Enggak Lagi Ke Pantai Nyang – Nyang

Nyang Nyang ini nama sebuah pantai di Bali lho! Iya, di Bali ada pantai yang memiliki nama yang agak unik, Pantai Nyang – Nyang namanya. Ini adalah pantai pertama yang membuat saya berpikir, kalau ternyata ada pantai yang bisa membuat saya secapek seperti ketika hiking ke gunung. Salah satu alasannya adalah sulitnya akses menuju pantai. Pun begitu saya penasaran sama pantai yang satu ini, karena Pantai Nyang – Nyang tidak begitu banyak dikunjungi oleh turis.

Nyang - Nyang adalah salah satu pantai di bali yang paling bikin capek untuk dicapai.

Nyang – Nyang adalah salah satu pantai di bali yang paling bikin capek untuk dicapai.

Bisa dibilang Pantai ini termasuk salah satu pantai tersembunyi yang dimiliki oleh Bali. Pertama kali saya tahu keberadaan pantai ini juga karena diajak oleh teman – teman kantor. Saya pikir kalau kondisi pantai ini, bakal sama seperti pantai kuta atau yang lainnya, memiliki akses yang mudah. Walaupun nyatanya entah berapa ratus ribu anak tangga yang harus dilewati untuk mencapai bibir pantai Nyang – Nyang. *lebay dikit ah*

Lokasinya berada di ujung selatan Pulau Bali, tepat sebelum pura uluwatu. Pantai ini juga berbatasan langsung dengan samudra hindia yang berombak besar. Jadi tidak salah juga kalau Pantai Nyang – Nyang termasuk salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para surfer professional. Hal itu dikuatkan dengan satu -satunya petunjuk yang ada di pintu masuk menuju pantai. Petunjuk itu bertuliskan “Nyang-nyang Surfing Beach”.

Sekilas cukup sulit untuk menemukan lokasi pantai ini, karena petunjuknya cuma satu. Hanya papan kecil bertuliskan “Nyang-nyang Surfing Beach” yang berada di tepi jalan raya Uluwatu – Pecatu, beberapa kilometer sebelum pintu masuk pura Uluwatu. Tepat seperti perkiraan saya, sebelum mencapai tangga yang menuju pantai, yang akan saya lewati adalah jalan berbatu yang menjadi ciri khas landscape Bali bagian selatan.

Eits, Jangan takut ya dengan kondisi jalan yang kurang meyakinkan ini. Memang jalan itu adalah satu – satunya untuk mencapai Pantai Nyang – Nyang. Setelah itu, diujung jalan berbatu tadi akan menunggu bukit dan pantai Nyang – Nyang yang ada jauh di bawahnya. Nah!? Bagaimana cara ke pantainya? Ya lewat tangga! Atau mau jatuh berguling – guling ria menuruni bukit? Saya sih tidak mau :)

Letak Pantai Nyang - Nyang Jauuuuuh dibawah, tapi pemandangan seperti ini sangat menggoda :D

Letak Pantai Nyang – Nyang Jauuuuuh dibawah, tapi pemandangan seperti ini sangat menggoda :D

Menemukan tangga menuju bibir pantai tidak terlalu sulit lho, tangga itu berada di sebelah vila dan di depan banguan warung. Awalnya keder juga sih, melihat pantai yang berada jauuuuh di bawah. Bukan masalah turunnya, tapi bagaimana nanti naiknya. Apalagi setelah bermain di pantai pasti capek bukan? Sayangnya, Pantai Nyang – Nyang yang kelihatan cakep dari atas bukit seakan bilang “Ayo, tidak apa apa, pantainya keren, sekalian olah raga”. *oke, saya mau turun*

Setelah menuruni anak tangga, melewati banyak pepohonan yang hampir mirip seperti hutan mini, saya sampai di ujungnya. Ujung tangga tadi ternyata bukan langsung berupa pasir pantai, tetapi dataran yang lebih banyak rumputnya, dan lebih mirip lapangan bola. Jadi, paling enak kalau kebetulan membawa bola, bisa bermain bola di tempat ini.

Tepat ditepi dataran tadi, terhampar luas Pantai Nyang – Nyang. Luasnya hampir seperti Pantai Kuta, bedanya pasir pantai ini sedikit lebih kasar, terdapat banyak karang, dan tentunya pantai ini seribu persen lebih sepi dari pada Pantai Kuta. Makanya Pantai Nyang – Nyang saya nominasikan menjadi salah satu dari beberapa hidden beach-nya Bali yang masuk ke dalam must visit list beach ketika traveling ke Bali.

Kalau dari deket, kondisi Pantai Nyang - Nyang seperti ini nih :D

Kalau dari deket, kondisi Pantai Nyang – Nyang seperti ini nih :D

Agak ketengah terlihat ombak yang menantang untuk surfing, namun ombak tadi akan terpecah menjadi buih sebelum menyentuh pantai. Terdapat barrier alami yang memecah ombak sebelum menyentuh bibir Pantai Nyang – Nyang. Jadinya, selain untuk surfing pantai ini juga cocok untuk sekedar bermain air laut. Namun, untuk berenang, pantai ini kurang cocok. Meskipun ada barrier alami yang memecah ombak, kedalaman air laut di pantai ini agaknya kurang terlalu nyaman untuk berenang.

Yan paling saya suka malah tekstur pasir pantai yang sedikit kasar. Tidak mengurangi kenyamanan berjalan di bibir Pantai Nyang – Nyang, malah pasir yang kasar serasa terapi alami untuk kaki. Garis pantai yang panjang, menjadikan pantai ini sangat menyenangkan untuk berjalan kaki, ditambah lagi suasana tenang dan segarnya angin pantai. Pastinya bisa membuat siapa saja betah untuk berlama – lama untuk bersantai di pantai.

Urung menikmati waktu santai di pantai, saya teringat harus menaiki banyak anak tangga tadi ketika pulang nanti. Duh, enggak lagi deh kesini, kecuali sudah ada lift buat naik turun! :D

Yang mau ke pantai ini, selamat mencoba menakklukan anak tangga ini :p

Yang mau ke pantai ini, selamat mencoba menakklukan anak tangga ini :p

*Untuk yang mau kesana, waktu siang menjelang sore hari adalah waktu yang pas untuk menikmati Pantai Nyang – Nyang. Sudah tidak terlalu panas, dan angin sore hari juga sangat menyegarkan.

Peta Lokasi Dan Rute Ke Pantai Nyang Nyang

Menemukan lokasi salah satu pantai yang keren di Bali ini sebenarnya cukup mudah. Karena lokasi dari Pantai Nyang Nyang ini masih ada di Bali Selatan dan lokasinya searah menuju Uluwatu. Untuk yang tertarik pergi kesana, bisa melihat lokasi Pantai Nyang Nyang di Google Maps dibawah ini.

PS : Selalu pegang teguh prinsip Ecotourism, jangan pernah merusak atau mengotori alam, Jaga Untuk Anak Cucu Kita. Belum tahu apa itu ecotourism? baca disini (Eco Traveling yaa, Bukan Ego Traveling!!!)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

8 Responses

  1. Gw datang kesini sama temen2 ber 8, dan smeua nya mengumpat ngak sanggup buat jalan balik nya. Akhir nya gw kena omelan semua nya dan wajib beliin minum bir bintang malam nya #Sial

  2. salam kenal mas Rijal, saya Razi
    waduh kebayang tuh capeknya,
    tapi penasaran mas,
    udah lama juga ga ke bali lagi,
    kayaknya wlwpun mas bialng capek, saya tetap cus nih mas, hoho

  3. Thomas Cornelius says:

    Udah ga heran lagi gan kalo pantai bali mah , selalu menarik dan mempesona gan tempatnya .. :D

    Kira – kira abis berapa gan budgetnya buat liburan di sini ?

  4. Travedisi says:

    Mungkin mirip” tangga menuju bukit kelam? Yg buat geger lutut bagi siapapun. Wkwwkwk

  5. Dini says:

    Sama bngt ama pantai green bowl. Anak tanggany sampe ratusaan..bikin ngga mau balik lg

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: