Panduan Wisata Taman Nasional Baluran Park Dekat Banyuwangi

Ini adalah informasi panduan wisata ke Taman Nasional / Baluran National Park Situbondo yang ada di dekat Banyuwangi terbaru 2023.

Ya, sebenarnya tempat ini secara resminya memang tidak termasuk sebagai tempat wisata Banyuwangi karena secara administrasi masuk ke area wisata Situbondo.

Namun mengingat lokasinya cukup dekat dengan Banyuwangi, jadi saya rekomendasikan untuk berkunjung ke Baluran National Park ketika kamu berwisata ke Banyuwangi.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi, sekitar 1 jam perjalanan saja! Apa kah kamu tertarik untuk berkunjung kesini?

Tentang Taman Nasional Di Dekat Banyuwangi Ini

Taman Nasional Baluran adalah sebuat taman nasional yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia.

Terletak di Kabupaten Situbondo, taman nasional ini dikenal sebagai salah satu tempat yang indah di Indonesia, dengan berbagai macam flora dan fauna yang bisa ditemukan di sana.

Taman nasional ini dikenal sebagai “miniatur afrika”atau “Africa Van Java” karena memang ekosistemnya yang mirip dengan savana afrika.

Ini adalah merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 25.000 hektar.

Memiliki sekitar 400 lebih jenis tumbuhan termasuk padang rumput savana, taman nasional ini menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.

Pada taman nasional ini, Anda bisa menemukan berbagai macam hewan yang hidup di savanna Afrika, seperti kijang, rusa, banteng, kerbau, dan beberapa spesies burung yang indah.

Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis reptil, seperti kadal, ular, dan buaya.

Sebagai salah satu tempat wisata, Taman nasional Baluran juga menyediakan beberapa penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap di taman nasional ini.

Dengan menginap di Baluran National Park, para pengunjung dapat merasakan pengalaman yang lebih mendalam tentang keindahan alam yang ada di taman nasional ini.

 

Wisata Taman Nasional Baluran Keren! - [ Explore Wisata Banyuwangi On Two Wheel Part 2 ]

 

Sejarah Baluran National Park

Sejarah Taman Nasional Baluran dimulai pada tahun 1928 ketika seorang Belanda bernama AH. Loedeboer pernah singgah di Balura.

Dari situ, dia menemukan kalau Baluran ini memiliki potensi penting, dan dia merasa kalau tempat ini perlu perlindungan.

Namun baru pada tahun 1930 Direktur Kebun Raya Bogor KW. Dammerman mengusulkan kalau daerah Baluran ini perlu dijadikan sebuah hutan lindung.

Dimana 7 tahun kemudian, dengan ketetapan GB. No. 9 tanggal 25 September 1937 Stbl. 1937 No. 544 Baluran ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Hal ini berlanjut sampai Indonesia merdeka, dengan Surat Keputusan Nomor. SK/II/1962 tanggal 11 Mei 1962 oleh Menteri Pertanian dan Agraria Republik Indonesia.

Hingga kemudian mulai dari tanggal 6 Maret 1980, Suaka Margasatwa Baluran ini ditetapkan sebagai Taman Nasional bertepatan dengan hari Strategi Pelestarian se-Dunia, oleh menteri Pertanian.

Panduan Wisata Taman Nasional Baluran Park Dekat Banyuwangi

Flora

Terdapat sekitar 444 spesies tumbuhan yang tinggal di tempat wisata sekaligus Baluran National Park ini, dimana sebagian tumbuhan yang tinggal disini mampu bertahan hidup pada kondisi yang kering.

Untuk beberapa jenis tumbuhan yang hidup disini adalah:

  • Asam jawa ( Tamarindus indica )
  • Gadung ( Dioscorea hispida )
  • Kemiri ( Aleurites moluccana )
  • Widoro bukol ( Ziziphus rotundifolia )
  • Mimba ( Azadirachta indica )
  • Pilang (Acacia leucophloea )
  • Gebang ( Corypha utan )
  • Salam ( Syzygium polyanthum )
  • Kepuh ( Sterculia foetida )
  • Api-api ( Avicennia sp. )
  • Kendal ( Cordia obliqua )

Fauna

Ada banyak hewan mamalia dan burung yang juga tinggal di Taman Nasional Baluran seperti berikut ini:

Fauna burung yang ada di Taman Nasional Baluran

Burung

  • Elang ular bido
  • Elang Brontok
  • Rangkong (Buceros rhinoceros)
  • bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus)
  • Burung merak (Pavo muticus)
  • Ayam hutan merah (Gallus gallus)
  • Layang-layang api (Hirundo rustica)
  • Tuwuk Asia (Eudynamys scolopacea)
  • Kangkareng (Anthracoceros convecus)
  • Ayam Hutan Hijau (gallus varius)

Mamalia

  • Kijang ( Muntiacus muntjak muntjak )
  • Macan tutul ( Panthera pardus melas )
  • Kancil ( Tragulus javanicus pelandoc )
  • Rusa ( Cervus timorensis russa )
  • Banteng ( Bos javanicus javanicus )
  • Kerbau liar ( Bubalus bubalis )
  • Ajag ( Cuon alpinus javanicus )
  • Kucing bakau ( Prionailurus viverrinus )

Objek Wisata Utama Di Taman Nasional Baluran Park

Objek Wisata Utama Di Taman Nasional Baluran Park Terbaru 2023

Selain taman nasional sebagai daya tarik utamanya, ada dua destinasi utama disini yang sebaiknya kamu kunjungi seperti Savana Bekol dan Pantai Bama

Savana Bekol

Tempat wisata Savana Bekol terletak di dalam kawasan taman nasional yang memiliki luas 10.000 hektar atau sekitar sepertiga luas taman nasional.

Lokasinya berada pada sekitar 12,1 kilometer dari pintu masuk taman nasional.

Savana di Baluran National Park ini merupakan habitat bagi banyak satwa liar, termasuk rusa, kijang, macan tutul, dan banteng.

Savana Bekol juga merupakan salah satu tempat yang populer untuk kegiatan rekreasi alam, seperti trekking, wild animal viewing, dan birdwatching.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke taman nasional ini untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan menikmati keindahan satwa liar yang hidup di sana.

Selain itu, Savana Bekol juga merupakan salah satu tempat yang ideal untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengamatan alam.

Banyak peneliti dan ahli kehutanan yang berkunjung ke taman nasional ini untuk melakukan riset dan pengamatan terhadap satwa liar yang hidup di sana.

Pantai Bama

Pantai Bama Baluran merupakan salah satu pantai yang terletak di Jalan Banyuwangi – Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Jawa Timur.

Menurut Google Maps, letaknya berada pada sekitar 14,9 kilometer dari pintu masuk Taman nasional Baluran.

Ini memang merupakan salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika ke Banyuwangi atau Situbondo.

Daya tarik utama dari pantai ini tentu saja pemandangan sunrise, fauna seperti monyet ekor panjang, hingga suasana hutan mangrovenya.

Tips Berkunjung Ke Destinasi Wisata Baluran National Park

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer di Situbondo dekat Banyuangi Jawa Timur.

Keindahan alam yang masih alami serta keberadaan hewan-hewan liar menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Untuk memaksimalkan kunjungan kamu ke taman nasional paling keren di Jawa Timur ini, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

  1. Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Pastikan kamu membawa perlengkapan seperti obat-obatan pribadi, air minum, topi, payung, dan sepatu yang nyaman untuk trekking.
  2. Kunjungi Taman Nasional Baluran pada waktu yang tepat. Pada musim kemarau, suhu udara di Baluran National Park cukup panas, sehingga lebih baik mengunjungi Taman Nasional Baluran pada pagi hari atau sore hari. Sedangkan pada musim hujan, cuaca di Taman Nasional Baluran cukup ekstrem, sehingga lebih baik mengunjungi Taman Nasional Baluran pada siang hari.
  3. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keamanan di Taman Nasional Baluran. Hindari membuang sampah sembarangan dan jangan merusak tumbuh-tumbuhan di Taman Nasional Baluran. Selain itu, jangan memprovokasi atau mengganggu hewan-hewan liar yang ada di Taman Nasional Baluran.
  4. Bawa kamera atau peralatan fotografi untuk mengabadikan momen-momen indah di Taman Nasional Baluran. kamu bisa mengabadikan keindahan alam, hewan-hewan liar, atau momen-momen spesial selama di Taman Nasional Baluran.
  5. Jika memungkinkan, sebaiknya bergabung dengan tur wisata atau pemandu dari pihak Taman Nasional Baluran. Dengan bergabung dalam tur wisata, kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang Taman Nasional Baluran, serta dibimbing oleh petugas yang profesional.

Demikian beberapa tips berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

Dengan mempertimbangkan tips-tips tersebut, kamu bisa memaksimalkan kunjungan kamu ke Taman Nasional Baluran dan menikmati keindahan alam yang masih alami di sana.

Harga Tiket Masuk, Alamat, Cara Pergi Ke Wisata Taman Nasional Baluran Di Situbondo Dekat Banyuwangi

Harga Tiket Masuk, Alamat, Cara Pergi Ke Wisata Taman Nasional Baluran Di Situbondo Dekat Banyuwangi Terbaru 2023

Untuk harga tiket masuk ke tempat ini, pengunjung harus membayar tiket sebesar berikut:

  • Harga tiket wisatawan domestik hari kerja atau biasa IDR 16.500
  • Harga tiket wisatawan mancanegara hari kerja atau biasa IDR 150.000
  • Harga tiket wisatawan domestik hari libur IDR 18.500
  • Harga tiket wisatawan mancanegara hari libur IDR 225.000
  • Tarif parkir motor IDR 5.000
  • Tarif parkir mobil IDR 10.000

Untuk lokasi dari pintu masuk Taman Nasional Baluran ini berada di Situbondo, atau tak jauh dari Kota Banyuwangi sesuai petunjuk lokasi di Google Maps disini.

Ada beberapa cara untuk pergi ke tempat wisata ini, dimana kamu bisa berangkat dari kota terdekat seperti dari Surabaya atau Banyuwangi.

Cara Pergi Ke Wisata Taman Nasional Baluran Dari Surabaya

Kamu bisa berangkat dari kota manamun di Indonesia dengan terbang ke Bandara Juanda di dekat Surabaya.

Baru kemudian dari Kota Surabaya, kamu bisa menyusuri Jalan Pantura ( atau lewat jalan tol keluar di Probolinggo ), melewati Kota Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo.

Dari Kota Situbondo, arahkan kendaraan kamu menuju ke pintu masuk Baluran National Park sesuai petunjuk lokasi diatas.

Cara Pergi Ke Wisata Taman Nasional Baluran Dari Banyuwangi

Kamu bisa berangkat dari kota manamun di Indonesia dengan terbang ke Bandara Banyuwangi.

Atau bisa juga jika kamu berangkat dari Bali, kamu bisa melakukan perjalanan darat lalu menyeberang lewat pelabuhan Gilimanuk di Bali ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Dari Banyuwangi, kamu bisa pergi menyusuri pantura menuju ke pintu masuk taman nasional yang jauhnya sekitar 35 km.

Dari pintu masuk tadi kamu bisa pergi ke Savana Bekol yang berjarak 12 km atau Pantai Bama yang berjarak 15 Km.

Waktu tempuhnya adalah sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan, tergantung kondisi jalur pantura macet atau tidak.

Hotel, Losmen, Penginapan Dekat Taman Nasional Baluran / Baluran National Park

Hotel, Losmen, Penginapan Dekat Taman Nasional Baluran Baluran National Park

Ada beberapa penginapan terdekat, dimana ada yang lokasinya berada di dalam taman nasional seperti:

  • Penginapan atau Wisma di Bekol
  • Penginapan atau wisma di Bama

Ada juga yang berada di luar area taman nasional, berada daerah Banyuwangi atau Situbondo seperti;

  • Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center, Jl. Brawijaya, Lingkungan Cuking Rw., Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68425, (0333) 3383888
  • Baloeran Ecolodge, Kendal, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374, 0812-3000-2612
  • Bima Homestay, Jl. Pandean, Randu Agung, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374, 0852-5800-6520
  • Buana Homestay, Randu Agung, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374, 0852-5979-2585
  • Dialoog Banyuwangi, Jl. Yos Sudarso, Kaliklatak, Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, (0333) 2800990
  • EL Hotel Royale Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM 7 Pakistaji, Dusun Krajan, Dadapan, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, (0333) 3382999
  • Forest Ranger Homestay, Jl. Pandean, Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Randu Agung, Randuangung, Wonorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374, 0821-4595-5780
  • Homestay BALURAN INDAH dekat Taman Nasional Baluran, Randu Agung, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374, 0812-1714-3801
  • Hotel Banyuwangi Beach, Jalan gatot Subroto KM 7, Bulusan, Kalipuro, Lingkungan Tj., Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, (0333) 427605
  • Hotel Baru Dua Beach, Jl. Raya Situbondo No.KM. 12, Selogiri, Ketapang, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68455, 0333-511488
  • Hotel Berlian Abadi, searah ke tempat wisata Baluran National Park Jl. Yos Sudarso No.165, Lingkungan Tj., Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, (0333) 427688
  • Hotel Blambangan, Jalan Doctor Wahidin Sudiro Husodo No.4, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411, (0333) 411143
  • Hotel Ikhtiar Surya, Lingkungan Cuking Rw., Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68425, (0333) 421063
  • Hotel Ketapang Indah, Jl. Gatot Subroto No.Km. 6, Lingkungan Tj., Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, (0333) 422280
  • Hotel Mahkota Plengkung, Lingkungan Tj., Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, 0333-416586
  • Hotel Mirah Banyuwangi, Jl. Yos Sudarso, Lingkungan Tj., Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, Telp. 0333-420600 Fax. 0333-414890
  • Hotel Ramayana Situbondo, Jl. Sepudi No. 114 Situbondo, 0338-671663
  • Hotel Rosali Situbondo, Jl. PB. Sudirman No. 52 Situbondo, 0338-678672
  • Hotel Santika Banyuwangi, Jl. Letjen S Parman No.15, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68418, Telp. 0333-4465123 Fax. 0333-4465125
  • Hotel Sido Muncul Situbondo, Jl. Raya Pasir Putih No. 87 Situbondo, 0338-390320
  • Hotel Slamet, Jl. Kapten Piere Tendean No. 89, Banyuwangi, 0333-424675
  • ILLIRA Hotel Banyuwangi, Jl. Yos Sudarso No.81-83, Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, (0333) 3384888
  • Kokoon Hotel Banyuwangi, Jl. Raya Jember No.KM 7, Dusun Krajan, Dadapan, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, (0333) 3386000
  • Luminor Hotel Banyuwangi, Jl. Yos Sudarso No.66, Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421, (0333) 3385000
  • Reddoorz door Reddoorz, Jelun, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374, (021) 80629666
  • Watudodol Resort dan Resto, Jl. Raya Situbondo Km. 14 Watudodol Banyuwangi, Telp. 0333-510048; 510125; 51033

Nah, diatas adalah informasi panduan wisata ke Taman Nasional / Baluran National Park Situbondo yang ada di dekat Banyuwangi terbaru 2023.

Semoga bisa berguna untuk kamu yang memerlukannya.

My Instagram : instagram.com/catperku


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *