Cara Mudah Agar Tetap Online Selama Liburan Ke Jepang!?

Gimana cara agar tetap online selama liburan di Jepang? Apa enaknya sewa wifi di Jepang, sewa wifi router di Indonesia, beli kartu sim lokal Jepang, atau malah pake fitur roaming sim card dari Indonesia saja? Mau milih yang manapun, tetap harus dipertimbangkan dengan baik.

Soalnya liburan ke Jepang tanpa bisa online kapan saja dimana saja sepertinya bakalan jadi dilema. Terutama di jaman semua serba online seperti ini. Kalau buat saya, bisa online itu penting banget. Selain memang karena tuntutan pekerjaan, saya ingin tetap terhubung dengan keluarga di rumah. Minimal, buat ngabarin kondisi saya sedang bagaimana.

Buat orang lain, mungkin bisa tetap online selama di Jepang bakalan berguna untuk bisa sharing di sosial media. Biasalah, update status di facebook kalau lagi jalan-jalan di tokyo, share status twitter joke receh tentang jepang, Instastory aktivitas liburan di Jepang dan posting pose selfie selama traveling di Instagram.

Musim sakura adalah salah satu waktu yang pas untuk liburan ke Jepang!
Musim sakura adalah salah satu waktu yang pas untuk liburan ke Jepang!

Katanya, traveling jaman now harus serba eksis di sosial media. Iya nggak sih?

Yang jelas, apapun tujuannya, ada beberapa cara mudah agar tetap online selama liburan di Jepang. Cara paling gampang dan gak modal adalah dengan cari wifi gratis di Jepang. Namun sayangnya, namanya gratisan itu nggak selalu bisa diandalkan. Lalu, cara lain yang lebih bisa diandalkan kira kira seperti apa?

Agar lebih jelas, mungkin kamu perlu cari tahu dulu tentang beberapa hal berikut ini!

1. Cari Tahu Dulu Kebutuhanmu Seperti Apa

Jaman sekarang agar tetap bisa online di luar negeri itu gampang banget. Cara paling sederhana, ya pake wifi gratis. Biasanya saya lakukan ini kalau cuma transit beberapa jam. Seperti waktu terakhir kali saya transit di Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA2) selama semalam, saya tak perlu beli kartu lokal atau pake roaming. Cuma semalam, ngapain dong beli? Bisa pake wifi gratis di bandara!

Atau waktu saya perlu pergi ke 5 negara di Asia dalam waktu satu bulan. Waktu itu saya harus traveling ke Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan dan Jepang dalam waktu satu bulan. Saya perlu tetap online karena memang ada kerjaan, tapi tidak perlu terlalu banyak kuota data. Terus waktu tinggal di tiap negara juga gak terlalu lama. Paling lama cuma seminggu waktu di Jepang.

Cek dulu kebutuhan internet selama traveling di Jepang kayak gimana.
Cek dulu kebutuhan internet selama traveling di Jepang kayak gimana.

Kalau saya sewa wifi router untuk tetap online, itu berarti saya harus sewa yang  bisa dipakai di 5 negara sekaligus. Akan ribet dan mahal dong tentunya. Kalau beli simcard lokal, kasian smartphone saya gonta-ganti pasangan. Eh kartu maksudnya! Itulah kenapa waktu itu saya memutuskan untuk memakai fasilitas roaming kartu saya. Jadi saya gak perlu pusing sewa wifi router atau beli kartu simcard lokal. Kebetulan pas lagi promo juga, jadi saya bayar lumayan murah dan dapat kuota 5 GB yang bisa di pake di Asia dan Australia.

Nah, makanya sebelum sewa router wifi atau beli simcard lokal harus dilihat dulu kebutuhannya seperti apa. Biasanya sewa wifi router itu saya lakukan kalau perginya rame-rame. Jadi bisa sharing bareng temen. Untuk sewa wifi router saya pernah coba dari beberapa brand, salah satunya sih sewa di Passpod.id.

2. Lihat Apakah Kamu Liburan Ke Jepang Sendiri Atau Rame-Rame?

Kalau liburan rame rame, sebaiknya pake wifi yang bisa dipake bebarengan. Bisa dipake sambil piknik juga!
Kalau liburan rame rame, sebaiknya pake wifi yang bisa dipake bebarengan. Bisa dipake sambil piknik juga!

Kalau liburan ke Jepang rame-rame sudah pasti yang paling mudah dan murah adalah dengan sewa wifi router. Karena biasanya wifi router ini bisa dipakai hingga beberapa orang. Saya pernah tahu ada wifi router yang bisa dipake hingga 5 orang. Jadi lebih enak kan, karena bisa dipake rame-rame, sewanya pun bisa lebih murah karena dibagi rata.

3. Tentukan Pilihan Mau Sewa Wifi Router, Pake Fasilitas Roaming, Atau Beli Sim Card Lokal Jepang

Jaman sekarang traveling pun harus terus terkoneksi ke Internet!
Jaman sekarang traveling pun harus terus terkoneksi ke Internet!

Kalau saya sih paling sering sewa wifi router kalau lagi liburan ke Jepang ya. Apalagi dulu di Jepang kan gak bisa beli Simcard kalau gak punya ijin tinggal di sana. Malah waktu pertama kali liburan ke Jepang di tahun 2013 dulu, saya nggak pake internet sama sekali. Karena masih belum banyak yang menyewakan pocket wifi di Jepang.

Kalaupun ada, harganya dulu mahal banget dan agak ribet cara menyewanya. Sekarang sih beda, sewa wifi gampang banget! Bahkan di Indonesia sudah ada yang menyewakan wifi router yang bisa dipake di Jepang. Lagi-lagi mau memakai roaming, sewa wifi router atau beli simcard lokal, harus dilihat dulu kebutuhanmu seperti apa!

4. Jangan Salah Pilih Tempat Sewa Wifi Router Untuk Internetan Di Jepang

Meskipun ketika di Jepang bisa juga sewa wifi router, namun saya sarankan lebih baik sewa wifi router di Indonesia saja. Kenapa? Karena kalau disana bayarnya langsung pake YEN, dan kalau kurs rupiah lagi melemah, pastinya akan bayar lebih mahal. Sebaiknya sih sewa di Indonesia saja, bayarnya langsung pake rupiah.

Device wifi Passpod.id bisa nyala sampai 12 jam! Jadi bisa internetan terus selama 12 jam nonstop! Jangan sampai salah Sewa wifi router ya! biar liburanmu tetap seru!
Device wifi Passpod.id bisa nyala sampai 12 jam! Jadi bisa internetan terus selama 12 jam nonstop! Jangan sampai salah Sewa wifi router ya! biar liburanmu tetap seru!

Salah satunya bisa sewa wifi router di Passpod.id. Wifi mereka sudah support 4G LTE. Itu artinya koneksi internet pasti stabil dan kencang meski dipakai beberapa orang. Harga sewanya juga murah. Untuk negara Jepang mulai dari IDR 60.000 per hari. Misalnya kalau dipake 5 orang itu berarti cuma IDR 15.000 per hari/orang.

Terus, yang bikin seneng pake Passpod.id ini, device wifi mereka bisa nyala sampai 12 jam! Koneksinya kenceng, dan nggak perlu bingung abis batere ketika masih jalan-jalan deh. Bahkan ketika kemarin saya liburan ke Jepang selama 7 hari, dalam kondisi full charge, wifi ini bisa dipake dari jam 7 Pagi sampai jam 7 malam! Persis seperti yang mereka bilang, kalau wifi mereka tahan 12 jam.  Nggak perlu lagi charge pake power bank di tengah jalan-jalan!

5. Kalau Gak Mau Keluar Budget Lagi, Apakah Cukup Online Di Jepang Dengan Free Wifi Saja?

Meski ada banyak free wifi di Jepang, namun kurang bisa diandalkan untuk kamu yang selalu mobile dan berpindah tempat!
Meski ada banyak free wifi di Jepang, namun kurang bisa diandalkan untuk kamu yang selalu mobile dan berpindah tempat!

Ini tergantung kebutuhan sih. Waktu saya pertama kali berkunjung ke Jepang selama 2 minggu, saya hanya memanfaatkan fasilitas wifi gratis saja. Namun itu artinya kemampuan saya mencari informasi di Internet terbatas. Dan biasanya fasilitas free wifi hanya berada di beberapa titik tertentu saja seperti di Penginapan, Bandara, Stasiun dan Minimarket.

Kalau banyak berpindah, tentunya akan susah untuk mendapatkan koneksi internet yang bisa diandalkan. Tapi tetap saja ya, kalau nggak perlu-perlu amat buat online setiap saat, pakai yang namanya free wifi saja bisa. Tapi di jaman sekarang yang serba online ini kayaknya bakalan susah deh. Makanya, mungkin lebih baik diusahakan agar tetap online entah dengan pake roaming atau sewa wifi router yang bisa dipakai di Jepang!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
8 Responses
    1. tanpa wifi router bisa, tapi harus ke tempat umum seperti stasiun, minimarket, atau tempat wisata. diluar itu blank. misal waktu naik kereta lokal berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. di jamin gak bisa eksis di socmed kalau nggak pake wifi router atau roaming :D

  1. Informasinya berguna banget, masalah koneksi ini kadang suka telat dipikirkan.. begitu nyampe di negara tetangga baru mikir mau konek internet pake apa.. tapi kapan ya aku ke Jepang?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: