Pantai Sawangan, Hasil Kegagalan Pencarian Pantai Payung

Saya bangun kesiangan setelah menghabiskan waktu malam minggu dengan nonton film. Padahal keesokan harinya ada rencana hunting pantai. Salah satunya Pantai Pandawa, dan Pantai Payung. Dan, Pantai Sawangan Beach Bali ini sebenarnya tidak ada di dalam list hunting pantai hari itu. Pantai Payung sebenarnya pantai yang ingin saya kunjungi.

Paling tidak sampai saya menyadari kebodohan saya. Indikator bahan bakar kendaraan menunjuk pada garis merah, yang artinya saya lupa mengisi bahan bakar *doh *tepok jidat. “Argh! kenapa sampai lupa? Pom Bensin terdekat beberapa kilometer di belakang, mau balik juga nanggung” Pikir saya. Kalau memaksakan diri melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Payung, bisa bisa berujung mendorong kendaraan yang kehabisan bensin.

Sekedar informasi pom bensin terdekat berada sebelum perempatan ke arah Nusa Dua. Kalau terlewat, ya sudah, relakan saja motor terisi oleh bensin yang dijual eceran. Itupun kalau bisa menemukannya di daerah Selatan Bali yang masih sedikit mirip dengan hutan rimba ini. Saya pun nggak mau mengambil resiko, daripada mogok, saya memilih mengunjungi pantai terdekat saja, Pantai Sawangan Beach Bali.

Kebetulan saya ingat kalau di dekat sini ada sebuah pantai pribadi yang berada di halaman belakang resot.  Namanya Pantai Sawangan Beach. Ya,  memang pantai ini adalah sebuah private beach di  dekat Nusa Dua yang istimewa, terlebih pemandangan alam yang dimilikinya begitu alami. Pantai yang berada di belakang resort mewah ini konon pernah dikunjungi beberapa orang penting di dunia. Orang penting saja mengunjungi pantai ini ketika liburan ke Bali, masak saya enggak sih?

Mulai dari berjemur, bermain pasir hingga berenang di laut bisa dilakukan disini.
Mulai dari berjemur, bermain pasir hingga berenang di laut bisa dilakukan disini.

Misalnya Barack Obama yang meerupakan Presiden Amerika Serikat ke-44, Salman bin Abdulaziz al-Saud seorang Raja Arab Saudi ketujuh, dan aktris Hollywood yang pernah berlibur di Bali dan mempopulerkan Pantai Padang Padang di filmnya Eat Pray Love Julia Roberts. Sayangnya, waktu saya berkunjung kesini kok nggak menemukan orang terkenal sama sekali ya.

Kunjungan ke Pantai Sawangan Beach Bali adalah hasil dari sebuah kegagalan pencarian Pantai Payung

Sebenarnya jarak Pantai Payung tidak terlalu jauh kalau dilihat di peta. Namun karena saya belum pernah kesana, resiko nyasar dan berputar putar pasti ada. Jadilah saya memilih untuk mengunjungi Pantai Sawangan Beach saja. Toh keduanya sama-sama tempat wisata pantai di Bali selatan yang cantik dan terbaik. Sama-sama memiliki pasir putih dan ombak yang bagus lah.

Petunjuk rute menuju Pantai Sawangan Beach Bali cukup jelas dan gampang terlihat dari arah Nusa Dua.
Petunjuk rute menuju Pantai Sawangan Beach Bali cukup jelas dan gampang terlihat dari arah Nusa Dua.

Selain itu, Pantai Payung terlalu sulit untuk dicapai, apalagi setelah berputar selama setengah jam dan belum menemukan jalan menuju pantai Payung. Ditambah lagi kondisi bahan bakar menipis membuat saya khawatir harus mendorong sepeda motor ketika pulang. Akhirnya saya putuskan Pantai Sawangan Beach Bali menjadi alternatif saya. Pantai ini lebih mudah dicapai, karena lokasinya persis berada di belakang Nikko Resort, Bali.

Pantai Sawangan Bali terlihat dari atas jalan rahasia menuju ke pantai.
Pantai Sawangan Bali terlihat dari atas jalan rahasia menuju ke pantai.

(Baca Juga : Pantai Bingin, Perfect Hideaway Untuk Para Pecinta Pantai)

Ada dua cara untuk mencapai Pantai Sawangan Beach Bali, cara mahal dan cara murah!? lho kok!? Tenang baca dulu sampai selesai. Untuk cara mahal silahkan lakukan pemesanan untuk menginap di Nikko Resort, karena Pantai Sawangan yang juga halaman belakang Nikko Resort. Setelah itu bisa deh kamu nikmati pemandangan indahnya. Nah, Harganya berapa!? Jangan tanya saya, saya juga belum pernah coba, yang jelas harga paling murah masih diatas 100 USD.

Sebagai seorang pecinta pantai akut dan saya emang nggak ada niat menginap disana, saya lebih memilih cara yang kedua, cara yang paling murah, tapi jangan bilang siapa – siapa yah! :D. Sebenarnya tepat sebelum pintu masuk utama Nikko Resort ada jalan kecil yang belum beraspal. Nah inilah jalan rahasia menuju Pantai Sawangan Beach Bali jika cara mahal bukan menjadi pilihan.

Pantai Sawangan Bali Ini juga menjadi halaman belakang Nikko Resort.
Pantai Sawangan Bali Ini juga menjadi halaman belakang Nikko Resort.

(Baca Juga : Ultimate Seminyak Beach Sunset! A Romantic Sunset!?)

Jalan belum beraspal tadi menjadi pintu masuk ke Pantai Sawangan Beach Bali, dari jalan ini pantai bisa dicapai dalam waktu kurang dari 5 menit. Ikuti saja jalan ini sampai terlihat laut dan puluhan anak tangga menuju bibir Pantai Sawangan. Yak!, anda harus menuruni puluhan anak tangga tadi, tidak ada jalan selain sedikit berkeringat. atau anda lebih memilih membayar 100 USD?.

Pantai Sawangan Beach masih berada di bagian selatan Pulau Bali, otomatis pantai ini juga memilik karakteristik umum pantai bagian selatan Bali lain-nya. Seperti bertipe pasir dengan butiran yang agak kasar, ombak cukup besar bagus untuk surfing dan gugusan karang yang bisa membentuk kolam alami.

Sangat direkomendasikan untuk berenang di Pantai Sawangan Beach Bali, ombak besar hanya berada ditengah, ombak akan mengecil ketika sampai di bibir pantai. Aman untuk berenang, tapi tetap saja sarat utamanya anda harus bisa berenang! Eww! Obviously huh? Kalau nggak bisa berenang, tentu kamu bakalan tenggelam.

Surfing di Pantai Sawangan Beach Bali juga merupakan salah satu kegiatan yang mengasikkan.
Surfing di Pantai Sawangan Beach Bali juga merupakan salah satu kegiatan yang mengasikkan.

Selain aktifitas air, pemandangan alam di Pantai Sawangan Beach Bali sangat cantik ditambah lagi suasana pantai yang tenang. Sekedar duduk menikmati suara ombak dan melihat pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Kejauhan akan memberikan inspirasi tersendiri.

Di Pantai Sawangan Beach Bali juga ada beberapa warung lokal yang menyediakan jasa massage  dan minuman pelepas dahaga, tentunya harga pasti lebih murah daripada jika beli di resort sekelas Nikko. Tapi tetap saja, kalau mau lebih murah beli minuman dan makanan di minimarket saja.

Ini kedua kalinya saya mengunjungi Pantai Sawangan Beach Bali, tapi kali ini saya  dibuat kaget, kenapa!? Bagaimana gak kaget coba!? Kalau lihat ada beberapa Unta yang harusnya hanya bisa di temui padang pasir, tapi saya malah melihat para unta yang sedang leyeh – leyeh di Pantai Sawangan.

“Emang cuman manusia aja yang boleh berjemur, kita – kita para Unta boleh juga kan?”  Kata sang Unta ketika saya mencoba mendekat.

(Baca Juga : Uluwatu Dan Monyetnya Yang Tidak Lugu)

Unta pun juga senang berjemur di Pantai Sawangan Beach Bali.
Unta pun juga senang berjemur di Pantai Sawangan Beach Bali.

Hmm, oke, saya bohong tentang Unta yang bisa ngomong tapi Unta yang sedang leyeh – leyeh di pantai memang ada. Para Unta itu tidak sedang berjemur, mereka hanya sedang leyeh – leyeh karena belum ada pengunjung yang memanfaatkan jasa mereka.

Para Unta di Pantai Sawangan Bali tadi sebenarnya merupakan bagian dari Safari Unta atau Camel Safari yang bisa dinikmati di pantai ini. Tampaknya metode baru untuk menarik lebih banyak pengunjung, tertarik!? siapkan kocek lebih untuk menikmatinya.

Tidak peduli cara mahal atau cara murah untuk menikmati keindahan Pantai Sawangan Beach Bali, tetap saja pantai ini bisa dijadikan salah satu tujuan wajib untuk menikmati liburan di Pulau Bali. Sekedar bersantai dan menikmati suasana pantai yang tenang, atau jika sudah terlalu bosan dengan pantai yang selalu ramai seperti Pantai Kuta.

Mulai dari berjemur, bermain pasir hingga berenang di laut bisa dilakukan disini.
Mulai dari berjemur, bermain pasir hingga berenang di laut bisa dilakukan disini.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
14 Responses
  1. dedek

    awal oktober kemarin saya ke pantai geger ini…emang dari awal udah direncanakan, karena berdasarkan hasil survey di internet, di pantai geger ini kita bisa berenang and it;s true…

    kalo rute yang saya ambil adalah, memasuki jalan proyek ( petunjuk terbaiknya adalah ada resort yangs edang dibangun–katanya sih namanya st.regis) nah pas sebelum resort ini ada jalan proyeknya ikuti aja jalan tsb, sampai deh di pantai geger. kalo saya ga pake naik2 anak tangga sih..soalnya begitu parkir motor langsung disambut dengan keindahan pantai geger ini.

  2. Hotelmurahdio

    Pantai Geger Nusa Dua Bali ini termasuk yang sangat bersih, ciri khas pantai-pantai Nusa Dua sih, apalagi ada bagian yang dikelola oleh desa adat dan bagian lainnya yang dikelola oleh hotel. Memang sering sekali lihat anak-anak berenang di pantai ini, kayaknya termasuk aman untuk berenang.

    Btw itu jalan yang mana yah di tahun 2012 itu? Di tahun 2016 ada jalan lainnya yang langsung parkir di tepian Pantai Geger tanpa harus menuruni anak tangga lagi. Klo lewat jalan ini hanya perlu bayar parkir kepada pengurus setempat (Desa Adat Peminge).

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: