekat pantai. Untuk harga sewanya berkisar di IDR 25.000
  • Di tepi pantai White Sand Beach Bali terdapat beberapa kursi malas lengkap dengan payung untuk melindungi dari terik matahari, disewakan seharga IDR 15.000. Tetapi jika membeli makanan atau minuman di warung pemilik kursi tadi, sewa kursi adalah gratis.

Tips Wisata Ke White Sand Beach Bali Virgin beach

Lebih asik kalau tidak sendirian berkunjung ke Pantai Virgin ini!
Lebih asik kalau tidak sendirian berkunjung ke Pantai Virgin ini!
  1. Usahakan datang bersama teman ketika ke pantai White Sand Beach Bali ini. Karena berenang bersama teman lebih asik bukan?
  2. Bawa sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.
  3. Usahakan membeli makanan dan minuman dari warung sekitar jika ingin bersantai di kursi malas yang ada di sekitar pantai White Sand Beach Bali.

Cara Pergi Ke Virgin Beach Atau Pantai Perasi White Sand Beach Bali

Atau mungkin mau naik perahu jukung dari Padang Bai
Atau mungkin mau naik perahu jukung dari Padang Bai.

Cara paling cepat dan mudah untuk pergi ke White Sand Beach Bali adalah berkendara sendiri. Entah dengan menyewa sepeda motor yang harganya berkisar di angak IDR 60.000-80.000 per hari. Atau menyewa mobil dengan harga sekitar IDR 300 ribuan untuk seharian penuh. Terserah mau nyetir sendiri atau sewa lengkap dengan sopir.

Namun yang jelas jika berangkat sendirian atau berdua sepeda motor jelas menjadi pilihan utama untuk berkunjung ke pantai tersembunyi di Bali ini. Namun jika lebih dari dua orang, sewa mobil adalah cara yang paling efektif dan ekonomis.

Untuk menuju White Sand Beach Bali dari kuta, arahkan saja kendaraan melewati jalur Bypass Ngurah Rai melewati rute Pantai Sanur – Bali Safari Marine Park – Goa Lawah – Padang Bai. Kalau sudah menjumpai tulisan sambutan “Selamat Datang Di Karangasem” itu artinya pantai ini sudah nggak terlalu jauh lagi. Terus saja hingga sampai ke kawasan wisata Candidasa. Dari situ Pantai Virgin hanya sekitar 20 menit berkendara.

Perahu berjenis Jukung milik nelayan sekitar Pantai Perasi atau Virgin Beach White Sand Beach Bali!
Perahu berjenis Jukung milik nelayan sekitar Pantai Perasi atau Virgin Beach White Sand Beach Bali!

Teruslah berkendara hingga menemukan petunjuk papan berukurang kecil yang bertuliskan “White Sand Beach” atau “Virgin Beach” di dekat sebuah pertigaan dan tak jauh dari lokasi sebuah Puskesmas. Kalau dari arah Kuta, papan petunjuk menuju ke pantai ini berada di kanan jalan.

Selanjutnya ikuti saja terus panah kecil tadi memasuki jalan perkampungan. Dari sini akan melewati pemukiman dan persawahan dengan kondisi jalan bergeronjal dan tidak rata. Meski kurang meyakinkan, tetapi itu adalah jalan yang benar untuk menuju ke White Sand Beach Bali. Terus saja hingga bertemu pos penjagaan untuk membayar tiket.

Kalau memang nyasar, jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar deh. Tetapi kalau sudah ketemu dengan pos penjagaan itu artinya aman. Tinggal bayar saja tiket masuknya IDR 10.000 per orang dan IDR 2000 untuk biaya parkir. Setelah itu Pantai Virgin yang aduhai indahnya bisa terlihat dari tempat parkir yang ada.

Foto – Foto Pantai Virgin, Virgin Beach, Pantai Perasi Di Karangasem

Namanya sih masih sang pantai perawan a.k.a the Virgin Beach atau Pantai Virgin yang ada di Bali Timur. Sampai sekarang masih belum berubah, kecuali mungkin sudah makin banyak yang menjamah. Resiko destinasi cakep pasti banyak yang mengunjungi. Saya sendiri sudah tiga kali mengunjungi Virgin Beach yang juga mempunyai nama pantai pasir putih atau White Sand Beach Bali ini. Yuk, mari berkenalan dengan si pantai perawan, Pantai Virgin Di Karangasem, Bali Timur.

Taken By : Fahmi
Taken With : Sony a200 + Lensa Kit

Pun lokasinya berada di sebelah timur Pulau Bali, airnya sangat jernih. Kalau ke pantai White Sand Beach Bali ini paling enak buat nyebur dan basah - basahan :D
Pun lokasinya berada di sebelah timur Pulau Bali, airnya sangat jernih. Kalau ke pantai White Sand Beach Bali ini paling enak buat nyebur dan basah – basahan :D
Ada nelayan yang tinggal di sekitar pantai, jadinya ada banyak perahu nelayan yang sengaha di parkir di Virgin beach yang ada di Kabupaten Karangasem ini.
Ada nelayan yang tinggal di sekitar pantai, jadinya ada banyak perahu nelayan yang sengaha di parkir di Virgin beach yang ada di Kabupaten Karangasem ini.
Ombak di pantai White Sand Beach Bali ini tidak terlalu besar, kecuali ketika Pulau Bali sedang berada di musim angin. Kalau mau renang dengan nyaman sih coba datang kesini ketika musim kemarau :)
Ombak di pantai White Sand Beach Bali ini tidak terlalu besar, kecuali ketika Pulau Bali sedang berada di musim angin. Kalau mau renang dengan nyaman sih coba datang kesini ketika musim kemarau :)
Mungkin karena agak jauh dari pusat kota, jadi pantainya tidak terlalu ramai. Berbeda dengan Pantai Kuta yang dekat sekali dengan Denpasar :D
Mungkin karena agak jauh dari pusat kota, jadi pantainya tidak terlalu ramai. Berbeda dengan Pantai Kuta yang dekat sekali dengan Denpasar :D
Lokasi pantai White Sand Beach Bali diapit oleh dua bukit, namun garis pantainya masih lumayan panjang kok.
Lokasi pantai White Sand Beach Bali diapit oleh dua bukit, namun garis pantainya masih lumayan panjang kok.
Cuma di pantai White Sand Beach Bali ini saya selalu berenang ketika berkunjung. Biasanya sih waktu di pantai cuma saya habiskan untuk baca buku atau sibuk memotret.
Cuma di pantai White Sand Beach Bali ini saya selalu berenang ketika berkunjung. Biasanya sih waktu di pantai cuma saya habiskan untuk baca buku atau sibuk memotret.
Liat deh, bagaimana beningnya air laut Virgin Beach? Siapa yang tahan untuk tidak menceburkan diri disini?
Liat deh, bagaimana beningnya air laut Virgin Beach? Siapa yang tahan untuk tidak menceburkan diri disini?
Ada juga yang sengaja snorkeling disini, namun pemandangan bawah lautnya kurang begitu wah. Masih bagusan Amed yang ada beberapa puluh kilometer dari pantai ini.
Ada juga yang sengaja snorkeling disini, namun pemandangan bawah lautnya kurang begitu wah. Masih bagusan Amed yang ada beberapa puluh kilometer dari pantai ini.
Kalau bosan berenang, bisa juga berjemur di kursi yang disewakan di tepi pantai seperti ini ^^
Kalau bosan berenang, bisa juga berjemur di kursi yang disewakan di tepi pantai seperti ini ^^
Pun disebut juga dengan Pantai Pasir Putih, sebenarnya pasir pantai ini enggak putih - putih amat sih :|
Pun disebut juga dengan Pantai Pasir Putih, sebenarnya pasir pantai ini enggak putih – putih amat sih :|
Tuh liat, ada pasirnya yang berwarna agak kecoklatan.
Tuh liat, ada pasirnya yang berwarna agak kecoklatan.
Ada juga yang berwarna putih tapi bercampur pasir hitam sedikit.
Ada juga yang berwarna putih tapi bercampur pasir hitam sedikit.
Tapi tetep saja, pantai White Sand Beach Bali ini adalah pantai terfavorit saya kalau lagi ingin berenang :D
Tapi tetep saja, pantai White Sand Beach Bali ini adalah pantai terfavorit saya kalau lagi ingin berenang :D

Peta Lokasi Dan Rute Ke Pantai Virgin White Sand Beach Bali Atau Pantai Perasi

Untuk mencapai lokasi pantai Perasi atau Pantai Virgin Bali ini kalian hanya perlu waktu berkendara selama kurang lebih 2-3 jam dari Kuta. Atau lebih dekat jika menginap di kawasaan Candidasa.

Karena dari sana hanya memerlukan waktu tempuh selama 20 menit saja. Untuk alamat lengkapnya adalah sebagai berikut: Pantai Pasir Putih, Karangasem 80851, Indonesia. Jika masih kurang jelas bisa mengikuti petunjuk lokasi White Sand Beach Bali di Google Maps yang ada disini atau dibawah ini:

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
15 Responses
  1. rbk

    halooo ngeliat blog-blognya menarik banget..
    klao boleh tau ada info gak pantai mana yang bisa didirikan tenda dan cocok buat ngecamp soalnya ada rencana backpack ke bali dan bawa tenda kan sayang kalo malah jd hrus nginep di hotel hehe makasihh

    ps: klo bisa tolong di replynya ke email saya saja yah makasih banyak :)

    1. byteeater

      wah kalau di bali bikin tenda deket pantai ribet juga si, saya blom pernah. kebanyakan sekitar pantai ada resortnya, apalagi kalau pantai kayak kuta. kalau sekedar tidur di pantai, saya pernah, nginep di pantai kuta, tapi ga samepe buat tenda :D

    2. Udah pernah camping disini tapi parno soalnya pas malem tenda kita digonggongin sama anjing, yang ternyata pas pagi kita liat anjing2nya mereka jinak gitu haha. Tapi selain itu ga ada masalah sih nenda disini. Pantainya cocok buat liat sunrise :D

      1. Rijal Fahmi Mohamadi

        ya gitu di bali :D kalau malam anjing yang jinak pun jadi aggresif! Mungkin itu sistem pertahanan mereka ya? Btw, emang pantainya menghadap ke timur, jadi sunrise pasti kelihatan. Enak kan nenda di pantai virgin? Saya belom pernah tapi :D

  2. tagantar

    Nah,…. ini pantai perawan.. huhuy,.. asyik tuh gan ngga ramai dr wisatawan,. bsa sntai dan rilex tntunya,… m g aja suatu saat sya bisa explore ini pantai…
    salam kenal gan dr saya di Banjarmasin… Salam Ransel…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: