Panduan Asik Liburan Ke Kuala Lumpur Pertama Kali

Mau liburan ke Kuala Lumpur pertama kali, tapi bingung harus mempersiapkan apa saja? Tenang saja, meski kamu adalah traveler pemula, harus tetap pede dalam mempersiapkan segalanya. Toh siapapun pasti merasakan yang namanya jadi pemula. Enggak ada kok yang tiba-tiba jadi professional. Bahkan termasuk saya!

Kuala Lumpur ini sepertinya termasuk tujuan yang mudah untuk liburan. Bahkan untuk pemula sekalipun. Pertama, bahasanya hampir sama. Masyarakat Kuala Lumpur berbicara dengan Bahasa Melayu yang lumayan mirip dengan Bahasa Indonesia. Kedua, transportasi umum di Kuala Lumpur sudah modern. Jadi akan sangat mudah utuk solo traveler pergi ke Kuala Lumpur.

Tidak cuma itu saja, ada banyak tempat wisata di Kuala Lumpur yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya, Jalan Alor dengan berbagai macam kulinernya di dekat Bukit Bintang. Terus, menara kembar Petronas yang menjadi tujuan setiap orang Indonesia yang sedang liburan ke Kuala Lumpur. Iya nggak sih?

Nah, biar kegiatan liburan ke Kuala Lumpur nanti lancar, alangkah baiknya memiliki persiapan yang matang. Jangan sampai karena kurang persiapan, rencana berwisata di Kuala Lumpur berantakan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips liburan ke Kuala Lumpur yang mungkin berguna selama disana ya:

1. Persiapkan Passport, Pastikan Masa Berlaku Lebih Dari 6 Bulan

Mungkin ini hal sepele. Tapi saya beberapa kali tahu ada orang yang berangkat ke luar negeri dengan masa berlaku passport dibawah 6 bulan. Hasilnya, dia tertahan di bandara karena tidak bisa terbang. Ada yang sudah tertahan ketika akan cek in, ada juga yang tertahan di Imigrasi. Paling sedih adalah ketika tertahan sudah di negara tujuan dan kena deportasi. Sayang sekali kalau sampai kena deportasi. Soalnya kalau sampai kena deportasi, bakal susah untuk membuat visa beberapa negara.

Masalah passport mungkin sepele, tapi nggak bisa dianggap remeh.
Masalah passport mungkin sepele, tapi nggak bisa dianggap remeh.

2. Cari Tiket Promo Ke Kuala Lumpur

Meski banyak uang, tapi tetap senang dong kalau dapat tiket pesawat promo? Beruntung Kuala Lumpur ini adalah salah satu tujuan yang sering promo. Bahkan mencari tiket promo untuk liburan ke Kuala Lumpur ini termasuk mudah. Sering-sering saja cari info tiket promo di internet. Atau, kalau mau pantengin saja salah satu maskapai yang rajin kasih tiket promo ke Kuala Lumpur. Pada tahu kan maskapai yang mana?

Cari tiket promo kan makin mudah ya jaman now.
Cari tiket promo kan makin mudah ya jaman now.

3. Cari Informasi Liburan Ke Kuala Lumpur Sebanyak Mungkin

Biasanya saya kalau mau traveling ke Luar Negeri pasti mengumpulkan banyak informasi terlebih dahulu. Minimal, saya mendapatkan informasi dasar mengenai negara dan kota tujuan. Begitu juga ketika pergi liburan ke Kuala Lumpur. Akan lebih mudah jika kamu memiliki pengetahuan mengenai beberapa informasi penting Kuala Lumpur seperti:

  • Peta Wisata Kuala Lumpur. Peta ini akan berguna untuk merencanakan tempat wisata Kuala Lumpur mana saja yang ingin dikunjungi. Biasanya peta seperti ini banyak ditemukan di pusat informasi turis di bandara. Jadi sesaat setelah landing di KLIA atau KLIA2, manfaatkan waktu dengan baik untuk mencari peta wisata Kuala Lumpur
  • Cara pergi ke Pusat Kota Kuala Lumpur dari Bandara KLIA atau KLIA2. Ada beberapa cara untuk pegi dari Bandara KLIA atau KLIA2 ke pusat kota Kuala Lumpur. Cara paling mudah adalah dengan naik KLIA Express atau KLIA Transit. Harga tiket KLIA Express atau KLIA TRansit ini adalah RM 55 sekali jalan. Alternatifnya bisa naik bus dengan rute KLIA2 ke KL Sentral dengan tarif RM 12 (data 2017).

    Cara paling mudah tapi lumayan mahal dari KLIA2 ke Kuala Lumpur adalah dengan naik KLIA EXPRESS
    Cara paling mudah tapi lumayan mahal dari KLIA2 ke Kuala Lumpur adalah dengan naik KLIA EXPRESS
  • Informasi Tentang KL Sentral. Perlu diketahui, hampir sebagian besar moda transportasi umum di Kuala Lumpur pasti akan singgah di stasiun utama KL Sentral. MRT, Monorel, LRT, KTM Komuter Line juga akan lewat sini. Jadi KL Sentral bisa dijadikan acuan untuk memulai berkeliling Kuala Lumpur.
  • Kenali moda transportasi umum di Kuala Lumpur. Mulai dari taksi konvensional hingga taksi online sudah tersedia di Kuala Lumpur. Berbagai jenis kereta dari MRT, Monorel, KTM Komuter hingga LRT sudah tersedia di kota ini. Jadi sangat mudah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur dengan transportasi umum. Pastikan saja tahu rute transpotasi yang digunakan. Jaman sekarang sih gampang, asal ada internet, semua bisa dicari dengan Google Maps. Namun kalau ingin menggunakan metode lama, bisa juga download peta rute tiap moda transportasi umum di Kuala Lumpur tersebut.

    Moda transportasi umum di Kuala Lumpur itu sudah lengkap, seperti monorail ini misalnya.
    Moda transportasi umum di Kuala Lumpur itu sudah lengkap, seperti monorail ini misalnya.
  • Download peta rute transportasi umum di Kuala Lumpur. Kalau bukan pengguna peta digital Google Maps, wajib ada yang namanya peta rute MRT Kuala Lumpur, Monorel Kuala Lumpur, KTM Komuter Kuala Lumpur, LRT Kuala Lumpur. Download disini untuk versi Jpeg, disini untuk versi PDF berkualitas tinggi.
  • Naik Hop on Hop Off Bus di Kuala Lumpur agar lebih efisien waktu. Jika punya waktu terbatas di Kuala Lumpur, paling pas adalah dengan naik Hop On Hop Off Bus Kuala Lumpur ini. Karena bus ini akan melewati sebagian besar tempat terkenal di Kuala Lumpur. Interval antar bus satu dan lainnya pun sekitar 20-30 menit saja. Harga tiket Hop On Hop Off Bus Kuala Lumpur untuk dewasa adalah RM 50 untuk 24 jam, dan RM 90 untuk 48 jam. Namun perlu dicatat, dengan naik bus ini, ada kemungkinan terjebak macet di jalan Kuala Lumpur. Jadi hindari naik pada jam sibuk ya. Untuk peta rutenya bisa melihat disini.
Tiket KLIA Transit Atau KLIA Express Seperti ini
Tiket KLIA Transit Atau KLIA Express Seperti ini.

4. Siapkan Itinerary Liburan Ke Kuala Lumpur

Sebenarnya ada banyak variasi untuk itinerary liburan ke Kuala Lumpur. Karena tentu tiap orang memiliki tempa wisata favorit Kuala Lumpur sendiri ya. Terus, lama waktu liburan di Kuala Lumpur juga akan berbeda-beda. Namun pada umumya banyak orang menghabiskan waktu liburan di Kuala Lumpur selama 3 hari 2 malam.

Menarak kembar Ini selalu jadi tujuan utama ketika liburan ke Kuala Lumpur.
Menarak kembar Ini selalu jadi tujuan utama ketika liburan ke Kuala Lumpur.

Nah, untuk rekomendasi itinerary liburan ke Kuala Lumpur selama 3 hari 2 malam, bisa deh mengacu itinerary Kuala Lumpur berikut ini:

Hari pertama di Kuala Lumpur

Liburan ke Kuala Lumpur akan lebih optimal jika sampai pagi hari. Jadi hari pertama bisa langsung pergi ke Batu Caves dan Genting Highland.

  • Tiba di Kuala Lumpur (KLIA2)
  • Menuju KL Sentral
  • Berkunjung ke Batu Caves naik KTM Komuter. Usahakan datang pagi agar masih sepi.
  • Pergi Ke Genting Highland siang hari dari KL Sentral
  • Berkeliling di Bukti Bintang, menginap di Bukit Bintang

Hari kedua di Kuala Lumpur

  • Pada hari kedua lebih baik beli KL Hop On Hop Off Bus untuk 24 jam. Habiskan waktu berkeliling pusat kota Kuala Lumpur.
  • Malam harinya sempatkan untuk kulineran di Jalan Alor
Rame banget kan Jalan Alor!
Rame banget kan Jalan Alor!

Hari ketiga di Kuala Lumpur

  • Sebaiknya memilih penerbangan sore hari, jadi siang hari masih bisa berbelanja. Rekomendasi tempat belanja di Kuala Lumpur bisa ke Central Market, Petaling Street, sekitar Bukit Bintang.
  • Pergi ke KLIA2 dengan KLIA Express atau Bus.
  • Terbang kembali ke Indonesia.

5. Pikirkan Lagi, Mau Solo Traveling Ke Kuala Lumpur Atau Bareng Teman?

Kuala Lumpur bisa dibilang cukup aman untuk solo traveler. Jadi nggak akan ada masalah walau liburan ke Kuala Lumpur sendirian. Lagi-lagi, asal persiapannya harus matang ya. Bisa dadakan juga, model traveling tanpa rencana. Namun resikonya waktu akan lebih banyak dihabiskan untuk mencari informasi selama berada disana. Atau liburan ke Kuala Lumpur bareng teman juga bisa. Asiknya kalau jalan bareng teman itu bakalan gampang kalau mau foto di landmark terkenal Kuala Lumpur seperti di menara kembar Petronas.

Enaknya, kalau jalan sendirian, kulit ayam goreng yang saya beli di Jalan Alor ini gak bakal jadi rebutan.
Enaknya, kalau jalan sendirian, kulit ayam goreng yang saya beli di Jalan Alor ini gak bakal jadi rebutan.

6. Jangan Lupakan Dasar Cara Traveling

Mungkin beberapa tips dasar seperti membawa botol air minum kosong dan cemilan ketika traveling ini terlihat sepele. Namun hal ini nggak bisa ditinggalkan loh. Bahkan untuk saya yang sering traveling kemana-mana. Saya masih sering bawa botol air minum kosong meski dalam rangka undangan famtrip mewah sekalipun.

Saya selalu membawa botol kosong tiap kali traveling. Ada yang begitu juga.
Saya selalu membawa botol kosong tiap kali traveling. Ada yang begitu juga.

Buat jaga-jaga aja, siapa tahu nanti bakal susah nemu air di perjalanan. Terus camilan juga penting, kalau tidak buat dimakan sendiri, bisa buat dibagi dengan teman. Camilan juga akan sangat berguna kalau naik maskapai budget yang nggak memberikan makanan. Jadi menjaga dari bahaya kelaparan deh.

Terus ketahui juga travelingnya berapa lama. Untuk perjalanan dibawah 5 malam, tak perlu membaca backpack yang besar. Cukup dengan daypack saja sepertinya lebih dari cukup kok. Untuk liburan ke Kuala Lumpur ini biasanya hanya akan memakan waktu sekitar 3 hari 2 malam saja.

7. Bawa ATM Atau Kartu Kredit Untuk Keadaan Darurat

Traveler jaman sekarang itu sebenarnya begitu dimanjakan dengan teknologi. Ada peta digital seperti Google Maps untuk mencari arah. Ada internet yang memudahkan untuk mencari informasi secara langsung. Dulu, waktu pergi ke Jepang di tahun 2013, tas saya masih penuh dengan brosur tempat wisata. Terus, saya juga selalu bawa cash lebih karena takut kurang waktu di perjalanan.

Jaman sekarang traveling itu enak, bisa ambil uang di ATM pake debit seperti ini. Liburan ke Kuala Lumpur juga bisa dipake ini kartu.
Jaman sekarang traveling itu enak, bisa ambil uang di ATM pake debit seperti ini. Liburan ke Kuala Lumpur juga bisa dipake ini kartu.

Sekarang, saya jarang ambil brosur wisata kalau tidak penting banget. Terus, cash juga bawanya ngepas. Malah beberapa kali saya nggak bawa cash. Karena jaman sekarang ada yang namanya kartu debit untuk mengambil uang ketika sudah sampai di negara tujuan. Sekali ambil biasanya kena biaya IDR 25.000.

Nggak mahal jika dibandingkan dengan ribetnya mampir ke money changer sebelum berangkat. Terus, bisa ngepasin lagi perlunya berapa. Gak bakal ada sisa seperti sebelumnya. Kan repot, kalau ada sisa harus balik lagi ke money changer buat menukarkan lagi ke rupiah.

8. Jangan Gugup Ketika Di Imigrasi

Memang sih yang namanya pegawai imigrasi di negara manapun itu nggak ada yang mukanya ramah. Ada beberapa, tapi sedikit banget jumlahnya. Lebih sering saya ketemu dengan pegawai imigrasi yang jutek daripada yang ramah. Kalau sudah begitu, nggak perlu gugup ketika di immigrasi deh. Asal nggak ada niat jahat, mending santai saja. Kalau ditanya mau ngapain, bilang aja mau liburan plus mungkin ceritain mau berkunjung ke salah satu tempat favorit kalian selama liburan ke Kuala Lumpur! Gampang kok!

Nah, gimana? Siapa yang mau liburan ke Kuala Lumpur dalam waktu dekat? Semoga lancar ya liburannya! Terus jangan lupa follow akun instagram saya @catperku dan subscribe akun youtube saya di youtube.com/catperku Oke!?

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses
  1. cukup ribet juga kalo liburan ke KL dengan dadakan, kalo ga hafal tujuan dan harus pakai transportasi yang lebih efisien bisa bengkak biaya dan waktu.

    tapi penasaran juga buat traveling ke luar negeri dadakan. siapa tau sensasinya lebih besar. heheh

    dan terakhir terima kasih tipsnya mas fahmi, mulai kemarin kemarin mau diajak liburan KL gamau, abis belum punya banyangan dan destinasi yang pengen di kunjungi. Semoga kalo ada rejeki dalam waktu dekat, bisa berangkat sendiri kesana

  2. satya

    Mas kalau dr KL k JB Sleeper Train masih ada nda y ? InsyaAllah plannya feb ino bawa anak2 7th n 6th k KL n JB,Pls advicenya. Tq

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: