Rekomendasi Tempat Wisata Di Singapura Untuk Dikunjungi!

Mau liburan ke Singapura tapi bingung mengunjungi tempat wisata di Singapura yang mana saja? Tenang saja, banyak kok yang kayak gitu. Apalagi kalau baru pertama kali berkunjung ke Singapura. Soalnya meski negaranya tidak terlalu besar, tempat wisata di Singapura itu memang ada banyak. Kalau mau berkunjung ke semua tempat wisata Singapura, yang jelas satu dua hari nggak akan cukup.

Idealnya liburan ke Singapura itu 4 harian, atau bahkan lebih lama lagi kalau bisa. Cuma pada umumnya memang banyak yang menghabiskan masa liburan ke Singapura sekitar 4 harian itu. Saya sendiri beberapa kali berlibur ke Singapura paling lama ya cuma 4 harian itu deh. Kalau tempat wisata di Singapura yang mau dikunjungi ya dicicil sedikit demi sedikit.

Lama lama akhirnya sebagian besar dari tempat wisata Singapura bisa saya kunjungi juga. Mulai dari tempat wisata yang sudah mainstream seperti Merlion park, hingga tempat wisata yang tidak umum dan kemudian jadi terkenal di Instagram seperti Haj lane. Tentu saja, tempat wisata kuliner pasti gak akan saya lewatkan juga.

Nah, langsung saja ya!

Daftar Isi

Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata Di Singapura Untuk Dikunjungi Ketika Liburan Kesana!

Siapa sih yang nggak tau dengan tempat wisata di Singapore yang ini? Ada yang tau ini namanya apa? Salah satu tempat wisata Singapura gratis wajib kunjung nih!
Siapa sih yang nggak tau dengan tempat wisata di Singapore yang ini? Ada yang tau ini namanya apa? Salah satu tempat wisata Singapura gratis wajib kunjung nih!

Untuk memudahkan, tempat wisata di Singapura ini saya kategorikan menjadi beberapa saja ya. Mulai dari tempat wisata Singapura untuk belanja dan kulineran, tempat bersejarah di Singapura, atraksi dan taman hiburan, taman kota, tempat wisata Singapura berupa Museum, hingga tempat wisata di Singapura yang wajib buat dikunjungi!

Kalau sudah penasaran, bisa langsung dibaca sampai selesai. Siapa tahu ada yang perlu informasi ini untuk membuat itinerary liburan ke Singapura!

Tempat Wisata Di Singapura Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Singapura Gratis Wajib Kunjung Juga Ada Disini!

Istilahnya, liburan ke Singapura nggak berkunjung ke beberapa tempat wisata Singapura di Bawah ini itu hambar. Apalagi landmark utama Singapura seperti Merlion Park dan Orchard Road!

Meskipun Bandara Changi ini adalah sebuah bandara, namun ini adalah salah satu tempat favorit saya di Singapura! Ini juga tempat wisata Singapura gratis lho!
Meskipun Bandara Changi ini adalah sebuah bandara, namun ini adalah salah satu tempat favorit saya di Singapura! Ini juga tempat wisata Singapura gratis lho!

1. Bandara Changi Singapura

Bandara Changi di Singapura adalah pintu masuk utama negara ini. Siapapun yang akan berlibur ke Singapura, pasti akan melewat tempat ini. Buat saya, Bandara Changi bukanlah bandara biasa, namun juga merupakan salah satu atraksi wisata di Singapura. Makanya, dulu saya pernah sengaja mengalokasikan waktu seharian di Changi hanya karena ingin melihat-lihat seluruh terminalnya. Faktanya, Bandara Changi Singapura ini adalah salah satu bandara terbaik di dunia untuk transit.

Stasiun MRT Terdekat : Changi Airport (CG2)

2. Merlion Park

Merlion park adalah salah satu taman kota tempat wisata gratis di Singapura. Lokasinya tak jauh dari Jembatan Esplanade, dan Fullerton Hotel. Disini terdapat sebuah Patung Merlion yang berbentuk ikan duyung dengan kepala singa.

Patung ini dianggap sebagai ikon negeri Singapura yang paling terkenal. Jadinya wajar kalau tempat ini selalu ramai siang dan malam dikunjungi oleh turis. Malah ada yang bilang “Belum ke Singapura kalau tidak mampirk ke Merlion Park. Jadi nggak salah dong kalau tempat wisata Singapore ini dibilang sebagan tempat wisata Singapura gratis wajib kunjung!?

Stasiun MRT Terdekat : MRT Raffles Place (Dari sini Merlion Park berjarak jalan kaki sekitar 5-10 menit)

3. Orchard Road

Entah kenapa Jalan Orchard atau Orchard Road ini begitu terkenal di kalangan wisatawan Indonesia. Liburan ke Singapura tanpa ke Orchard road? Hambar rasanya! Tempat ini juga sudah sangat terkenal bagi wisatawan asing lainnya. Pasalnya, mau belanja apa aja bisa dilakukan di jalan ini. Terutama untuk barang branded. Asal ada uangnya saja ya!

Tidak cuma sebagai tempat wisata belanja, Orchad Road ini juga menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Singapura. Banyak juga yang berkunjung ke Jalan Orchard sekedar untuk berjalan-jalan, window shopping di mall sekitar sini, dan mungkin hanya berfoto. Soalnya Orchard Road ini juga merupakan salah satu tempat wisata gratis di Singapura sih. O iya, kalau mall populer di Orchard Road ada beberapa ya. Misalnya Takashimaya, Lucky Plaza, dan mall Ion Orchard.

Stasiun MRT Terdekat : MRT Somerset.

4. Marina Bay Sands

Biasanya kebanyakan orang Indonesia berkunjung ke Marina Bay Sands ini buat berfoto dengan latar belakang Marina Bay. Soalnya memang selain Patung Merlion, Marina Bay adalah ikon yang menunjukkan kalau seseorang memang sedang berada di Singapura.

Namun ada juga yang memang berkunjung ke Marina Bay untuk menginap karena memang ini sebenarnya adalah hotel yang juga terhubung dengan kasino, mall, restoran, teater, hingga klub malam. Di dekat Marina Bay juga terdapat beberapa taman kota yang bisa dikunjungi.

Yang paling menarik sebenarnya adalah bagian atas Marina Bay. Disini terdapat sebuah kolam renang yang terletak pada ketinggian 200 meter. Dari sini pemandangan cityscape Singapura akan terlihat dengan jelas. Untuk naik ke atas Marina Bay Sands, kamu cukup bayar harga ini:

  • $23 SGD Untuk Dewasa
  • $17 SGD Untuk Anak-Anak (Umur 2 – 12 tahun)
  • $20 SGD Untuk orang tua (Umur 65 tahun keatas)
  • Gratis Untuk anak umur kurang dari 2 tahun.
  • Gratis Untuk tamu hotel Marina Bay

Sayangnya jika ingin berenang di kolam renang Marina Bay, harus menginap di Marina Bay ya. Selain itu pada pada malam hari disini ada pertunjukan gratis “Wonder Full—Light & Water Spectacular”. Sebuah atraksi pertunjukan berupa laser, efek, dan atraksi cahaya, setiap jam 20.00 dan 21.30 waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : MRT Promenade dan stasiun MRT Marina Bay

5. Universal Studio Singapore

Ada dua tipe pengunjung Universal Studio Singapore. Pertama, yang beneran masuk dan mencoba atraksi taman hiburannya. Kedua, yang cuma berfoto di bola dunia bertuliskan Universal Studio Singapore pada bagian depannya. Tapi yang jelas, ini adalah tempat wisata di Singapore yang direkomendasikan untuk dikunjungi!

Universal Studio Singapore atau USS sendiri sebenarnya adalah theme park atau taman hiburan yang dipenuhi dengan wahana permainan. Untuk bisa merasakan permainan di Universal Studios Singapore harus beli dulu tiket masuknya. Harga tiket masuk Universal Studio Singapore adalah sebagai berikut: untuk dewasa SGD 74, anak SGD 55, dan orang tua/lansia SGD 36.

Cara Pergi Ke Universal Studio Singapore : Naik kereta MRT menuju mal Vivo City, dilanjutkan ke HarbourFront MRT Station (NE1). Dari sini lalu naik monorail (The Sentosa Express Monorail), turunlah di Waterfront Station.

Stasiun MRT Terdekat : HarbourFront MRT Station (NE1).

6. Gardens by The Bay

Singapura memang bukan negara besar, tapi kalau tentang taman kota atau kebun bunga, negara ini salah satu juaranya. Sebut saja salah satunya kebun buatan kebanggaan mereka Gardens by The Bay. Ini adalah taman raksasa yang luasnya sekitar 100 hektar berada di belakang Marina Bay Sands.

Gardens by The Bay adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang direkomendasikan buat dikunjungi. Apalagi yang suka dengan bunga atau tanaman. Disini ada berbagai koleksi tanaman langka yang ditempatkan pada sebuah rumah kaca raksasa. Harga tiket masuk Gardens by The Bay adalah SGD 28/orang. Sementara itu jam buka Gardens by The Bay adalah 09.00 – 21.00. Namun untuk bagian luar taman (outdoor area) gratis untuk siapa saja, dengan jam buka jam 05.00 – 02.00 waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Bayfront MRT Station.

7. Singapore Botanic Garden

Ini adalah tempat wisata di Singapore yang asik, luas dan gratis bisa ditemukan di Singapore Botanic Garden! Saya sendiri sudah beberapa kali mampir ke Singapore Botanic Garden. Entah sekedar pengen keliling bagian dalamnya sampe capek, atau cuma duduk di salah satu bagiannya sambil menikmati indahnya Singapore Botanic Garden.

Cari tempat wisata Singapura gratis? Berarti ini tempatnya! Tempat wisata di Singapore ini juga merupakan taman tertua Singapura. Kerennya lagi, Singapore Botanic Gardens ini sudah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pertama di negara itu oleh UNESCO. Iri gak sih, negara yang gak seberapa besar itu punya taman keren!

Taman yang berada pada 60 hektar tanah ini didirikkan oleh Agri-Horticultural Society pada tahun 1859. Jangan lupa juga untuk mampir ke National Orchid Garden, dimana ada sekitar 60.000 jenis tanaman dan anggrek tumbuh disini. Namun untuk masuk ke National Orchid Garden, harus membayar tiket masuk sebesar SGD 8. National Orchid Garden Sendiri bbuka jam 05.00 – 00.00 malam waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Botanic Garden MRT Station.

8. Haji Lane A.K.A Haj Lane

Pada era media sosial seperti ini, tempat wisata yang fotogenik pasti akan cepat terkenal. Salah satu tempat wisata Instagramable atau fotogenik di Singapura adalah Haji Lane A.K.A Haj Lane. Sesuai namanya , lokasi tempat wisata Singapura ini berada di Jalan Haji Lane tak jauh dari Masjid Sultan, yang berada di daerah Bugis.

Haji Lane sendiri sebenarnya hanya sebuah gang kecil berada tak jauh dari Arab Street. Namun yang membuat tempat ini menarik adalah banyaknya grafiti ada di sana. Didukung dengan kondisi bangunan sekitar yang terawat dan dicat warna warni membuat Haji Lane ini sangat fotogenik. Ini juga merupakan tempat wisata Singapura gratis wajib kunjung!

Jadi wajar saja banyak yang berkunjung ke salah satu tempat wisata di Singapura ini untuk berburu foto, terutama foto Instagram. Apalagi tak ada tiket masuk yang harus dibayar disini, alias GRATIS. Biasanya banyak yang berkunjung ke tempat ini ketika pagi hari atau sore hari. Pada malam harinya, tempat ini juga rame dengan berbagai macam kafe, bar, restoran dan butik tempat belanja baju.

Stasiun MRT Terdekat : Bugis MRT Station.

9. Sentosa Island

Mau main ke pantai di Singapura, belanja sampai puas? Mungkin kamu bisa mampir ke Sentosa Island. Soalnya disini ada berbagai tempat hiburan, lapangan golf, kasino, dan restoran dengan banyak kuliner. Disini juga terdapat beberapa tempat wisata Singapura yang terkenal seperti Universal Studio, Trick Eye Museum Singapore dan Adventure Cove Waterpark.

Bisa juga berkunjung ke Beach View Sentosa, lalu menyaksikan pertunjukan yang bernama Wings of Time. Ini adalah pertunjukan spesial efek berupa air mancur, kecanggihan teknologi sinar laser, digabungkan dengan kembang api yang spektakuler. Pertunjukan Wings of Time berlangsung selama 20 menit setiap hari Senin – Minggu, jam 19.40 dan 20.40 waktu Singapura. Harga tiket masuk Wings of Time adalah SGD 18.

Stasiun MRT Terdekat : HarbourFront MRT Station (NE1).

10. Singapore Zoo

Liburan ke Singapura bersama anak-anak? Berarti sudah benar kalau memilih untuk berkunjung ke tempat wisata Singapura yang satu ini. Singapore Zoo dengan berbagaimacam satwa didalamnya memanglah salah satu tempat wisata yang cocok untuk anak-anak.

Di Singapore Zoo terdapat banyak hewan yang dipelihara. Mulai dari binatang yang mudah ditemui di Asia, hingga binatang yang biasanya ada di benua jauh seperti Afrika. Bahkan, binatang kutub juga ada disini lho.

Tidak cuma sekedar melihat-lihat satwa saja, tempat wisata di Singapura ramah anak ini juga memiliki beberapa atraksi pertunjukan seperti: Pengalaman makan pagi bersama Orangutan, Safari Splash, Rainforest Fights Back, dan pertunjukan Animal Friends.

Kebun binatang di Singapura ini buka setiap hari. Buka dari jam 8.30-18.00 waktu Singapura. Harga tiket masuk Singapore Zoo untuk dewasa SGD 20 dan anak-anak SGD3 (Anak umur 3-12 tahun).

Stasiun MRT Terdekat : Khatib MRT Station (NS23).

Tempat Wisata Di Singapura Untuk Belanja Dan Kulineran

Siapa sih yang ketika liburan ke Singapura nggak belanja dan kulineran? Kalau mau belanja dan kulineran di Singapura, ada baiknya berkunjung ke beberapa tempat dibawah ini:

Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri berburu kuliner Singapura yang enak itu.
Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri berburu kuliner Singapura yang enak itu.

1. Clarke Quay

Clarke Quay ini merupakan sebuah dermaga yang terletak di tepi Singapore River atau Sungai Singapura. Disini adalah tempat wisata di Singapura yang asik untuk duduk-duduk santai sambil makan dan minum.

Terdapat banyak bangunan tua, rumah toko dengan arsitektur China berwarna-warni di Clarke Quay. Kafe, restoran, bar, dan jazz club pun memenuhi tempat ini. Bisa dibilang ini adalah salah satu tempat kulineran dan hangout yang asik di Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Clarke Quay MRT Station (NE5).

2. Chinatown

Salah satu tempat belanja oleh-oleh sekaligus kulineran di Singapura favorit saya adalah Chinatown! Berbagai pernak-pernik buah tangan Singapura yang tidak terlalu mahal bisa ditemukan disini. Biasanya toko di Chinatown buka dari jam 10.00 – 22.00 waktu Singapura. Jadi sebaiknya berkunjung kesini sekitar jam segitu ya!

Stasiun MRT Terdekat : Chinatown MRT Station (NE4/ER1).

3. Little India

Dari namanya, Little India sudah pasti kalau ini adalah tempat tinggal warga keturunan India di Singapura. Itu berarti, disini adalah tempat terbaik untuk berburu masakan khas India. Kebetulan saya suka sama masakan India, jadi tiap kali liburan ke Singapura, saya selalu menyempatkan diri untuk mampir kesini.

Aroma rempah dan bunga sesekali tercium di daerah ini. Pasar tradisional, gang sempit, penjual karangan bunga melati bisa ditemukan dengan mudah. O iya, Little India ini juga merupakan salah satu daera wisata di Singapura untuk berbelanja oleh-oleh. Salah satu tempat belanja oleh-oleh yang terkenal di Little India adalah Mustafa Centre.

Stasiun MRT Terdekat : Little India MRT Station (NE7/BT4) dan Farrer Park MRT Station (NE8).

4. Bugis Street

Tempat berburu kuliner, sekaligus tempat berbelanja! Itulah tempat wisata Singapura bernama Bugis Street. Ini sebenarnya merupakan kawasan perbelanjaan yang berada di antara bangunan komplek perbelanjaan Bugis Junction. Tak jauh dari Bugis Street ini juga terdapat tempat wisata di Singapura yang instagramable, Haji Lane!

Stasiun MRT Terdekat : Bugis MRT Station (EW12/BT3)

5. Mustafa Centre

Tempat yang dikenal sebagai Mustafa Centre ini berada di daerah Little India. Biasanya banyak yang berbelanja oleh oleh disini. Untuk pergi ke Mustafa Centre bisa turun di stasiun MRT terdekat yaitu Ferrer Park. Mustafa Centre ini sebenarnya adalah mal yang ramai dan ada banyak barang. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, sampai oleh oleh sekalipun bisa ditemukan disini.

Stasiun MRT Terdekat : Ferrer Park MRT Station (NE8).

6. Chijmes

Chijmes (diucapkan ‘chimes’) ini adalah sebuah tempat wisata kuliner di Singapura, yang merupakan sebuah bangunan bergaya neo classical gothic dengan plafon menjulang dan jendela tinggi berwarna warni. Dahulu tempat wisata Singapura ini pernah digunakan sebagai sekolah Katholik dan kapel. Namun sekarang ini setiap harinya digunakan sebagai spot dining. Jam bukaya 09.30–18.30 waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : City Hall MRT Station (EW13/NS25).

7. Katong Area

Jika kamu suka kuliner seperti saya, berarti harus mampir ke daerah yang namanya Katong. Katong ini adalah salah satu tempat wisata kuliner Singapura. Mulai dari masakan melayu, hingga seafood bisa ditemukan di daerah Katong.

Daerah katong juga merupkan kawasan yang dilindungi karena arsitekturnya yang bersejarah. Banyak bangunan bergaya etnis peranakan yang khas masih dipertahankan keaslian bentuknya. Karena itu selain sebagai tempat wisata di Singapura untuk kulineran, daerah katong ini juga merupakan tempat asik untuk berjalan kaki menelusuri pertokoan sambil menikmati keindahan arsitektur bangunan.

Stasiun MRT Terdekat : Praya Lebar MRT Station (CC9) atau Eunos MRT Station (EW7).

8. Vivo City

Kalau kamu ingin berkunjung ke mall terbesar di Singapura, mungkin bisa mampir sejenak ke Vivo City. Bisa untuk berbelanja, atau mungkin sekedar window shopping saja. Bebas! Tak jauh dari mall di Singapura terbesar ini adalah Sentosa Island. Jadi mungkin bisa berkunjung ke Vivo City setelah dari Sentosa Saja ya!

Stasiun MRT Terdekat : HarbourFront MRT Station (NE1).

9. Arab Street

Kalau ingin menemui perpaduan budaya Melayu dan Timur Tengah, kamu bisa deh mampir ke Arab Street. Di tempat ini kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati suasana khas Timur Tengah di Singapura. Bisa juga berburu kuliner khas timur tengah. Ada banyak kafe dan resto enak dan halal di sekitar Arab Street.

Sebagian besar orang yang tinggal di Arab Street adalah muslim. Makanya nggak heran kalau terdapat masjid di dekat sini. Selain itu disini juga salah satu tempat berbelanja kain. berbagai gulungan kain sifon, sutra, katun georgette, dan berbagai kain warna-warni dapat ditemukan dengan mudah disini.

O iya, tak jauh dari arab street ini juga terdapat tempat wisata di Singapura yang Instagramable lho. Apalagi kalau bukan Haji Lane yang terkenal dengan banyak mural berwarna-warni itu. Jadi kalau berkunjung ke Arab Street bisa sekalian mampir ke Haji Lane ya!

Stasiun MRT Terdekat : Bugis MRT Station (EW12/BT3)

10. Tiong Bahru

Barisan rumah toko bernuansa Art Deco berderet di tempat wisata Singapura Tiong Bahru. Sejak dulu tempat ini sebenarnya merupakan tempat yang populer di Singapura. Ada banyak tempat makan untuk kulineran disini. Jangan lupa untuk menyempatkan diri juga mampir ke pasar basah dan pusat makanan Tiong Bahru Market and Food Centre. Sudah pasti ada banyak makanan enak disana kok! Buat penyuka kuliner, tempat wisata di Singapore ini rekomend banget!

Stasiun MRT Terdekat : Bugis MRT Station (EW17)

Tempat Wisata Di Singapura Berupa Atraksi Dan Taman Hiburan

Suka dengan taman hiburan dan atraksi wisata di Singapura yang menarik? Mungkin bisa coba berkunjung ke beberapa tempat wisata ini!

Haji Lane adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang terkenal karena Instagram! Bisa dibilang kalau Haji Lane ini adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang Instagramable!
Haji Lane adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang terkenal karena Instagram! Bisa dibilang kalau Haji Lane ini adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang Instagramable!

1. Esplanade

Ada beberapa orang yang menyebut Esplanade di Singapura ini dengan “Durian” soalnya kalau dilihat dari atas memang bentuknya mirip dengan durian. Padahal sebenarnya tempat wisata di Singapore ini adalah sebuah teater berkapasitas besar dengan kapasitas ribuan kursi. Ini juga merupakan salah satu teater di Singapura yang digunakan untuk pertunjukan seni. Jadi jika liburan ke Singapura dan ingin menikmati pertunjukan seni, sudah tau mau kemana kan?

Stasiun MRT Terdekat : Esplanade MRT Station (CC3)

2. Jurong Bird Park

Ada sekitar 800 burung dari seluruh dunia di Jurong Bird Park. Siapa yang menyangka kalau di negara yang tak terlalu besar ini punya taman berisi banyak burung seperti ini. Jadi buat yang suka dengan burung, bisa banget berkunjung ke tempat wisata di Singapura yang ini.

Di Jurong Bird Park tidak hanya bisa melihat burung saja, namun juga ada beberapa atraksi disini. Lokasi taman burung ini berada di Jurong, Singapura. Jurong Bird Park sendiri dikelola oleh Wildlife Reserves Singapore. Taman burung ini memiliki luas 20 hektar! Luas banget deh!

Jurong Bird Park ini buka setiap hari dari jam 08.30 sampai jam 18.00. Harga tiket masuk Jurong Bird Park sendiri adalah SGD 29 untuk dewasa dan SGD 19 untuk anak-anak. Sayang kabarnya Jurong Bird Park ini akan berhenti beroperasi pada tahun 2020, dan akan dipindahkan ke daerah Mandai lalu berganti nama. Tapi sekarang sih masih beroperasi seperti biasa.

Stasiun MRT Terdekat : Boonlay MRT Station (EW 27)

3. Singapore Flyer

Singapore Flyer ini adalah sebuah bianglala raksasa di Singapura yang memiliki ketinggian 165 meter. Saking tingginya, pada cuaca cerah, dari punyak bianglala ini terlihat 3 negara sekaligus. Singapura, Malaysia (Johor) dan Indonesia (Batam) bisa terlihat dari sini. Penasaran pengen coba naik gak?

Pada bianglala yang dikenal dengan Singapore Flyer ini tedapat 28 kapsul yang berukuran 4 meter x 7 meter. Satu kapsul mampu memuat hingga 28 orang. Agak keramaian sih, tapi lumayan lah. Untuk melakukan satu putaran penuh, bianglala ini membutuhkan waktu 37 menit. Keren gak sih tempat wisata di Singapore ini?

Bisa dibilang, ini adalah tempat wisata di Singapura yang populer! Meskipun harga tiketnya lumayan juga. Harga tiket Singapore Flyer untuk dewasa sebesar SGD 33, lansia (warga Singapura saja) SGD 24 dan anak-anak SGD 21. Sementara itu jam buka Singapore Flyer adalah 08.30 – 10.30 malam waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Promenade MRT Station (CC 4)

4. Singapore Night Safari

Singapore Night Safari ini bisa dibilang sebuah taman margasatwa nocturnal pertama di dunia, sebuah taman safari yang bisa dinikmati ketika malam hari. Disini terdapat hampir 900 hewan dari sekitar 100 spesies (dimana 41 persen terancam punah) menghuni taman seluas 35 hektar.

Selain pengalaman safari yang keren, misi Singapore Night Safari ini adalah untuk mempromosikan keanekaragaman hayati, juga berfokus pada penangkaran spesies yang terancam. Mereka juga mengembang biakkan beberapa spesies yang terancam punah. Kunjungan ke Singapore Night Safari bagaikan petualangan ke alam liar.

Tempat wisata Singapura ini bisa dijelajahi dengan naik trem selama 40 menit. Di taman ini pengunjung akan dibawa melalui tujuh wilayah geografis. Mulai dari kaki bukit Himalaya, hingga ke hutan di Asia Tenggara. Tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan bukan?

Harga tiket masuk ke Singapore Night Safari untuk dewasa adalah SGD 32, dan anak-anak SGD 21. Singapore Night Safari ini buka setiap hari mulai jam 19.30 – 24.00 waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Khatib MRT Station (NS23).

5. Wild Wild Wet

Kalau ingin basah-basahan dan bermain air dengan puas seharian penuh di Singapura, bisa mampir ke Wild Wild Wet saja. Ada banyak wahana permainan yang tentunya berhubungan dengan air disini. Seperti Torpedo, Tsunami, The Waterworks, Ular-Lah, Professor’s Playground, Slide Up, Shiok River, Jacuzzi, dan Yippie!

Wild Wild Wet ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang pernah mendapatkan pernghargan sebagai Best Overall Water Theme Park! Harga tiket masuk ke Wild Wild Wet juga gak terlalu mahal. Harga tiket masuk ke Wild Wild Wet adalah SGD 13 untuk dewasa dan SGD 9 untuk anak-anak. Jam buka Wild Wild Wet mulai dari jam 10.00 – 19.00 waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Pasir Ris MRT Station (EW 1).

6. SG Flight Simulation Orchard

Mau merasakan bagaimana sensasi menerbangan pesawat Boeing 737 atau Airbus A320 layaknya seorang pilot? Tenang saja, tak perlu menjadi pilot untuk merasakan sensasi itu. Kamu bisa mencobanya di SG Flight Simulation Orchard! Tempat wisata di Singapura ini menawarkan pengalaman menerbangkan pesawat dengan sebuah flight simulator.

Di tempat ini digunakan sebuah flight simulator asli yang biasa digunakan untuk latihan para calon pilot professional lho! Jadi sensasi memasuki kokpit, mengontrol mesin pesawat hingga lepas landas dan mendarat bisa dicoba disini. Agar lebih mudah, akan ada seorang instruktru mendampingi selama mencoba simulasi.

Pun, untuk mencoba pengalaman super seru dan menarik ini perlu membayar lumayan mahal. Harga termurah untuk mencoba SG Flight Simulation Orchard ini adalah SGD 175 atau kalau dirupiahkan dengan kurs sekarang ya hampir 2 jutaan. Paket termurah ini memungkinkan pengunjung untuk mencoba flight simulator selama 30 menit. Tertarik?

Stasiun MRT Terdekat : MRT Somerset (NS23).

7. The River Safari Wildlife Park

River Safari Wildlife Park ini adalah sebuah tempat wisata di Singapura berupa kebun binatang bertema sungai dan akuarium. Dibangun pada lahan seluas lebih dari 12 hektar dan berada di antara dua kebun binatang lainnya, Singapore Zoo dan Singapore Night Safari. Tempat wisata Singapura ini juga merupakan yang pertama dari jenisnya di Asia, dengan menampilkan berbagai macam atraksi air tawar dan pengalaman menysuri sungai sebagai daya tarik utamanya.

Berbagai binatang seperti anakonda, berang-berang amerika, panda merah, , buaya cina, tokek raksasa, belut listrik hingga ikan lele raksasa bisa ditemukan disini. Ya! Ada banyak hewan dari seluruh dunia seperti Sungai Yangtze, sungai Nil, Mississipi, dan bahkan dari Amazon bisa dilihat disini lho!

Untuk harga tiket masuk River Safari Wildlife Park sendiri adalah sebesar SGD 25 untuk orang dewasa, SGD 16 untuk anak-anak, dan SGD 12,5 untuk pengunjung lansia. Nggak terlalu mahal kok untuk pengalaman menarik yang didapatkan.

Stasiun MRT Terdekat : Khatib MRT Station (NS23).

8. Snow City Singapore

Mau main-main salju di Singapura? Memangnya bisa!? Bisa dong, soalnya ada salah satu tempat wisata di Singapura yang memungkinkan pengunjungnya untuk bermain salju! Apa nama tempat wisata Singapura itu? Sudah pernah dengar Snow City Singapore belum!?

Sebenarnya Snow City Singapore ini adalah bagian dari salah satu atraksi di Sciene Centre Singapura. Disini pengunjung bisa merasakan sensasi cuaca pada suhu minus, dibawah nol derajat. Makanya bisa terdapat salju disini. Nggak perlu jauh-jauh lagi main ke negara sub tropis atau negara yang punya musim dingin lagi deh kalau hanya sekedar ingin bermain salju!

Untuk masuk ke Snow City Singapore ini harus menggunakan perlengkapan pakaian dingin ya. Nggak perlu beli kok. Cukup sewa disini saja. Jaket, sarung tangan, sepatu bot dan perlengkapan tahan dingin lainnya bisa disewa disini.

Sementara itu harga tiket masuk ke Snow City Singapore adalah SGD 15 untuk dewasa dan SGD 13 untuk anak-anak. Terdapat juga paket keluarga 2 dewasa dan 2 anak seharga SGD 49. Snow City Singapore buka pada hari Selasa – Minggu, jam 09.45 – 17.45 Sore waktu Singapura.

Stasiun MRT Terdekat : Jurong East MRT Station (EW 24/NS 1).

9. Singapore Discovery Centre (SDC)

Berlibur di Singapura sekaligus belajar bisa dilakukan di Singapore Discovery Centre (SDC). Disini adalah tempatnya berbagai wahana menarik yang interaktif untuk bermain sekaligus belajar. Harga tiket masuk Singapore Discovery Centre (SDC) ini berbeda-beda, tergantung wahana permainan yang dipiih. Paling murah mulai dari SGD 10 untuk orang dewasa, dan SGD 6 untuk anak-anak. Jadwal buka Singapore Discovery Centre (SDC) adalah mulai dari jam 09:00 – 18:00 waktu Singapura pada hari Selasa – Minggu, dan jam 09.00 – 20.00 waktu Singapura untuk hari Sabtu.

Stasiun MRT Terdekat : Joo Koon MRT Station (EW 29).

10. Marine Life Park Singapore

Marine Life Park adalah tempat wisata di Singapura yang merupakan bagian dari Resorts World Sentosa, Sentosa. Lokasinya sendiri terletak di Singapura selatan. Taman seluas 8 hektar (20-acre) ini memiliki dua tempat wisata, S.E.A. Akuarium dan Adventure Cove Waterpark! Jika kamu ingin melihat berbagai macam ikan yang ada di lautan luas, sebaiknya menyempatkan diri untuk mampir kesini deh.

Stasiun MRT Terdekat : HarbourFront MRT Station (NE1).

Tempat Wisata Di Singapore Berupa Alam Dan Taman Kota Di Singapura

Meski negaranya kecil, ada banyak banget taman kota di Singapura untuk dikunjungi. Beberapa bahkan dijadikan tempat wisata di Singapore lho! Seperti beberapa taman kota Singapura di bawah ini misalnya:

Jalan random di Singapura mungkin kamu bisa menemukan tempat wisata Singapura yang antimainstream!
Jalan random di Singapura mungkin kamu bisa menemukan tempat wisata Singapura yang antimainstream!

1. East Coast Park

Jika ada satu tempat wisata di Singapoer yang identik dengan suasana outdoor yang menyenangkan, mungkin itu adalah East Coast Park. Di taman ini merupakansalah satu tempat berkumpulnya penduduk setempat dan turis untuk berbagai hiburan olahraga, hiburan, dan tempat makan.

Di tempat wisata Singapura gratis ini terdapat bentangan garis pantai sepanjang 15 kilometer. Biasanya disini akan banyak pengendara sepeda dan sepatu roda, berkendara disini sambil. Ada juga yang menikmati harinya dengan melakukan kegiatan di air laut.

East Coast Park juga merupakan tempat yang bagus untuk sekadar duduk santai dan bersantai. Disini terdapat banyak restoran, bar, dan kafe di sepanjang pantai untuk menikmati koktail atau menyantap makanan. Ini jugga merupakan tempat piknik tepi pantai favorit dengan keluarga dan teman-teman lho.

Stasiun MRT Terdekat : Dakota MRT Station (CC8).

2. Chinese and Japanese Gardens

Mencari tempat wisata Singapura gratis lagi? Mampir saja ke Chinese and Japanese Gardens! Ada berbagai macam tempat menarik untuk berfoto di sini. Iya, pada tempat wisata di Singapore ini terdapat sebuah taman bergaya Jepang, dengan berbagai bangunan menarik disana. Disini ada sebuah danau cantik, pagoda dan kebun bergaya Jepang, dan sebuah jembatan keren yang dibangun dengan gaya arsitektur China. Taman bertema dua budaya berbeda yang berada di Jurong ini dibangun pada tahun 1974 lho! Udah tua banget deh berarti taman ini.

Pada bagian Japanese garden, ditekankan pada estetika berkebun ala Jepang Pada periode Muromachi dan Momoyama yang memiliki jembatan melengkung, jalan batu, air terjun batu, lentera batu dan pagoda bergaya Jepang. Sementara Chinese Garden memiliki banyak koleksi bonsai yang bagus, dan berbagai paviliun dan pagoda dalam gaya kekaisaran Tiongkok utara. Beberapa Ikon Taman Tiongkok termasuk Pagoda Cloud Piercing tujuh lantai dan patung-patung pahlawan terkenal dalam sejarah Tiongkok.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Singapore ini adalah selama Tahun Baru Imlek (biasanya Januari atau Februari) dan Festival Pertengahan Musim Gugur (September atau Oktober). Pada waktu itu ada banyak pertunjukan budaya diadakan, dan kebun akan menyala di malam hari seperti negeri dongeng, diterangi oleh ratusan hiasan lampion kertas. Pada hari biasa juga bagus, bisa mampir untuk berjalan-jalan, hanya untuk menikmati pemandangan, jogging, atau berburu foto disini.

Stasiun MRT Terdekat : Chinese Garden MRT Station (EW 25).

3. Singapore River

Singapore River atau Sungai Singapura adalah sungai besar di Singapura yang bersejarah. Pada sepanjang sungai ini terdapat beberapa dermaganya yang terkenal yaitu Boat Quay, Clarke Quay, dan Robertson Quay. Dari sungai inilah semua sejarah Singapura bermula. Di sepanjang sungai ini juga terdapat berbagai tempat menarin dan bersejarah lho.

Mulai dari Raffles Landing Site atau tempat Sir Stamford Raffles menjejakan kaki pertama kali di Singapura yang dulunya dikenal dengan Temasek pada tahun 1819, hingga berbagai tempat asik untuk bersantai. Mau berkunjung ke tempat wisata Singapura gratis? Susuri saja tepian sungai ini, ada banyak tempat menarik yang akan ditemui!

Stasiun MRT Terdekat : Clarke Quay MRT Station (NE5).

4. HarbourFront, Tempat Wisata Di Singapore Yang Populer

HarbourFront, ini adalah sebuah tempat wisata di Singapore yang merupakan pelabuhan ramai di mana tempat untuk wargal lokal Singapura dan wisatawan berbaur. Biasanya mereka berkunjung kesini untuk makan, berbelanja, bekerja, dan bermain. Soalnya di HarbourFront ini terdapat mal besar di Singapura Vivocity, dan HarbourFront Centre. HarbourFront juga merupakan jalur untuk menuju Sentosa Island yang berada tak jauh dari sini.

Stasiun MRT Terdekat : HarbourFront MRT Station (NE1).

5. Chek Jawa, Atau Tanjong Chek Jawa!

Chek Jawa terletak di ujung timur Pulau Ubin, atau sekitar 3 km dari dermaga umum di Pulau Ubin. Untuk pergi ke tempat wisata di Singapore ini bisa dapat menyewa mobil van atau menyewa sepeda dari desa utama. Atau kalau suka petualangan, bisa berjalan kaki 40 menit ke Chek Jawa dari dermaga.

Luasnya sekitar 100 hektar. Chek Jawa ini adalah kawasan wisata alam Singapura yang unik, di mana enam ekosistem utama – pantai berpasir, pantai berbatu, laguna padang lamun, karang, hutan bakau dan hutan pantai – bertemu! Jadi, kalau bosan dengan tempat wisata di Singapore berupa hutan gedung, bisa deh berkunjung ke Chek Jawa yang masih alami!

6. Bukit Timah Nature Reserve

Bukit Timah Nature Reserve atau Cagar Alam Bukit Timah. Tempat wisata di Singapura ini adalah sebuah cagar alam yang tidak terlalu besar di Singapura. Luasnya hanya 1,64 kilometer persegi (400 acre) membentang di tengah Singapura, terletak di lereng Bukit Timah Hill. Bukit ini adalah bukit tertinggi di Singapura yang berdiri pada ketinggian 163,63 meter. Cagar alam ini hanya berada sekitar 12 kilometer dari pusat kota Singapura.

Meskipun ukurannya kecil, cagar alam ini dianggap sebagai salah satu bagian alam yang paling produktif. Bukit Timah Nature Reserve juga merupakan salah satu destinasi wisata di Singapura. Ini juga merupakan destinasi yang ramah keluarga. Entah untuk sekedar menikmati suasana alam yang segar, atau sekedar ingin bertualang dengan hiking dan trekking disini.

Stasiun MRT Terdekat : Hillview MRT Station (DT3), Beauty World MRT Station (DT5).

7. Fort Canning Park

Fort Canning Park, sebuah landmark berupa puncak bukit yang ikonik telah menyaksikan banyak sejarah penting terjadi di Singapura. Bukit itu pernah menempati istana raja abad ke-14 dan berfungsi sebagai Markas Besar Pusat Komando Timur Jauh dan Barak Angkatan Darat Inggris.
Keputusan untuk menyerahkan Singapura ke Jepang pada perang dunia kedua di tanggal 15 Februari 1942 juga dilakukan di atas bukit ini.

Lokasi tepatnya di Pusat Komando Bawah Tanah Timur Jauh, yang biasa dikenal sebagai Battle Box. Yang jelas ini adalah salah satu tempat wisata di Singapore yang direkomendasikan buat dikunjungi. Apagi ini adlaah tempat wisata Singapura gratis juga. Pada masa sekarang, Fort Canning Park adalah sebuah tempat untuk perayaan. Rumputnya yang luas biasa digukanan untuk konser, produksi teater hingga acara pernikahan, pesta dan pertemuan. Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Singapura ini?

Stasiun MRT Terdekat : City Hall MRT Station (EW13/NS25).

8. Pulau Ubin, Tempat Wisata Di Singapore Wajib Kunjung

Pulau Ubin adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Singapura dan sering dianggap sebagai ‘kampung’ (desa) terakhir di Singapura. Suasana di Pulau Ubin akan membawa kembali ke Singapura pada tahun 1960, dimana segalanya masih sederhana seperti di desa. Tempat wisata di Singapore ini wajib dikunjungi untuk penyuka suasana tenang dan nyaman.

Menghabiskan waktu berjalan kaki atau mengayuh melalui jalan-jalan pedesaan di bawah pohon kelapa yang melambai-lambai, menjelajahi jalan-jalan yang teduh di perkebunan karet yang ditumbuhi banyak tanaman, memeriksa pantai-pantai terpencil dan hutan bakau yang tumbuh subur di pulau ini akan menyenangkan. Mau mengunjungi tempat wisata Singapura gratis? Mainlah ke Pulau Ubin.

9. Pulau Kusu, Tempat Wisata Di Singapore Yang Bersejarah

Jika mencari tempat wisata di Singapura yang bersejarah, terpencil dengan petualangan yang menunggu, Pulau Kusu adalah tujuan yang tepat. Pulau Kusu, yang berarti Pulau Kura-Kura menyimpan banyak cerita yang menarik. Ada banyak sekali legenda tentang salah satu tempat wisata di Singapore ini, tetapi semuanya masih seputar pad kisah seekor kura-kura raksasa, satu pria Melayu dan satu pria Cina.

Legenda menceritakan bahwa si kura-kura mengubah diri menjadi sebuah pulau untuk menyelamatkan 2 nakhoda kapal berkebangsaan Melayu dan Tionghoa-yang kapalnya mengalami kerusakan. Karena diselamatkan, Kedua lelaki ini bersyukur sesuai dengan kepercayaan masing-masing, yang Melayu membangun bangunan kramat Muslim, dan yang Tionghoa mendirikan kuil Tao. Tiap tahun selama bulan Qamariyah ke-9 (yang jatuh antara September dan November menurut Penanggalan Bulan), ribuan orang berkumpul di pulau ini untuk berziarah tahunan di Pulau Kusu.

10. Southern Ridges Singapura

The Southern Ridges adalah tempat wisata di Singapore berupa hamparan terbuka hijau sepanjang 10 kilometer yang membentang di beberapa taman dan kebun paling terkenal di Singapura, yang dihubungkan oleh pegunungan dan jalur yang indah. The Southern Ridges adalah tempat wisata Singapura gratis yang terdiri dari Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park, dan Labrador Nature Reserve.

Stasiun MRT Terdekat : Labrador Park MRT Station (CC27).

11. Mac Ritchie Nature Trail Reservoir Park

Tempat wisata di Singapore berupa Mac Ritchie Nature Trail Reservoir Park adalah taman bermain alam bagi mereka yang menyukai alam bebas. Disini pengunjung bisa menikmati Treetop Walks, jembatan gantung yang membentang pada dua titik tertinggi dalam MacRitchie.

Berjalan-jalan di tempat wisata Singapura gratis ini super seru. Trekking di jalur sepanjang 11 km yang dikenal sebagai MacRitchie Trails, terletak di dalam hutan hujan tropis Central Catchment Nature Reserve akan menyenangkan suasana liburan. Apalagi ada kemungkinan akan bertemu monyet monyet berekor panjang, bajing, dan biawak. Jika beruntung, bahkan dapat menemukan colugos (lemur terbang) atau burung hantu!

Stasiun MRT Terdekat : Caldecot MRT Station (CC17).

12. Mount Faber Park

Tempat wisata di Singapore Mount Faber Park ini adalah salah satu taman tertua, dan merupakan tujuan wisata yang populer. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini. Gunung Faber ditutupi oleh hutan hujan sekunder. Vegetasi di lereng membantu menstabilkan medan selain mempercantik taman. Tempat wisata di Singapura ini juga bagian dari Southern Ridges, yang juga terdiri dari Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park dan Labrador Nature Reserve.

Stasiun MRT Terdekat : HarbourFront MRT Station (NE1).

13. Sungei Buloh Wetland Reserve

Temukan keindahan dan keajaiban alam di Taman Warisan ASEAN pertama di Singapura. Berbagai keanekaragaman hayati yang kaya bisa ditemukan saat menjelajahi lahan basah dengan hutan bakau di Sungei Buloh Wetland Reserve yang luas. Sungei Buloh Wetland Reserve merupakan tempat wisata di Singapore yang pertama kali dibuka sebagai Taman Alam pada tahun 1993. Nama aslinya adalah “Sungei Buloh” saja. Namun pada tahun 2002, taman alam seluas 130 hektar ini secara resmi dikukuhkan sebagai Cagar Alam dan diganti namanya Sungei Buloh Wetland Reserve untuk lebih mencerminkan statusnya.

14. Labrador Nature Reserve

Dibangun di tepi hutan sekunder dengan sudut pandang utama dari vegetasi sisi tebing dan pemandangan laut yang indah, Cagar Alam Labrador adalah sebuah tempat wisata di Singapore yang penuh ketenangan dan keajaiban alam. Ada banyak satwa liar disini. Oleh karena itu tempat wisata Singapura gratis ini menjadi tempat favorit pecinta alam. Tidak jarang bagi pengunjung untuk mendengar suara indah dari berbagai jenis burung liar yang ada disini. Labrador Nature Reserve adalah bagian dari Southern Ridges, yang juga terdiri dari Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, dan Kent Ridge Park.

Stasiun MRT Terdekat : Labrador Park MRT Station (NE1).

15. HortPark, Tempat Wisata Di Singapura Untuk Penyuka Berkebun

Tempat wisata di Singapore yang mana bisa menemukan tanaman yang paling asli di satu tempat? Mungkin cuma ada di HortPark, yang sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 100 spesies tanaman asli. HortPark sendiri adalah tempat wisata di Singapura berupa taman seluas 9 hektar (22-acre) yang terletak di bagian barat daya Singapura.

Taman ini juga merupakan pusat dari segala macam dan semua hal yang berkaitan dengan kegiatan berkebun. Mulai dari kegiatan rekreasi dan edukasi, hingga kegiatan riset dan ritel dari berkebun ada disini. Misalnya, jika kamu ingin tahu cara menumpas gulma yang mengganggu, HortPark ini adalah tempat yang tepat.

Stasiun MRT Terdekat : Labrador Park MRT Station (NE1).

Tempat Wisata Di Singapura Berupa Museum

Untuk kamu yang suka berkunjung ke Museum, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke beberapa museum di Singapura ini ya!

Sedari dulu, Orchard Road selalu menjadi tempat wisata di Singapura yang dikunjungi oleh banyak orang!
Sedari dulu, Orchard Road selalu menjadi tempat wisata di Singapura yang dikunjungi oleh banyak orang!

1. Museum Madame Tussauds
2. Art Science Museum
3. Trick Eye Museum
4. Singapore Art Museum (SAM)
5. National Gallery Singapore
6. Singapore Philatelic Museum
7. Singapore City Gallery
8. Asian Civilisations Museum
9. Changi Museum

Tempat Wisata Di Singapura Berupa Landmark Dan Tempat Bersejarah Di Singapura

Suka sejarah atau berkunjung ke landmark suatu negara? Nah, kalau di Singapura, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata ini nih!

Liburan ke Singapura biasanya foto di depan Universal Studio Singapore itu wajib! Iya nggak sih?
Liburan ke Singapura biasanya foto di depan Universal Studio Singapore itu wajib! Iya nggak sih?

1. Buddha Tooth Relic Temple dan Museum
2. Helix Bridge
3. Masjid Sultan
4. St. Andrew’s Cathedral
5. Raffles Landing Site
6. Jembatan Henderson Waves
7. Kranji War memorial
8. Sun Yat Sen Memorial Hall
9. The Japanese Cemetery Park
10. Lim Bo Seng Memorial
11. The Cenotaph

Tempat Wisata Singapura Gratis, Gak Perlu Bayar Lagi!

Ada banyak tempat wisata Singapura gratis. Gampang ditemukan kalau mau cari lebih detail. Beberapa daftar tempat wisata Singapura gratis itu bisa ditemukan dibawah ini:

1. Merlion Park
2. Esplanade
3. Bugis Street
4. Chinatown
5. Haj Lane
6. Little India
7. Marina Bay Sands
8. Sultan Mosque
9. East Coast Park
10. Orchard Road
11. Civil Defence Heritage Gallery
12. Sentosa Island
13. Sri Mariamman Temple
14. Singapore Botanic Gardens
15. Henderson Waves Bridge
16. Henderson Waves
17. Pantai Siloso Sentosa
18. Mustafa Centre

Tempat Wisata Di Singapura Lainnya

Karena ditinggali berbagai macam ras, kuliner Singapura ini cukup bervariasi macamnya.
Karena ditinggali berbagai macam ras, kuliner Singapura ini cukup bervariasi macamnya.

1. Haw Par Villa
2. F1 Race, Menonton Balapan F1 Di Singapura

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses
  1. Fuji

    Kak saya butuh info nih. Ada rencana mau bawa ibu ke singapore cuma bingung mesti dibawa ke tempat apa aja. Dan ini pertama x saya pergi keluar negeri bersama ibu saya. Mohon infony

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: