Liburan Ke Malaysia? Kunjungi Kota Terbaik Di Malaysia Untuk Liburan Ini Deh!

“Mau liburan ke Malaysia nih? Enaknya kemana ya?” Atau “Liburan ke Malaysia itu paling asik ke kota mana sih?”. Selain Thailand dan Singapura, Malaysia memang menjadi salah satu tujuan liburan orang Indonesia yang ingin melancong ke luar negeri. Siapa sih yang nggak ingin liburan ke luar negeri?

Eh, omong-omong, untuk kamu yang mau liburan ke luar negeri pertama kali, kamu bisa baca tulisan “Tips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pemula” ini ya! Disitu ada banyak tips menarik lho!

Sekarang, kembali ke topik deh! liburan ke Malaysia pertama kali, enaknya main ke kota mana? Untuk yang baru pertama kali ke Malaysia, saya pasti langsung merekomendasikan untuk berkunjung ke Kuala Lumpur! Baru setelahnya, setelah kenalan dengan Kuala Lumpur, bisa memilih untuk berkunjung ke beberapa kota wisata lain di Malaysia seperti Penang, Kota Kinabalu, Johor Bahru dan Melaka.

Liburan Ke Malaysia, Kunjungi Kota Terbaik Di Malaysia Untuk Liburan Ini Deh!
Liburan Ke Malaysia, Kunjungi Kota Terbaik Di Malaysia Untuk Liburan Ini Deh!

Liburan Ke Malaysia, Kamu Bisa Berkunjung Ke Salah Satu Kota Di Bawah Ini Ya!

Oke, jadi bakalan saya bahas satu persatu mulai dari Kuala Lumpur yang pertama ya! Kota lainnya akan mengikuti sesudahnya~

1. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur sebagai ibukota dari Malaysia adalah salah satu tujuan wisata yang paling asik buat dikunjungi pemula atau yang baru traveling ke luar negeri pertama kali. Saya juga pernah menulis tentang panduan liburan ke Kuala Lumpur untuk pertama kali, dan juga rekomendasi tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa dikunjungi disini.

Liburan ke Kuala Lumpur, wajib mampir kesini. Pada tahu kan ini dimana
Liburan ke Kuala Lumpur, wajib mampir kesini. Pada tahu kan ini dimana

Jika kamu suka dengan suasana kota besar, museum, tempat bersejarah dan tentunya kuliner, Kuala Lumpur adalah tujuan wisata yang menyenangkan. Faktanya, jalan-jalan sekaligus kulineran di Kuala Lumpur itu sangat saya rekomendasikan lho. Ada banyak makanan enak yang bisa dicoba di kota ini. Terutama berupa masakan melayu, masakan India ataupun masakan asia lainnya. Atau, kalau mau destinasi alam yang segar di dekat Kuala Lumpur, kamu bisa memilih untuk mengunjungi Genting Highlands!

Dibanding kota lainnya di Malaysia, Kuala Lumpur juga mempunyai moda transportasi paling banyak untuk digunakan menjelajah kota. Berbagai pilihan transportasi masal seperti Bus, MRT, LRT dan Komuter Line bisa digunakan disini. Akses ke Kuala Lumpur bisa melalui Bandara KLIA2, dan biasanya ada banyak tiket promo untuk rute penerbangan ke Kuala Lumpur ini. Makanya, jika mau liburan ke Malaysia pertama kali, Kuala Lumpur adalah tujuan pertama yang saya rekomendasikan.

Tempat Wisata Terbaik Kuala Lumpur Wajib Kunjung!

Liburan ke Malaysia, harus mampir ke Kuala Lumpur! Soalnya ada banyak tempat wisata Kuala Lumpur yang menarik untuk dikunjungi! Seperti beberapa dibawah ini misalnya:

  1. Jalan Alor
  2. Bukit Bintang
  3. Menara Kembar Petronas
  4. Dataran Merdeka
  5. Central Market
  6. Batu Caves
  7. Genting Highlands

2. Penang

Orang mengenalnya dengan Penang, atau ada juga yang mengenalnya dengan nama Pulau Pinang. Penang ini berada di lepas pantai barat laut Semenanjung Malaysia. Sementara itu area yang paling banyak dikunjungi di Penang adalah George Town. Say sendiri pernah ke Penang sekali. Impresi saya terhadap penang ketika pertama kali kesana adalah…. Kota kecil, dengan banyak mural dan makanan enak ada dimana-mana.

Tak kalah dengan kulineran di Singapura atau di Kuala Lumpur, ada banyak tempat kuliner di Penang. Faktanya, terakhir kesana saya sempat mencoba 14 macam kuliner Penang yang unik, enak dan tak terlupakan. Mungkin kalau liburan ke Penang lagi, saya bakalan habiskan untuk sekedar berburu kuliner saja deh. Selain itu, Penang ini juga cocok untuk tujuan liburan bersama keluarga lho!

Kamu bisa keliling Penang dengan hop on hop off bus juga!
Kamu bisa keliling Penang dengan hop on hop off bus juga!

Sebaiknya hindari berkunjung ke Penang ketika high season seperti pada perayaan Natal, Tahun Baru, dan Tahun Baru Cina. Soalnya pada high season tersebut akan banyak orang yang mau liburan ke Malaysia, termasuk ke Penang. Jadilah harga-harga akan naik, akomodasi banyak yang penuh dan tentunya kota George Town akan penuh sesak dengan turis. Berkunjunglah diwaktu low season, agar bisa berburu kuliner penang dengan nyaman.

Penang bisa diakses melalui Penang International Airport. Bandara ini berlokasi di pesisir tenggara pulau, atau sekitar 30 menit dari George Town. Dari bandara ke George Town atau tempat lainnya di Penang, kamu bisa naik bus ke terminal bus Komtar. Halte bus berada di depan area kedatangan sebelum parkir mobil. Rapid Penang mengoperasikan 2 rute bus dari bandara ke Terminal Bus Komtar. Naiklah bus No. 401 dan 102, dan tarifnya adalah RM 2.70.

Penang terkenal dengan kulinernya lho~
Penang terkenal dengan kulinernya lho~

Sementara itu dari Terminal Bis Komtar ke bandara ada 3 rute bus yang bisa dinaikin. Bus No. 401, 401E dan 102 dari Lane 5 di terminal Bus Komtar (bus pertama 05:30, bus terakhir 23:35, setiap 30 menit; ongkos MYR2.70). Perhatikan bahwa ongkos yang tepat harus dibayar karena pengemudi bus tidak memberikan perubahan. Bagaimana? Mungkin liburan ke Malaysia yang selanjutnya kamu mau berkunjung ke Penang?

Tempat Wisata Terbaik Penang Wajib Kunjung

Liburan ke Penang, jangan sampai melewatkan tempat wisata Penang terbaik ini ya!

  1. Penang Hill
  2. Sri Mahamariamman Temple
  3. Fort Cornwallis
  4. Penang Toy Museum
  5. Queensbay Mall
  6. Kek Lok Si Temple
  7. Plaza Gurney
  8. Penang Bridge
  9. Penang Butterfly Farm
  10. Cheong Fatt Tze Mansion

3. Kota Kinabalu

Kota Kinabalu, sebelumnya juga dikenal sebagai Jesselton. Kota ini adalah ibukota negara bagian Sabah, Malaysia dan ibu kota Kota Distrik Kinabalu. Kota ini terletak di pantai barat laut Pulau Kalimantan (Borneo) menghadap Laut Cina Selatan. Salah satu tujuan wisata yang terkenal disini adalah Taman Nasional Tunku Abdul Rahman terletak di sebelah barat dan tentunya Gunung Kinabalu, gunung tertinggi di daratan Borneo!

Kota Kinabalu ini adalah salah satu tujuan liburan di Malaysia yang asik lho!
Kota Kinabalu ini adalah salah satu tujuan liburan di Malaysia yang asik lho!

Meski tidak terlalu besar, keliling Kota Kinabalu ini asik lho. Dulu saya pernah kesini sekali, setelah liburan ke Brunei Darussalam. Pusat kotanya tidak terlalu besar, asik untuk dikelilingi dengan berjalan kaki. Saya pernah keliling pusat Kota Kinabalu dengan berjalan kaki. Trotoarnya luas, dan cukup nyaman untuk berjalan kaki sambil melihat-lihat pertokoan.

Kalau liburan ke Malaysia, tepatnya ke Kota Kinabalu, jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke Waterfront Kota Kinabalu, dan Signal Hill Observatory. Jika kebetulan nanti kamu ada kesempatan untuk liburan ke Kota Kinabalu, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Kinabalu yang pernah saya tuliskan disini ya!

Liburan Ke Kota Kinabalu Sempatkan Berkunjung ke Tempat Wisata Kota Kinabalu Yang Terbaik Populer Ini

Liburan ke Malaysia, sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisata Kota Kinabalu. Soalnya kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik seberti dibawah ini;

  1. Crocer Range Natioal Park dan Danum Valley
  2. Gunung Kinabalu
  3. Pulau Layang-layang (Layang-Layang Island)
  4. Poring Hot Sprinas
  5. Pulau Sapi
  6. Kokol Hill
  7. Kota Kinabalu City Mosque
  8. Semporna Archipelago
  9. Mari Mari Cultural Village
  10. Signal Hill Observatory
  11. Monsopiad Cultural Village
  12. Pulau Kapalai
  13. Pulau Lankayan
  14. Pantai Tanjung Aru

4. Johor Bahru

Seperti Kuala Lumpur, saya sering ke Johor Bahru. Meski sebenarnya lebih sering numpang lewat saja sih. Pernah sekali liburan ke Johor Bahru, tapi itu karena pengen main ke Legoland yang ada di Johor Bahru. Padahal sebenarnya kota ini lumayan asik juga lho, selain Legoland, ada banyak hal yang seru di Johor Bahru. Iya, mulai wisata kuliner, wisata belanja, hingga wahana permainan buat keluarga ada disini kok!

Liburan ke Johor Bahru, kamu bisa mampir ke Legoland deh!
Liburan ke Johor Bahru, kamu bisa mampir ke Legoland deh!

Pun begitu, Johor Bahru mungkin lebih dikenal sebagai kota industri daripada kota ramah turis. Soalnya memang banyak produsen elektronik terkemuka di dunia memiliki setidaknya satu pabrik di Johor Bahru. Namun begitu, kota ini tetap menarik untuk digunakan sebagai tujuan liburan ke Malaysia. Biasanya sih orang yang liburan ke Johor Bahru itu sekalian liburan ke Singapura atau sebaliknya.

Selain dari Singapura, Bandara Internasional Senai (IATA: JHB) adalah salah satu akses masuk untuk pergi liburan ke Johor Bahru. Beberapa maskapai yang terbang kesini adalah: Malaysia Airlines, Air Asia, Firefly, dan Malindo Air. Sementara itu untuk berkeliling Kota Johor Bahru bisa menggunakan taksi, Bus Kota atau favorit saya, berjalan kaki saja :)

Rekomendasi Tempat Wisata Di Johor Baru Untuk Dikunjungi

Selain Legoland, Berikut Ini Ya Tempat Wisata Di Johor Bahru Yang Bisa Dikunjungi. Jadi liburan ke Johor Bahru itu nggak cuma bisa main ke legoland saja! Masih ada beberapa tempat wisata Johor Bahru lainnya seperti dibawah ini:

  1. Mini Kuso Trick Art Gallery
  2. Legoland
  3. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman
  4. Masjid Sultan Abubakar
  5. Kebun Binatang Johor
  6. The Little Big Club
  7. Hello Kitty Town
  8. Johor Premium Outlet
  9. Johor Bahru City Square
  10. Night Market Johor Bahru
  11. Chinese Heritage Museum

5. Langkawi

Sejujurnya, dari semua kota yang ada di Malaysia, Langkawi adalah salah satu kota yang bikin saya penasaran untuk saya kunjungi. Makanya, ketika ada kesempatan liburan ke Malaysia, Langkawi ini adalah salah satu yang saya prioritaskan untuk saya kunjungi. Langkawi ini adalah kepulauan yang ada di Laut Andaman, yang punya julukan “The Jewel Of Kedah”. Buat yang suka suasana pantai dan pulau, liburan ke Langkawi adalah pilihan yang tepat ketika berkunjung ke Malaysia.

Sebenarnya ada apa aja sih Langkawi? Apa yang bikin orang kesana? Memangnya bener ya Langkawi lebih keren dari Bali? Buat sebagian orang mungkin iya, tapi yang jelas ada beberapa tempat wisata di Langkawi yang bisa dinikmati selama liburan disana. Saya pernah liburan ke Langkawi sekali, dan mengunjungi beberapa tempat wisata andalan Langkawi seperti: Kilim Geoforest Park, Langkawi Sky Bridge dan Cruising di Laut Andaman. Seru sih, buat liburan!

Liburan ke Langkawi, kamu bisa main ke Kilim Geoforest Park!
Liburan ke Langkawi, kamu bisa main ke Kilim Geoforest Park!

Cara termudah untuk pergi ke Langkawi adalah dengan naik Pesawat Terbang. Bandara Internasional Langkawi yang terletak di Padang Matsirat, di bagian barat laut pulau adalah aksesnya. Bandaranya tidak terlalu besar, tetapi ada beberapa penerbangan internasional yang mendarat disini.

Maskapai yang melayani rute ke Langkawi adalah Tigerair, SilkAir dari Singapore, AirAsia dari Singapore, Penang dan KLIA, Malaysia Airlines, Malindo Airlines dari KLIA, Firefly dari KL dan Penang. Tersedia juga penerbangan langsung ke Langkawi dari Penang, Singapura, Kuala Lumpur, Hatyai dan Phuket. Jadi kalau liburan ke Malaysia, Langkawi bisa dijadikan tujuan selanjutnya ya!

Rekomendasi Tempat Wisata Di Langkawi Untuk Dikunjungi

Sebagai “Bali” punya malaysia, ada banyak tempat wisata di Langkawi yang bisa dikunjungi seperti beberapa dibawah ini.

  • Underwater World Langkawi
  • Art In Paradise, Museum 3D Langkawi
  • Langkawi Wildlife Park And Bird Paradise
  • Langkawi Cable Car
  • Skytrex Langkawi
  • Dataran Lang
  • Tasik Dayang Bunting
  • Langkawi Oriental Village
  • Langkawi Sky Bridge
  • Pantai Cenang
  • Galeria Perdana
  • Kilim Geoforest Park
  • Taman Mardi Langkawi
  • Pulau Payar Marine Park
  • Kampung Air Hangat
  • Island Horses

6. Melaka

Kalau kamu suka dengan arsitektur, sejarah, makanan enak dan ingin mengunjungi salah satu dari UNESCO world heritage site, berarti liburan ke Malaysia selanjutnya harus mampir ke Melaka! Ada banyak tempat wisata bersejarah di Melaka yang bisa dikunjungi seperti Baba and Nyonya Peranakan Museum, Cheng Hoon Teng Temple, Christ Church, Jonker, Heeren and adjacent streets dan masih banyak lainnya.

Selain menikmati wisata sejarah, jangan lupa kulineran juga kalau Liburan ke Melaka ya!
Selain menikmati wisata sejarah, jangan lupa kulineran juga kalau Liburan ke Melaka ya!

Meski ada bandara internasional di Melaka yaitu Malacca International Airport, namun lebih banyak turis mengunjungi Melaka lewat darat dengan menggunakan bus. Biasanya orang pergi ke Melaka setelah mengunjungi Kuala Lumpur atau Singapura. Dari dua kota itu, mereka mengunakan bus kota dan menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Melaka Untuk Dikunjungi

Liburan ke Malaysia itu wajib banget menyempatkan diri ke Melaka, salah satu kota yang telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO (Unesco World Heritage). Wajar saja, soalnya memang banyak tempat wisata di Melaka yang bersejarah. Beberapa tempat wisata Melaka yang bisa kamu kunjungi adalah berikut ini:

  1. St. John’s Fort
  2. Jonker Walk
  3. Red Square (Dutch Square)
  4. St. Paul’s Hill
  5. Benteng A Famosa
  6. Kampung Morten
  7. Melaka River Cruise
  8. Portugese Square
  9. Baba Nyonya Heritage Museum
  10. Menara Taming Sari
  11. Stadthuys
  12. Masjid Kampung Hulu
  13. Taman Mini Malaysia & Mini ASEAN
  14. Melaka Zoo (Kebun Binatang Melaka)
  15. Klenteng Cheng Hoong Teng

***

Nah, sudah enggak bingung lagi kan kalau liburan ke Malaysia mau pergi ke kota mana saja? Setelah itu, saya akan bahas sedikit tips liburan ke Malaysia, informasi rekomendasi itinerary liburan ke Malaysia dan berapa sih perkiraan biaya liburan kesana?

Tips Liburan Hemat ke Malaysia

Kuala Lumpur memiliki moda transportasi yang paling banyak dibanding kota lainnya
Kuala Lumpur memiliki moda transportasi yang paling banyak dibanding kota lainnya

Ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan ketika akan berlibur ke Malaysia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Rekomendasi Itinerary Liburan ke Malaysia

Dari pengalaman saya, perlu waktu sekitar 2-3 hari untuk mengunjungi tiap kota tujuan wisata yang ada di Malaysia. Jadi kalau ingin mengunjungi setiap kota yang ada di rekomendasi saya, paling tidak memerlukan waktu 12 – 18 hari. Untuk rekomendasi itinerary liburan ke Malaysia selama 13 hari 2 malam sebagai berikut ya:

Batu Caves, salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang bisa dikunjungi
Batu Caves, salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang bisa dikunjungi

Kota Pertama : Kota Kinabalu ( 3 Hari 2 Malam)

Karena lokasinya bukan di semenanjung Malaysia, namun berada di daratan Borneo, jadi sebaiknya didahulukan. Itinerary di Kota Kinabalu kira kira seperti ini:

  • Hari Pertama : Mendarat di Kota Kinabalu, lalu menjelajah Pusat Bandar Kota Kinabalu sambil berburu kuliner.
  • Hari Kedua : Main ke Pulau Sapi, Mengunjungi  Signal Hill Observatory, Kokol Hill, dan menikmati sore di Pantai Tanjung Aru.
  • Hari Ketiga : Mengunjungi Kinabalu Handicraft Market, Terbang ke Johor Bahru

Kota Kedua : Johor Bahru (2 hari 1 Malam)

2 hari 1 malam cukup untuk menjelajah Johor Bahru. Menjelajah pusat kota bisa dilakukan dalam sehari, dan satu hari selanjutnya digunakan untuk mengunjungi wahana wisata. Itinerary liburan ke Johor Bahru kira-kira sebagai berikut:

  • Hari Pertama : Mendarat di Johor Bahru, berkeliling pusat kota sambil liburan.
  • Hari Kedua : Pagi hari berkunjung ke Legoland, sore harinya berangkat ke Melaka.

Kota Ketiga : Melaka (3 Hari 2 Malam)

Melaka adalah kota ketiga dalam itinerary liburan ke Malaysia ini. Karena lokasinya searah setelah Johor Bahru jika menuju ke Kuala Lumpur. Itinerary liburan ke Melaka kurang lebih sebagai berikut:

  • Hari Pertama : Sampai di Melaka malam hari, langsung menginap dan beristirahat
  • Hari Kedua : Menjelajah pusat Kota Melaka Seharian penuh.
  • Hari Ketiga : Kulineran di Melaka, sebelum melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur.

Kota Keempat : Kuala Lumpur (4 Hari 3 Malam)

Ada banyak tempat yang dikunjungi di Kuala Lumpur, jadi 4 hari 3 malam adalah waktu yang cukup santai untuk liburan ke Kuala Lumpur. Itinerarynya kira-kira sebagai berikut:

  • Hari Pertama : Datang dari Malaka malam hari, istirahat atau eksplore sekitar penginapan.
  • Hari Kedua : Berkunjung ke Batu Caves pagi hari, lalu dilanjutkan dengan keliling KL dengan Hop On Hop Off Bus.
  • Hari Ketiga : Berkunjung ke Genting Highlands, malam harinya kulineran di Bukit Bintang, Kuala Lumpur.
  • Hari Keempat : Terbang ke Penang

Kota Kelima : Penang ( 3 Hari 2 malam)

Daya tarik penang adalah destinasi bersejarah dan kuliner. Maka dari itu, kalau liburan ke Malaysia dan suka kuliner, wajib mampir kesini! Jadi 3 hari 2 malam adalah waktu yang cukup. Untuk itinerary liburan ke Penang 3 hari 2 malam kira-kira sebagai berikut ya:

  • Hari Pertama : Mendarat di Penang, beristirahat di penginapan, jelajah sekitar penginapan.
  • Hari Kedua : Keliling Kota George Town, dilanjutkan dengan kulineran.
  • Hari Ketiga : Kulineran sebelum terbang ke Langkawi.

Kota Keenam : Langkawi (3 Hari 2 Malam)

Daya tarik utama wisata Langkawi adalah Cruising di Laut Andaman dan Kilim Geoforest Park. Jadi itinerary liburan 3 hari 2 malam di Langkawi sudah lebih dari cukup untuk liburan kesini.

  • Hari Pertama : Mendarat di Langkawi, beristirahat di penginapan, sore harinya Cruising di Laut Andaman.
  • Hari Kedua : Full day tour ke Kilim Geoforest Park.
  • Hari Ketiga : Persiapan untuk pulang ke Indonesia

Berapa Biaya Jalan-Jalan Liburan ke Malaysia?

Disini saya tidak akan menuliskan biaya pasti liburan ke Malaysia bakal habisnya berapa ya. Soalnya biaya liburan ke Malaysia ini bakalan terpengaruh banget sama kebutuhan tiap orang yang berbeda, inflasi dan fluktuasi kurs. Jadi saya hanya kasih perkiraan aja untuk mengatur budgeting masing masing. Biasanya, naik turun biaya jalan-jalan liburan ke Malaysia ini ngak terlalu banyak kok.

Biaya jalan-jalan liburan ke Malaysia itu kira-kira berapa sih?
Biaya jalan-jalan liburan ke Malaysia itu kira-kira berapa sih?
  • Untuk biaya tiket pesawat ke Kuala lumpur biasanya dibawah 1 juta PP, kalau promo bisa lebih murah lagi namun misalnya mengikuti itinerary diatas biaya terbang termurah untuk 5 penerbangan adalah 4,6 jutaan, dan paling mahal 5 jutaan.
  • Hotel di Malaysia tidak terlalu mahal, saya pernah menemukan paling murah 150 ribuan per malam atau yang cukup nyaman di 250 ribu per malam. selain biaya kamar, ada pajak hotel 10 RM per malam ( IDR 40.000), jadi kalau ditotal sekitar 300 ribuan lah per malam untuk menginap nyaman.
  • Biaya makan, transportasi dan jajan per hari bisa dialokasikan sebesar 200-400 ribuan, tergantung mau ngirit atau makan mewah.
  • Untuk biaya tempat wisata bervariasi, tergantung mau mengunjungi tempat wisata apa saja.

Jadi kesimpulannya untuk liburan ke Malaysia, selain biaya tiket pesawat, paling enggak harus menyediakan uang sebesar 500 ribu – 600 ribu rupiah per-hari untuk biaya akomodasi, transportasi dan makan selama disana ya. Tinggal dikalikan saja berapa hari disana nanti, bakal ketemu liburan ke Malaysia itu habis berapa!

Nah, semoga bermanfaat deh! Kalau punya informasi tambahan, pendapat lain atau mau menyampaikan pemikiran mengenai tulisan ini, bisa dilakukan di kolom komentar ya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
14 Responses
  1. Wih, asik lengkap banget nih.. Aku malah kota pertama pas ke Malaysia itu ke Melaka.. :D Penasaran juga sama Langkawi in Kota Kinabalu.. Pingin juga ngajak anak-anak ke Legoland nih, belum kesampaian.. :)

  2. Aku suka banget kalo ke KL naik Go KL. Berharap Jogja bisa punya semacam GO KL ini. Oia mas, kalo ke Kinabalu terus lanjut ke Brunei memungkinkan ga kalo naik bis?
    Pengen main ke Brunei

  3. Endah Kurnia Wirawati

    kalau kota di Malaysia favorit saya Ipoh, Cyberjaya dan KL. kalau berkesempatan main ke Malaysia lagi pasti baliknya ke salah satu 3 kota ini, terutama Ipoh. Ini kota kecil yang tenang dan cantik.

      1. Endah Kurnia Wirawati

        iyaaa.. Ipoh bagus banget!! Menurut saya sih.
        kota tua, banyak bangunan bersejarah khas inggris gitu, ada chinatown, ada mural juga, ada cafe2 plus kulineran, kota yang tidak serame penang dan melaka, jadi lebih tenang
        kalau datang ke desa-desanya benar-benar asri deh. Alamnya masih bagus. kalau suka alam bisa ke Gopeng, kalau sejarah bisa ke Kuala Kangsar.
        *jadi merasa ambasadornya Ipoh, Perak deh..*
        wkwkwkwk..

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: