Terios 7 Wonders : The Adventure Of Amazing Celebes Heritage!

Tidak disangka keisengan saya mengikuti kompetisi blog yang ini membuahkan hasil. Memang sepertinya iseng lebih sering membawa keberuntungan buat saya. Kali ini saya memenangkan sebuah kompetisi blog yang selanjutnya membawa saya menjelajahi tanah celebes, dan menempuh jarak total sejauh kurang lebih sejauh 3000 KM.

Dulu jelajah celebes hanyalah sebuah angan di kepala, hanya sebuah impian yang ingin saya wujudkan suatu saat nanti. Memang saya pernah berkunjung ke Kota Makassar, mengunjungi Pulau Samalona juga ingin mengunjungi Malino namun berakhir dengan kegagalan. Hampir kehujanan di tengah jalan memaksa saya hanya menikmati Kota Makassar dan sekitarnya saja.

7 mobil tangguh yang akan menjelajah ribuan kilometer jalanan Sulawesi.
7 mobil tangguh yang akan menjelajah ribuan kilometer jalanan Sulawesi.

Saran saya, bermimpi dan beranganlah yang baik – baik. Siapa tahu, ada malaikat yang mengamini dan tuhan mengabulkannya. Sekarang, jelajah celebes bukan cuma sekedar mimpi saja. Tidak tangung – tanggung seluruh provinsi di Sulawesi saya jelajahi dengan menggunakan mobil Terios si sahabat petualang.

Iya, saya diajak Daihatsu Indonesia menjelajah Sulawesi karena memenangkan kompetisi Blog tadi lho!

Perjalanan jelajah celebes dimulai dari Kota Manado. Dengan maskapai favorit saya Garuda Indonesia, saya diterbangkan langsung dari Jakarta. Di Manado, sebelum perjalanan di mulai saya sempat berkeliling sebentar untuk mengenal lebih dekat kota yang katanya belum sahih kalau belum mencoba yang namanya 3B. Apa saja itu? Silahkan dicari sendiri :P

Mobil tangguh sahabat petualang sampai di Tompasso. Dibelakangnya adalah terompet terbesar di dunia yang telah memecahkan rekor.
Mobil tangguh sahabat petualang sampai di Tompasso. Dibelakangnya adalah terompet terbesar di dunia yang telah memecahkan rekor.

Lets Start Discovering Celebes(1), itu yang saya lakukan begitu menginjak Sulawesi kedua kalinya. Dari situ saya mengetahui kalau Sulawesi Utara Tidak Hanya Manado, Ada Juga Tompaso(2) yang mempunyai pusat kebudayaan juga terompet terbesar di dunia. Celebes bagian utara sendiri adalah etape pertama Terios 7 Wonders dengan rute : Manado – Tompaso – Kawangkoan  – Bintauna – Isimu – Marissa – Torosiaje. Jarak tempuhnya sendiri adalah sekitar 668 KM.

Perjalanan ini bukan berarti tanpa halangan. Karena kesalahan estimasi waktu tempuh akibatnya tim Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage pun Gagal Menginap Di Torosiaje(3). Sulawesi memiliki ribuan kelok, sehingga sangat sulit mendapatkan kecepatan jelajah secara optimal disana.

Jalanan berdebu, berkelok hingga tanpa aspal banyak ditemui di jalur Trans-Sulawesi.
Jalanan berdebu, berkelok hingga tanpa aspal banyak ditemui di jalur Trans-Sulawesi.

Ya, bagaimanapun sebuah kegagalan pasti pahit rasanya, kecuali ada sesuatu yang bisa menghibur hati atau perut. Hehee, iya saya itu tipe orang yang paling mudah terhibur perutnya kalau ketemu makanan enak. Pada etape kedua tim dihibur dengan makanan pelipur lara selama menempuh jalur : Torosiaje – Kasimbar – Toboli – Palu – Pasangkayu – Mamuju. Nama makanannya adalah Kaledo, yang sejatinya adalah masakan khas Kota Palu. Eh! Apa Pula Itu Kaledo?(4) Ada yang tahu?

Tidak hanya mencicipi kulinernya, tim Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage juga menyempatkan untuk Narsis Bareng Terios Di Jembatan Kuning Kota Palu(5). Yang namanya narsis tetap enggak boleh ketinggalan dong! Selanjutnya tim bergerak meneruskan perjalanan menuju Kota Majene untuk Mengenal Lebih Dekat Budaya Mandar(6).

Hei Kota Palu! Kami datang!
Hei Kota Palu! Kami datang!

Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage ini bukan sekedar acara hura – hura atau ajang test drive mobil saja lho. Ada juga kegiatan CSR didalamnya. Salah satunya adalah ketika Daihatsu Berbagi Kurban Di Kota Pare Pare(7). Disana saya juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Agung Kota Pare Pare sembari mengikuti kegiatan CSR.

Toraja adalah destinasi selanjutnya yang bakal membuat bulu kuduk merinding. Konon katanya destinasi selanjutnya ini adalah destinasi yang sedikit unik dan mistis. Penasaran saya pun iseng bertana di twitter tentang Toraja dan sebagian saya ringgkas di tulisan Kata Mereka Tentang Tana Toraja!(8).

Kenyataannya, toraja tidak semistis yang banyak dibicarakan. Mulai dari mitos mayat yang bisa berjalan ternyata belum bisa dibuktikan, atau meskipun tetangga menyimpan mayat saya masih bisa tidur nyenyak. Yang jelas buat saya Toraja adalah destinasi yang mempunyai kopi yang enak dan Lada Katokkon yang super pedas! Kesemuanya itu saya ceritakan di sini : The Adventure Of Toraja (Night)(9), The Adventure Of Toraja (Londa)(10).

Bukannya mistis, yang ada saya kedinginan di Toraja! Memang udara pegunungan itu sejuk kalau siang, dingin kalau pagi hari! XD
Bukannya mistis, yang ada saya kedinginan di Toraja! Memang udara pegunungan itu sejuk kalau siang, dingin kalau pagi hari! XD

Diantara banyak destinasi lainnya selama acara Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage,  Tanjung Bira adalah salah satu yang paling saya nantikan. Meskipun akhirnya saya hanya bisa berada Sejenak Di Tanjung Bira(11). Lagi – lagi karena salah perhitungan estimasi waktu tempuh.

Untungnya destinasi yang dikunjungi selama di Sulawesi Selatan bukan hanya Tanjung Bira saja. Ada Desa Bira yang merupakan tempat untuk Mengenal Phinisi Dari Bulukumba(12). Selain itu tim juga mengunjungi Suku Kajang Yang Menolak Teknologi(13). Jadinya perjalanan Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage ini tetap menarik dan menyenangkan. Apalagi nantinya perjalanan ini akan Berakhir Indah Di WAKATOBI(14), juga dengan dilakukannya sesi foto – foto di Bukit Tomia dan discovery dive pertama saya!

Pasir pantai pun dilewati dengan mudah oleh si sahabat petualang!
Pasir pantai pun dilewati dengan mudah oleh si sahabat petualang!
Odometer menunjukkan jarak tempuh sampai dengan Kota Kendari adalah 2946.8 KM. Beberapa KM lagi akan pas 3000 KM!!!
Odometer menunjukkan jarak tempuh sampai dengan Kota Kendari adalah 2946.8 KM. Beberapa KM lagi akan pas 3000 KM!!!

Terimakasih Daihatsu! Semoga tahun depan saya diajak lagi untuk menjelajah pulau lain di Indonesia! *kabarnya si Kalimantan ya?* #KODE

Ps: Tulisan ini adalah catatan perjalanan saya selama mengikuti ekspedisi terios 7 wonders, jelajah celebes heritage. Ikuti terus live tweet saya di #Terios7Wonders @catperku. Pssst, jangan lupa liat video perajalan yang saya buat disini : Terios 7 Wonders : Amazing Celebes Heritage Adventure Video

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: