Mau Liburan Murah Ke Bali? Pergi Lewat Jalur Darat Aja!!

Mau Liburan Murah Ke Bali? Pergi Lewat Jalur Darat Aja!!
5 (100%) 20 votes

Mau liburan murah ke Bali? Pergi lewat jalur darat aja! Gimana sih caranya liburan murah ke Bali Jalur darat? Jika pepatah mengatakan ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga cara liburan murah ke Bali!! Iya, tidak terhitung banyaknya jalan menuju Bali. Mulai dari yang ekonomis sampai yang mahal! Mulai dari gratisan sampai yang berbayar, tinggal pilih mau nyaman atau mau murah :D

Nah! Sebenarnya banyak banget cara menuju pulau yang menjadi ikon pariwisata Indonesia ini. Mulai dari yang paling gampang yaitu naik pesawat dari bandara manapun yang melayani rute penerbangan menuju Denpasar. Hingga cara yang paling ekonomis yang biasa saya sebut “ngeteng”, atau perjalanan darat dengan moda transportasi yang berbeda.

Cara pertama liburan ke Bali dengan naik pesawat memang paling praktis, kadang bisa lebih murah dari perjalanan darat. Hanya saja kalau mau liburan murah ke Bali dengan naik pesawat, ya harus nunggu tiket promo. Soalnya kalau lagi gak promo, harganya suka mahal. Apalagi kalau di musim peak seson liburan!

Cara kedua dengan adalah dengan perjalanan darat, baik secara langsung dengan cara naik sepeda motor seperti motovlog diatas, atau “ngeteng” dengan berganti – ganti kendaraan umum untuk menuju Pulau Bali. Perlu diketahui ada dua pintu masuk ke Pulau Bali jika dengan perjalanan darat.

Pintu pertama untuk masuk ke Bali beraada di bagian barat pulau, yaitu Pelabuhan Gilimanuk dengan penyeberangan dari Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan pintu masuk kedua ada di bagian timur, yaitu pelabuhan Padang Bai, yang juga sebagai pintu keluar masuk menuju pelabuhan Lembar, Lombok.

Meskipun "ngeteng" atau bergonta - ganti jenis transportasi ketika traveling kebali itu bisa sangat melelahkan, namun liburan murah ke Bali bisa jadi lebih seru dengan cara ini
Meskipun “ngeteng” atau bergonta – ganti jenis transportasi ketika traveling kebali itu bisa sangat melelahkan, namun liburan murah ke Bali bisa jadi lebih seru dengan cara ini

(Baca Juga : 10 Ide Destinasi Asik Bali Untuk Weekend Traveler’s)

Mencoba cara pertama atau kedua ada kelebihan dan kekurangan-nya masing – masing. Memakai cara pertama akan lebih cepat dan praktis, namun cara kedua akan lebih terasa petualangannya. Cocok banget buat yang suka sama kegiatan petualangan, drama dan kejadian tidak terduga selama traveling. Yang pasti, tentukan dulu tipe jalan-jalan ke Bali yang disuka. Mau yang liburan saja yang santai atau liburan plus bumbu petualangan yang menegangkan!

Kalau saya, pengalaman pertama kali traveling ke Bali dengan cara “ngeteng”, yaitu dengan naik kereta api dari Malang menuju Banyuwangi, kemudian nyambung bus malam sampai Bali dengan menjadi seorang penumpang gelap. Memang lebih lama, tapi rasanya itu adalah pengalaman ke Bali saya yang paling seru.

Gara – gara itu juga saya jadi menemui berbagai macam tipe orang di perjalanan. Seru banget, jalan-jalan ke Bali pertama kali sendirian, nggak pake itinerary sama sekalI! Bandingkan kalau naik pesawat yang bisa di tempuh hanya dengan beberapa jam, atau bahkan puluhan menit saja? Tahunya sih B2SB, Boarding, Bobok, Sampai Bali. Enak sih, tapi kurang kerasa petualangannya :D

Naik bus ke Bali juga bisa loh menjadi pilihan utama untuk liburan murah ke Bali. Hampir dari seluruh kota besar Pulau Jawa ada bus yang rutenya langsung menuju Bali. Kalaupun tidak mendapatkan tiket bus malam atau bus eksekutif ada satu cara untuk mengakalinya. Cari saja bus menuju kota Surabaya terlebih dahulu, nah sampai di terminal Purbaya, Surabaya ada banyak sekali bus yang langsung menuju ke Denpasar, Bali, tinggal pilih! Tapi awas kena tipu ya!

Liburan murah ke Bali dengan kereta api sebenarnya juga bisa, meski tidak ada jalur kereta api langsung ke Bali. Pilihan yang menggiurkan buat railway fan nih! Seperti yang saya sebutkan, tidak ada kereta api langsung sampai Pulau Bali. Karena memang sama sekali tidak ada jalur kereta api di Bali. Dari ibu kota yang berada di ujung barat, pemberhentian terakhir kereta api menuju Bali ada di stasiun Banyuwangi Baru, yang juga merupakan stasiun kereta api paling timur di pulau Jawa.

Kalau enggak mau ribet, bisa liburan murah ke Bali dengan naik pesawat terbang :D rajin - rajin saja mencari tiket promo kesana.
Kalau enggak mau ribet, bisa liburan murah ke Bali dengan naik pesawat terbang :D rajin – rajin saja mencari tiket promo kesana.

(Baca Juga : Balada Bali, Transportasi Publiknya, Dan… Sepeda Motor)

Untuk mencapai Banyuwangi bisa dijangkau dari Surabaya menggunakan kereta api kelas bisnis Mutiara Timur, atau dari kota Malang dengan kereta api ekonomi Tawang Alun. Jika melakukan perjalanan dengan kereta api, biasanya saya merencanakan perjalananan dengan bantuan website www.kereta-api.co.id dan id.wikipedia.org/wiki/Jadwal_kereta_api_di_Indonesia. Dua website tersebut sangat berguna untuk melihat dan membandingkan jadwal kereta api yang ada di Indonesia, atau Pulau Jawa khususnya.

Dari Rute Tipe
Jakarta Kereta Api Bengawan (Tanah Abang–Solo) – Kereta Api Sri Tanjung (Lempuyangan–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Ekonomi
Jakarta Kereta Api Progo (Pasar Senen–Lempuyangan) – Kereta Api Sri Tanjung (Lempuyangan–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Ekonomi
Jakarta Kereta Api Gajayana(Gambir–Malang) – Kereta Api Tawang Alun (Malang–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Bisnis dan Ekonomi
Bandung Kereta Api Malabar(Bandung–Malang) – Kereta Api Tawang Alun (Malang–Banyuwangi) – Kapal Ferry (Ketapang–Gilimanuk) – Bus (Gilimanuk–Denpasar) Bisnis dan Ekonomi

Beberapa kereta api yang melayani jalur ke Banyuwangi, pintu menuju Pulau Dewata.

Lokasi Stasiun kereta api Banyuwangi baru dan pelabuhan penyeberangan Ketapang sangat dekat :D Jalan kaki tidak akan capek :)
Lokasi Stasiun kereta api Banyuwangi baru dan pelabuhan penyeberangan Ketapang sangat dekat :D Jalan kaki tidak akan capek :)
Gilimanuk dan terminal bus yang menyediakan rute Gilimanuk - Denpasar juga begitu.
Gilimanuk dan terminal bus yang menyediakan rute Gilimanuk – Denpasar juga begitu.

Sesampainya di ujung timur Pulau Jawa sendiri, Bali masih berjarak sekitar satu jam penyeberangan laut dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. O iya, Pelabuhan Ketapang ini berada di dekat stasiun Banyuwangi Baru, hanya sekitar 10 menit berjalan kaki. Lokasi stasiun dan pelabuhan memang dekat sekali, jadi tidak perlu naik angkutan apapun lagi.

Kalaupun nantinya ditawari ojek atau becak bisa di tolak jika tidak berkenan, atau mencobanya jika ingin berbagi atau sedang iseng. Biasanya setelah turun dari stasiun Banyuwangi Baru, akan banyak yang menawari jasa untuk mengantarkan ke Pelabuhan Ketapang. Kalau sudah sampai Ketapang, perjalanan liburan murah ke Bali jalur darat sebentar lagi selesai. Karena setelah menyeberang dari ketapang akan sampai di Pulau Bali.

(Baca Juga : “Wonderful Indonesia” Bali, Banyak Libur!)

Setelah sampai dipelabuhan Gilimanuk, Bali. Jangan lupa mempersiapkan kartu identitas, yang biasanya KTP/SIM. Karena disini akan dilakukan pengecekan identitas. Bukan hal yang menakutkan, tapi Bali memang berusaha menjaga stabilitas keamanannya. Tunjukkan saja kartu identitas yang masih berlaku, dan kemudian dilanjutkan untuk mencari transportasi menuju Denpasar dengan santai.

Waktu siang hari, mencari transportasi untuk menuju jantung Pulau Bali, tidak akan sulit. Banyak ditemukan kendaraan berupa mini bus yang berada di terminal Gilimanuk. Terminal yang berada di depan pelabuhan Gilimanuk ini memang sebagai titik keberangkatan transportasi yang akan mengantarkan menuju kota Denpasar. Harga standar untuk menuju terminal Ubung, Denpasar adalah sekitar 20 – 30 Ribu (*mungkin data kurang valid ketika inflasi di Indonesia semakin tinggi*).

Selamat datang di Bali, selamat berlibur dan berpetualang XD
Selamat datang di Bali, selamat berlibur dan berpetualang XD

Tantangan sebenarnya adalah mencari bus ke Denpasar ketika malam hari. Mini bus yang berada di terminal Gilimanuk tadi pasti sudah tidak beroperasi. Triknya, cari bus yang menuju Mataram. “PDKT” sama kenek bus, yang lebih baik dilakukan ketika sedang mengapung di Kapal Fery menuju Gilimanuk.

Bus dengan tujuan Mataram tadi pasti akan melewati terminal Ubung juga. Dulu saya pernah sampai Pelabuhan Gilimanuk dini hari, hasilnya saya jadi penumpang gelap setelah PDKT dengan kenek bus, menumpang bus jurusan Mataram ceritanya. Hehee!

Tips Cara Liburan Murah Ke Bali For Dummies!

Nah, kira-kira cerita diatas adalah pengalaman saya liburan murah ke Bali lewat jalur darat. Dibawah ini juga saya tambahin gimana tips liburan murah ke Bali untuk pemula, atau yang baru pertama kali ke Bali. Semoga berguna deh!

  • Kadang terbang dengan pesawat bisa lebih murah dari pada perjalanan darat, sering sering saja membuka website maskapai yang sering member promo tiket murah . Jalur penerbangan menuju ke Bali juga sangat populer, makanya tiketnya juga sering menjadi murah.
  • Murah tidaknya biaya perjalanan darat tergantung dari kelihaian menawar, bisa saja mendapatkan harga dibawah normal kalau memang raja tega menawar. Sayangnya saya sering gak tega nawar harga dibawah normal :p
  • Jika melakukan perjalanan darat, GPS (Guide Penduduk Setempat) adalah petunjuk terbaik, caranya bisa beli minum di warung sambil bertanya, atau sambil makan. Kalau gak mau keluar biaya, manfaatkan bertanya kepada petugas yang berwenang jika perlu suatu informasi. Mereka adalah sumber informasi terbaik, bahkan lebih baik daripada Google!

Jadii, sekarang sudah tahu kan gimana cara liburan murah ke Bali sendirian? Semoga beruntung, ada banyak tempat wisata baru di Bali menunggu untuk kalian jelajahi nih!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
82 Responses
    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      wah, memang lumayan ribet nyari kendaraan umum ke pusat kota kalau dari padang bai :D rencana cadangannya sih emang harus cari tumpangan hahaa

  1. yuyun

    waduh aku baru mau nanti maret ke bali, tapi msh ga tau tujuan nanti udh di bali mw kmana aja hahaha, recomend tempat donk yg deket dr kuta kmana aja, *maklum baru pertama

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      jelajah pantai di bali selatan aja :D rata – rata cuma 30 menit – 1 jam perjalanan dari kuta. udah banyak banget yang aku tulis di blog, atau beli buku The Traveler Notes : Bali The Island Of beauty bisa juga :D lengkap sama peta di dalamnya :)

  2. bali, ya? Saya belum. Jadi pengin naik kereta kesana. Mas, kalau boleh nambah, bisa naik eksekutif kesana. Ke surabaya dulu naik Bima/Argo Bromo Anggrek/Bangunkarta/Gumarang, terus lanjut muttim(mutiara timur). Seenggaknya saya pengen kesana, terus langsung balik lagi ke JAK naik kereta. Toh, naik kereta paling murah sekali jalan cuma 50.000 yang ekonomi, itupun udah ber-AC, tanpa sesak, tanpa asongan, dan sebagainya. semoga aja saya bisa kesana naik kereta

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      hohooo, suka naik kereta ya? aku pengen cobain naik kereta dari ujung barat jawa sampe ujung timur jawa terus nyambung ke bali :D makasih udah nambahin! :D

  3. touloust

    Bermanfaat sekali gan postinganya, Ane dulu pernah ke bali…memang betul jalur transportasi darat di samping murah menyenangkan juga ”Adventure” kerasa banget…apalagi pas baru sampai pelabuhan gilimanuk, Kerasa aura mistis’nya tapi top liburan di sana.

  4. Dhani Anggara

    Saya aslinya Malang tapi tinggal di bali udah 6 tahun mas…mau ngasih saran, untuk nyari bis yang dari gilimanuk ke denpasar saya ada ide yang lebih mudah, murah n gak capek :) Nyari bisnya jangan di gilimanuk, tapi diluar pelabuhan ketapang…Jadi nyampai ketapang jangan buru2 jalan kaki masuk pelabuhan dan jangan beli tiket ferrynya dulu, tapi tunggu bis dari jurusan jember atau dari arah surabaya yang akan menyeberang..yang dai jember tiap 30 menit biasanya ada..Jadi gak perlu jalan kaki kedalam n ga perlu beli tiket ferrynya karena udah include sebagai penumpang bisnya :)

  5. Mau naik dari ujung barat sampai timur, mas? Ada 2 cara:
    1. pertama naik KA 7096 Krakatau ekspress dari merak, turun madiun lanjut 136 Sri tanjung, sampai bw(banyuwangi) cari bis ke bali
    2. naik kalimaya ekspress, turun tanahabang, lalu ke gambir, langsung pesen Bima, sampai sgu(surabaya gubeng), langsung pesen muttim sepaket bis KAI ke gilimanuk

  6. Eko Prasetyo (@ekopr)

    Bukannya tiket kereta api Mutiara Timur Malam dari Surabaya ke Denpasar sudah include termasuk dijemput/oper bus Damri Patas diBanyuwanginya ?

    1. Rijal Fahmi

      bisa beli include busnya atau enggak dulu, soalnya kadang ada yang milih nyeberangnya beli sendiri, baru naik disisi bali karena nggak mau antri masuk kapal di dalam bus :)

  7. Bener, mas. Muttim itu nggak termasuk jasa penyebrangan. Harus ngasih biaya tambahan. Kalau saya, nggak akan naik Muttim. Saya naik K3 alias ekonomi, selalu.

  8. udah pernah ke bali naik pesawat, pengen nyoba naik kereta tapi agak takut :( udah ada rencana sihh awal tahun depan, semoga jadi dehh rencana’a :D izin comot adeventure’a yaa, nanti kalo saya jadi kesono, saya share lagi harga terbaru :D

  9. amin O:)
    naik pesawat kan enak tinggal Duduk, Tidur, Sampe :D kalo ngecer butuh banyak perjuangan pfftttt
    kenapa takut ? yaa karna saya agak sedikit trauma sama yang nama’a Terminal dan stasiun >..<

    1. Rijal Fahmi

      tapi kadang pengalaman seru banyak ditemu perjalanan lho XD tapi pilihan masing sih, bebas mau pake apa saja, yang pentig merasa nyaman :)

  10. trauma? Trauma apa? Duduk, tidur, sampai itu, kalau menurut saya itu, hanya orang manja yang akan lakukan (maaf kalau menyinggung). ya, itu kan karena naik kendaraannya saja yang estafet atau ngeteng, jadi enggak duduk tidur sampai. Mesti berganti-ganti. Yah, yasudah. Selera orang. Begini saja. Daripada cuma duduk, tidur, sampai, coba mbak lakukan yang namanya nge-bordes. Penjelasannya, nanti master yang akan bilang. Kebalikan, saya punya dendam tersendiri dengan bandara

  11. masing2 punya caranya sendiri, ya kalo masalah manja dulu saya juga suka jalan2 -_- bahkan udeh nyampe papua naek kapal -_- tahun 2008 *8 hari terombang ambing di lautan* waktu saya masih sekolah *itu juga bolos 2 minggu sampe mau di keluarin* :(. tapi ketika saya lagi semangat2’a jalan2 sendiri, malah dapet 2x perlakuan gak enak >.< jadi sekarang agak trauma kalo ke terminal / stasiun -_-

    1. Rijal Fahmi

      hehee, tenang – tenang, yang penting terus berbagi, terus yang trauma belajar move on dikit – dikit tuh. tapi tetep stay alert ya XD

  12. Maaf, maaf, ternyata perlakuan nggak menyenangkan, mbak? Kalau itu saya juga sering banget dapet, mbak, dari otc, dari kp, dari pkd, dari ks, dari ppka. Kalau itu, sih, jangan diambil hati, mbak, mereka juga manusia. Kecuali kalau udah keterlaluan

  13. wah tulisan yang menarik sekali. saya ada rencana ke bali akhir tahun ini. awalnya ingin ikut rombongan tour travel, tapi tertarik juga untuk jalan sendiri. cuma karena saya merasa tidak punya teman, agak ngeri juga sebenarnya mas jalan sendiri di tempat yang tidak kenal, malam-malam, dan yah akhir-akhir ini banyak berita kriminal tak menyenangkan. jadi kalau ada yang mau ke bali dengan kereta ayo kita bareng-bareng. aku domisili di sukoharjo (solo). terima kasih

  14. Neny

    Baru saja pulang liburan dari Bali nih (9-14 Okt 2014). Tapi PP nya pake pesawat dari JOG-DPS-JOG, kebetulan dapat promo AA super duper murah PP only 200an (tapi belinya pas taon lalu :D). Ke Bali tujuan pertama ke 61Legian (Sky Garden) University Party (free entry kalau punya Kartu Mahasiswa) + Malam minggu nya ada DJ R3hab juga (I’m so Lucky bisa ikut party bareng r3hab). Untuk penginapan di Popies Lane I & II, rata2 150K/N (fan), kalo pake AC starting 250K. Waktu explore pantai-pantai di Bali cuma bermodalkan GPS and seru. Next trip ke Bali pengen coba jalan darat.

  15. erik ferdinansyah

    Mas minta saran nya dong kalau pas sampai pel ketapang mending lngsung nyari bus di luar pelabuhan atw nanti pas di dalam ferry

  16. Raka

    Kasih saran dong ane mau berangkat dari semarang kira kira klo naik jalur darat kebali lewat solo apa jogja terus klo semarang ke solo pake bis dr terminal sampe st. Jebres pake apa? Brp wktu perjalannya??
    Pesen tiketnya bisa lngsung ke stasiun kan?
    Btw ane masih di bawah umur hehe :D
    karena ane masih kurang beberapa bulan lagi dpt ktpnya jadi gk sabar pengen kesana secepatnya..
    Klo blum punya ktp waktu di gilimanuk nya gimana gan?

    1. Rijal Fahmi

      kalau lama perjalanan bisa di cek di wikipedia atau website KAAI deh. jalur darat ke bali bisa lewat solo – kertosoni – banyuwangi :D mungkin bisa pake Kartu pelajar deh buat masuk ke bali lewat laut :)

  17. Raka

    Gan ane belum punya ktp nih cos ane masih 16 thn hehe
    Klo perjalanan bali dr semarang ke bali lebih prefer ke aolo apa jogja..? Trus klo misal dr smg ke kota itu naik bis sampe solo, kira kira dr terminal sampe st. Jebres naik apa?
    Btw ane kan masih di bawah umur trus di gilimanuknya pas priksa ktp pake apa gan??
    Thanks sblmnya soalnya ane juga pengen backpackeran sendiri ke bali hehe :D

    1. Rijal Fahmi

      Kalau bus eksekutif biasanya langsung denpasar ada, kalau nyambung – nyambung ke bali (ngeteng) harus lewat surabaya :) apalagi semarang kan di utara, via jalur pantura pasti lewat surabaya :)

  18. monic

    halo kak, saya mau tanya. saat melakukan penyebrangan dari pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk, kapal ferry apa yang kakak tumpangi?
    saya sedang mencari kapal ferry yang bagus untuk penyebrangan tour kantor saya
    terima kasih

    1. Rijal Fahmi

      semua kapal ferry yang menyeberang ke bali hampir sama sih, entah bisa milih apa enggak, yang jelas yang ada diisi penuh dulu baru berangkat :D

  19. Bali View

    Woowww lengkap dengan daftar biaya nih.. dan benar-benar murah. Tapi setelah sekarang harga tiket mahal, rasanya udah sulit dapat harga segitu ke bali

  20. Agnes Fortuna

    ,ak pny rencana trip ke bali sm temen ala backpacker sih.. Nah, mw minta saran untuk hotelnya itu sebaiknya pindah” sesuai obyek ato stay aja ya?rencana sih mw ke bali 3d/2n pake kereta, kalau blm trima ktpbbsa berangkat kan?tx infonya

  21. hai, saya berencana ke bali naik kereta bln desember. kalau bawa anak (5 th) apakah memungkinkan? sebaiknya saya pilih mutiara timur atau sri tanjung? jika saya memesan mutiara timur via online, apakah sudah otomatis termasuk bus damri sampai denpasar? maaf pertanyaannya borongan, hehehe. makasih sebelumnya

  22. Hahaha baru baca nih … jadi pembaca yg ke 14,xxx dehhh :-D

    Aku dulu banget pernah naik bus dari Semarang ke Bali, tapi blm pernah nih naik kereta ke Banyuwangi trus nyebrang … seru kali ya :D :D :D

  23. Kristy

    Tanggal 17 februari rencana mau ke bali pake jalur darat nih, udah sering kebali pake pesawat. Perjalannya makan waktu berapa jam ya mas? Hehee

  24. yang mimin tulis kan perjalanan ke bali nya. ak ada rencana mw ke bali ntr september dan sdh pesan tiket pesawat dr surabaya – bali. tp ak dr bali pgnnya k malang. bisa lewat darat g dari Bali-MAlang? ada jalur kereta api? info dunk…

  25. Nova Aziyah

    Kakak mau tanyaaa…. Kalau solo backpacking cewek lewat jalur darat recommended enggak? Saya mau coba nih Malang – Jogja bulan februari. Sebenernya sih dari Lampung – Jakarta – Bandung – Yogyakarta – Malang – Bali. Nah kok agak ragu buat solo ke Malang – Bali setelah baca postingan kakak.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: