Sebulan Berburu Tempat Wisata Baru Di Bali!

Kalau ada yang menanyakan destinasi wisata Indonesia mana yang selalu bisa bikin saya kangen berkali-kali, pasti saya dengan lantang menjawab Bali. Entah kenapa saya selalu bisa menemukan ketenangan di sini. Ditambah lagi, sekarang ini makin banyak tempat wisata baru di Bali yang belum saya datangi.

Ya, mungkin saya pernah tinggal di Bali selama dua tahun. Namun, sekarang setelah sekian lama, ternyata makin banyak juga tempat wisata baru di Bali yang belum saya kunjungi. Selain itu, kali ini saya ingin memperbaharui foto beberapa tempat wisata yang sudah saya kunjungi sebelumnya. Soalnya, ada beberapa foto yang hasilnya kurang memuaskan seperti di Pantai Nyang Nyang, Sunrise di Pantai Sanur, dan Puncak Gunung Batur.

Sekarang sudah zamannya mobile! Bahkan, pesan tiket pesawat pun paling praktis pakai smartphone.
Sekarang sudah zamannya mobile! Bahkan, pesan tiket pesawat pun paling praktis pakai smartphone.

Selain itu, saya suka ke Bali karena merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia yang paling mudah dicapai. Mulai dari mobil, hingga dengan pesawat terbang. Jika naik pesawat, biasanya saya booking tiket di Traveloka App. Kemudahan beli tiket dengan aplikasi di smartphone ini sangat menguntungkan saya yang punya mobilitas tinggi. Bahkan, saya bisa pesan tiket pesawat saat sedang road trip! Selain praktis, harganya pasti paling murah. Jadi, saya nggak perlu cek sana-sini lagi.

Untuk kali ini, saya rencananya sekitar sebulan berada di Bali. Lama banget, ya? Kelihatannya lama, namun ternyata masih kurang juga untuk eksplor beberapa tempat wisata terbaru di Bali. Ketika menulis ini, tahu-tahu sudah hampir tiga minggu saja saya di Bali. Itu juga belum semua tempat wisata baru di Bali yang sudah saya daftar bisa saya kunjungi.

Buat saya Bali tak pernah membosankan untuk dikunjungi berkali-kali
Buat saya, Bali tak pernah membosankan untuk dikunjungi berkali-kali

Beberapa tempat wisata tersebut memang lokasinya juga lumayan berjauhan, sih. Terus, tantangan paling utama traveling di Bali pada bulan-bulan ini ya cuaca yang labil akibat sudah memasuki musim hujan. Beruntung pada dua minggu awal di Bali kemarin, saya mendapatkan cuaca terbaik untuk berburu foto.

Nah, selama dua minggu tadi paling tidak saya sudah mengunjungi tiga tempat wisata baru di Bali dan melepas kangen dengan beberapa tempat wisata favorit saya. Penasaran dengan tempat wisata baru di Bali mana saja yang sudah saya kunjungi? Baca sampai selesai, ya! :)

Tiga tempat wisata baru di Bali yang sempat saya kunjungi!

Saking banyak dan bingung menentukan destinasi, saya hanya sempat berkunjung ke tiga tempat ini. Beberapa saya ketahui dari Instagram, dan tentunya memiliki beberapa spot menarik untuk berburu foto!

1. Pura Lempuyang Luhur

Belakangan ini, Instagram telah mengubah perspektif banyak orang dalam hal berwisata. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak tempat wisata baru bermunculan karena media sosial yang satu ini. Salah satunya adalah Pura Lempuyang Luhur yang ada di Karangasem, Bali. Terus terang kalau bukan karena Instagram, mungkin saya tak akan pernah tahu ada pura yang punya view point seindah ini.

Pura Lempuyang Luhur memang menghadap langsung ke Gunung Agung. Makanya, ketika cuaca sedang bagus dan Gunung Agung tidak tertutup awan, tempat ini memiliki spot berfoto dengan latar sempurna. Tak ada tiket masuk untuk berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur. Namun, untuk masuk ke sini pengunjung harus menyewa sarung khusus sebesar IDR 10.000 dan sumbangan seikhlasnya.

Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu tempat wisata baru di Bali yang terkenal karena Instagram.
Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu tempat wisata baru di Bali yang terkenal karena Instagram.

Selain itu, yang menjadi catatan saya ketika berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur adalah lokasinya yang lumayan jauh dari Kuta, Bali Selatan. Terus, jalur menuju ke arah pura juga berupa tanjakan curam. Pastikan saja menggunakan kendaraan yang kuat menanjak kalau mau ke sini.

Perjalanan dari Kuta ke Pura Lempuyang Luhur menghabiskan waktu 3 – 4 jam. Untuk menuju ke tempat wisata di Karangasem ini gampang banget karena lokasinya sudah ditandai di Google Maps (cek di sini). Dikarenakan perjalanannya cukup jauh, saya sarankan untuk kunjungi tempat wisata lain yang searah dengan perjalanan ke Pura Lempuyang Luhur, misalnya Amed agar tidak rugi waktu.

2. Bukit Asah Karangasem

Karena penasaran dengan kondisi Gunung Agung, saya melihat sendiri lebih dekat
Karena penasaran dengan kondisi Gunung Agung, saya melihat sendiri lebih dekat

Rencana ke Bukit Asah Karangasem sejak lama, akhirnya terwujud. Saya penasaran dengan status Gunung Agung yang sedang aktif itu. Kebetulan, pemandangan Gunung Agung terlihat jelas dari sekitar lokasi ini. Saya ingin tahu bagaimana kondisi Gunung Agung yang terbaru. Kabarnya, situasi Gunung Agung cukup memberikan dampak terhadap kondisi pariwisata di Bali.

Bahkan, ada teman yang bilang kalau banyak wisatawan membatalkan atau mengganti keberangkatan ke Bali karena Gunung Agung yang aktif. Faktanya, Gunung Agung baik-baik saja sih ketika kemarin saya berkunjung di sekitarnya. Bahkan, saya sempat menghabiskan satu malam di Amed. Ya, mungkin rezeki saya.

3. Sunset Point Di Bali Selatan

Kalau yang ini saya nggak sengaja nemu sih, meski saya sering banget lewat jalanan di dekatnya. Memang lokasinya agak tersembunyi, dan kalau jarang keliling Bali Selatan mungkin tempat ini tak terlihat sebagai tempat wisata. Apalagi, memang nggak ada tiket khusus atau pengelolaan secara resmi.

Nemu tempat rahasia untuk melihat sunset di Bali Selatan!
Nemu tempat rahasia untuk melihat sunset di Bali Selatan!

Tempat ini sebenarnya adalah sebuah pekarangan yang diubah menjadi outdoor cafe sederhana berbatasan langsung dengan tebing Bali Selatan yang curam. Di siang hari, tempat ini akan begitu sepi. Bahkan, di sore hari pun tak banyak yang berkunjung ke sini karena mungkin belum banyak yang tahu. Terakhir berkunjung ke sini, hanya saya dan teman yang dari Indonesia, sisanya kebanyakan adalah wisatawan asing.

Terus, lokasi di mana ya? Well, maaf untuk kali ini saya nggak mau share dulu ya. Cuma saya kasih petunjuk saja, lokasinya berada di Bali Selatan, searah ke Uluwatu. Itu saja ya! :D

Nggak cuma berburu tempat wisata baru di Bali, namun saya juga mengulang beberapa tempat wisata favorit saya

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya tak pernah bosan dengan Bali. Bahkan, saya bisa mengunjungi tempat wisata yang sama berkali-kali. Entah hanya untuk melepas kangen atau berburu foto lagi seperti di beberapa tempat wisata ini!

1. Menggapai Puncak Gunung Batur

Sebenarnya, saya sudah pernah naik ke Gunung Batur pada tahun 2011. Tapi, ya itu sudah lama banget. Terus, saya nggak sampai puncaknya karena masalah sepele.

Ya, sepele. Saya nggak tahu yang mana puncaknya…. Hehe!

Inilah puncak Gunung Batur yang sebenarnya
Inilah puncak Gunung Batur yang sebenarnya

Tempat yang sempat saya kira “puncak”, ternyata bukanlah puncak sebenarnya. Puncak Gunung Batur itu ternyata masih sekitar 30 menit trekking dari area yang saya kira puncak tadi. Karena itu, kali ini saya mengulang lagi naik ke Gunung Batur. Selain itu, saya juga berangkat lebih awal agar ketika sampai di puncak saya bisa mengabadikan momen matahari terbit.

Kali ini, saya juga naik melewati jalur yang sama. Tak banyak yang berubah dari tempat ini, kecuali tempat parkir yang semakin luas dan makin banyak pendaki gunung ini. Sepertinya, isu Gunung Agung yang lagi aktif nggak berpengaruh dengan keramaian pengunjung di tempat wisata ini. Bedanya dengan kunjungan yang sebelumnya, sekarang saya naik gunung membawa drone, jadi saya usahakan nggak kesiangan sampai puncak.

Selain Pantai Sanur, tempat terbaik untuk melihat sunrise di Bali adalah dari puncak Gunung Batur.
Selain Pantai Sanur, tempat terbaik untuk melihat sunrise di Bali adalah dari puncak Gunung Batur.

Beruntung banget, cuacanya lagi super cerah. Matahari juga muncul dengan anggun dari horizon, ditambah Gunung Rinjani terlihat jelas di ujung timur. Sampai-sampai, saya hampir nggak percaya kalau bisa mendapatkan semua ini hanya dengan sekali percobaan. Mungkin saya sedang beruntung?

2. Berburu Sunrise Di Pantai Sanur

Saya suka berburu foto sunrise, namun masalahnya saya bukan morning person. Jadilah saya paling jarang punya foto sunrise yang bagus. Biasanya, memang perlu beberapa kali usaha hingga mendapatkan foto landscape yang saya inginkan. Saya memang pernah berburu foto sunrise di Pantai Sanur sebelumnya.

Mungkin saya sedang sangat beruntung, mendapatkan sunrise terbaik Pantai Sanur dalam sekali kunjungan.
Mungkin saya sedang sangat beruntung, mendapatkan sunrise terbaik Pantai Sanur dalam sekali kunjungan.

Namun, foto-fotonya belum sesuai harapan saya. Karena itu, mumpung sekarang ini rencananya liburan ke Bali sebulan, jadilah saya ingin beberapa kali berburu foto sunrise di Pantai Sanur sampai mendapatkan foto sesuai keinginan. Beruntungnya, dalam sekali percobaan saya mendapatkan foto yang bagus. Jadilah saya nggak perlu lagi bangun sebelum matahari terbit setelah ini. Hehe.

3. Mengunjungi Kembali Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang ini memang bukan tempat wisata baru di Bali, namun tempat wisata ini adalah salah satu pantai favorit saya. Soalnya, garis pantainya panjang banget, pantainya bersih, dan tentunya nggak terlalu ramai. Kekurangannya cuma satu sih, lokasinya berada di bawah tebing yang cukup tinggi. Turunnya sih nggak capek, tapi naiknya bisa bikin keringat mengucur deras!

Pantai Nyang Nyang, salah satu favorit saya di Bali Selatan
Pantai Nyang Nyang, salah satu favorit saya di Bali Selatan
Sekarang. ada paragliding di dekat Pantai Nyang Nyang.
Sekarang. ada paragliding di dekat Pantai Nyang Nyang.

Pada kunjungan kemarin, saya melihat ada jalur baru sedang dibuat. Kalau sudah jadi, mungkin sepeda motor atau bahkan mobil bisa turun sampai bawah. Mungkinkah Pantai Nyang Nyang ini akan menjadi super populer seperti Pantai Pandawa? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Terus, ternyata di sini sekarang juga ada atraksi paralayang atau paragliding yang bisa dicoba. Lumayan bisa lihat pemandangan tebing-tebing Bali Selatan dari udara! Mungkin lain kali saya harus coba juga!

Ya! Itulah beberapa tempat yang sudah saya kunjungi di Bali dan akan ada tambahan tempat wisata terbaru dan lainnya yang akan saya bahas, mungkin di artikel selanjutnya. Berhubung sudah mendekati tahun baru, bisa banget kalau beberapa tempat wisata terbaru di Bali tersebut menjadi destinasi kamu untuk berlibur. Buruan pesan tiket ke Bali dan eksplor tempat wisata barunya!

Eh, ada yang punya rekomendasi tempat wisata baru di Bali yang bisa saya kunjungi selanjutnya?

Yang Banyak Dicari

  • review liburan ke bali
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

33 Responses
  1. Ananta

    Mantap mas, saya selalu ngikutin tulisan catperku.com. Ohh iya saya masih penasaran sama pekarangan rumah yg arah uluwatu itu. Nnti saya cari2 deh. 😁

  2. Tyastika Bella

    Beberapa bln yg lalu aku pesen tiket ke bali di traveloka tu murah,langsng boyong keluarga kesna buat kepoin pantai nyangnyang huaha :D

  3. Kak, aku mau buka pengakuan… ternyata aku belum pernah ngunjungin semua lokasi yang ada di list di atas :'( Padahal mah udah masuk bucket list sejak kapan… entah kalau ke Bali pasti nyangkut di Ubud lagi.. Doakan kubisa mewujudkan semua list di atas ya… :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: