“Wonderful Indonesia” Bali, Banyak Libur!

Ada yang bilang kalau Bali adalah kepanjangan dari “Banyak Libur”. Tidak sepenuhnya benar sih, karena toh ternyata jumlah libur di Bali dan ditempat lain yang ada di Indonesia itu hampir sama. Kalaupun ada perbedaan jumlah hari libur, itu karena ada libur tambahan untuk umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan. Yang kelihatan berbeda dari Bali jika dibandingkan dengan tempat lain di Indonesia adalah suasana “everyday is holiday” atau “tiap hari adalah liburan” -nya.

Saya bisa bilang begitu karena pernah tinggal di Bali selama kurang lebih dua tahun. Bukan berarti liburan di Bali selama dua tahun ya, tetapi saya disana bekerja :D. Untungnya lokasi kerja saya berada di pusat keramaian Bali, yaitu Kuta yang merupakan bagian dari Bali Selatan. Gara – gara itu juga saya sering mendapat kesempatan untuk sering – sering kabur ke pantai sepulang kerja.

Pantai kuta, salah satu pantai yang selalu menjadi destinasi idola di Bali
Pantai kuta, salah satu pantai yang selalu menjadi destinasi idola di Bali

Seringnya sih ke pantai yang sudah begitu terkenal itu, Pantai Kuta. Nah, kalau buat yang bekerja seperti saya saja, bali adalah tempat yang menyenangkan, bagaimana untuk yang niat liburan ke Bali ya? Pasti lebih asik lagi dong tentunya. Hanya, pastikan persiapan yang matang sebelum menikmati liburan di bali, nah mungkin bisa baca beberapa tips liburan  ke bali ini untuk memaksimalkan suasana liburan disana nanti ya :D

Bali, Banyak Libur! Kenapa Harus Ke Sana?

Terlepas dari beberapa majalah Travel and Leisure yang memilih Bali sebagai World’s Best Island tahun 2009, dan Lonely Planet’s memilih Bali sebagai peringkat kedua Best of Travel 2010, Bali memang memiliki banyak daya tarik. Mulai dari kawasan pegunungan sejuk seperti Bedugul, dan Kintamani dengan Gunung Baturnya, hingga Bali Selatan yang mempunyai puluhan pantai. Enggak ketinggalan kebudayaan unik dan menarik dari pulau yang dikenal dengan sebutan pulau dewata, dan pulau seribu pura ini. Salah satunya adalah Tari Kecak, sebuah tarian unik nan menantang diatas bara api yang menyala.

Video Bali, dari http://indonesia.travel/id/

Bali juga menyediakan berbagai macam aktifitas yang menarik, yang lebih dari sekedar liburan untuk bersantai saja. Mulai dari kehidupan spiritual sampai kulinernya, dan pengalaman luar biasa dari surfing, diving sampai trekking di hutan dan yang menantang keberanian dan membangkitkan adrenalin.  Semuanya bisa didapatkan hanya dengan menginjakkan kaki di pulau dewata. Masihkah berpikir dua kali untuk berlibur kesini?

Haruskah Bingung Dengan Akomodasi Di Bali?

Agak aneh jika ada yang masih bingung dimana menginap ketika liburan di Bali, yang ada seharusnya malah bingung menentukan pilihan tempat menginap disini. Sekarang ini mencari tempat menginap di Bali itu sama mudahnya dengan mencari air dilautan, terutama di Bali Selatan. Sebutlah Poppies Lane yang merupakan surga tempat menginap para backpacker. Di Poppies Lane I dan Poppies Lane II sangat mudah ditemukan tempat menginap murah, tetapi enggak murahan. Penginapan favorit untuk setiap backpacker yang datang ke Bali. Ada juga beberapa resort disekitar Kuta untuk yang mau sedikit bermewah – mewah.

Cari penginapan di daerah Ubud jika menginginkan tempat liburan yang tenang dengan suasana persawahan yang segar, atau sanur jika menginginkan tempat menginap tenang tetapi masih dekat dengan pantai. Lagi – lagi Kuta adalah tempat favorit menginap untuk yang suka dengan kehidupan malam dan keramaian bali yang sebenarnya. Karena Kuta adalah pusat hiruk pikuk untuk para pencari kehidupan malam, atau orang yang penasaran denga Jalan Legian.

Aaah! Bingung! Di Bali Mau kemana Saja!!?

Kok masih bingung sih? Ada puluhan destinasi lho di bali, tinggal pilih mana aja yang disuka. Baiklah, coba pilih beberapa dari banyak destinasi yang ada di travel blog catperku deh :D

Peta Lokasi Kuta Dan Sekitarnya

Transportasi Paling Efisien Di Bali Apa Ya?

Saya pernah merasa suatu saat di Bali ada MRT yang menghubungkan tiap destinasi pariwisatanya, hingga saya terbangun dan semua itu cuma mimpi. Memang tidak ada MRT di Bali, tetapi disaan ada transportasi umum berupa angkot, ojek dan yang mirip seperti di Jakarta adalah Trans-Sarbagita. Bisa dibilang transportasi umum di Pulau Dewata ini kurang bisa diandalkan.

Beberapa moda transportasi yang umum dan paling efisien digunakan disini adalah sepeda motor dan mobil. Lebih seru kalau bisa naik sepeda motor sendiri dan mengeksplorasi tiap sudut dari pulau bali sendirian. Bisa juga menyewa mobil beserta supirnya buat yang enggak mau repot mencari jalan menuju suatu destinasi yang ada di Bali.

Mau Belanja Oleh – Oleh Yang Banyak Nih! Dimanaaa?

Dari ujung ke ujung ada banyak tempat untuk memuaskan hasrat para traveler yang doyan belanja. Sekitar Kuta dan Denpasar adalah daerah yang banyak terdapat pusat oleh – oleh.

Gimana Cara Ke Bali!? Pengen Ngerasain Banyak Libur Nih!

Cara tercepat adalah dengan naik pesawat terbang, sekarang ini banyak sekali maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke Bali. Beberapa kota yang menyediakan penerbangan langsung ke bali adalah Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung. Bisa juga melakukan perjalanan darat kombinasi kereta api dan bus dengan pilihan rute sebagai berikut.

Dari Rute Tipe
Jakarta Kereta Api Bengawan (Tanah Abang–Solo) – Kereta Api Sri Tanjung (Lempuyangan–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Ekonomi
Jakarta Kereta Api Progo (Pasar Senen–Lempuyangan) – Kereta Api Sri Tanjung (Lempuyangan–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Ekonomi
Jakarta Kereta Api Gajayana(Gambir–Malang) – Kereta Api Tawang Alun (Malang–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Bisnis dan Ekonomi
Bandung Kereta Api Malabar(Bandung–Malang) – Kereta Api Tawang Alun (Malang–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Bisnis dan Ekonomi

Perjalanan darat mungkin akan banyak lebih banyak menghabiskan waktu diperjalanan, tetapi pengalaman lebih banyak didapatkan dari perjalanan darat, dari pada terbang langsung dengan pesawat.

Ada Tips Jitu Enggak? Biar Liburan Di Bali Lebih Kece Maksimal?

  1. Tidak seperti di jawa, warung makan hanya banyak ditemukan di kota besar dan area yang lebih ramai seperti Kuta, Denpasar, dan Singaraja. Jadi selalu perhitungkan bekal makanan sebelum mulai mengeksplorasi Bali.
  2. Untuk yang muslim, sekarang ini makanan halal mudah ditemukan, terutama di Warung Jawa. kalau kurang yakin, tanyakan terlebih dahulu sebelum membeli.
  3. Stasiun pengisian bahan bakar tidak sebanyak di Jawa, jadi perhitungkan bahan bakar yang ada, atau mungkin akan membawa cadangan.

Sumber Data Tulisan Dan Referensi : http://indonesia.travel/id/destination/73/bali

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses
  1. Rijal Fahmi Mohamadi

    makanya itu, bisa naek sepeda motor itu wajib di sana :p xixixi soalnya angkot aja jarang banget, apalagi trans-sarbagita ==”

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: