Serunya Berwisata Ke Lembongan, Pulau Kecil Tapi Menyenangkan Di Tenggara Bali!

Kapan lagi sempat liburan ke Lembongan? Jelajah tempat wisata Nusa Lembongan Bali? Pulau kecil di Bali tenggara ini merupakan tempat pelarian yang asik dan tenang buat saya ketika Bali memasuki masa long weekend dan peak season!

Tahu sendiri kan ribet dan macetnya Bali ketika peak season? Karena hampir sebagian besar orang di Indonesia dan luar negeri lebih suka liburan ke Bali dari pada ke tempat lainnya :p Yep, liburan ke Lembongan, menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan adalah cara terbaik untuk lari dari semua itu!

Efek terlalu lama tinggal di pulau yang setiap hari berasa liburan, ketika long weekend datang malah merasa sebal! Kenapa? Sejujurnya waktu terbaik menikmati pulau Bali adalah saat hari biasa. Semua tempat wisata terlihat tidak begitu ramai, jalan – jalan utama di bali juga tidak terlalu macet.

Kalau boleh di bilang, hari biasa adalah hari dimana Bali bisa disebut sebagai perfect place for holiday! Makanya, kalau lagi rame gini, bawaanya pengen deh jelajah tempat wisata Nusa Lembongan yang masih sepi! Jadi kamu juga bisa berkunjung kesini selain mengunjungi tempat wisata Nusa Penida ya.

Serunya Berwisata Ke Lembongan, Pulau Kecil Tapi Menyenangkan Di Tenggara Bali!

Yah, saya tidak bisa menyalahkan setiap orang yang ingin pergi liburan ke Bali. Karena dimata mereka dan dimata saya, Bali merupakan salah satu pulau terbaik untuk liburan yang dimiliki oleh Indonesia. Satu satunya jalan ya, saya yang harus kabur dari Bali selama musim long weekend.

Beruntung ada dua pulau kecil disebelah tenggara Pulau Bali, Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Dari kedua pulau tersebut, Nusa Lembongan adalah yang terdekat, sekitar 1 – 2 jam penyebrangan dengan public boat. Selain itu, jelajah tempat wisata Nusa Lembongan juga nggak kalah menyenangkan kok!

Beberapa waktu lalu saya menyempatkan diri untuk survey beberapa tempat wisata Nusa Lembongan. Bukan sedang musim long weekend sih, tapi untuk persiapan jika nanti Bali memasuki long weekend, dan saya perlu tempat untuk kabur dari keramaian dan kemacetan Bali yang sudah hampir se-level dengan Surabaya.

Atau bahkan kemacetan bali sekarang lebih mirip dengan Jakarta malahan? Hmm, who cares it’s goverment’s problem! Saya hanya bisa menolong mengurangi kemacetannya dengan mencoba kabur dari Bali selama long weekend. Hehe!

Pantai Sanur adalah salah satu tempat menyeberang, masuk untuk menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan.
Pantai Sanur adalah salah satu tempat menyeberang, masuk untuk menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan.

Pengalaman Jelajah Tempat Wisata Nusa Lembongan Bali!

Nusa Lembongan bisa dicapai dari tiga tempat, Pantai Sanur, Pelabuhan Benoa, dan Nusa Penida. Dari ketiga tempat tesebut, untuk mencapai Nusa Lembongan bisa menggunakan kapal kecil yang berupa jukung jika menggunakan jasa public boat, atau kapal sejenis fast boat jika menggunakan jasa penyeberangan swasta. Jadi ada banyak cara untuk pergi liburan dan menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan Bali.

BACA JUGA :  10 Ide Destinasi Asik Bali Untuk Weekend Traveler's

Karena saya tinggal di daerah Kuta, Pantai Sanur adalah pelabuhan penyebrangan terdekat. Selain itu public boat yang harganya paling murah berangkat dari pantai ini. Waktu tempuh dari Pantai Sanur menuju Nusa Lembongan kurang lebih sekitar 2 jam. Setelah itu jukung akan mendarat di sebuah tempat yang bernama Jungut Batu. Jungut batu ini biasanya memang tujuan pertama orang yang baru liburan ke Lembongan Bali.

Loh!? kok Jungut Batu? Bukannya mau jelajah tempat wisata Nusa Lembongan tadi? Ehem, sabar bro! Jungut Batu adalah nama sebuah desa di Nusa Lembongan. Karena sebenarnya di Nusa Lembongan terdapat dua desa, satunya bernama Lembongan, dan satunya bernama Jungut Batu. Karena pelabuhan utama Nusa Lembongan ada di Jungut Batu, mau tidak mau jukung harus bersandar di situ.

Banyak Penginapan Murah Di Nusa Lembongan

Di desa Jungut Batu Nusa Lembongan ini adalah sebuah desa yang lebih mirip poppies lane di Kuta. Berbeda dengan Desa Lembongan yang hampir semuanya berupa villa mewah, yang mungkin harganya diatas 100 dolar. Desa Jungut Batu ini juga merupakan tempat menginap yang pas sebelum menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan!

Jukung Boat to Nusa Lembongan, salah satu moda transportasi untuk pergi liburan ke Lembongan Bali! Salah satu moda transportasi paling murah untuk menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan Bali!
Jukung Boat to Nusa Lembongan, salah satu moda transportasi untuk pergi liburan ke Lembongan Bali! Salah satu moda transportasi paling murah untuk menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan Bali!

Semua penginapan dengan harga miring banyak tersedia di desa Jungut Batu. Bayangkan, saya menginap 3 orang di satu kamar cuma bayar Rp. 200.000, ada kolam renang lagi di depan kamarnya. Meskipun harga kamar tidak termasuk breakfast sih! Yah, saya tidak peduli, karena akhirnya saya menemukan warung jawa yang harga makanannya dibawah Rp 10.000, lezat pula!

Paling Enak Sewa Motor Untuk Jalan Jalan Di Nusa Lembongan

Meskipun ukuran pulau ini hanya sekitar 8 Km persegi, mengelilinginya dengan jalan kaki bisa bikin super capek. Jadi bukan pilihan bijak menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan dengan berjalan kaki. Malah, kata bapak yang menyewakan motornya, di bagian desa Lembongan, landscapenya cenderung berbukit. Padahal dibenak saya tadi ingin jalan kaki saja, toh ukurannya cuma sedikit lebih besar dari Gili Trawangan.

Hemm, kalau nekat jalan kaki bisa gempor juga nih kaki haha! Untung dikasih tau oleh bapak ABK jukung, yang ternyata juga menyewakan motor untuk berkeliling pulau. Motornya sudah penuh bensin, jadi tidak perlu lagi beli bensin tambahan. Kalau kurang, masih beli bensin eceran sebelum mulai menjelajah tempat wisata Nusa lembongan. Ada banyak kok yang jual bensin eceran disini.

Bensin yang penuh sudah cukup lah untuk berkeliling pulau dua hari. Jangan kaget juga kalau menemui setiap sepeda motor di pulau ini tidak mempunyai plat nomor resmi, malah kebanyakan plat nomor itu diganti dengan nama dari tiap – tiap homestay. Yah, pulau ini memang tidak terlalu besar, jadi keamanan juga lebih terjamin.

Blue Pristine water, salah satu best spot Nusa Lembongan.
Blue Pristine water, salah satu best spot Nusa Lembongan.

Ada Banyak Tempat Wisata Di Nusa Lembongan Yang Bisa Kamu Kunjungi

Meskipun kecil, Nusa Lembongan memiliki banyak daya tarik untuk di eksplore. Banyak tempat wisata Nusa Lembongan yang apik. Mulai dari hutan kecil, pantai yang cantik, sampai keindahan bawah lautnya. Sayang waktu itu kondisi cuaca kurang menyenangkan, jadinya saya hanya berkeliling pulau dengan menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA :  Pulau Samalona, Itulah Nama Pulau "Cantik" Itu

Hanya beberapa spot tempat wisata Nusa Lembongan yang searah perjalanan saya kunjungi. Seperti Dream Beach yang ombaknya sangat besar, jangan sekali kali berenang di pantai ini kalau tidak punya stamina yang bagus, atau bahkan hindari berenang. Dream Beach tempat terbaik untuk bengong seharian doing nothing at all sambil mendengarkan kerasnya deburan ombak.

Bukit di desa Lembongan adalah tempat wisata Nusa Lembongan terbaik untuk menikmati pemandangan desa Jungut Batu dari ketinggian. Dari situ bisa dinikmati pemandangan jukung dan fast boat yang berjejer rapi. Landscape desa Jungut Batu secara keseluruhan juga dapat dinikmati dari sini. Bagi penyuka tempat tinggi dan pemandangannya seperti saya, The Hill di Nusa Lembongan adalah tempat yang menakjubkan.

Serunya Berwisata Ke Lembongan, Pulau Kecil Tapi Menyenangkan Di Tenggara Bali!
Serunya Berwisata Ke Lembongan, Pulau Kecil Tapi Menyenangkan Di Tenggara Bali!

Keramahan Nusa Lembongan sudah terasa sejak saya menjejakkan kaki di pulau ini untuk pertama kali. Entah kenapa saya merasa kalau suasana di Pulau ini adalah Bali yang sebenarnya. Jauh dari pada kondisi di Kuta yang sekarang cenderung ke barat – baratan. Dan kadang traveller lokal sering dicuekin karena dianggap tidak begitu mendatangkan uang. Tapi selama saya menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan semua berbeda, entah lokal atau orang asing semua diperlakukan sama, keramah – tamahan orang Bali dan Indonesia  yang sebenarnya dapat dilihat di tempat ini.

Tenang, unik, ramah dan menyenangkan, harusnya menjadi tagline dari Nusa Lembongan. Menjejakkan kaki, menjelajah tempat wisata Nusa Lembongan membuat saya betah dan seakan tidak mau pergi dari pulau ini. Pulau ini memang pas untuk kabur dari keramaian. Sekedar untuk adventure , leyeh – leyeh seharian, atau melakukan art of doing nothing. Yah, apapun itu it’s your choice, pilih yang kamu suka! Jadi kamu mau liburan ke Lembongan Bali?

Rekomendasi Aktifitas Juga Tempat Wisata Nusa Lembongan Yang Bisa kamu Kunjungi

Tentu saja ada beberapa aktifitas seru dan beberapa tempat wisata Nusa Lembongan yang bisa kamu kunjungi disini. Disini saya merekomendasikan beberapa hal tersebut.

1. Pantai Jungut Batu

Pantai Jungut Batu ini adalah salah satu tempat wisata di Nusa Lembongan yang paling mudah aksesnya. Pantai Jungut Batu juga salah satu yang terpopuler disini.  Bahkan ketika kamu baru sampai di Nusa Lembongan, kamu akan berlabuh di pantai ini. Ombaknya tenang, karena tidak menghadap langsung ke Samudera Hindia. Biasanya sih banyak yang berenang, atau bermain paddle boarding disini. Kamu tertarik untuk mencobanya juga?

2. Devil’s Tears Nusa Lembongan

Tempat wisata Nusa Lembongan yang satu ini sebenarnya agak mirip dengan tempat wisata Water Blow di Nusa Penida. Jadi kamu harus datang kesini pada waktu yang tepat, atau kamu tidak bisa menemukan kondisi terbaik Devil’s Tears Nusa Lembongan. Pada kondisi yang ideal, disini kamu bisa menemukan ombak meloncat tinggi sampai beberapa meter.

Itu juga yang membuat tempat ini dikenal dengan nama Devil’s Tears atau tangisan iblis. Biasanya banyak turis yang berfoto dengan latar belakang ombak yang melompat tinggi tadi. Namun saran saya harap jaga jarak dan berhati-hati ya. Karena tempat ini cukup berbahaya dan sudah pernah memakan korban.

BACA JUGA :  Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Jogja Untuk Liburan!

3. Mushroom Bay Nusa Lembongan

Saya tidak tahu kenapa tempat ini disebut dengan Mushroom Bay. Namun yang jelas untuk kamu yang mencari ketenangan, kamu bisa mencoba main kesini. Bersantai sepanjang hari sambil menikmati keindahan pantai tentu menjadi aktifitas yang menyenangkan. Atau kamu juga bisa melakukan aktifitas olahraga air disini ya.

4. Dream Beach Lembongan

Saya paling suka berkunjung ke Deram Beach Nusa Lembongan karena di dekatnya terdapat sebuah resto yang asik untuk bersantai seharian sambil memandangi Pantai Dream Beach. Meski namanya mirip dengan Pantai Dreamland, namun karakter dua pantai ini berbeda lho. Dream Beach ini ombaknya cukup besar. Karena itu saya tidak merekomendasikan kamu berenang di tempat wisata Nusa Lembongan ini, kecuali kamu memang perenang handal.

5. Hutan Mangrove

Tempat wisata di Nusa Lembongan itu bukan cuma pantai saja ya, karena disini ada kawasan hutan mangrove yang selain menjadi tempat wisata, juga menjadi benteng pertahanan pulau ini dari abrasi. Tidak seperti kawasan wisata Mangrove Bali Selatan, untuk menjelajahu hutan mangrove Nusa Lembongan kamu harus menyewa perahut. memang tidak ada jalur trekking di kawasan wisata Mangrove Nusa Lembongan ini.

6. Menyeberang Ke Nusa Ceningan

Nusa Ceningan adalah pulau kecil yang berada diantara Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Pulau ini terhubung dengan sebuah jembatan dengan Nusa Lembongan. Saya rekomendasikan untuk mengunjungi Nusa Ceningan juga karena ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi seperti Secret Beach, Blue Lagoon dan Nusa Cenigan Bali Cliff Jump Point. Namun untuk panduan liburan ke Nusa Ceningan akan saya buatkan tulisan terpisah saja ya.

7. Yellow Bridge AKA Jembatan Kuning Nusa Lembongan

Seperti yang saya bilang, Nusa Lembongan terhubung dengan Nusa Ceningan lewat sebuah jembatan. Dikenal dengan nama Yellow Bridge atau Jembatan Kuning. Jembatan ini memang menjadi salah satu tujuan wisata Nusa Lembongan yang ikonik. Tempatnya memang asik buat berburu foto juga. Jembatan ini pernah putus dan roboh akibat badai, namun sudah diperbaiki lagi.

8. Keliling Pulau Naik Sepeda Motor

Meski luas Nusa Lembongan tidak terlalu besar, namun mengelilingi pulau ini dengan sepeda motor sewaan juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan lho. Jalanan pulau ini bisa dibilang sudah bagus, dan menyenangkan untuk dijelajahi kalau kamu sudah bosan mengunjungi beberapa tempat wisata disini.

9. Pantai Lebaoh Nusa Lembongan

Di tempat wisata Nusa Lembongan ini kamu bisa melihat lokasi budidaya rumput laut di Lembongan. Lokasinya berada diantar Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Siapa tahu kamu penasaran seperti apa yang namanya tempat budidaya rumput laut itu. Kamu bisa deh mampir ke Pantai Lebaoh Nusa Lembongan ini.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. Salam ransel,
    Bro Byteeater, saya akan bertandang ke Bali tgl 10 Nov 2012 ini ( tiket sdh di tangan ) ada rencana explore ‘ hidden Bali ‘ yg lain ? Kalau diizinkan, saya mau gabung . Saya di Bali sekitar 7 sampai 9 hari ( tiket pulangnya belum di beli ). Kabari ya.
    Thankz.

    1. hemm, saya di bali kerja bro, jadi explore cuman weeken, itu juga kalo tidak ada acara ke luar koga :D, kalo ada waktu boleh lah :) makasih udah berkunjung :)

  2. waah, seru banget kayaknya mas. lengkap gitu pulaunya. mau trekking, snorkeling, apa cuma bengong di tepi pantai semuanya bisa. next trip ah, habisnya baru sekali saya ke bali, itupun waktu SMP! hihihi

  3. hai mas! saya juga februari lalu berkunjung ke Nusa Lembongan dan ternyata tempatnya bagusssss banget. Tenang, cocok buat yang udah bosen sama keramaian dan kemacetan bali. Rasanya pengen kesana dan kesana lagi. Ketenangannya gak tergantikan. good luck lombanya ya! :)

  4. coba deh ke nusa ceningan bung, tinggal nyebrang lewat jembatan kecil warna kuning dari nusa lembongan. Disana ada teluk yg airnya biru banget (lupa namanya, haha). Trus disana bisa uji adrenalin, terjun dari tebing karang dgn ketinggian >15 m ke laut bebas, tanpa alat pengaman. haha

  5. Awal september kemarin baru ke Lembongan. Lembongan emang keren. cocok banget untuk sembunyi dari hiruk pikuknya denpasar. Kalo ada long weekend mau deh kesana lagi..hehe

  6. Mas…thank you buat ulasannya…mau tanya..kalau kita mau menggunakan public boat itu darimana yaa sanurnya? (kasih tahu supir taxinya apa gitu). Oh iyaa schedulenya gimana? Thank you for info :)

  7. Halo Rijal, kalo public boat yang dari Sanur itu cara ngenalin konternya gimana ya? Di mananya Mak Beng gitu? :) O iya, sama kalo dari Nusa Lembongan nanti, untuk public boat-nya ngambil dari Jungut Batu ya?

    1. counternya ada di dekat pantai, pas masuk ke pantai sanur begitu dekat pantai belok ke arah kiri, bukan ke kanan yang ke arah banyak hotel ya :) nanti ada tulisannya.

    1. ratenya antara 50-125 rb sekali jalan, beda tiap operator. saya dulu pernah dapet promo “rockyfastcruise” 50 ribu :) coba di cek dah sapa tau lagi promo.

  8. Hai makasih artikelnya, sangat membantu.
    Kenalkan nama saya Dinna, minggu depan ada rencana ke Nusa Lembongan. Boleh tau nama penginapan yang 200rb/malam itu? Kalau ada sekalian minta nomer kontaknya. Terus ada rekomendasi diving provider dan tempat spa kah?
    Makasih banyak :)

    1. wahyu cottage kalo ndak salah, rata2 yang di jungut batu seharga segitu :D kalau diving operator kurang tahu, soalnya belom pernah diving :)

  9. Pingback: "Wonderful Indonesia" Bali, Banyak Libur! - @catperku
  10. Mas bro mau tanya nich apa punya contac person fastboat apa slowboat dr sanur ke nusa lembongan.
    Trus kira2 biayanya kena brapa??
    Rencana tgl 21 bsok mau ksana nich.
    Tolong infonya ya mas bro??
    Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *