Travel Vlogger Indonesia Yang Juga Travel Blogger! (Update: Saya Tambah Dengan Travel Vlogger Yang Saya Subscribe!)

Vlogger, vlogging, travel vlogging! Udah pada tahu kan mengenai istilah-istilah yang tergolong baru itu? Ya, kalau dulu bercerita banyak dilakukan dengan menulis blog, sekarang sudah mulai banyak yang bercerita tentang traveling melalui vlog. Mulai banyak juga Travel Vlogger Indonesia yang bermunculan. Tak sedikit Beberapa Travel Vlogger Indonesia itu adalah travel blogger.

Era travel vlogging mulai naik semenjak adanya Youtube. Tak hanya itu, platform sosial media facebook juga merupakan tempat yang tepat untuk mengunggah konten video. Malah belakangan ini Instagram juga ikut meramaikan sebagai platform yang tepat untuk mengunggah dengan konten travel video dengan munculnya fitur IGTV.

Makanya jangan kanget kalau kedepannya bakalan banyak vlogger travel dari Indonesia bertebaran. Wong platformnya makin banyak, dan sejujurnya, membuat konten travel vlog itu asik juga lho. Nagih malahan!

Sejak buat travel video pertama kali, saya makin ketagihan untuk membuat konten travel video. Tapi ya gitu, sebagai travel vlogger Indonesia yang masih pemula, mohon dimaklumi kalau kualiatasnya masih standard. Saya masih perlu banyak belajar lagi kalau mau jadi kayak travel vlogger yang lain :D

Travel vlogger Indonesia on duty~ Wkwkwkw!
Travel vlogger Indonesia on duty~ Wkwkwkw! (Foto screenshot dari video wira waktu di Pulau Ular disini)

Eh, ngomongin tentang travel vlogger di Indonesia, ternyata lumayan banyak lho travel vlogger indonesia yang juga travel blogger. Untuk beberapa yang travel blogger Indonesia yang konsisten membuat konten travel vlog sendiri sudah ada beberapa. O iya, yang masuk ke tulisan “Travel Vlogger Indonesia Yang Juga Travel Blogger” ini adalah  yang menulis travel blog, sekaligus membuat travel vlog juga. Terus, kira kira siapa saja travel vlogger Indonesia yang juga travel blogger!?

Ini Dia Travel Vlogger Indonesia Yang Juga Seorang Travel Blogger!

Termasuk punya saya, baru ada 5 travel vlogger Indonesia yang juga merupakan travel blogger. Mungkin diluar sana masih banyak, tapi belum masuk ke dalam radar pencarian saya. Mungkin nanti kalau ada tambahan lagi, bisa saya update listnya! Terus urutan disini ngasal saja, bukan berdasarkan yang terbaek, atau yang subscribernya paling banyak.

Simak baik – baik ya!

1. Catperku – ( Catperku.com )

Yep, ini saya sendiri, sengaja dimasukin biar banyak yang Like dan Subscribe. Promosi gitu~ Wkwkwkwk!

Sebenarnya saya sudah lama banget punya channel youtube di youtube.com/catperku (SUBSCRIBE YA!). Cuma ya gitu, karena belum begitu kenal dengan yang namanya vlog, atau bahkan travel vlog, konten saya isi ngasal saja. Baru pada tahun 2014, ketika saya ikut road trip di Sulawesi, saya buat travel video pertama.

Belum bisa dibilang travel vlog juga sih, karena untuk bisa disebut sebagai vlog harus ada subjek yang bercerita didalamnya. Tapi ini benar-benar konten travel video pertama yang saya edit sendiri. Footage video juga saya rekam sendiri menggunakan kamera mirrorless pertama saya Sony Nex F3. Cuma kamera biasa yang murah kok~

Kebetulan momentnya pas. Saya lagi pengen belajar edit video dan pengen memulai karir sebagai travel vlogger Indonesia. *emang itu karir ya?*

Tapi yang jelas, akhirnya saya bikin video tentang road trip di Sulawesi sekaligus belajar edit. Semaleman banget saya bikin video pertama ini. Menurut kalian gimana?

Setelah video pertama itu saya makin bersemangat bikin beberapa travel video lagi. Saya juga mulai bikin travel vlog tentang hobi saya touring atau sepeda motoran. Kalau istilah orang-orang, motovlog! Motovlog pertama saya bercerita tentang solo riding ke Bali sendirian dari Bali! Ternyata lumayan banyak juga yang suka nonton video touring ya. Abis ini saya bakalan bikin lebih banyak konten motovlog deh!

Sudah itu dulu ya mengenai saya! Jangan lupa buat like dan subscribe travel vlog saya di youtube.com/catperku, atau bisa juga ditonton di https://www.facebook.com/catperku/videos/ ya.

2. Wira Nurmansyah – ( Wiranurmansyah.com )

Selain sudah dikenal sebagai travel photographer, travel blogger Indonesia, si wira ini sekarang mulai merambah menjadi travel vlogger indonesia. Terlihat dari seringnya pemilik travel blog wiranurmansyah.com ini membuat konten travel vlog di akun youtube-nya. Isinya pun bermacam-macam. Mulai dari travel vlog perjalanan di Indonesia atau travel vlog di luar negeri.

Siapa sangka kalau mz wira ini ternyata udah membuat travel vlog sejak tahun 2010. Video pertama yang dia upload di akun youtubenya adalah travel vlog tentang Pantai Santolo. Pada tahu nggak Pantai Santolo itu dimana? Kalau belum tahu atau pengen tahu travel vlog pertama dari travel vlogger Indonesia kawakan Wira Nurmansyah bisa langsung lihat video di bawah ini ye.

Mas-mas yang masih single satu ini juga pernah bikin travel vlog pendakian gunung rinjani lho. Bisa disimak travel videonya dibawah ini ya.

3. Sutiknyo – (Lostpacker.com )

Siapa sih yang nggak kenal dengan travel vlogger Indonesia kawakan yang satu ini. Doi lebih dikenal dengan nama Bolang dibanding dengan nama aslinya Sutiknyo. Emang sih, lebih enak manggil Om Bolang aja, pas dengan karakternya yang lebih sering dijalan daripada di rumah.

Om Bolang pemilik travel blog lostpacker.com ini pertamakali mengunggah travel video pertamanya di tahun 2012. Judulnya “Pulau Seribu – Pulau Kayu Angin Bira Yang Jernih”. Memang sih, kebanyakan konten video Om Bolang ini nggak jauh dari jernihnya air laut, dan birunya langit. Tiap nonton vlognya selalu sukses bikin kangen sama pantai.

Nggak percaya? Lihat saja sendiri videonya!

Namun dari semua travel vlog yang dibuat Om Bolang, favorit saya adalah yang berjudul Kembara: Sebuah Cerita Dari Nusa Tenggara. Kembara ini dibuat Om Bolang selama perjalanan berkeliling Nusa Tenggara dengan sepeda motornya selama 3 bulan. Rute yang dia ambil adalah: Jawa-BaliLombok-Sumbawa-Moyo-Sumba-Flores-Taman Nasional Komodo-Solor-Adonara-Lembata-Alor-Kupang-Semau-TimorLeste-Rote-Sabu.

Bikin mupeng lah pokoknya. Someday saya pengen juga motoran ke timur. Tapi kesempatannya belum datang, keberanian belum menghampiri. Paling jauh baru sampe Lombok saja euy! Nah, buat yang sudah penasaran sama video keren travel vlogger Indonesia yang satu ini, bisa langsung tonton ya!

4. Barry Kusuma – ( www.alambudaya.com )

Sebelum merambah ke dunia video, Barry Kusuma atau yang juga dikenal dengan Om Barry ini sudah lebih dulu berkarya di dunia fotografi. Doi ini adalah salah satu travel photographer Indonesia yang sukses lho. Saya sendiri banyak belajar dari dia. Beberapa kali saya dapat kesempatan jalan bareng sama Om Barry, jadiya nggak saya lewatkan begitu saja untuk belajar.

Doi juga ngeblog di www.alambudaya.com. Jadi kalau mau baca pengalamannya bisa baca disitu ya. Belakangan ini Om Barry juga merambah ke dunia Travel Vlogger Indonesia. Beauty footage dan aerial footage adalah spesialisasinya. Wajar sih, doi ini emang salah satu spesialis penerbang drone. Sebelum ada drone mini semacam DJI Mavic, dulu dia sering bawa tas segede gaban yang isinya drone.

Video aerial pertama yang doi unggah adalah pemandangan Wayag Raja Ampat Papua. Kalau penasaran, simak aja videonya dibawah ini.

Om Barry ini sesekali juga bikin travel vlog lho. Seperti travel vlog pertamanya dibawah ini. Tinggal ditunggu saja nih, travel vlog lainnya yang dibuat oleh om barry :D Kalau penasaran, silahkan disimak video dibawah ini!

5. Marischka Prudence – ( marischkaprudence.blogspot.com )

Dulu doi adalah reporter, seorang travel blogger, dan kemudian sekarang salah satu travel vlogger Indonesia juga. Sepertinya kakak yang satu ini tak pernah berhenti berkarya dan melanglang buana. Doi telah bertualang di berbagai tempat, juga menyelam di beberapa sudut lautan Indonesia. Konten youtubenya pun juga dipenuhi dengan video keindahan bawah laut! Seperti video dibawah ini nih:

Selain video diatas, kamu juga bisa melihat vlog terbarunya tentang liburan ke Nusa Penida disini:

6. Albertna A.K.A Ghana – ( www.albertna.com )

Nama travel blognya Albertna, biasanya dipanggil dengan nama ” Ghana”. Saya pertama kali ketemu Ghana ketika sedang ada acara di Pontianak beberapa tahun lalu. Selain menulis di travel blog, ghana juga membuat konten travel video. Vlog pertama ghana adalah ketika dia berkunjung ke Kebumen. Bisa kamu lihat dibawah ini.

 

7. Khairul Leon – ( www.khairulleon.com )

Khairul Leon ini adalah seorang Travel Vlogger Indonesia yang memiliki travel blog juga. Dari channel youtubenya saya banyak menemukan konten video perjalanan di beberapa tempat wisata di Indonesia. Kebanyakan berupa wisata alam dan pengalaman naik beberapa gunung di Indonesia. Sesuai dengan keterangan di bagiab “about” Yutube Travel Channelnya!

“Travel Vlog Keliling Nusantara : Naik ke gunung, Masuk ke hutan, belok ke pantai.”

Kalau penasaran, bisa melihat salah satu travel vlognya dibawah ini ya!

 

Travel Youtuber Indonesia, Mereka Nggak Fokus Ke Travel Blog, Tapi Travel Vlogger Indonesia Yang Layak Buat Diikuti!

Yes, mereka ini mungkin nggak ngeblog, atau nggak ngebranding diri sebagai travel blogger. Tapi mereka ini adalah beberapa dari travel vlogger Indonesia yang saya ikuti. Mungkin diluar sana ada banyak youtube travel chanel Indonesia, namun ini adalah beberapa yang cukup sering saya lihat

Saya juga banyak belajar dari mereka lho, terutama belajar bagaimana membuat konten travel vlog di Youtube yang baik dan benar. Secara, meski saya ini sudah lama berkecimpung di dunia travel blogger Indonesia, namun saya masih seorang pemula yang perlu banyak belajar di dunia travel vlogging!

1. Backpacker Tampan

Just a pretty skinny Indonesian who loves to travel through the world even when he got no money!

Hey guys, gue Ndup, brondong 22 tahun yang kerjaannya kesana kemari nggak bisa diem di rumah. Di channel ini, gue ngajak kalian untuk ngeliat apa yg belum pernah kalian liat. Dengan mata seorang backpacker, gue akan kasih kalian cerita di balik perjalanan travelling dengan budget seadanya, bahkan budget nggak ada sama sekali. Jangan lupa subscribe ya!!

Tuis di bagian about youtube travel channelnya. Pertama kali ketemu si Pandu ini waktu ikutan kompetisi “Extreme Journey” beberapa tahun lalu. Dia ini adalah salah satu anggota tim lawan sih. Udah lama subscribe akun youtubenya, dan mengikuti beberapa cerita perjalanannya di vlog. Salah satu travel vlognya bisa dilihat dibawah ini deh:

2. Putu Aditya

Seorang selebtweet dari Bali yang kemudian melebarkan sayapnya menjadi selebgram dan Travel Vlogger Indonesia. Bli Adit ini emang sudah lumayan lama berkecimpung di dunia videographer, jadi wajar kalau hasil travel videonya bagus-bagus. Beberapa kali saya sempat traveling bareng Bli Adit juga. Pernah ke Wakatobi dan terakhir adalah ke Bau – Bau. Kalau mau travel video karya Bli Adit ini seperti apa, langsung saja lihat dibawah ini ya!

3. Upnomad Travel

HALO SEMUANYAA!! Aku Riyan dan selamat datang di Channel aku “UPNOMAD TRAVEL” Disini aku bakal sharing semua tentang Travelling, Kuliner, Review, Vlog dll.

Tulis di halaman “about” youtube channelnya. Sebenarnya saya baru banget subscribe channel ini karena videonya nggak sengaja muncul di feed akun Youtube saya. Setelah saya melihat beberapa travel videonya kok menarik. Jadilah saya subscribe untuk ditonton sambil santai. Kalau penasaran, kira-kira travel videonnya seperti dibawah ini ya.

 

***

Nah, sementara baru 7 orang travel vlogger Indonesia yang juga travel blogger! Nggak sebanyak travel youtuber memang. Soalnya mengurusi satu travel blog itu sudah cukup menyita waktu. Apalagi ditambah membuat konten video segala. Pun, belakangan ini saya malah lebih menikmati membuat travel vlog sih. Selain untuk memperkaya konten blog, membuat travel vlog itu asik, dan bikin nagih. Semoga kedepannya saya makin rajin bikin konten travel video atau travel vlog ya! Makanya, subscribe dulu dong ke youtube.com/catperku!! Cuss dah!

PS: O iya, kalau ada yang bisa direkomendasikan buat masuk ke list travel vlogger Indonesia yang juga travel blogger ini, jangan sungkan buat komentar dibawah ya! 

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
15 Responses
  1. Subscribed!

    Bikin spesialisi motovlog kayanya asik, Mas. Sekalian, jadi pembeda sama travel vlogger lain. Saya juga lagi belajar vlogging nih, hahaha. Sebenernya dilema. Dengan blogging pun, kadang ngerasa ada ‘beban’ buat nulis kalau liburan, ngerasa gelisah kalau mau liburan tapi belum riset-yang-beneran-riset. Padahal mau liburan kan ya mau santai-santai. Lah ini malah nambah-nambah mikir story board buat vlog 😂 Walau, hasilnya ga bohongin: bikin seneng.

    Jadi, gimana ngeliat proyeksi travel blog dan travel vlog beberapa taun ke depan, Mas? Apa konten video akan makin ngelibas blog (sampai akhirnya beberapa blogger juga ngerambah ke vlog)?

    1. Pokoknya kalau bikin seneng kerjain, kalau enggak ya ga usah ngoyo gitu~ Tenang aja, blog sampai kapanpun bakalan tetep survive. Asal google gak bangkrut. Karena bagaimanapun juga, ketika orang cari informasi tambahan, mereka bakalan tetap mengandalkan yang namanya google :)

  2. Dan seiring dengan waktu, para travel blogger harus bisa membuat video vlog sebagai pendukung kontennya.. huhuhu aku tiba2 merasa syedih karena laptopku suka hank pas ngerender hahaha

  3. Hallo mas Fahmi, perkenalkan saya Andri salah satu pembaca blog ini dan jadi tukang nonton video yutub mas Fahmi, mas mau nanya dong, kalau ngedit videonya sendiri atau dieditin sama orang lain?. pesan saya Jangan tinggalin travel blognya mas hehehe. Thank’s.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: