Mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo

Pasir Berbisik Gunung Bromo ini  adalah salah satu bagian unik dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Yaitu berupa padang pasir yang berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Bagian padang pasir ini sebenarnya adalah sebuah kaldera raksasa. Kaldera pegunungan tengger kuno, yang kini telah menjadi padang pasir di ketinggian.

Sebelumnya tempat ini tidak dikenal dengan nama pasir berbisik. Namun setelah dijadikan salah satu latar belakang film layar lebar berjudul “Pasir Berbisik”, jadilah bagian kaldera tengger yang penuh pasir tersebut dikenal dengan nama tersebut. Film dengan judul Pasir Berbisik tadi adalah karya sutradara Nan Achnas yang diproduksi pada tahun 2001.

Film tersebut menceritakan tetang seorang gadis desa yang bernama Daya. Dia adalah gadis desa yang tinggal di desa miskin bersama ibunya sendirian. Ayahnya sudah tiada dari sejak ia kecil. Karena ibunya sangat protektif, kadang Daya suka bertingkah aneh. Salah satunya adalah kadang ia sering menelungkupkan tubuhnya ke tanah pasir. Daya merasa kalau pasir tersebut seakan berbisik padanya. Nah, pada bagian adegan itulah pengambilan gambarnya dikalakukan di Padang Pasir Bromo.

Tidak hanya untuk lokasi syuting film saja, Padang Pasir Bromo yang juga dikenal sebagai pasir berbisik ini juga merupakan tempat populer untuk tempat hunting foto. Ada banyak pengunjung yang sengaja datang kesini untuk berburu foto, prewedding hingga untuk membuat video klip. Selain itu, lokasi Padang Pasir Bromo ini juga merupakan tujuan utama penggemar touring sepeda motor seperti saya.

Pengalaman Touring Di Pasir Berbisik Gunung Bromo, Petualangan Pun Dimulai!!

Pertigaan Bromo – Semeru adalah salah satu pintu masuk menuju padang pasir bromo jika datang dari arah Tumpang, Malang. Dari pertigaan ini jika ambil jalan lurus kita akan sampai ke ranu pane, pos pertama pendakian ke Gunung Semeru. Sedangkan jika belok kiri akan melewati lembah teletubies hingga akhirnya sampai ke Pasir Berbisik Gunung Bromo.

Pengalaman Touring Di Pasir Berbisik Gunung Bromo, Petualangan Pun Dimulai!!
Pengalaman Touring Di Pasir Berbisik Gunung Bromo, Petualangan Pun Dimulai!!

Jangan kaget kalau jalur yang dilewati akan sedikit rusak, bahkan beberapa ada rusak parah. Dua kali saya lewat jalur ini, satu kali saya dibuat nyungsep, sepeda motor yang saya kendarai terjatuh. Akibat kecerobohan saya juga sih sebenarnya, mengendarai sepeda motor dengan satu tangan saja. Yah bagaimana lagi, saking senengnya, tangan yang satunya begitu gatal merekam lansekap Pasir Berbisik Gunung Bromo.

Diujung padang savana Lembah Teletubies, Pasir Berbisik Gunung Bromo yang sepi sudah menanti. Sesekali akan terdengar suara sepeda motor trail yang meraung-raung dari kejauhan. Mereka adalah penikmat adrenalin, menikmati kecepatan tinggi bagaikan candu diatas pasir berbisik. Kata seorang teman saya, sepeda motor trail tadi memang banyak disewakan di kota malang untuk para penikmat adrenalin, melewati jalur Malang – Tumpang – Bromo.

Saya juga tidak mau kalah, meskipun hanya menggunakan sepeda motor matic. Mencoba sedikit atraksi dengan memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi di atas Pasir Berbisik. Akibatnya sesekali saya harus menyeimbangkan sepeda motor saya karena melewati pasir yang lunak. Saya tidak mau nyungsep untuk kedua kalinya dilautan pasir.

Pasir Berbisik Gunung Bromo yang begitu menggoda untuk memacu adrenalin :)
Pasir Berbisik Gunung Bromo yang begitu menggoda untuk memacu adrenalin :)

Pasir Berbisik Gunung Bromo ini sebenarnya adalah kaldera raksasa, bagian dari kawasan pegunungan tengger yang diameternya sekitar 8-10 Km. Jadi ketika berada di lautan pasir, sebenarnya saya sedang berada di area pegunungan tengger yang beberapa gunungnya masih sangat aktif. Entah bagaimana jika tiba – tiba gunung tadi meletus, sedangkan saya sedang asik bermain di padang pasirnya. Hiii! Mau lari pun pasti tidak sempat, karena desa terdekat yaitu Cemoro Lawang masih berjarak beberapa kilometer.

Di Pasir Berbisik Gunung Bromo ini juga pernah digunakan untuk pengambilan gambar film Pasir Berbisik seperti yang saya ceritakan diatas. Makanya tempat ini menjadi terkenal dengan nama itu. Mirip seperti Kawah Putih Ciwidey yang menjadi terkenal karena film Heart. Tapi saya tahu keberadaan padang pasir ini ketika trekking dari Cuban Pelangi sampai Gunung Bromo pada tahun 2009 lalu. Hingga akhirnya mempunyai ide untuk naik sepeda motor melewati padang pasirnya.

Waktu terbaik untuk memacu adrenalin di Pasir Berbisik Gunung Bromo adalah ketika sudah memasuki musim hujan. Padang pasir tidak akan terlalu berdebu seperti ketika musim kemarau. Selain itu akan mendapatkan bonus pemandangan padang savana menghijau di Lembah Teletubies. Tertarik untuk mencoba? Pesan saya cuma satu, jangan buat jalur sendiri, lewati jalur yang sudah disediakan. Lebih aman dan tidak akan merusak padang savana. Happy Adventure!!

Cara Pergi Ke Pasir Berbisik Bromo

Untuk pergi ke tempat ini paling mudah adalah dengan mengendarai sepeda motor sendiri. Namun kalau tidak membawa kendaraan sendiri, bisa juga menyewa mobil 4WD atau jeep yang biasa disewakan di Bromo. Harga sewa mobil jeep tadi adalah sekitar IDR 500 ribu – IDR 700 ribu. Harganya bisa bervariasi, tergantung kesepakatan.

Moto Vlog Touring Ke Bromo.
Moto Vlog Touring Ke Bromo.

Moto Vlog Touring Ke Bromo

Bonus nih buat kamu yang pengen main ke pasir berbisik Bromo, bisa cobain kesana touring pake sepeda motor. Saya mau share pengalaman saya touring ke Bromo dengan sepeda motor matic. Iya, saya touring ke Bromo naik sepeda motor matic beneran, melewati padang pasir Bromo atau Pasir Berbisik Gunung Bromo yang luas itu.

Meski banyak orang bilang touring motor ke Bromo dengan matic itu susah. Dan ada kemungkinan terjebak padang pasir Bromo! Untungnya perjalanan saya lancar, tanpa gangguan apapun. Jadi, baca juga tips touring motor, lalu deh liat motovlog touring ke bromo dibawah ini. Selamat menikmati!

Part 1 : Motovlog Perjalanan Dari Probolinggo  Ke Bromo

Ini adalah video perjalanan touring motor ke Bromo melewati jalur yang sudah populer dari probolinggo. Jalur ini sangat cocok untuk yang mau touring motor dengan lebih santai, atau ketika menggunakan kendaran sepeda motor matic.

Part 2 : Motovlog Menjelajah Padang Pasir Bromo

Kalau pada motovlog touring ke Bromo part dua ini adalah pengalaman saya melewati padang pasir Bromo atau Pasir Berbisik Gunung Bromo dengan sepeda motor matic. Iya, touring ke Bromo dengan sepeda motor matic melewati padang pasirnya itu bisa banget kok.

Kalau untuk peta rute pasir berbisik Bromo bisa lihat dibawah ini ya:

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
27 Responses
  1. Bener banget bro, saking luasnya saya juga asyik bermain disana menggunakan motor matic yang saya tumpangi, supaya tidak sampai jatuh saya mengikuti jalur yang ada dan menurunkan kedua kaki saya dengan tidak menapak di clearance motor matic dengan tujuan untuk menyeimbangkan motor, sempat juga membuat lingkaran crop circle di pasir… Sungguh pengalaman luar biasa mengendarai kendaraan di padang pasir bromo menuju malang melewati bukit teletubbies menuju ranu pane… :)

    1. byteeater

      lhaa, seru kaaan! tapi lewat jalur yang udah ada aja ya, jangan buka jalur baru, kasihan tumbuhan paku nya. saya belom sampe ranu pane nih ==

  2. Seru bangeeeeeet! Iya, sangat disarankan untuk melewati jalur yang sudah ada, supaya meminimalisir deteriorasi dari orisinal landscape disana masbro… Saya sempet mengabadikan tumbuhan paku yang masih digelayuti oleh ribuan tetesan embun di percabangan di setiap ranting-rantingnya. Tapi yang disayangkan, saya tidak sempat ke air terjun Madakaripura karena sudah terlalu sore dan cuaca tidak mendukung. Semoga di lain kesempatan bisa ke Madakaripura dan travelling bareng kita bro…

    1. byteeater

      Nah bener, boleh traveling tapi jangan sampai merusak alam :) oke sip, kalau mampir ke bali boleh kabar – kabar. kita traveling bareng (kalau pas libur atau weekend), atau kalau ke bromo lagi :D.

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      bedaa, kalau gunung bromo itu ya gunungya, sementara pasir berbisik itu padang pasir luas yang berada di dekat lereng gunung bromo. kalau gak salah itu sisa letusan pegunungan tengger kuno sih hehee. terus kalau mendaki bisa naik kuda sampai tangga terus lanjut jalan kaki sampai puncak, atau jalan kaki aja ga pake naik kuda :D

  3. Paket Wisata Bromo

    Hmm Bromo memang gak ada matinya, tempat dan lokasi wisatanya sangat spectakular, terimakasih ya atas kunjungannya ke Gunung Bromo di kawasan kami,, salam kenal dari team wisata Bromo …. ^_^

  4. bromo tour

    Lewat mana aja semua asyik namanya jalur alam pasti seru..tapi kalau menurut aq seh paling aman dan jalur mudah ya via probolinggo..

    Selain itu via probolinggo paling banyak tersedia penginapan..

    Ok salam knal semua ;)

  5. travel bromo

    Satu lagi..lewat pasuruan kalau musim kemarau sebaiknya dihindari..rawan begal..sudah banyak kejadiannya.

    thanks sudah boleh gabung.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: