Panduan Memilih Online Travel Agent Favorit!

Jaman online sekarang itu apa-apa serba mudah, bahkan untuk masalah pesan tiket pesawat, hotel, dan urusan liburan tinggal duduk sambil memainkan laptop atau smartphone saja. Iya, sekarang ini banyak banget bermunculan travel agent online yang mencoba menawarkan jasa untuk mempermudah liburan kita.

Tapi, kadang bingung enggak sih dengan banyak travel agent online tersebut? Bingung memakai travel agent yang mana gitu. Ada banyak banget travel agent yang bermunculan dengan promo masing masing kadang memang suka bingung juga sih. Belum lagi setiap travel agent punya diskon dengan term and condition masing-masing.

Nah, biar gak bingung, saya mau coba berbagi beberapa tips memilih online travel agent untuk mempermudah rencana liburanmu. Ada beberapa point yang membuat saya loyal pada salah satu travel agent online di Indonesia. Saya bocorkan saja langsung ya, selama ini saya paling sering menggunakan Traveloka untuk keperluan pemesanan hotel, tiket pesawat, dan kadang buat beli paket data di smartphone.

Kriteria Travel Agent Online Favorit Saya Seperti Apa?

Apa saja ya kriterianya?

1. Diskon Yang Diberikan Cukup Besar Traveloka Yang Sering Kasih Promo

Promo August deal of the day traveloka!
Promo August deal of the day traveloka!

Tidak munafik, setiap traveler pasti suka dengan diskon yang cukup besar. Dan, selama menggunakan traveloka, saya sering dapat diskon yang lumayan besar untuk pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel. Lumayan banget kan buat liburan kamu selanjutnya!? Apalagi akomodasi ini salah satu komponen biaya liburan terbesar lho.

Selain itu, ketika membicarakan promosi OTA, Traveloka ini diskonnya sering lebih besar dibandingkan dengan Travel Agent Online lain. Informasi promonya juga sering saya dapatkan di smartphone dengan mudah. Nggak perlu lagi cari-cari, lebih baik waktu cari promonya dipakai buat kerja cari duit saja. Hehee, biar bisa sering liburan!

2. Apakah Website Aplikasi Mobilenya User Friendly Dan Mudah Di Gunakan?

Selain diskon besar, salah satu faktor yang membuat saya loyal pada sebuah online travel agent adalah tentang kemudahan aplikasi dan website mereka digunakan. Kalau enggak user friendly, ya saya gak bakal sering pakai. Untuk Traveloka sendiri sering saya pakai ketika traveling. Baik yang terencana, atau ketika saya traveling tanpa rencana.

Terakhir saya sering pakai ketika road trip di jalur selatan Jawa. Kemarin, saya nggak pernah punya rencana mau menginap dimana selama di jalan. Saya hanya mengandalkan aplikasi mobile Traveloka di smartphone saya untuk mencari penginapan yang ada di jalur perjalanan. Dan tentunya saya bisa mendapatkan penginapan sesuai dengan budget.

3. Bagaimana Loyalty Program Online Travel Agent Tersebut

Loyalty program sebuah travel agent juga merupakan faktor penting yang membuat saya loyal pada travel agent. Dengan adanya point atau diskon khusus untuk para pengguna setia, bikin saya susah untuk berpindah menggunakan aplikasi atau travel agent online lain. Sayang kan, kalau point yang sudah didapatkan hangus atau tidak mendapatkan point ketika pesan di OTA lain?

4. Fitur Yang Ada Di OTA Tersebut Apa Saja?

Beli tiket pesawat, atau pesan hotel mungkin adalah fitur yang harus ada pada sebuah Online Travel Agent. Namun, keberadaan fitur lain seperti fitur sewa mobil, airport transfer, beli tiket bus hingga beli paket data akan mempermudah. Terutama buat saya yang males install banyak aplikasi. Kalau cukup dengan satu aplikasi Traveloka kamu sudah bisa mendapatkan segala macam fitur, kenapa harus pakai yang lain? Iya nggak?

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
1 Response
  1. Traveling Fun

    Aku Baru mulai buat travel blog nih kak, blog Kaka Relevan sama blog Saya, aku udah baca” Beberapa artikel Kaka, penulisanya bagus SEO friendly, Mudah”an aku bisa Kaya kaka, terimakasih ka dari Kaka Saya belajar Cara penulisan artikel tentang traveling .

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: