Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Jogja Untuk Liburan!

Pantai di Gunungkidul yang asik buat dikunjungi kalau liburan ke Jogja yang mana aja ya? Selama ini ada banyak pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Dan itu bukan pertanyaan mudah buat saya jawab, karena saya belum banyak menjelajah pantai – pantai di Jogja, terutama yang berada di kawasan selatan Jogja. Padahal ada banyak banget lho pantai yang ada di kawasan Gunungkidul Jogja.

Baru kemarin saya sempat menjelajah beberapa pantai di Gunungkidul Jogja sekalian touring cobain motor baru. Ternyata memang ada banyak banget pantai di daerah Gunungkidul yang menarik buat dikunjungi. Beberapa pantai memang sudah sangat terkenal sebelumnya. Tapi ada juga beberapa pantai tersembunyi di Gunungkidul Jogja yang belum diketahui oleh banyak orang.

Meskipun saya berada sekitar 2 hari penuh di Gunungkidul Jogja, namun saya hanya sempat mampir ke beberapa pantai di Gunungkidul saja. Iya, saking banyaknya pantai di Jogja bagian selatan ini, saya tidak bisa mengunjungi semua pantai tersebut dalam 2 hari saja. Mungkin lain kali, saya bakalan balik lagi menjelajah pantai lain di Gunungkidul yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Untuk sekarang, kamu bisa menyimak dulu beperapa pantai yang sudah saya kunjungi disini.

Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Jogja Untuk Liburan!
Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Jogja Untuk Liburan!

Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Jogja Untuk Liburan Selanjutnya!

Sebagian pantai di yogyakarta memang berada di daerah Gunungkidul. Karena itu daya tarik utama dari daerah ini adalah wisata pantai, tidak seperti pusat kota Jogja yang kebanyakan wisata sejarah, wisata belanja dan beberapa tempat wisata lain di dekat Jalan Malioboro. Dan, berikut dibawah ini adalah beberapa pantai di Gunungkidul yang sempat saya kunjungi ketika roadtrip touring jelajah beberapa pantai di pesisir Gunungkidul beberapa waktu lalu.

 

 

Pantai Di Gunungkidul Yang Sudah Saya Kunjungi

Favorit saya dari beberapa pantai di pesisir selatan Jogja yang ada di bawah ini adalah Pantai Drini, dan Pantai Indrayanti. Kalau kamu kira-kira suka pantai yang mana saja?

1. Pantai Drini

Pantai Drini ini adalah pantai di Gunungkidul favorit saya. Karena disini saya bisa bersantai di Gazebo sambil menikmati kuliner seafood. Ya, meski saya suka berkunjung ke pantai, tapi saya nggak terlalu suka berenang di pantai. Kalau enggak menikmati suasananya, ya saya bakalan kulineran seafood saja.

Di Pantai Drini ini saya bisa mendapatkan semuanya itu. Pun untuk yang ingin bermain air di tepian pantai atau bermain pasir bersama keluarga juga bisa dilakukan disini. Disini juga banyak disewakan payung untuk berteduh lho. Jadi kalau ingin sekedar bersantai tanpa kulineran, sebaiknya menyewa payung saja.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

2. Pantai Indrayanti

Awalnya sempat bingung mencari informasi tentang Pantai Indrayanti, karena ternyata pantai di Gunungkidul yang satu ini punya dua nama. Nama yang satunya adalah Pantai Pulang Syawal. Tapi tenang saja, meski namanya berbeda, itu adalah pantai yang sama. Di sekitar Pantai Indrayanti ini juga saya bisa menemukan banyak penginapan.

Jadi kalau mau menginap di tempat yang tak terlalu jauh dengan kawasan Pantai Gunungkidul lainya, saya rekomendasikan untuk menginap di dekat Pantai Indrayanti saja. Kemarin sih saya dapat penginapan dengan tarif IDR 150.000 per malam. Lokasinya kurang dari 5 menit berkendara dari Pantai Indrayanti, dan kurang dari 30 menit dari pantai lain yang ada di dekatnya.

Kenapa saya merekomendasikan untuk menginap di dekat Pantai ini? Pertama, cari makanan lebih mudah di sekitar pantai ini. Meski ada beberapa penginapan lain juga, tapi untuk pilihan makanan paling banyak ada di dekat Pantai Indrayanti saja. Memang di sekitar pantai ini ada banyak warung makan juga cafe yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai.

 

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

3. Pantai Krakal

Awalnya saya kira kalau kawasan pantai di Gunungkidul ini tak banyak memiliki fasilitas untuk wisatawan. Tapi ternyata saya salah, hampir semua pantai di selatan Jogja ini sudah sangat siap untuk menerima wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Krakal ini. Ada yang bilang kalau di Pantai Krakal ini cocok untuk surfing dan snorkeling.

Namun ketika saya berkunjung ke Pantai Krakal kemarin, dan melihat besarnya ombak, kok saya jadi sangsi. Apa bisa snorkeling di Pantai Krakal? Kalau untuk surfing mungkin masih bisa, namun untuk ombak sebesar itu, sudah jelas pantai ini bukan untuk peselancar pemula. Pun begitu masih banyak pilihan aktifitas lain yang bisa dilakukan disini.

Misalnya jalan kaki di sepanjang bibir Pantai Krakal, berfoto di tepi pantai atau naik ke sebuah bukit yang berada tak jauh dari Pantai Krakal dan menikmati garis pantai di Jogja ini dari ketinggian. Di pantai ini juga sudah ada beberapa warung makan, yang memang disiapkan buat para turis yang kelaparan. Tenang saja, harga makanan di kawasan wisata Gunungkidul Jogja itu standard, dan ada daftar harganya. Jadi gak perlu takut ditipu ya.

 

 

Tarif Parkir : IDR 2000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

4. Pantai Watukodok

Lokasi dari Pantai Watukodok ini berada tak jauh dari Pantai Sepanjang, tepatnya berada di sebelah timurnya. Meski ini bukan pantai tersembunyi di Gunungkidul, tapi ini adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang cocok untuk camping. Saya bisa bilang begitu karena ketika berkunjung ke Pantai Watukodok, saya sempat melihat beberapa tenda berdiri di dekat pantai.

Akses menuju ke Pantai Watukodok sendiri jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pantai di Jogja lainnya yang juga bisa digunakan untuk camping. Fasilitasnya juga jauh lebih lengkap, karena ada banyak warung makan di dekat Pantai Watukodok. Jadi memang pantai ini cocok buat kamu yang ingin camping hore-hore bersama teman, tanpa harus pusing membawa perbekalan.

Untuk masalah keamana, pantai ini bisa dibilang aman buat camping. Karena kabarnya penduduk setempat suka berkeliling untuk mengamankan kawasan sekitar pantai. Jadi, cocok banget buat kamu yang ingin liburan yang nyaman sekaligus menyatu dengan alam. Mengenai pemandangan pantai, jangan ditanya lagi. Ini adalah salah satu pantai keren di Gunungkidul lho!

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

5. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang dulu sempat dikenal sebagai “Pantai Kuta” punya Yogyakarta. Disebut seperti itu karena katanya kondisi pantai ini mirip dengan pantai kuta pada era tahun 70-an. Masih sepi, alami dan tak banyak manusia berkunjung kesini. Namun rasanya sebutan itu sudah tidak relevan lagi. Mengingat pantai ini semakin ramai dikunjungi.

Kalau disebut mirip pantai kuta ya masih, tapi pantai di Gunungkidul ini lebih mirip Pantai Kuta yang sekarang. Makin ramai dan makin banyak orang berkunjung ke Pantai Sepanjang. Terlebih lagi ketika musim liburan seperti ketika saya berkunjung kemarin. Saya lihat ada banyak bus besar terparkir dengan rapi di parkiran Pantai Sepanjang.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

6. Pantai Kukup

Pantai Kukup ini adalah salah satu pantai terkenal di Gunungkidul. Ketika musim liburan, pantai ini bisa sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Seperti ketika saya berkunjung kesini kemarin. Pantai ini memang menarik, meski garis pantainya tidak terlalu panjang. Tidak cuma memiliki pemandangan untuk dinikmati, disini pengunjung juga bisa mencoba berbagai jenis kuliner seafood.

Yang menarik perhatian saya ketika berkunjung ke Pantai Kukup adalah beberapa menu gorengan seafood yang ada disana. Misalnya Udang goreng dan rumput laut goreng yang bisa ditemukan dengan mudah pada jalur masuk menuju ke Pantai Kukup. Harganya juga tidak terlalu mahal kok. Jadi kalau ke pantai ini jangan lupa buat mencoba kulinernya.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

7. Pantai Baron

Pantai Baron ini adalah salah satu pantai unik di Gunungkidul Jogja. Itu karena pantai ini juga merupakan sebuah muara sungai. Kondisi seperti ini tak banyak bisa ditemukan di daerah Gunungkidul. Pantai di Gunungkidul ini juga diberi nama dari seorang bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber.

Ini juga merupakan pantai populer di Gunungkidul. Saya menemui bus berbagai macam ukuran di tempat parkir pantai ini ketika berkunjung. Tampaknya ini memang merupakant tujuan wisata Gunungkidul favorit. Tentu saja, selain pemandangan pantai ini cantik, pengunjung bisa mencicipi kuliner seafood lezat.

Pantai ini juga merupakan salah satu pantai nelayan yang ada di kawasan Gunungkidul Jogja. Jadi jangan kaget kalau ketika berkunjung kesini nanti kamu bakal ketemu sama nelayan juga perahunya yang terparkir rapi di pinggiran pantai. Dari atas, Pantai Baron akan terlihat lebih cantik. Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah mercusuar yang bisa kamu kunjungi.

 

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

8. Pantai Buron

Banyak orang mengira Pantai Buron adalah Pantai Baron. Padahal nyatanya, ini adalah pantai yang berbeda. Lokasinya persis bersebelahan dengan Pantai Gesing. Tak ada pasir pantai sehalus tepung disini, karena Pantai Buron adalah pantai karang yang ada di Gunungkidul. Ombaknya juga besar, jadi kamu nggak bisa berenang disini ya.

Yang bisa dilakukan di Pantai Buron adalah bersantai di gazebo yang ada di dekat pantai, berfoto dengan latar belakang ombak dan karang, atau menikmati kuliner lezat khas pantai Buron. Bebas sih kamu mau ngapain aja disini. Yang jelas, ini adalah pantai Gunungkidul yang bisa kamu kunjungi ketika liburan tiba.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 10.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 8.500 untuk tiket masuk ke Pantai di Gunungkidul mulai dari Pantai Baron sampai Pantai Seruni.)

9. Pantai Gesing

Dulu Pantai Gesing mungkin adalah pantai di tersembunyi di Gunungkidul, namun sekarang akses menuju ke pantai ini sudah bagus. Jalanan aspal mulus tersedia hingga ke dekat bibir pantai. Bisa dibilang juga, rute ke Pantai Gesing ini adalah rute yang asik untuk para penyuka touring seperti saya.

Bukan hanya itu saja, Pantai Gesing juga merupakan pantai nelayan yang asik buat dikunjungi. Dan karena ini pantai nelayan, itu berarti ada banyak seafood segar untuk dicoba disini. Sebenarnya kalau ombak sedang bagus, bakalan bisa melihat para nelayan melaut dari Pantai Gesing. Namun ketika saya berkunjung kesini, ombak lagi besar. Jadinya saya nggak bisa melihat aktifitas nelayan yang sedang melaut.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 5.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 4.500 untuk tiket masuk ke Pantai Gesing, Pantai Buron, Pantai Wohkudu dan Pantai Kesirat.)

10. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat ini juga dikenal dengan Pantai Tebing Kesirat. Karena memang disini tak ada pasir putih dengan ombak yang tenang. Tebing yang berbatasan dengan laut bebas mendominasi Pantai Kesirat. Karena itu, dari dulu pantai ini lebih terkenal di kalangan para pemancing. Lokasinya memang sempurna untuk memancing sih.

Selain itu, Pantai Kesirat ini juga cocok untuk digunakan untuk camping. Pun karena lokasinya cukup terbuka, angin di pantai ini lumayan kencang. Pastikan menggunakan tenda yang kuat jika ingin camping disini. Lokasinya tidak berada persis di tepi jalan dan agak jauh dari tempat parkir kendaran.

Dari tempat parkir, saya harus trekking ringan melewati jalan setapak sekitar 15 menit, dengan melewati jalan yang naik turun. Lumayan bikin capek duluan untuk saya yang akhir-akhir ini jarang olah raga. Namun, begitu sampai di lokasi pantai, semua akan terbayarkan. Pemandangan laut bebas lengkap dengan udara segarnya sungguh bikin pikiran makin segar.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 5.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 4.500 untuk tiket masuk ke Pantai Gesing, Pantai Buron, Pantai Wohkudu dan Pantai Kesirat.)

11. Pantai Wohkudu

Buat kamu yang suka dengan kegiatan camping atau buat kamu yang ingin mengunjungi pantai di Gunungkidul yang tersembunyi, kamu bisa mampir ke Pantai Wohkudu ini. Lokasinya terjepit diantara dua bukit, membuat pantai ini seakan terisolasi dari dunia luar. Pun begitu, aksesnya cukup mudah kok.

Dari tempat parkir sepeda motor, hanya perlu trekking sekitar 10-15 menit saja. Fasilitas pantai juga bisa dibilang memadai. Sudah ada warung yang menjual jajanan juga toilet umum. Untuk camping juga sudah terdapat area khusus yang lokasinya hanya beberapa puluh meter dari bibir pantai. Bisa dibilang, untuk sementara ini adalah pantai untuk camping di Gunungkidul yang terbaik.

 

 

Tarif Parkir : IDR 3000 ( Sepeda Motor )

Tiket Masuk : IDR 5.000 ( Asuransi IDR 500, dan IDR 4.500 untuk tiket masuk ke Pantai Gesing, Pantai Buron, Pantai Wohkudu dan Pantai Kesirat.)

Pantai Di Gunungkidul Yang Belum Saya Kunjungi

Nah, kalau dibawah ini adalah beberapa daftar pantai di Gunungkidul Jogja yang belum sempat saya kunjungi nih. Karena itu saya tuliskan disini untuk catatan biar enggak lupa saya kunjungi kalau liburan ke daerah Gunungkidul Jogja lagi.

  1. Pantai Sadeng
  2. Pantai Siung
  3. Pantai Wediombo
  4. Pantai Ngobaran
  5. Pantai Ngrenehan
  6. Pantai Pok Tunggal
  7. Pantai Jogan
  8. Pantai Sadranan
  9. Pantai Timang

Ada rekomendasi gak wisata pantai di Gunungkidul yang lainnya selain yang sudah saya sebutkan diatas? Kasih tau saya ya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
8 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: