Santirah River Tubing, Untuk Yang Ingin Merasakan Keseruan Bertualang Di Sungai

Selain rafting, kegiatan pacu adrenalin di air yang paling ingin saya coba adalah river tubing! Iya, rafting memang seru, tetapi rafting adalah kegiatan pacu adrenalin dengan menggunakan perahu karet. Kecuali saya terjatuh ke air, atau perahu karet terbalik, saya tidak akan bersentuhan langsung dengan sungai.

Berbeda dengan yang namanya river tubing, disini tubuh akan banyak bersentuhan dengan air laut, sehingga keseruan akan terasa lebih maksimal. Mirip dengan rafting, dalam river tubing saya juga bisa merasakan pacu adrenalin dengan melewati jeram-jeram yang ada disungai. Lebih serunya lagi, saya hanya akan menaiki sebuah ban.

Selamat datang di Santirah River Tubing

Selamat datang di Santirah River Tubing

Iya, Dikenal juga sebagai bodyrafting, river tubing ini sebenarnya adalah kegiatan seru di air dengan menaikin ban karet (biasanya berupa bagian dalam roda truck), lalu mengapung sambil menyusuri sebuah sungai. Sejak lama saya ingin mencoba kegiatan river tubing ini, kemarin akhirnya saya bisa mencobanya di Santirah River Tubing.

Santirah River Tubing ini berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Untuk menuju kesini dari Kota Pangandaran sendiri berjarak sekitar 15 km atau sekitar 45 menit hingga satu jam perjalanan. Santirah River Tubing adalah tempat wisata yang tergolong baru, namun meski begitu river tubing yang ada di Desa Selasari ini adalah tempat wisata yang cukup populer buat orang setempat.

Dari pangandaran, saya sudah sampai di Santirah River Tubing sejak pagi bersama teman-teman blogger lain yang ingin menjajal keseruan tempat ini. Selain karena aktifitas river tubing ini akan memakan waktu sekitar 2 jam, datang pagi akan terhindar dari hujan. Jadi kegiatan river tubing ini akan tetap menyenangkan.

Ban karet dan life jacket perlengkapan river tubing. Pilihlah perlengkapan yang nyaman untuk dipakai.

Ban karet dan life jacket perlengkapan river tubing. Pilihlah perlengkapan yang nyaman untuk dipakai.

Kedatangan saya dan teman blogger lain di Santirah River Tubing sudah ditunggu oleh beberapa pemandu kegiatan ini. Perlengkapan river tubing seperti ban karet dan life jacket sudah menunggu untuk dipakai. Memang, meski saya cukup mahir berenang, life jacket tetap saya pakai untuk keselamatan diri.

Sebelum aktifitas river tubing dimulai, hal pertama yang dilakukan adalah pemanasan. Pemanasan ini sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan kegiatan di air. Dengan pemanasan, tubuh akan terhindar dari kram yang bisa menjadi sangat berbahaya jika terjadi di ir. Di Santirah River Tubing, pemandasan akan dipandu oleh pemandu setempat. Untungnya pemanasan disini nggak membosankan, karena dilakukan sambil menyanyi bersama sama.

Pemanasan dulu sebelum memulai river tubing

Pemanasan dulu sebelum memulai river tubing

(Baca Juga : Cerita Papandayan : Malam Terakhir Yang Kacau, Berburu Sunrise Di Hutan Mati)

Pemandu memberi contoh bagaimana cara river tubing yang benar

Pemandu memberi contoh bagaimana cara river tubing yang benar

Pemanasan dilakukan tak terlalu lama, sekitar 10 menit saja. Setelah itu baru menuju tempat start river tubing, di sungai yang ada tak jauh dari pemanasan tadi. Satu persatu peserta river tubing memasang posisi, duduk diatas ban karet yang sudah dipilih sesuai ukuran tubuh.

“Duduk yang nyaman ya!” Ujar pemandu yang membantu saya naik ke atas ban karet yang sudah saya pilih. “Pantat jangan sampai tercelup terlalu dalam. Bisa terserempet batu yang ada disungai nanti” Tambahnya. River tubing ini sebenarnya gampang-gampang susah. Posisi duduk harus benar, duduk tidak boleh terlalu dalam karena pantat bisa tergores batu. Atau tidak boleh terlalu tinggi, karena akan susah menyeimbangkan ban karet ketika meluncur. Yang pas deh pokoknya!

Jangan panik kalau ngak mau tercebur saat start

Jangan panik kalau ngak mau tercebur saat start

Syurrr! Saya pun meluncur di aliran sungai yang tak terlau deras ini. Jeram sedikit terlihat, namun tidak terlalu kencang. Tidak terlalu jauh, beberapa meter dari tempat saya mulai meluncur, ada seorang pemandu dari Santirah River Tubing yang menangkap ban karet saya.

“Berhenti, tunggu teman yang lain dulu” kata pemandu tadi.

Dari briefing awal memang sudah dijelaskan, kalau river tubing ini beberapa bagian memang harus dilakukan bersama-sama, dan beberapa bagian bisa dilakukan sendirian. Kebetulan, jeram pertama yang akan dilewati harus dilewati bersama-sama. Jadi, saya harus berhenti sejenak untuk menungu teman yang lain.

Meluncur! Mencoba river tubing pertama kali

Meluncur! Mencoba river tubing pertama kali

(Baca Juga : Bukit Moko, Bandung Punya!)

Ooow! Ada jeram di depan kapten!

Ooow! Ada jeram di depan kapten!

Untuk melewati jeram pertama, peserta river tubing memang harus bersama-sama, saling mengait satu sama lain. Yang di depan memegang kaki peserta yang ada di belakangnya, memanjang seperti ular, hingga karet ban berjumlah 5 atau 6 orang. Jika sudah lengkap, baru dilepas untuk melewati jeram yang ada, dengan dibantu pemandu dari Santirah River Tubing.

Wuss! Wusss Wuss! Jeram yang dari jauh terlihat cukup tenang tadi ternyata ganas juga. Rombongan karet ban yang saling berpegangan tadi tercerai berai akibat kuatnya jeram. Ada yang terjatuh ke sungai, ada yang sendalnya terlepas, ada yang berteriak menikmati keseruan river tubing. Ternyata cukup sulit juga river tubing ramai-ramai melewati jeram itu. Untung saya memakai life jacket, jadi meski tercebur ke sungai saya tetap merasa nyaman.

Setelah melewati Jeram yang pertama, selanjutnya adalah relaksasi. Yaitu melewati bagian sungai yang tenang, mengapung diatas ban karet dengan nyaman. Namun, di bagian ini saya akan melewati Gua Panjang Santirah yang panjangnya hingga beberapa puluh meter. Untuk yang takut dengan kegelapan, siap-siap deh berteriak kengerian. Soalnya, dibagian tengah gua akan benar-benar gelap!

Bersiap memasuki kegelapan abadi Gua Panjang Santirah!

Bersiap memasuki kegelapan abadi Gua Panjang Santirah!

Di Santirah River Tubing yang panjangnya sekitar 1,5 KM ini memang unik dan menarik. Saya nggak hanya duduk di atas ban dan mengikuti aliran sungai saja. Namun, sepanjang river tubing di sungai ini, saya juga akan melewati 4 Gua Alam dan 5 Air Terjun.

Untuk gua yang akan dilewati adalah Gua Gendang, Gua Panjang Santirah, Gua Lengkop dan Gua Cukang Taneuh. Sementara itu air terjun yang akan dilewati adalah Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini, dan Air Terjun Curug Tiga. Gua yang paling menarik adalah gua pertama yang saya lewati yaitu Gua Panjang Santirah. Sementara air terjun yang paling keren adalah Curug Kembar dan Curug Tiga.

Memang benar kalau Gua Panjang Santirah adalah yang paling menarik. Karena saya bisa menikmati stalaktit yang menarik dan melewati kegelapan sambil mengapung di atas ban karet. Sementara itu, gua yang lain adalah gua yang lebih pendek. Untuk air terjun, yang paling menarik adalah Curug Kembar dan Curug Tiga. Karena ditempat itulah bisa merasakan serunya melompat dari ketingian!

Diputar di bawah air terjun! Seru banget!

Diputar di bawah air terjun! Seru banget!

(Baca Juga : Hiking Seru Ke Gunung Batur, Kintamani)

Melompat dari atas air terjun juga seru banget!

Melompat dari atas air terjun juga seru banget!

Iya! Santirah River Tubing ini memang bukan river tubing biasa seperti yang diberitahukan di awal briefing. Disini saya memang nggak hanya mengapung saja sambil mengikuti arus sungai. Tetapi juga melewati beberapa jeram yang menantang, jalan kaki melewati bebatuan beberapa saat, loncat dari tebing, hingga loncat dari atas air terjun! Pokoknya, adrenalin berasa terpacu banget deh mencoba river tubing disini! Bisa dibilang ini adalah river tubing pertama kali dalam hidup saya yang tak akan terlupakan!

Melewati 1,5 KM jalur river tubing selama dua jam sangat menyenangkan. Lagi seru-seruan di sungai, eh tiba-tiba jalur sudah habis. Sehingga saya harus kembali ke titik awal river tubing dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Ya sudahlah, katanya di Pangandaran ini masih banyak river tubing lain yang perlu dicoba!

Selain Santirah River Tubing, ada beberapa tempat river tubing lain yang bisa dicoba. Diantaranya adalah River tubing Sinjang Lawang, Jojogan, Citumang, Green Canyon, dan Marga Cinta. Ada banyak ya? Iya sih, tapi kayaknya menurut saya pribadi, Santirah River Tubing ini adalah yang terbaik di Pangandaran deh! Kalau nggak percaya, kalian bisa membuktikan dengan mencobanya sendiri yak! Nanti kalau sudah, silahkan berbagi bagaimana pengalamannya ^^

Sekarang, cobain river tubing di mana lagi enaknya ya?

Sekarang, cobain river tubing di mana lagi enaknya ya?

Tips  Dan Informasi Untuk Yang Ingin Liburan Ke Santirah River Tubing

Pilihlah ban karet yang sesuai ukuran tubuhmu

Pilihlah ban karet yang sesuai ukuran tubuhmu

  1. Datanglah ketika musim hujan, dimana debit air sungai sedang banyak. Karena ketika debit air terlalu sedikit, tidak memungkinkan untuk dilakukan river tubing.
  2. Nggak perlu bisa berenang untuk ikutan river tubing, meski dengan bisa berenang akan lebih memudahkan ketika bermanuver.
  3. Pilihlah ban karet yang besar, karena akan lebih stabil ketika sedang melewati jeram yang kencang.
  4. Selalu patuhi batasan-batasanyang diberitahukan oleh pemandu, dan jangan membuang sampah sembarangan selama river tubing.
  5. Fasilitas Santirah cukup lengkap seperti terdapat dua warung, toilet, mushala, serta ruang ganti baju. Untuk pemandu, totalnya sudah ada 25 orang dan seluruhnya sudah terlatih.

Cara Menuju Santirah River Tubing

Untuk dapat mencapai lokasi wisata Santirah River Tubing terdapat sejumlah akses yang bisa dilalui. Rute yang umum adalah menggunakan jalur dari Desa Bojong (Citumang), lalu Desa Cibenda, kemudian persimpangan Kecamatan Cigugur-Kecamatan Parigi Lokasi Santirah sendiri berada 800 meter dari Kantor Desa Selasari.

Foto-Foto Keseruan Di Santirah River Tubing

Yang ini boleh di-skip kalau kalian males liat kebanyakan foto narsis :v

Ayo mulai!

Ayo mulai!

Keseruan river tubing di Santirah

Keseruan river tubing di Santirah

Melewati jeram bersama-sama

Melewati jeram bersama-sama

Semua tampak bahagia river tubing disini

Semua tampak bahagia river tubing disini

River tubing sambil menikmati pemandangan yang indah

River tubing sambil menikmati pemandangan yang indah

Ekspresi senang ketika melewati salah satu jeram di Santirah River Tubing

Ekspresi senang ketika melewati salah satu jeram di Santirah River Tubing

Atau mengapung sendirian di atas ban karet

Atau mengapung sendirian di atas ban karet

Sungainya cukup bersih kawan!

Sungainya cukup bersih kawan!

Ayo loncat! Berani!

Ayo loncat! Berani!?

Santirah River Tubing
CP : Ricky 085294237122
Harga per orang : IDR 150.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Yang Banyak Dicari

44 Responses

  1. Gara says:

    Kelihatannya seru Mas, dulu saya pernah dengar teman-teman river tubing di Green Canyon dan ternyata disebut juga di postingan ini, menantang adrenalin banget, tapi di masa-masa mengapung tenang pasti puas dan tak ingin petualangan berakhir yak :hihi. Apalagi tidak terlalu diperllukan kemampuan berenang yang mumpuni, wah itu saya suka banget :haha. Mudah-mudahan ada yang ngajakin buat river tubing yak :hihi.

  2. Banyak kali foto kamu narsis kak #LaluDigampar hahaha.
    Aku pengen mencoba semua river tubing di pangandaran

  3. Alris says:

    Jadi ini main-main dengan ban karet di sungai, :) Asik juga. Ingat permainan waktu kecil dulu.

  4. vira says:

    baru ingat.. kita gak pake pelindung lutut dan tulang kering ya, kayak di Green Canyon. hm, mungkin karena operator di Santirah ini masih baru. semoga perlengkapan mereka segera lebih lengkap lagi supaya lebih aman :)

  5. Kayak di Kalisuci Jogja, mas. Ayo dicoba, cuma 70k heheehhe :-D

  6. Info keren nih Santirah, sebelumnya aku hanya pernah body rafting di Citumang, di Santirah ada goa panjangnya..pemicu adrenalin banget..segera dimasukkan ke bucket list.

  7. Larissa says:

    wah jadi pengen banget kesana ni.. thanks infonya

  8. aku cuma prnh tubing di gunung kidul jogja… dan jujur aja g gitu suka krn ga ada tantangannya.. arusnya pelan bgt… tp baca yg ini sprtinya lbh menantang ya mas ;).. jd pgn ksana juga

  9. andre says:

    kebetulan pangandaran tmpat.wisata.yg.gak ada bosan nya,saya.sufah coba,citumang dan sanggat puas tapi yg ini kaya nya lebih menantang sambil berpetualang mengunakan ban(kalau bisa pake ban kusus renang yg ada pegangan nya biar yg gak mahir renang tetap nyaman) walau saya dari bandung tapi pangandaran sudah seperti kampung halaman ke 2.semoga wahana baru ini bisa.lebih baik lagi salam hangat dari saya.

  10. andre says:

    kebetulan pangandaran tmpat.wisata.yg.gak ada bosan nya,saya.sudah coba,citumang dan sanggat puas tapi yg ini kaya nya lebih menantang sambil berpetualang mengunakan ban(kalau bisa pake ban kusus renang yg ada pegangan nya biar yg gak mahir renang tetap nyaman) walau saya dari bandung tapi pangandaran sudah seperti kampung halaman ke 2.semoga wahana baru ini bisa.lebih baik lagi salam hangat dari saya.

  11. armand says:

    kebetulan pangandaran tmpat.wisata.yg.gak ada bosan nya,saya.sudah coba,citumang dan sanggat puas tapi yg ini kaya nya lebih menantang sambil berpetualang mengunakan ban(kalau bisa pake ban kusus renang yg ada pegangan nya biar yg gak mahir renang tetap nyaman) walau saya dari bandung tapi pangandaran sudah seperti kampung halaman ke 2.semoga wahana baru ini bisa.lebih baik lagi salam hangat dari saya.

  12. doli says:

    rafting aja udah ekstrem apalagi river tubing yak wkwk

    Salam kenal mas! blogwalking ke blog aku ya!

  13. Piin says:

    Seru sepertinya kak ya..

  14. Bang Firman says:

    Pengen banget, tapi lagi sibuk-sibuknya kerja. hahaa

  15. insanwisata says:

    paling suka sama river tubing gini. Mas Fahmi cobain ke kalisuci gunungkidul coba. Ajak mba putri dan si kecil. hehe

  16. Tebingnya indah.. seuka banget liat keseruan main tubing river ini.. heee
    Jadi mupeng banget bisa ngrasakan main tubing river.. hee

  17. lagi hits banget nih santirah… ada tempat buat Cliff Jump Pointnya engga kak seperti di Green canyon pangandaran ?

  18. Mete says:

    Wah, seru juga tuh gan river tubbing. Di jogja juga ada nih, tapi paling terkenal di gua pindul, cave tubbing

  19. Adi Dieng says:

    wahh,, seru juga mas, tapi kalau pas lagi musim hujan nggak takut banjir gitu ?

  20. Pandu Aji says:

    Itu ada musim-musim khusus atau bisa sepanjang tahun Mas?

  21. kekitaan says:

    Salam Mas Bro

    Wow, paling yang seru meluncur di air tuh.

    Kapan ya bisa kesana.

    Biasanya kalo jalan-jalan pake biaya sendiri ya?
    Nabung dulu ya Mas Bro?

    Mauliate
    Makasih

  22. Mirwan Choky says:

    Waaahh… serunya bisa main air.

  23. Mus Deoranje says:

    keren luar biasa bagus sungai nya, beda sama disini sudah tercemar. artikelnya bagus mas

  24. Japanesian says:

    selain pantainya g indah, pangandaran juga punya banyak tempat wisata menarik yaa. jadi pengen kesana. huhu

  25. tempatrekreasi.id says:

    Cobain river tubing goa pindul mas,,di Gunungkidul, Jogja. hehe

    Itu waktu musim hujan mas? Bening dan bersih airnya,,kalo di sini musim hujan airnya coklat.

  26. wisata says:

    wah sepertinya seru banget tuh,,, jadi pengen banget ikutan air…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: