Kenalan Dengan Rapid Resort Shirakami Yuk!

Orang jepang itu kemana – mana suka naik kereta, karena itu saya tidak heran lagi kalau yang namanya stasiun di jepang kadang bisa lebih ramai dari mall.  Gara – gara itu juga ada banyak sekali jenis kereta yang ada di Jepang sana. Mulai dari tipe super cepat yang lebih dikenal dengan Shinkansen, hingga kereta wisata yang pelan tapi banyak diminati seperti kereta Rapid Resort Shirakami.

Dikenal juga sebagai The Resort Shirakami (リゾートしらかみ Rizōto Shirakami), kereta ini adalah kereta dengan beberapa pemberhentian di tempat – tempat yang terkenal. Dioperasikan oleh East Japan Railway Company atau JR East, secara khusus Rapid Resort Shirakami ini difungsikan sebagai kereta untuk berwisata melihat lansekap Jepang Utara, sepanjang jalur Gono Line sejak tahun 1997. (wikipedia)

Siapa yang pernah naik kereta ini? Kemarin waktu saya naik, mungkin cuma saya orang Indonesia yang ada di kereta. Sisanya, orang Jepang semua :D
Siapa yang pernah naik kereta ini? Kemarin waktu saya naik, mungkin cuma saya orang Indonesia yang ada di kereta. Sisanya, orang Jepang semua :D

Beruntung sekali Rapid Resort Shirakami sendiri sudah terkover oleh Japan Rail Pass. Jadi tidak perlu lagi repot – repot mengeluarkan uang yen lebih untuk sekedar menikmati pemandangan di jalur utara Jepang dengan kereta api. Pun begitu sebaiknya memesan tiket kereta ini paling tidak sehari sebelumnya, karena kereta ini lumayan populer dikalangan orang jepang sendiri. Dulu, ketika saya naik kereta ini, saya melihat hampir semua kursi penuh terisi. Jadi lebih baik jangan bertaruh untuk memesan tiket di detik – detik terakhir keberangkatan.

Ada tiga tipe kereta Rapid Resort Shirakami, yaitu Aoike, Buna, dan Kumagera. Saya sendiri baru menemui Aoike yang saya tumpangi ketika menuju Aomori, dan Kumagera yang saya temui ketika dijalan. Saya belum pernah melihat Rapid Resort Shirakami, Buna. Mungkin nanti jika ada kesempatan, saya akan mencobanya lagi :D. O iya, perlu diingat juga, semua kursi Rapid Resort Shirakami harus dipesan dahulu meskipun sudah punya JR Pass sekalipun. Jangan sampai di usir dari dalam kereta karena tidak punya tiketnya ya ^^

The Resort Shirakami (Aoike) Series HB-E300: 4 Gerbong

The Resort Shirakami (Aoike) Series 48
The Resort Shirakami (Aoike) 
Interior Rapid Resort Shirakami Aoike
Interior Rapid Resort Shirakami Aoike

The Resort Shirakami (Buna) Series 48: 4 Gerbong

The Resort Shirakami (Kumagera)
The Resort Shirakami (Kumagera)
Interior Rapid Resort Shirakami Kumagera
Interior Rapid Resort Shirakami Kumagera

The Resort Shirakami (Kumagera) Series 48: 4 Gerbong

The Resort Shirakami (Buna)
The Resort Shirakami (Buna)
Interior Rapid Resort Shirakami Buna
Interior Rapid Resort Shirakami Buna

Semua tipe kereta Rapid Resort Shirakami tadi akan melewati pesisir utara jepang dan akan melewati beberapa tempat wisata terkenal di Jepang seperti Shirakami Sanchi yang merupakan UNESCO world heritage site.

Jalur yang dilewati Rapid Resort Shirakami (Merah), Shirakami Sanchi (Hijau)
Jalur yang dilewati Rapid Resort Shirakami (Merah), Shirakami Sanchi (Hijau)

Video Si rapid Resort Shirakami Memasuki Stasiun JR Akita (Aoike)

Foto Si Rapid Resort Shirakami (Aoike, Kumagera)

Sesaat sebelum naik Rapid Resort Shirakami Aoike, kereta masih berhenti di stasiun JR Akita.
Sesaat sebelum naik Rapid Resort Shirakami Aoike, kereta masih berhenti di stasiun JR Akita.
Tulisan kanji di gerbong kereta ini dibaca aoike ya ^^ *padahal udah ada romajinya :P*
Tulisan kanji di gerbong kereta ini dibaca aoike ya ^^ *padahal udah ada romajinya :P*
Tempat duduk Rapid Resort Shirakami Aoike terkesan mewah! Kereta eksekutif Indonesia aja enggak ada apa - apanya
Tempat duduk Rapid Resort Shirakami Aoike terkesan mewah! Kereta eksekutif Indonesia aja enggak ada apa – apanya
Sementara pintu kamar mandi yang ada di dalam kereta gede seperti ini
Sementara pintu kamar mandi yang ada di dalam kereta gede seperti ini
Jadi enggak kaget lagi kalau bagian dalamnya luas banget! Buat gegoleran guling - guling bisa ini
Jadi enggak kaget lagi kalau bagian dalamnya luas banget! Buat gegoleran guling – guling bisa ini
Kursinya empuk, perjalanan ke Hirosaki sekitar 4 jam pun gak terasa capek
Kursinya empuk, perjalanan ke Hirosaki sekitar 4 jam pun gak terasa capek
Jarak antar kursi juga sangat lega, orang berkaki panjang seperti saya pun senang ^^
Jarak antar kursi juga sangat lega, orang berkaki panjang seperti saya pun senang ^^
Ada video di ujung gerbong, meskipun agak terlalu kecil sih menurut saya
Ada video di ujung gerbong, meskipun agak terlalu kecil sih menurut saya
Sebenarnya memang ada beberapa video di tiap gerbong, buat yang males nengok keluar jendela. Tapi emang ada yang males?
Sebenarnya memang ada beberapa video di tiap gerbong, buat yang males nengok keluar jendela. Tapi emang ada yang males?
Reserved tiket, Rapid Resort Shirakami tujuan terakhir Hirosaki!
Reserved tiket, Rapid Resort Shirakami tujuan terakhir Hirosaki!
Ada juga gerbong yang isinya bukan kursi dengan formasi dua - dua. Ada kompartmen khusus yang lebih luas dan nyaman :D
Ada juga gerbong yang isinya bukan kursi dengan formasi dua – dua. Ada kompartmen khusus yang lebih luas dan nyaman :D
Kompartemen seperti ini lebih enak dipesan kalau naik kereta ini rame - rame. Kalau sendiri seperti saya, kursi mana saja boleh deh :D
Kompartemen seperti ini lebih enak dipesan kalau naik kereta ini rame – rame. Kalau sendiri seperti saya, kursi mana saja boleh deh :D
Satu lagi tempat menarik di Rapid Resort Shirakami Aoike adalah di bagian depan kereta
Satu lagi tempat menarik di Rapid Resort Shirakami Aoike adalah di bagian depan kereta
Dari depan ini, saya bisa melihat jauh kedepan, juga tahu stasiun apa saja yang akan dilewati
Dari depan ini, saya bisa melihat jauh kedepan, juga tahu stasiun apa saja yang akan dilewati
Jangan lupa mengambil kartu ini, untuk kemudian distempel. Disediakan stempel khusus, yang menandakan kalau sudah naik Rapid Resort Shirakami Aoike. Menyenangkannya lagi, stempel ini gratis ^^
Jangan lupa mengambil kartu ini, untuk kemudian distempel. Disediakan stempel khusus, yang menandakan kalau sudah naik Rapid Resort Shirakami Aoike. Menyenangkannya lagi, stempel ini gratis ^^
Weits! Siapa tuh? Ternyata di jalan si Aoike bersimpangan dengan Kumagera loh!
Weits! Siapa tuh? Ternyata di jalan si Aoike bersimpangan dengan Kumagera loh!
Lihat name tag di gerbongnya, ada tulisan *Kumagera*
Lihat name tag di gerbongnya, ada tulisan *Kumagera*
Dan sepertinya penumpang Kumagera pun begitu antusias melihat Aoike yang saya tumpangi lewat ^^
Dan sepertinya penumpang Kumagera pun begitu antusias melihat Aoike yang saya tumpangi lewat ^^

Ps: Denah Rangkaian Kerta dari (http://www.jreast.co.jp/e/routemaps/resortshirakami.html#category01),  Peta jalur Gono Line dari (http://www.japan-guide.com/e/e3790.html)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
2 Responses
  1. Zen Daniel

    bro, kalo kita mau naik kereta seperti Shinkansen / Rapid Resort Shirakami seperti di atas menggunakan JR Pass harus memesan tiket terlebih dulu ya? Gmn caranya dan apa berbeda dengan reguler train yg di Tokyo (untuk menggunakannya)? thanks :)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      Kalau spesial train semacam rapid resort shirakami harus pesen dulu, soalnya tiket juga terbatas. Terus cara memesannya sama dengan kereta lain :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: