Kenapa Harus Bertualang Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?

Saya pernah jalan kaki dari cuban pelangi hingga Gunung Bromo yang jaraknya sekitar 40 km dalam dua hari. Saya juga pernah menembus padang pasir bromo dari arah Probolinggo hingga sampai Tumpang, Malang. Tapi bosankah saya mengunjungi destinasi yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini? Enggak dong! Berapa kali pun sepertinya saya enggak akan bosan! Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang bisa bikin ketagihan, karena masih banyak destinasi yang bisa dinikmati di area seluas 800 km persegi yang berada di  Jawa Timur ini.

Trekking ringan di Lembah Teletubies, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Trekking ringan di Lembah Teletubies, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Bagi siapa saja yang suka dengan suasana pegunungan api, kunjungan ke TNBTS merupakan suatu keharusan. Karena Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan gunung berapi terbesar di provinsi  Jawa Timur. Kalau cuaca sedang cerah, bisa terlihat Gunung Semeru,  yang merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut. saya memang belum pernah menjejakkan kaki di Gunung Semeru, yah tapi segera lah :D.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga mempunyai kaldera raksasa lho, bahkan yang terluas di Pulau Jawa. Sebuah kaldera raksasa yang merupakan padang pasir tandus seluas 10 km, yang bisa ditemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya.

Gunung Bromo sendiri termasuk adalah salah satu letusan di kaldera raksasa yang masih aktif. Karena itu, sewaktu-waktu gunung ini dapat mengeluarkan asap letusan dan mengancam kehidupan manusia di sekitarnya (± 3.500 jiwa). Suhu di Gunung Bromo lumayan dingin lho, enggak kalah sama musim dingin di luar negeri. Suhunya normalnya berkisar antara 5 sampai 18 derajat Celcius. Jadi pastikan datang dengan kostum yang bener, karena salah kostum bisa berbahaya :D

Berarti seru banget dong yah, traveling ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nah, biar lebih seru lagi, apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum traveling Ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Yang jelas pertama kali harus niat kesana dulu yah hehee! Selain itu ada beberapa tips dan informasi yang perlu diperhatikan sebelum memulai petualangan di TNBTS. Tenaang, saya enggak pelit berbagi kok, baca aja tulisan ini sampai selesai :D

Saya beristirahat di Lembah Teletubies dekat Gunung Bromo
Saya beristirahat di Lembah Teletubies dekat Gunung Bromo

Pertama Dan Yang Selalu Ditanyain Pasti Akomodasi. Nah Bagaimana Ketersediaan Akomodasi di TNBTS ?

Enggak usah takut tidak mendapatkan penginapan disini. Separah parahnya bisa bawa tenda sendiri dan camping di alam terbuka. Atau bisa juga menginap di hotel yang berada di sekitar TNBTS. Ada beberapa penginapan dan hotel terletak di sekitar Gunung Bromo. Beberapa terletak di Ngadisari, ada juga yang di Cemoro Lawang di mana terdapat penginapan yang terletak di dekat kawah (bahkan kawah terlihat jelas). Harga penginapan juga bervariasi, mulai dari paling murah hingga paling mahal ada. Saya sendiri pernah mendapatkan penginapan dengan tarif Rp. 250.000 per malam untuk 3 orang.

Alternatifnya ada penginapan yang lokasinya lumayan jauh seperti yang tersedia di Tretes dan Prigen, Pasuruan. Anda bisa menginap di sini sebelum kemudian mendaki ke Gunung Bromo, berangkat di malam atau dini hari sebelum matahari terbit. Jangan lupakan juga Kota Malang yang merupakan kota berbukit, juga bisa digunakan untuk tempat menginap sebelum ke Gunung Bromo.

Salah satu lokasi yang pernah saya gunakan untuk tempat menginap di Bromo. Pemandangannya bagus kan? Tepat berada di samping Gunung Bromo.
Salah satu lokasi yang pernah saya gunakan untuk tempat menginap di Bromo. Pemandangannya bagus kan? Tepat berada di samping Gunung Bromo.

Kedua Dan Yang Gak Kalah Penting Sih Transportasi Yak! Gimana sih Cara Ke Taman Nasional Bromo tengger Semeru Ini ?

Bromo Tengger Semeru bukanlah remote area seperti pedalaman Borneo. Taman nasional yang satu ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau umum dari Surabaya, dan Malang yang berada di Provinsi Jawa Timur. Bisa naik kereta, atau pesawat ke Malang dan Surabaya, baru melanjutkan perjalanan darat menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dari Surabaya, Ada beberapa cara untuk masuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bisa langsung melanjutkan ke Probolinggo, dan masuk dari di barat laut yaitu Desa Ngadisari (Cemoro Lawang). Atau masuk dari timur laut melalui Pasuruan dan desa Tosari. Yang paling sulit adalah melalui Ngadas yang merupakan jalan masuk dari kota Malang. Jalur Desa Ngadas juga merupakan jalur menuju ranu pane, yang merupakan jalur masuk utama ke Gunung Semeru. Meskipun jalur Desa Ngadas adalah yang paling sulit, tetapi jalur ini adalah jalur yang paling menantang dan memiliki pemandangan yang indah.

Sedangkan perjalanan dari Probolinggo adalah yang paling mudah dan sejauh ini merupakan rute yang paling populer, terutama jika bepergian dengan bis umum. Perjalanan melalui Wonokitri adalah yang paling dekat dan termudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya (5 jam perjalanan). Untuk mencapai Gunung Bromo dan lautan pasir sekarang ini diharuskan menyewa kendaraan 4×4, karena kendaraan pribadi (mobil) sudah tidak boleh turun hingga lautan pasir (ada banyak kendaraan 4×4 tersedia untuk disewa).

Apa Saja Kegiatan Dan Spot Yang Harus Di Datangi Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ?

Mulai dari berjalan – jalan ringan di area padang pasir Bromo seperti yang sering saya lakukan, Hingga melihat sunrise dari puncak pananjakan bisa dilakukan disini. Jangan lupakan juga menyewa jeep dan kemudian menuju lembah teletubies untuk melihat padang savana yang menghijau. Jangan sampai ketinggalan juga untuk mengintip kawah gunung bromo yang sampai sekarang ini masih aktif. Alternatifnya, untuk yan suka dengan petualangan, bisa dilanjutkan menuju Ranu Pane, Ranu Kumbolo atau hingga Puncak Mahameru ^^

Video dari http://indonesia.travel/id/

Buat yang suka sama festiva, bisa datang pada bulan Kasada/ke-sepuluh (biasanya bulan September-November) dan saksikan festival Kasada tahunan dimana suku Tengger akan datang ke Bromo untuk melemparkan sesajen yang terdiri dari sayuran, ayam, dan uang ke dalam kawah gunung berapi. Waah! Seru ya!!

Berbelanja Dimana Ya? Shoppaholic Pasti Mau Yang Satu Ini.

Berbelanja emang enggak wajib, tetapi anggaplah beli oleh – oleh untuk ikut membantu pengembangan ekonomi penduduk lokal setempat. Ada banyak toko-toko suvenir di sekitar Gunung Bromo yang menjual T-shirt, syal wol dan suvenir lainnya. Ada juga penjual yang menjual souvenir di dalam area padang pasar.

Yang Terakhir dan Gak Kalah Penting, Tips Menikmati Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dengan Menyenangkan!

  1. Yang paling penting untuk perjalanan ini adalah enggak salah kostum! Gunakan pakaian hangat, sepatu trekking nyaman, dan sarung tangan sebagai pelindung terhadap suhu yang sangat dingin  di antara nol sampai lima derajat Celsius.
  2. Jika Anda membeli atau menyewa sesuatu ingat untuk menawar terlebih dahulu.
  3. Matahari terbit antara jam 5:00 – 6:00 pagi (jika cuaca sedang baik dan tidak mendung), jadi Anda harus berangkat dari hotel atau penginapan pukul 03:00 untuk mengejar sunrise.
  4. Bulan terbaik untuk melihat matahari terbit adalah di musim panas dari bulan April hingga Oktober.
  5. Sebelum Anda mulai trekking atau pendakian, pastikan bahwa Anda telah makan secukupnya, membawa beberapa makanan dan minuman di dalam tas. Jangan sampai dehidrasi atau kekurangan bahan makanan di perjalanan.
Padang savana yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Enjoy Bromo, Enjoy Indonesia ^^
Padang savana yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Enjoy Bromo, Enjoy Indonesia ^^

Sumber data : http://indonesia.travel/id/destination/243/gunung-bromo

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • bromo tengger semeru national park
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
7 Responses
  1. Trekking ke Bromo , Cuban Pelangi, The Starting Point - Desa Ngadas

    […] sudahlah, tujuan akhirnya kan Gunung Bromo dan menikmati trekkingnya. Waktu semakin sore dan hujan rintik – rintik terus jatuh seakan […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: