Tahun Baru Kalian Liburan kemana? Tips Persiapan Liburan Akhir Tahun Ala Catperku Ini Bisa Bermanfaat Buat Kamu!

November sudah tiba, dan… sebentar lagi berarti bulan Desember akan datang nih! Biasanya sih, Desember ini adalah musimnya orang liburan. Iya, bulan dimana banyak orang yang menghabiskan akhir tahun di tempat liburan impiannya.

Mungkin ada yang ingin menghabiskan liburan dalam ketenangan, mungkin juga ada yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun dalam hingar bingar pesta kembang api seperi saya. Namun, apapun pilihannya, yang jelas persiapkan rencana liburan akhir tahun sebaik-baiknya.

Nah, untuk yang mau liburan di penghujung tahun, mungkin tips persiapan liburan akhir tahun versi catperku ini bisa bermanfaat ya :D

Liburan akhir tahun enaknya pergi kemana ya?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Liburan akhir tahun enaknya pergi kemana ya?

1. Siapkan Dana Liburan Akhir Tahun Dari Jauh Hari

Namanya liburan, dana untuk moment ini perlu dipersiapkan bukan? Dulu, ketika saya masih menjadi karyawan kantoran, saya selalu menyisihkan sebagian dari gaji setiap bulannya. Persentasenya pun bervariasi, mulai dari 20 persen gaji, hingga 50 persen gaji. Tergantung kemana saya mau menghabiskan liburan akhir tahun.

Menabung lebih banyak demi destinasi liburan akhir tahun impian
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Menabung lebih banyak demi destinasi liburan akhir tahun impian

Kalau destinasi liburannya seperti ke Jepang, yang merupakan destinasi impian saya, sudah pasti saya akan menyisihkan lebih banyak. Dulu, demi ke negeri ini, saya menyisihkan hampir 50 persen lebih gaji demi bisa bertemu dengan doraemon di negeri sakura.

Nah, kalau untuk liburan akhir tahun 2015 ini, kebetulan saya akan menghabiskannya di Sydney. Selain karena saya kebetulan juga mendapatkan visa WHV, saya ingin menikmati pergantian malam di Sydney yang katanya wah itu. Untuk persiapannya sendiri, saya sudah mulai menabung dan apply visa WHV sejak tahun lalu.

2. Ajukan Cuti Disaat Yang Tepat!

Ajukan cuti harus disaat yang tepat, ijin liburan pasti datang dengan cepat!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ajukan cuti harus disaat yang tepat, ijin liburan pasti datang dengan cepat!

Meluluhkan hati bos di kantor mungkin adalah tantangan yang paling berat agar bisa diijinkan untuk liburan akhir tahun ke destinasi impian. Pastikan untuk mulau mengajujan cuti sebulan atau bahkan dua bulan sebelumnya. Minimal mengutarakan secara langsung jauh-jauh hari kepada bos.

Jangan lupa, ketika akan mengajukan cuti, usahakan sedang berada dalam posisi “over achieve” , atau kerjaan yang sedang dipegang sukses dengan hasil memuaskan. Minimal, kalau bos senang dengan hasil kerja keras, ijin cuti libur akhir tahun pasti mendapatkan lampu hijau dengan mudah.

3. Pilih Destinasi Yang Kalian Suka

Pertunjukan kembang api di Sydney yang bikin saya kesengsem ingin liburan akhir tahun kesana!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pertunjukan kembang api di Sydney yang bikin saya kesengsem ingin liburan akhir tahun kesana! (Sementara foto minjem dari sini, nanti setelah sudah sampai Sydney di bulan Desember akan saya ganti dengan foto sendiri ya :D *semoga lancar*)

Liburan akhir tahun haruslah menyenangkan, karena itu jangan sampai salah pilih destinasi. Misalnya, kalau memang suka keramaian, memilih destinasi libur akhir tahun yang punya banyak event seperti Bali, Bandung, Singapura atau bahkan Jakarta tentu akan menyenangkan.

Untuk yang suka dengan suasana hening pergantian tahun, bisa mencoba dengan camping atau berkemah saja. Dan untuk yang suka pertunjukan kembang api, bisa mencari informasi jauh-jauh hari tempat mana saja yang pertunjukan kembang api-nya bagus.

Seperti misalnya di Sydney, destinasi libur akhir tahun yang kebetulan saya pilih tahun ini. Salah satu kota besar yang ada di Australia ini adalah destinasi liburan akhir tahun yang menyajikan pertunjukan kembang api menakjubkan. Bahkan bisa dibilang, pertunjukan kembang api di Sydney adalah salah satu yang terbaik di dunia.

(Baca Juga : Cara Membuat Work And Holiday Visa Australia Part 1: Mencari Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur)

4. Cari Tiket Pesawat Dengan Smart

Nah, ini yang paling penting! Karena tiket pesawat ini bisa menjadi salah satu biaya termahal libur akhir tahun kalau tidak jeli mencari tiket pesawat murah. Ada banyak maskapai yang menawarkan tiket pesawat yang murah, bahkan ketika menjelang peak season libur akhir tahun.

Triknya adalah dengan mulai mencari tiket pesawat murah jauh-jauh hari. Seperti yang saya lakukan kemarin, saya mendapatkan tiket pesawat promo Denpasar – Sydney dengan harga IDR 2.390.000 untuk dua orang, terbang tanggal 29 Desember 2015. Nggak terlalu mahal bukan? Biasanya tiket pesawat Denpasar – Sydney paling murah itu bisa 4 jutaan loh!

Lantas bagaimana bisa mendapatkan harga tiket pesawat semurah itu? Cara pertama paling gampang adalah dengan subscribe ke newsletter ke bebrapa maskapai penerbangan yang memang disukai. Sementara itu, cara kedua adalah dengan menggunakan fasilitas website pencarian penerbangan atau meta search website seperti Wego.

Enaknya menggunakan website seperti Wego ini, saya bisa banyak menghemat waktu. Karena di website tadi, saya bisa mencari dan membandingkan tiket pesawat murah dari ratusan travel agent dan maskapai hanya dalam 1-klik saja! Bayangkan kalau saya harus mengunjungi satu persatu website maskapai yang ada? Bisa pusing kan?

5. Persiapkan Akomodasi Selama Liburan Nanti

Ada yang mau menghabiskan libur akhir tahun di Marina Bay Sands?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ada yang mau menghabiskan libur akhir tahun di Marina Bay Sands?

Akomodasi juga tidak kalah penting dalam merencanakan liburan akhir tahun. Karena, biasanya ketika musim libur akhir tahun, hampir semua hotel dan penginapan di tempat wisata atau kota yang populer untuk liburan itu penuh. Iya, suasana libur akhir tahun itu tidak bisa disamakan dengan ketika mencari hotel di Bogor untuk liburan sabtu minggu. Karena pasti banyak juga yang ingin mencari akomodasi terbaik untuk liburan.

(Baca Juga : Pengalaman Liburan, Menghabiskan Weekend Ke Belitung)

Kalau tidak mencari akomodasi dengan benar ketika libur akhir tahun, entah akan mendapatkan harga yang jauh lebih mahal dari biasanya, atau malah mendapatkan lokasi hotel yang sangat tidak strategis. Sebisa mungkin, pesanlah akomodasi satu bulan atau bahkan dua bulan sebelum berangkat untuk menghindari bencana libur akhir tahun yang bisa terjadi karena masalah akomodasi.

6. Cari Teman Liburan Yang Tepat

Milih partner liburan itu sama kayak milih jodoh, jangan sampai salah! #eh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Milih partner liburan itu sama kayak milih jodoh, jangan sampai salah! #eh

Mungkin ada yang nggak biasa liburan sendiri, karena itu nggak ada salahnya untuk mencari partner liburan yang menyenangkan. Jangan sampai salah pilih, karena salah memilih teman liburan itu bisa berujung ke dalam kegagalan libur akhir tahun.

Memulai dengan berbagi rencana liburan akhir tahun di social media mungkin adalah cara yang benar. Bisa saja, salah satu teman di social media mempunyai rencana liburan dan destinasi yang sama. Kalau beruntung, biaya libur akhir tahun bisa ditekan karena ada kemungkinan bisa sharing cost!

Nah, bagaimana? Kira-kira itulah tips persiapan libur akhir tahun ala catperku untuk yang ingin merencanakan liburan di akhir tahun hingga menjelang pergantian akhir tahun 2015 nanti. Semoga bisa bermanfaat untuk yang memerlukannya, dan semoga bisa menikmati libur akhir tahun di destinasi impian masing – masing.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

43 Responses

  1. alimuakhir says:

    Tipsnya bermanfaat sekali Mas

  2. Aku biasanya pakai skyscanner buat nyari tiket murah. Sejauh ini sih benar-benar berguna.

  3. Inggit says:

    Semoga kapan2 bisa menikmati libur pergantian tahun di syedney seperti kak Fahmi :(

  4. dani says:

    Masalah saya selalu di cuti kalo akhir tahun Mah. Eh biaya jugak ding. Hahahaha.

  5. Bai RUindra says:

    Tips yang siap diterapkan mas Fahmi ????

  6. Aku sudah mempersiapkan mas, hehehehe. Rencananya cuma pengen main yang dekat-dekat kok, kalo bisa pengennya naik sepeda :-D

  7. Evi says:

    Aku sudah punya tujuan liburan akhir tahun. Yang belum siap dananya :)

  8. yang terakhir itu penting. eh tapi nggak juga ding, jalan sendiri aja deh :3

  9. Lusi says:

    Duh, udah mau tahun baru ya? Kemana nih? Bokek je hahaaa

  10. Dita says:

    huhuhu dan baru sadar udah mau akhir tahun, dana mana dana T_T

  11. fasyaulia says:

    Aku akhir tahun mau ke Jokja, ketemu temen2 blog disana sambil liburan hehehe.

  12. Dana..dana…yang terpenting siapkan dana dari jauh2 hari. Bener banget mas hehehe

  13. info kuliner says:

    akhir tahun udah di depan mata, tapi budget belom terkumpul.. hadeehhh

  14. bayu says:

    lihat foto yang ada di nomor 1, dan lihat pria yang ada di samping kiri bandingin sama bang Fahmi, kok mirip ya :D

  15. Woah asik ya ke Sydney, ditunggu hasil reviewnya aja deh mas. Saya belum tau mau kemana akhir tahun nanti -,-

  16. Eky says:

    asiknya bakal tahun baruan di Sydney! Tahun lalu saya udah rencana NYE di Sydney juga (udah beli tiket setahun sebelumnya haha), tapi harus ditunda dan akhirnya tahun baruan di Berlin.

    Tahun ini tahun baruannya ndusel di bawah selimut aja :))

  17. Alris says:

    keren mas Fahmi udah ngebolang ke banyak tempat, :)

  18. nyirinrin says:

    Kalau nabungnya sekarang, pasti susah yah? secara ini aja udah akhir tahun

  19. ihwand says:

    Kalo saya nggak pernah liburan akhir tahun Mas he3 Apalagi sekarang istri lagi hamil muda bawaannya lemes dan baper mulu jadi di rumah aja deh.Palingan liat aksi kembang api di UB, kalo di Balai Kota Malang pasti ruamee.

  20. Wah, saya jadi kangen ke Marina Bay Sands nih…

  21. Astri Yuneva says:

    kalau liburan akhir tahun pas dinegara itu winter, persiapan pakaiannya apa aja?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: