Yang Seru Di Johor Bahru!

Yang Seru Di Johor Bahru!

Samar tapi benar, saya seperti mendengar ada orang yang sedang mengetuk pintu kamar saya. Saya masih setengah sadar setelah begadang hingga dini hari, ditambah lagi empuknya kasur Tune Hotel Danga Bay, membuat saya begitu malas untuk beranjak dari peraduan dan kenyamanan ini. Hingga terdengar sayu – sayup suara…

“Mi, semua sudah menungu dibawah nih” Baru setelah saya mendengar suara om bolang (@lostpacker) dan melihat jam di smartphone, otak saya segera bereaksi cepat. Dalam sekejap, otak memerintahkan otot – otot tubuh agar segera bereaksi. Kemudian tanpa sadar saya sudah berada di kamar mandi, menyelesaikan ritual rutin mandi alakadarnya sebelum saya benar – benar ditinggalkan rombongan.

Semua karena kasur Tune Hotels Dangabay yang kelewat empuk~
Semua terjadi karena kasur Tune Hotels Danga bay yang kelewat empuk~

Iya, saya terlambat bangun pada hari terakhir famtrip bareng Tune Hotels di Johor Bahru. Rupanya teman yang lain sudah menunggu dengan rapi, bahkan sempat wefie di depan Tune Hotel Danga Bay. Sementara saya, masih asyik tertidur pulas di kasur empuk Tune Hotels. *maafkeun teman*

Masa tinggal di Johor Bahru sengaja saya perpanjang sehari lagi, karena ingin mengeksplor lebih jauh kota ini. Namun saya tetap harus berangkat bersama teman – teman yang lain sebelum berpisah di Bandara Johor Bahru, Senai International Airport. Yang lain pulang ke rumah masih masing, saya akan menghabiskan waktu sehari lagi di Johor Bahru.

Yang lain pada foto bareng, saya masih merem~
Yang lain pada foto bareng, saya masih merem~ Hiks~

Terus terang, ini adalah kali pertama saya berkunjung di Johor Bahru. Tentunya selain bersenang – senang di Legoland Malaysia, saya ingin mencoba menemukan apa saja sih yang bisa dieksplore lebih  jauh dari kota ini? Dan… Setelah beberapa hari mengeksplor Johor Bahru, saya menemukan beberapa hal menarik ini untuk para traveler yang kebetulan sedang menghabiskan masa liburannya di Johor Bahru.

1. Keluar Masuk Mall Di Sekitar JB Sentral

JB Sentral ini sebenarnya adalah salah satu pusat lalu lintas utama antara perbatasan Singapura dan Malaysia. Jadinya, tempat ini adalah salah satu pusat perekonomian dan perbelanjaan utama di Johor Bahru. Tidak heran kalau saya menemukan beberapa mall di sekitar sini.

Favorit saya sih Komtar JBCC mall ini, ada wifi gratis yang kenceng!
Favorit saya sih Komtar JBCC mall ini, ada wifi gratis yang kenceng!

KOMTAR JBCC dengan wifi gratisnya yang cepat dan terdapat banyak kedai makanan untuk berinternet ria adalah favorit saya, traveler yang kurang suka belanja. Pun saya liha KOMTAR JBCC mall ini adalah mall yang cukup ramai dikunjungi para shoppaholic.

Persis disebelahnya adalah Johor Bahru City Square yang jauh lebih rame, meskipun enggak ada wifi gratis disini. Ada lebih banyak kedai makanan dan snack di mall dengan beberapa lantai ini. Ditambah lagi ada ruang terbuka di lantai paling atas dengan beberapa cafenya yang menyenangkan.

2. Pergi Ke Pasar Malam Di Johor Bahru

Saya lupa lokasi tepatnya pasar malam di Johor Bahru ini, tetapi yang jelas tidak jauh dari Jalan Wong Ah Fook yang masih berada tidak jauh dari JB Sentral. Pasar Malam di Johor Bahru mirip dengan kebanyakan pasar malam di Indonesia, namun dengan ciri khas melayu yang kental. Favorit saya adalah Coconut Ice Cream yang tidak sengaja saya temukan di salah satu sudut pasar malam.

Selain itu, ada banyak penjual snack, dan minuman ringan dengan harga mulai dari 1 RM. Ada juga yang menjual berbagai baju di pasar malam ini. Uniknya, baru kali ini saya menemukan beberapa pedagang kaki lima yang menjual dvd seperti umumnya di Indonesia. Entah asli atau bajakan saya tidak tahu pasti. Tetapi yang jelas, menemukan lagu – lagu dangdut dan pop dari indonesia sangatlah mudah disini.

Masnya yang di pasar malam yang ada di Johor Bahru dengan cekatan meracik coconut ice cream.
Masnya yang di pasar malam yang ada di Johor Bahru dengan cekatan meracik coconut ice cream.
Apapun yang ada di Pasar Malam, Seporsi Coconut Ice Cream ini sudah bisa bikin saya hepi!
Apapun yang ada di Pasar Malam, Seporsi Coconut Ice Cream ini sudah bisa bikin saya hepi!

3. Mengunjungi Kuso 3D Trick Art Galery

Saya enggak bisa terlalu heboh kalau difoto, karena memang saya orangnya agak kalem… kalau tidur. Namun ketika saya mengunjungi Kuso 3D Trick Art Galery yang berada di Johor Bahru, tempat ini memaksa saya agar lebih luwes dan sedikit berekspresi. Karena memang ditempat ini adalah tempatnya orang bisa bersenang – senang, berekspresi tanpa kaku ataupun malu.

Ngerampok kucing unyu di Kuso 3D Trick Art.
Ngerampok kucing unyu di Kuso 3D Trick Art.
Selfie bareng minion. *traveler pemula banget*
Selfie bareng minion. *traveler pemula banget*

Sedikit informasi mengenai Kuso 3D Trick Art Galery, kata “Kuso” sendiri adalah istilah baru yang memiliki makna ganda yang dapat membuat menyenangkan dari sesuatu atau seseorang atau yang berkaitan dengan sesuatu yang lucu, keterlaluan, dan atau sangat lucu. Bagaimanapun, tujuan Kuso adalah untuk membuat saya tertawa dan membawa senyum ke wajah semua orang datang kesini!

Memang benar, beberapa 3D Trick Art di Kuso 3D Trick Art Galery ini membuat saya bisa sedikit lepas dari kekakuan. Entah melihat gerak – gerik teman yang lagi asik bereksperimen dengan berbagai gaya di beberapa 3D Trick Art yang ada disini. Atau ketika saya juga mencoba sendiri beberapa trick art yang ada disini. Meskipun hanya berupa studio satu lantai, Kuso 3D Trick Art Galery ini sukses deh membuat pengunjungnya bersenang – senang disini.

4. Menikmati Seafood Di Tepi Laut

Cara menikmati seafood yang menyenangkan adalah ketika lapar atau ketika memakannya dengan ditemani aroma lautan. Menurut saya, udara segar lautan bisa mengamplifikasi atau menguatkan cita rasa dari seafood tadi. Singkatnya, makan seafood ditepi laut jauh lebih enak dari pada makan di sembarang restoran seafood yang jauh dari lautan.

Di Johor Bahru, saya diajak makan di sebuah tempat yang namanya SSS atau Selera Senibong Seafood. Selain bisa menikmati Seafood segar disini, saya juga bisa menghirup udara segar lautan sambil menikmati kerlip cahaya lampu Singapura di kejauhan. Iya, memang laut disebelahnya adalah perbatasan antara Singapura dan semenanjung malaysia.

Makan Seafood di tepi laut memang asik!
Makan Seafood di tepi laut memang asik!

5. Keliling JB Sentral Dan Sekitarnya Sampai Bosan

Johor Bahru Sentral atau serin juga dikenal sebagai JB Sentral ini sebenarnya adalah stasiun antar kota kereta api Malaysia yang berada di antara Jalan Tun Abdul Razak dan Jalan Jim Quee di jantung Kota Johor Bahru, Malaysia. Selain sebagai stasiun kereta, tempat ini juga merupakan bangunan penting yang menghubungkan bangunan Sultan Iskandar Customs And Immigration.

Dari Singapore dan Kuala Lumpur totalnya ada sekitar tujuh kereta yang setiap harinya melewati Johor Bahru Sentral di setiap arah. Kereta yang menuju ke selatan berasal dari berbagai tempat di Malaysia seperti Butterworth, Gemas, Kuala Lumpur, Kuala Lipis atau Tumpat.

Bisa juga blusukan di sekitar JB Sentral.
Bisa juga blusukan di sekitar JB Sentral.
Bangunan besar di kanan ini adalah Johor Bahru Sentral.
Bangunan besar di kanan ini adalah Johor Bahru Sentral.

Beberapa dari kereta tadi menggunakan Johor Bahru Sentral sebagai halte kedua terakhir sebelum mengakhiri perjalanannya di Woodlands Checkpoint yang berada di Singapura. Sementara kereta yang menuju ke utara berasal dari Woodlands Checkpoint menuju ke berbagai tujuan di Malaysia.

Kebetulan saya memang akan naik kereta api menuju Kuala Lumpur dari sini jam 11 Malam waktu setempat. Sialnya, saya sudah berada di JB Sentral dari jam 11 siang. Otomatis, saya punya sekitar 12 jam disini. Untungnya tempat ini tidak begitu membosankan, saya bisa berbelanja, mencoba kuliner dan menjelajah jalanan di sekitar JB Sentral. Apalagi di seberangnya ada dua Mall Besar yaitu Komtar JBCC dan Johor Bahru City Square.

6. Naik Kereta Api Dari Johor Bahru Ke Kuala Lumpur

Saking mulusnya jalan tol di Malaysia, Bus menjadi transportasi favorit antar kota disana. Meskipun mereka juga memiliki kereta api antar kota ke beberapa kota besar seperti Kuala Lumpur dan Butterworth. Bahkan teman saya yang asli Malaysia pernah bilang kalau dia kurang percaya dengan kereta api di Malaysia yang dioperasikan oleh perusahaan Kereta Api Tanah Melayu Berhad.

Saya tidak menggali lebih jauh lagi apa alasannya tidak suka naik kereta api di negaranya sendiri. Namun, buat saya naik kereta api di Malaysia ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena mereka memiliki gerbong sleeper yang tidak ada di Indonesia. Ini adalah trik jitu kalau sudah begitu bosan di Johor Bahru dan tidak ingin menginap semalam di hotel. Pun saya sudah pernah naik kereta api ke Kuala Lumpur dari Singapura sekali, kali ini saya mengulanginya lagi dengan berangkat langsung dari JB Sentral.

Horee! Naik kereta api tanah melayu lagi!
Horee! Naik kereta api tanah melayu lagi!
Suka banget naik kereta ini karena mereka punya kelas sleeper yang enggak ada di Indonesia.
Suka banget naik kereta ini karena mereka punya kelas sleeper yang enggak ada di Indonesia.

7. Menyeberang Perbatasan, Kabur Ke Singapore

Menuju ke Singapura dari Johor Baru Sentral sangatlah mudah, karena Singapura dari sini tinggal menyeberang saja dengan naik bus. Dari JB Sentral, tinggal berjalan kaki ke Bangunan Sultan Iskandar yang berada persis diseberangnya. Jangan lupa siapkan pasport karena di bangunan tadi terdapat Imigrasi Malaysia yang akan menstempel passort yang menandakan keluar dari Negara Malaysia.

Sultan Iskandar CIQ Johor Bahru.
Sultan Iskandar CIQ Johor Bahru (sumber).

Setelahnya adalah proses stempel Passport di Imigrasi Singapura. Selanjutnya tinggal jalan sebentar, dan akan terlihat dua eskalator yang menuju ke bawah untuk naik bus 170 yang tujuan akhirnya Queen Street Terminal. Sementara satunya adalah eskalator menuju tempat naik bus Causewaylink yang juga mempunyai rute ke Queen Street.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
61 Responses
  1. Kemari saya cuman numpang lewat doank di JB. Pasalnya saya naek bis langsung dari Little India ke TBS di KL.
    Kapan waktu boleh juga tuh dicoba naek kereta dari JB ke KL. Numpang nginep ala backpacker di Kereta :-D

    Oya, ini jalan-jalan ke Legoland bareng mas Tekno Bolang tempo hari bukan?

  2. Gara

    Sleeper trainnya terlihat sangat menggoda untuk ditiduri :hehe. Moga-moga di sini juga bakal ada sleeper train, ya. Lumayan untuk relasi Jakarta–Surabaya atau Jakarta–Malang, Mas :hehe.
    Itu, kata “kuso” dalam bahasa Jepang, kalau tidak salah kan artinya agak “lain”, ya? Semacam ekspresi kekesalan begitu, kan :hihi. Tapi keren euy, trik-triknya membuat foto itu berasa nyata :)).
    Foto pertama itu diambil di mana, Mas? Kayaknya ada bangunan kolonial di sebelah kiri jalan, ya :hehe. Bangunan apa itu, Mas?

    1. Berharap dengan sangat ada kereta sleeper di Indonesia untuk kereta jarak jauh nih~ Huhuuu~ kalau di bahasa jepang sih iya, tapi kalau disini bukan begitu artinya. sempet nanyain juga kepada yang punya, terus dia menjelaskan kalau artinya berbeda dengan “kuso” dari bahasa jepang :D

  3. Lusi

    Eh dulu Indonesia ada lo kereta yg ada tempat tidurnya, kalau nggak salah bima. Skrg memang nggak ada. Suamiku yg udah sampai sini, krn kerja sih, aku belum.

  4. Meidi

    aku udah 2 kali ke JB tapi ga explore banyak hahaha cuma bulak-balik main ke Legoland aja dan lucunya dua-duanya nginep 2 hari.

    Btw mii, setahu aku JB-KL by train lebih takes time daripada bis JB-KL kan? tapi di larkin terminal banyak calo yah kayaknya, ga serapih di Terminal Bersepadu Selatan.

    Beda dengan gue, bokap malah suka banget di JB, katanya kotanya tenang, meskipun keliatan tata kotanya kuno, tapi menurut di jalan-jalannya diperhatiin banget, jarang banget ada traffic light, sebisa mungkin dibikin puteran *semacam semanggi gitu*

    iya sih, abis bokap bilang gitu gue baru sadar kalo tata kotanya JB diperhatiin banget :))

  5. Gina

    Terimakasih mas Fahmi,bermanfaat sekali,aplg sy ada rencana mau traveling ke malaysia.minta info nya,Kuso Trick Art bukanya dari jam brp sampai brp ya? Trims

  6. Nurul

    Beli tiket keretanya dimana ya? Coz aku ada planning mau ke KL dr JB by train.
    Apa beli tiketnya mesti book sblmnya?

  7. andi

    tolong info dari senai airport ke hallmark regency hotel johor bahru naik bus gimana caranya? dibandingkan naik uber car gimana? soalnya kita 7 org. juga dari hallmark regency hotel johor bahru ke metro hotel bukit bintang naik bus gimana caranya? thanks

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: