Rekomendasi Tempat Wisata Kuala Lumpur Wajib Kunjung!

Selain Singapura, dan Thailand, tujuan liburan ke luar negeri untuk pemula yang paling menarik adalah Malaysia. Untuk itu, biasanya kota pertama di Malaysia yang banyak dikunjungi oleh traveler dari Indonesia adalah Kuala Lumpur. Selain memang ada banyak tempat wisata Kuala Lumpur yang menarik, kota ini adalah Ibukota negara Malaysia.

Saya sendiri sudah beberapa kali berkunjung ke Kuala Lumpur. Beberapa kali transit saja, dan beberapa kali memang ingin liburan ke Malaysia. Selama berkunjung, ada beberapa tempat wisata Kuala Lumpur yang sudah saya kunjungi, namun lumayan banyak juga yang masih terlewati.

Yah, meski kota ini nggak bisa bikin kangen banget kayak Kanazawa di Jepang, tapi nggak ada salahnya mampir ke Kuala Lumpur sesekali. Soalnya memang ada salah satu tempat favorit saya disini. Enggak, bukan menara kembar petronas ya! Tapi Jalan Alor, dimana saya bisa nemu banyak makanan enak disitu.

Tapi Kuala Lumpur bukan cuma cuma Jalan Alor saja sih. Karena sebenarnya ada banya tempat wisata di Kuala Lumpur yang menyenangkan untuk dikunjungi. Mulai dari tempat wisata Kuala Lumpur untuk penyuka belanja, sejarah hingga penyuka kuliner seperti saya.

Kalau ke Batu Caves bisa ketemu dengan yang seperti ini.
Kalau ke Batu Caves bisa ketemu dengan yang seperti ini.

Nah, buat yang baru saja pertama kali liburan ke Kuala Lumpur, kira-kira tempat wisata di Kuala Lumpur mana saja sih yang harus dikunjungi? Simak baik-baik ya daftar tempat wisata Kuala Lumpur wajib kunjung ini!

Rekomendasi Tempat Wisata Kuala Lumpur Wajib Kunjung!

Dari sekian banyak daftar tempat wisata Kuala Lumpur, beberapa dibawah ini sudah saya kunjungi dalam beberapa kali kesempatan liburan ke Kuala Lumpur. Favorit kalian yang mana?

1. Jalan Alor! Tempat Wisata Kuala Lumpur Wajib Kunjung Untuk Penyuka Kuliner!

Top list saya kalau lagi mampir ke Kuala Lumpur ya Jalan Alor ini! Tempat ini memang surga buat yang doyan makan kayak saya. Ada banyak banget makanan enak yang bisa saya coba disini. Makanya, beberapa kali saya main ke Kuala Lumpur, saya selalu mampir kesini. Bahkan, terakhir berwisata ke Kuala Lumpur, saya malah menginap di dekat Jalan Alor. Biar gampang gitu kalau mau kulineran :D

Ya, seperti ini bisa ditemukan di salah satu tempat kuliner Kuala Lumpur Jalan Alor.
Ya, seperti ini bisa ditemukan di salah satu tempat kuliner Kuala Lumpur Jalan Alor.

2. Bukit Bintang, Tempat Belanja Barang Mewah Di Kuala Lumpur

Di Singapore ada Orchard Road, di Kuala Lumpur punya Bukit Bintang! Ya meski nggak sama persis sih! Yang sama adalah, disini adalah tempatnya dimana kalian bisa menemukan banyak barang branded dan mahal dijual. Jadi kalau kalian punya uang dan bingung mau diabisin dimana selama di Kuala Lumpur, mampir saja ke Bukit Bintang.

Tempat favorit saya di Bukit Bintang ini sih Pavilion Mall yang katanya mall terbesar di Kuala Lumpur. Dulu waktu pertama kali kesana karena ada banyak jualan kuliner Jepang di salah satu lantai di Pavilion Mall ini. Buat pancingan sebelum beneran bisa main ke Jepang gitu. Eh, ternyata setelah itu saya bisa traveling ke Jepang 3 kali!

Disini nggak cuma Pavilion Mall saja ya! Ada banyak lainnya seperti Starhill Galeri, Fahrenheit, Berjaya Times Square Low Yat Plaza, , Imbi Plaza, Bukit Bintang Plaza, dan Kuala Lumpur Plaza. Tinggal pilih saja mau ngabisin duit dimana. Tenang saja, kalau cash habis, atm ada banyak disana. Terus kalau kurang bisa pake kartu kredit juga. Kalau laper? Tinggal ngeloyor ke Jalan Alor Coy!

3. Menara Kembar Petronas Yang Super Populer!

Kalau lagi ada yang liburan ke Malaysia, ke Kuala Lumpur terutama,  saya selalu iseng nanya. Pengen main kemana? Dan, percaya atau enggak, hampir semuanya pasti jawab, mau ke menara kembar Petronas. Pengen foto di depannya! Memang ya, Petronas Twin Tower atau menara kembar Petronas ini salah satu tempat wisata Kuala Lumpur wajib kunjung. Sudah kayak Merlion Park di Singapura gitu. Sama sih, waktu ke Malaysia pertama kali, saya juga langsung mampir kesini tanpa perlu ada yang komando! Hehee!

Ada yang gak mampir ke menara kembar Petronas kalau liburan ke Kuala Lumpur?
Ada yang gak mampir ke menara kembar Petronas kalau liburan ke Kuala Lumpur?

4. Dataran Merdeka Salah Satu Tempat Bersejarah Di Kuala Lumpur

Buat yang suka berkunjung ke tempat wisata bersejarah, Dataran Merdeka di Kuala Lumpur ini berarti nggak bisa dilewatin. Karena ini nggak cuma merupakan tempat bersejarah di Kuala Lumpur saja. Tetapi ini adalah salah satu tempat bersejarah bagi warga Malaysia.

Karena disinilah pertama kalinya pengibaran bendera Malaysia, yang juga menandai lepasnya Malaysia dari pemerintahan Inggris pada tanggal 31 Agustus 1957. Semacam tempat proklamasi kali ya kalau di Indonesia. Pada tau kan kalau di Indonesia itu tempat proklamasinya dimana? Itu lho di Jalan Pegangsaan timur No. 56!

Setelah bebas dari pemerintahan Inggris, Dataran Merdeka ini menjadi tempat untuk memperingati hari kemerdekaan Malaysia. Buat yang kurang suka sejarah seperti saya, mungkin tempat ini akan sedikit membosankan. Tapi tenang saja, ada beberapa tempat menarik di sekitar sini.

Misalnya, tulisan “I Love KL” buat yang suka foto selfie ada di dekat sini, terus ada juga beberapa tempat wisata Kuala Lumpur lain seperti Musimum Musik, Katedral St. Mary the Virgin, KL City Gallery (Bayar RM 5), hingga Masjid Jamek bisa dikunjungi disini.

Cara Pergi Ke Dataran Merdeka:
  • Paling gampang adalah naik Hop On-Hop Off Bus Kuala Lumpur yang akan lewat Dataran Merdeka. Atau,
  • Bisa naik LRT (Kelana Jaya Line). Turun saja di  Stasiun Masjid Jamek. Dataran Merdeka berjarak jalan kaki dari stasiun tersebut.

5. Pasar Seni Atau Central Market

Mau belanja pernak-pernik lucu? Sudah benar banget kalau berkunjung ke Pasar Seni atau Central Market Kuala Lumur. Awalnya saya kemarin kesini cuma buat cari makan siang saja. Eh, ternyata kok ini adalah salah satu tempat wisata Kuala Lumpur yang asik untuk berbelanja!

Ada banyak banget barang-barang lucu yang bisa dibeli disini. Kalau tidak ingat bagasi cuma 7 Kg, pasti saya juga banyak belanja disini… buat giveaway maksudnya. Tapi sayang, bagasinya gak cukup, mungkin lain kali saya baru borong barang belanjaan di Central Market ini. Kemarin sih, jadinya lihat-lihat saja dulu.

Buat yang penasaran dimana lokasi Central Market ini, gampang kok carinya. Pasar Seni Atau Central Market Kuala Lumpur ini berada di Jalan Tun Tan Cheng Lock (Foch Avenue). Dan akses untuk pejalan kaki bisa dicapai dari Jalan Hang Kasturi (Rodger Street). Letaknya juga tak jauh dari dari Petaling Street.

Cara Pergi Pasar Seni atau Central Market

Akses tranportasi umum terdekat ke Pasar Seni atau Central Market ini adalah LRT Kelana Jaya Line dan MRT Sungai Buloh-Kajang Line.

Mau belanja, mampir saja ke Pasar Seni Atau Central Market
Mau belanja, mampir saja ke Pasar Seni Atau Central Market

6. Menara KL Atau Kuala Lumpur Tower

Sekilas ini sebenarnya lebih mirip dengan Tokyo Skytree, tapi KL Tower lahir terlebih dahulu, di tahun 1995. Terus KL Tower tingginya 421 meter, sementara Tokyo Skytree di 634 meter. Persamaanya adalah, saya belom pernah naik ke kedua tower itu, hanya melihatnya saja dari kejauhan. Yang pernah naik malah Macau Tower ketika dulu main ke Macau selama beberapa hari.

Tapi sebenarnya pengen juga cobain naik ke KL Tower dilain waktu. Harga tiket masuk ke KL Tower ini cuma RM38.00 (IDR 120 ribuan) untuk dewasa, dan RM28.00 (IDR 90 ribuan) untuk anak-anak kok. Terus cara pergi ke KL Tower ini juga gampang. Bisa naik Monorail turun di Bukit Nanas Station, naik LRT turun di Dan Wangi Station atau naik MRT Turun di Dan Wangi MRT Station.

7. Jalan Petaling, Kawasan Pecinan Kuala Lumpur

Di setiap negara, saya selalu suka berkunjung ke area pecinan. Di Sydney, saya selalu mampir ke Haymarket, pecinan kota ini untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Di Singapore, China Town itu nggak bisa dilewatkan kalau berkunjung. Nah, Petaling Street ini juga merupakan tempat wisata Kuala Lumpur wajib kunjung lho!

Soalnya selain tempatnya asik buat hunting foto, disini ada banyak pedagang kaki lima yang menjual bebagai macam barang. Tentu harganya sudah pasti murah, seperti sebagian besar pecinan yang pernah saya datangi. Petaling Street di Kuala Lumpur ini paling asik dikunjungi ketika malam, karena hiasan lampion disini akan menambah seru suasana.

Cara paling gampang untuk pergi ke Petaling Street adalah dengan naik LRT lalu turun di Stasun Masjid Jamek, atau Stasiun Pasar Seni. Alternatifnya kalian bisa turun di Stasiun Monorail Maharajalela jika pergi ke Petaling Street dengan Monorail.

8. Batu Caves, Kuil Hindu Populer Di Kuala Lumpur

Batu Caves adalah salah satu tempat wisata Kuala Lumpur yang gak bisa dilewatkan
Batu Caves adalah salah satu tempat wisata Kuala Lumpur yang gak bisa dilewatkan

Banyak yang bilang dan selalu merekomendasikan untuk berkunjung Batu Caves. Memang, Batu Caves ini adalah salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang populer. Apalagi kalau sedang berlangsung yang namanya Festival Thaipusam. Dijamin pengunjung Batu Caves ini bakal membludak. Pun, pada hari biasa, tempat wisata ini tampak selalu ramai. Soalnya memang salah satu tempat wisata gratis di Kuala Lumpur sih.

Selain itu, Batu Caves ini juga banyak dikunjungi untuk beribadah. Karena disini memang merupakan Kuil Hindu yang aktif digunakan. Jadi cukup susah membedakan mana yang wisatawan, mana yang sedang beribadah. Kecuali ya kalau lagi foto selfie. Sudah lansung ketahuan deh siapa turisnya :D

Lokasi Batu Caves ini agak jauh dari Kuala Lumpur. Namun akses transportasi umum menuju lokasi Batu Caves sangatlah mudah. Cara paling mudah untuk peri ke Batu Caves adalah dengan naik KTM Komuter Line dari Stasiun Central Kuala Lumpur, dengan tujuan stasiun terakhir, Stasiun Batu Caves. Setelah itu tinggal dilanjutkan saja dengan berjalan kaki selama 5 menit.

9. Genting Highlands, Puncaknya Kuala Lumpur

Tidak seperti di Macau dimana tempat perjudian bisa ditemukan dengan mudah, di Kuala Lumpur satu-satunya tempat judi yang legal hanyalah di Genting Highlands. Pun, di Genting Highlands ini gak cuma buat tempat berjudi saja ya. Ada banyak daya tarik wisata Genting Highlands selain berjudi. Kalau mau pergi ke Genting Highlands, ada banyak bus yang melayani rute KL Sentral – Genting Highlands.

Jangan lupa mampir ke Genting Highland, salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang hits
Jangan lupa mampir ke Genting Highland, salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang hits

Sementara itu, Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Whislist Saya Adalah Sebagai Berikut!

Siapa yang menyangka kalau ada banyak tempat wisata Kuala Lumpur yang belum sempat saya kunjungi. Mungkin pada kesempatan liburan ke Kuala Lumpur berikutnya, saya pasti mampir ke beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur berikut:

  1. Gedung Sultan Abdul Samad. Lokasinya tak jauh dari Dataran Merdeka. Arsitekturnya begitu unik, mirip dengan arsitektur khas Maroko. Cara pergi kesini adalah dengan naik LRT jalur Kelana Jaya, turun saja di Stasiun Masjid Jamek.
  2. Kuala Lumpur Bird Park. Kabarnya ini adalah taman burung terbesar di dunia, makanya saya penasaran pengen coba kesini kalau liburan ke Kuala Lumpur lagi. Lokasinya juga di tengah kota, tak jauh dari Kuala Lumpur. Cara pergi ke Kuala Lumpur Bird Park paling gampang adalah dengan naik KTM Komuter,dan turun di Stasiun Kuala Lumpur. Harga tiket masuk Kuala Lumpur Bird Park adalah RM50 atau 170 ribuan rupiah ( untuk dewasa) dan RM41 atau 140 ribuan rupiah (untuk anak-anak)
  3. Masjid Negara. Masjid Negara ini memiliki kapasitas daya tampung hingga 15.000 orang dan didesain dengan desain yang modern dipadu dengan budaya Melayu Islam. Cara pergi ke Masjid Negara ini adalah dengan naik LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Pasar Seni. Atau naik KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur.
  4. Kuala Lumpur Butterfly Park. Harga tiket masuk ke Kuala Lumpur Butterfly Park hanya RM22 (dewasa) dan RM11 (anak-anak). Cukup murah. Terus disini bisa melihat berbagai jenis Kupu-Kupu. Pasti asik buat berburu foto macro. Cara pergi ke Kuala Lumpur Butterfly Park paling mudah adalah dengan naik KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur.
  5. Berjaya Times Square Theme Park. Penasaran saja sih, seperti apa Tamah hiburan indoor terbesar di Malaysia ini. Mau membandingkan dengan Trans Studio yang ada di Bandung deh. Untuk masuk ke Berjaya Times Square Theme Park, harga tiket adalah RM60 (dewasa), lalu dan anak-anak di bawah 12 tahun sebesar RM50. Lokasinya terletak di lantai 5 pusat perbelanjaan Berjaya Times Square, kawasan Bukit Bintang. Cara pergi ke Berjaya Times Square Theme Park paling mudah adalah dengan naik Monorail, lalu turun di stasiun Imbi.
  6. Kuil Sri Maha Mariamman. Ini adalah kuil tertua di Kuala Lumpur. Siapa yang gak penasaran dong? Padahal ini lokasinya dekat dengan pasar seni, eh malah kelewatan kemarin. Bagian paling unik dari kuil ini ada di bagian gopuram (menara pintu masuk yang bertingkat). Pada bagian ini dihiasi patung dewa-dewi kepercayaan Hindu Tamil. Arsitekturnya yang unik ini membuatnya menjadi fotogenik! Cara pergi ke Kuil Sri Maha Mariamman paling mudah adalah dengan naik LRT jalur Kelana Jaya, turun di Pasar Seni.
  7. Instana Negara Malaysia. Sudah pasti kalau Istana Negara ini merupakan tempat tinggal raja Malaysia. Tidak seperti Istana Nurul Imand di Brunei yang bisa dibuka ketika lebaran, Istana Negara Malaysia tidak terbuka untuk umum. Tapi kalau cuma menikmati keindahannya dari luar, dan mungkin foto di depan sepertinya bisa. Makanya saya pengen kesana. Cara pergi ke Istana Negara Malaysia adalah dengan naik Monorail, lalu turun di stasiun Tun Sambanthan.
  8. Taman Tasik Perdana. Penasaran banget, sama taman kota di Kuala Lumpur itu seperti apa. Apalagi lokasinya hanya berjarak jalan kaki dari Dataran Merdeka! Terus, cara pergi ke Taman Tasik Perdana paling mudah adalah dengan naik KTM Komuter Line, lalu turun di Stasiun Kuala Lumpur.
  9. Islamic Arts Museum. Museum yang ada di Kuala Lumpur ini dibangun pada Desember 1998 dan merupakan museum kesenian Islami yang paling besar di Asia Tenggara. Museum ini memiliki sekitar 7.000 koleksi artefak. Disini juga terdapat perpustakaan dengan koleksi buku-buku Islami terbanyak di dunia. Ada yang tertarik buat belajar sejarah islam? Tiket masuk Islamic Arts Museum adalah RM14.00 untuk dewasa, lalu RM7.00 untuk pelajar. Sementara itu anak dibawah 6 tahun gratis. Cara pergi ke Islamic Arts Museum paling mudah adalah dengan naik KTM Komuter Line, lalu turun di Stasiun Kuala Lumpur.
  10. Masjid Jamek Kuala Lumpur. Ini adalah tempat wisata Kuala Lumpur yang terkenal karena arsitekturnya yang indah. Dibuat pada tahun 1907, diresmikan oleh sultan Selangor di tahun 1909. Bisa dibilang ini adalah masjid tertua di Kuala Lumpur. Pasti menarik untuk dikunjungi tentunya. Cara pergi ke Masjid Jamek paling mudah adalah dengan naik LRT lalu turun di Stasiun Masjid Jamek.
  11. Pusat Sains Negara. Tempat ini menampilkan berbagai peragaan sains dan teknologi yang edukatif. Meskipunt tempat ini mungkin lebih cocok untuk anak-anak sih ya. Pusat Sains Negara atau National Science Centre buka setiap hari kecuali Jumat dari jam 09.00-17.00. Tiket masuknya RM 6 untu dewasa, RM 3 untuk anak-anak.
  12. National Textile Museum. Tempat wisata di Kuala Lumpur ini berada tak jauh dari Merdeka Square, dan merupakan ikon warisan budaya Malaysia. Kamu bisa melihat proses pembuatan tekstil disini. Buka setiap hari dari jam 09.00-18.00 waktu malaysia. Cara pergi ke National Textile Museum adalah dengan naik MRT lalu turun di Stasiun Masjid Jamek, dilanjutkan dengan sedikit jalan kaki. Tak ada tiket masuk ke museum ini.
Beberapa kali ke Kuala Lumpur, tapi seringnya cuma transit. Jadi masih banyak tempat wisata Kuala Lumpur belum saya kunjungi
Beberapa kali ke Kuala Lumpur, tapi seringnya cuma transit. Jadi masih banyak tempat wisata Kuala Lumpur belum saya kunjungi

Nah, itu saja dulu! Ada yang mau nambahin tempat wisata Kuala Lumpur yang menarik lainnya? Next time liburan ke Kuala Lumpur lagi, pasti deh mampir! O iya, kalau ingin mengikut perjalanan saya yang terbaru, bisa follow akun instagram @catperku ya! Jangan lupa lihat vlog terbaru saya dengan subscribe akun youtube youtube.com/catperku

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses
  1. Dwi Potter

    Baru sekali ke KL dan nyasar berfaedah 😂
    Klo ga salah dari chinatown alias pecinan jalan kaki ke pasar seni terus ikutin jalan besar ga taunya ketemu dataran merdeka, sri maha mariamman temple, gedung kayak di turki gtu di seberang lapangan luas, sm tempat foto ikonik i love kl yg di gallery. Lumayan jaraknya, tp ternyata bisa jalan kaki 😂

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: