Wisata Puncak B29 Lumajang Keren Banget! Tujuan Touring Favorit!

Katanya wisata puncak B29 desa negeri diatas awan Lumajang Jawa Timur ini keren banget? Tujuan touring favorit para biker pula! Apa benar demikian? Lalu berapa harga tiket masuk B 29, dan bagaimana suasana puncak b29 Lumajang malam dan dini hari?

Untuk menjawab hal itu, Saya membuktikan sendiri dengan mencoba touring ke salah satu tempat wisata yang masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.

Seperti apa hasilnya? Silahkan dibaca dan dilihat video blog / motovlog perjalanan touring ke tempat wisata di Lumajang ini ya!

Apa Itu Wisata Puncak B29 Lumajang?

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur, dan masih berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Jadi dari tempat ini kamu masih bisa menikmati suasana sejuk udara segar taman nasional yang tidak ada duanya tersebut.

Kawasan wisata puncak B29 di Lumajang Jawa Timur ini juga sering dikenal dengan desa atau negeri diatas awan.

Wisata Puncak B29 Lumajang Keren Banget! Tujuan Touring Favorit!

Kenapa demikian? Karena tempatnya yang tinggi berada diatas kaldera tengger, jadilah sering terlihat awan dibawahnya.

Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka dengan kegiatan alam, trekking hingga touring.

Ya, rute perjalanan menuju ke destinasi wisata ini memang menyenangkan baik ketika dicapai dengan trekking ataupun dengan touring motor.

Apa Saja Yang Bisa Dinikmati Dari Tempat Wisata Ini?

Ada banyak yang bisa dinikmati ketika kamu berkunjung ke tempat wisata ini.

Lautan Awan

Alasan puncak b29 Lumajang dikenal juga sebagai negeri diatas awan

Kawasan wisata puncak b29 Lumajang dikenal juga sebagai negeri diatas awan bukan tanpa alasan.

Pada kondisi tertentu, kamu bisa melihat lautan awan yang menutupi kaldera tengger ( savana dan lautan pasir bromo )

Hanya saja, kapan terbentuknya lautan awan dengan sempurna, tidak ada yang tahu dan tidak bisa diprediksi.

Kalau pas berkunjung kesini kamu nggak ketemu, ya coba lagi! Saya pun begitu, pas kesini nggak dapet view lautan awan.

Pemandangan Gunung Raung Dan Argopuro Dari Sisi Timur Puncak B 29 Lumajang

Pemandangan Gunung Raung Dan Argopuro Dari Sisi Timur Puncak B 29 Lumajang

Saya kurang beruntung karena tidak bisa menikmati pemandangan lautan awan dengan sempurna.

Namun saya tidak kecewa karena mendapatkan suguhan pemandangan Gunung Raung Dan Argopuro di pagi hari.

Siapa sangka kalau pemandangan sunrise di pagi hari dari tempat ini cantik sekali.

Kedua gunung tersebut tampak gagah dikejauhan, dan tentu saja seolah sedang mengambang di atas awan.

Katanya di bagian barat kita juga bisa menikmati pemandangan Puncak Gunung Arjuno dan Welirang sih.

Tapi saya nggak bisa melihatnya, karena waktu kesini awan tebal menyelimuti bagian barat.

Gunung Semeru Dan ( Kalau Beruntung ) Letusan Di Puncak Mahameru

Gunung Semeru Dan ( Kalau Beruntung ) Letusan Di Puncak Mahameru

Karena masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tentu saja kamu akan ketemu terus sama Semeru disini.

Mengingat lokasinya dekat sekali, hanya beberapa belas kilometer jika ditarik lurus dari wisata puncak b29 Lumajang negeri diatas awan ini.

Saya cukup beruntung bisa mendapatkan cuaca yang sangat cerah dan bisa mengabadikan beberapa bidikan foto terbaik Gunung Semeru.

Sunrise Yang Memukau Siapapun!

Sunrise Dari Puncak B 29 Lumajang Yang Memukau Siapapun!

Siapa sangka pemandangan sunrise atau matahari terbit dari tempat ini tidak kalah cantik dengan pemandangan dari Pananjakan.

Beruntung banget waktu pertamakali saya berkunjung ke sini dikasih pemandangan sunrise yang hampir sempurna.

Nah, tentu saja daya tarik pemandangan sunrise dari tempat wisata puncak b 29 Lumajang ini bisa jadi alasan kenapa kamu harus berkunjung kesini!

Fasilitas Dan Tiket Masuk Wisata B29 Lumajang

Harga tiket masuk ke tempat wisata b29 Lumajang Jawa Timur ini cukup murah, hanya perlu membayar IDR 5000/orang.

Selain tiket masuk, mungkin juga akan ada retribusi parkir yang harus dibayarkan.

Yang ini kadang ada kadang tidak, saya juga tidak tahu kenapa begitu.

Mungkin ketika saya datang kesini masih low season, jadi tidak ada yang jaga.

Untuk daftar lengkap tarif harga mulai dari tiket masuk ke tempat wisata b29 Lumajang Jawa Timur, ojek, hingga parkir adalah sebagai berikut.

  • Tiket Masuk : IDR 5.000
  • Tarif Ojek Motor : IDR 75.000 – 100.000 untuk pulang pergi dari pangkalan sampai titik puncak.
  • Tarif Parkir Motor : IDR 5.000
  • Tarif Parkir Mobil : IDR 10.000

Sebagai catatan, harga mungkin bisa berubah tanpa pemberitahuan ya.

Lalu fasilitas di tempat ini juga bisa dibilang lengkap, dan siap untuk menerima kunjungan wisatawan seperti :

  • Lokasi tempat parkir kendaraan wisata cukup luas ( di bagian bawah )
  • Warung dan tempat makan
  • Mushola
  • Camping area ( ada spot untuk camping ) / Bisa numpang nginep di warung seperti yang saya lakukan.
  • Spot foto dan video untuk bikin Tiktok atau IG Reels
  • Toilet / kamar mandi umum

Akomodasi Dan Penginapan Di Sekitar Tempat Wisata?

Saya pernah menginap di puncak b 29 dengan numpang di warung warlok sana

Di kawasan wisata puncak b29 Lumajang negeri diatas awan sendiri tidak ada penginapan.

Penginapan atau homestay terdekat berada di desa Argosari, sekitar 10-15 menit perjalanan.

Jadi kalau mau menginap di homestay, sebaiknya mencari penginapan / homestay di Argosari tadi.

Beberapa penginapan yang ada sebagai berikut:

  • Wahyu Home Stay Argosari B.29 ( Telp 085233413700 ), Argosari, Kec. Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361 ( Peta Lokasi Di Google Maps )
  • Sukarto Ojek & Penginapan B29 ( Telp : 082221614345 ), Argosari, Lumajang Regency, East Java ( Peta Lokasi Di Google Maps )

Untuk kamu yang ingin menginap tepat di titik puncak b29 Lumajang, pilihannya adalah camping atau numpang menginap di warung yang ada disana.

Saya pernah menginap di puncak dengan numpang di warung warlok sana.

Tapi ya mungkin nggak selalu diperbolehkan ya.

Cara Pergi Ke B29 Lumajang Negeri Diatas Awan Ini Bagaimana?

Ada beberapa cara pergi ke Puncak B29 Lumajang

 

Sebenarnya ada dua cara untuk pergi ke tempat ini. Pertama, trekking ( jika menginap di Cemoro Lawang ).

Kedua, touring melewati beberapa kota terdekatnya dari Malang, Lumajang, Probolinggo atau yang lainnya.

Trekking

Waktu saya berkunjung dan menginap semalam disini, sempat ngobrol dengan pengunjung lain yang datang kesini dengan jalan kaki.

Dia menginap di daerah Cemorolawang, lalu trekking sampai kawasan wisata puncak b29 Lumajang negeri diatas awan.

Sebenarnya memang ada jalur jalan setapak yang bisa dilewati motor trail, sepeda gunung dan pejalan kaki lewat kaldera bromo dan pertigaan Jemplang.

Atau ada juga yang lewat kaldera bromo dan langsung naik lewat jalur yang berada di bawah puncak B29 ini.

Namun kalau kamu bukan trekker yang berpengalaman, atau tanpa pemandu, sebaiknya tidak mencoba cara ini.

Untuk rute jauh trekking ke Puncak B29 Lumajang dari Cemorolawang – Pertigaan Jemplang petanya sebagai berikut di Google Maps ini.

Touring Dengan Mobil Atau Motor

Jika kamu datang dari jauh, bisa mencoba berkunjung dengan menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau motor.

Naik Mobil Ke Kawasan Wisata Puncak B29 Lumajang Negeri Diatas Awan

Jika kamu pergi kesini dengan menggunakan mobil, tentu saja darimanapun kamu berangkat, tujuannya adalah ke Kota Lumajang.

Atau bisa juga ke Kota Malang, lalu pergi ke arah Lumajang via Tumpang dan Ranupane ( tidak disarankan lewat sini ketika musim hujan karena rawan longsor ).

Lalu yang perlu dicatat kalau kamu berkunjung dengan naik mobil.

Yang jelas, berangkat darimanapun, kendaraan kamu hanya akan bisa sampai Argosari.

Dari Argosari sebaiknya kamu naik ojek saja, karena setelah itu jalurnya akan sangat ekstrim untuk mobil.

Kalau nekat, ya resiko bahaya ditanggung sendiri ya!

Naik Motor Ke Kawasan Wisata Puncak B29 Lumajang Negeri Diatas Awan

Cara paling menyenangkan untuk pergi ke tempat ini memang sambil touring naik motor.

Pemandangan sepanjang perjalanan nggak akan membosankan, indah terus pokoknya.

Tapi harap persiapkan kendaraan dalam kondisi terbaiknya, terutama untuk pengereman.

Mengingat rute ke puncak tempat wisata di Lumajang ini sangat ekstrim!

Kalau bisa hindari boncengan dengan menggunakan sepeda motor matic, kalau nekat, ya resiko tanggung sendiri ya.

Untuk beberapa rute touring ke wisata puncak b29 Lumajang negeri diatas awan bisa dipilih sebagai berikut ini ( klik untuk detail rute di Google Maps ):

Video Pengalaman Touring Dari Dan Ke Wisata Puncak B29 Lumajang Negeri Atas Awan!

Puncak B29 Lumajang ini adalah salah satu tujuan solo riding yang sudah lama ingin saya kunjungi.

Mungkin ada yang tanya, rute touring ke wisata puncak B29 gimana sih?

Rute touring ke Puncak B29 ini sebenarnya gampang gampang susah.

Baru kemarin akhirnya saya bisa mewujudkan rencana solo touring ke Puncak B29 di Lumajang ini.

Sampai menginap disana juga lho! Kira-kira seperti apa ya?

Tonton sampai selesai video perjalanan menuju ke b29 lumajang desa diatas awan ini!

Jangan lupa like, share juga subscribe ya!

 

Wisata Puncak B29 Lumajang Keren Banget! Tujuan Touring Favorit Nih! [ Motovlog Indonesia ]

 

Dari pengalaman saya, naik ke Puncak B29 lumajang ini nggak terlalu seram.

Tapiii, pas arah turun, ngerinya berlipat ganda.

Untung pemandangannya indah, jadi nggak usah tergesa gesa turunnya.

Kira-kira seperti apa ya rute touring turun dari Puncak B29 Lumajang ini?

Tonton sampai selesai, jangan lupa like, share dan subscribe bro!

Touring Puncak B29 Lumajang, Lewat Jalur Extreme Pake Sepeda Motor Matic! [ Motovlog Indonesia ]

 

Memang Sudah nggak diragukan lagi, rute dari dan ke Puncak B29 Lumajang ini memang pemandangannya indah banget.

Dari salah satu jalurnya bahkan saya bisa melihat Puncak Gunung Semeru dengan jelas.

Jadi boleh dibilang, ini adalah rute touring terindah di Jawa Timur!

Gas kesini nggak bro? Yuk!

 

Lewati Jalanan Negeri Atas Awan, Turun Dari Wisata Puncak B29 Lumajang! [ Motovlog Indonesia ]

 

—–

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *