Liburan Ke Sydney Mahal? Enggak Juga, Ini Dia Wisata Gratis Di Sydney Dan Sekitarnya Biar Liburan Kesini Tetap Ngirit!

Kalau ada orang yang bilang mau liburan ke Sydney pasti deh biasanya ada celetukan model gini.

“Wah, ke Sydney? Pas lagi ada Vivid Sydney Aja Keren!” Yoi, keren abis pas ada Festival Vivid Sydney!

“Sydney mahal ah!” Ke luar negeri yang murah keknya cuma ke Singapura sama Malaysia gan~

“Tiket kesana berapa gan? Pasti deh mahal!” Ada yang mahal, ada yang murah kok, kalau naik Singapore Airlines ya udah pasti mahal.

“Mendingan ke Alice Spring atau Ulur…” Stop! Kalu kesitu gw juga mau, tapi belom kesampaian, doain tabungan cepet numpuk, biar bisa cepet main ke Northen Teritory, nggak cuma berkubang selamanya di Sydney tercinta. T-T

Anyway, sebenarnya masih banyak celetukan lain tentang liburan ke Sydney ini. Cuman yang paling sering saya denger sih, kata “Mahal”. Iya sih, itu benar, Sydney bisa dibilang salah satu kota dengan biaya hidup termahal di Australia. Coba bayangin, harga sewa kost saya di Sydney sebulan itu, bisa buat bayar kost dengan fasilitas AC di Jakarta Selatan selama 3-4 bulan. Padahal kost saya di Sydney aja gak pake AC loh~

Dan akan lebih mahal lagi kalau bayarnya pake rupiah yang dikonversi ke AUD. Gaji saya di Jakarta dulu nggak cukup buat bertahan hidup sebulan di Sydney~ Tapi, ya masak kalian mau liburan ke Sydney selama sebulan? Kecuali kalian emang niat pake visa Work And Holiday di Australia seperti saya sih nggak apa~ Penghasilan sebulan di Sydney, lebih dari cukup buat hidup sekalian liburan pas weekend di Sydney.

Itu sih… beda cerita…..

Rekomendasi Tempat Wisata Gratis Di Sydney Dan Sekitarnya
Ada banyak tempat wisata gratis di Sydney kalau mau sedikit cari informasi!

Anyway, buat yang mau liburan ke Sydney, jangan berkecil hati. Meski kota ini memang mahal, tapi ya nggak semuanya. Misal, buat untuk ke Sydney, kalian bisa coba cari tiket pesawat di wego, dan coba cari yang direct flight. Beberapa kali saya nemu tiket murah ke Sydney, untuk pesawat langsung tanpa transit.

Biasanya sih, dari Bali banyak ya. Waktu kemarin saya terbang ke Sydney pertama kali, saya dapat tiket promo seharga IDR 1.500.000 sekali jalan. Jauh lebih murah daripada tiket terbang ke Jayapura. Jadi kalau mau usaha dikit liatin harga tiket, pasti ada deh tiket murah itu.

Nah, selain tiket murah sih ada cara lain biar liburan ke Sydney itu gak mahal. Gini deh, anggep kalian mau liburan seminggu, dan biaya nginep di Sydney itu seminggu sekitar AUD 200 (aslinya banyak yang lebih murah), terus makan sehari sekitar 30, seminggu AUD 210. Transportasi Isi aja AUD 50, soalnua setelah naik kereta 8 kali dengan jeda 1 jam, sisanya kalian bisa gratis naik selama seminggu.

Total jadi AUD 460 ya, nggak mahal untuk ukuran kota yang super mahal macam Sydney. Nah, biar nggak tambah biaya lagi, kalian mainnya ke tempat wisata gratis di Sydney aja. Nggak perlu googling, saya bagi disini saja, informasi wisata gratis di Sydney itu. Soalnya, cara saya berhemat selama di Sydney, ya main ketempat gratis yang nggak pake bayar. Mending nabung yang banyak selama WHV, terus selesai itu terbang deh ke New Zealand!

Teteup!

Anyway, Ini Dia Wisata Gratis Di Sydney Yang Saya Rekomendasikan Biar Liburan Ke Sydney Kalian Makin Hemat!

1. Sydney Opera House

Selamat datang di Sydney!
Selamat datang di Sydney!

Ini adalah salah satu ikon Australia yang paling terkenal dan… harus banget dikunjungi menurut saya. Biarpun dikata tempatnya turis banget, tetapi rugi banget kalau nggak mampir kesini. 6 Bulan lebih saya tinggal di Sydney, tetap nggak bosan buat mampir kesini barang sejenak. Aksesnya gampang sih, tinggal naik kereta ke Stasiun Circular Quay, lalu jalan kaki 5 menitan, sampai deh!

2. Melihat Sunset Berlatar Harbour Bridge Dari Milsons Point

Salah satu spot sunset di Sydney, Milsons Point
Salah satu spot sunset di Sydney, Milsons Point

Lokasi Sydney yang berada di pesisir timur Benua Australia sebenarnya nggak terlalu menguntungkan buat menikmati sunset. Pun begitu, ada beberapa tempat untuk menikmati indahnya siluet matahari kala terbenam dari pusat Kota Sydney. Salah satu favorit saya adalah Milsons Point yang berada dibawah Harbour Bridge.

3. Menikmati Lansekap Sydney Dari Mrs Macquarie’s Chair

Malam pergantian tahun di Sydney yang begitu meriah ini bisa dinikmati dari Mrs Macquarie's Chair!
Malam pergantian tahun di Sydney yang begitu meriah ini bisa dinikmati dari Mrs Macquarie’s Chair!

Saya tahu tempat ini gara-gara acara tahun baru di Sydney yang super meriah kemarin. Iya, kalau tahun baruan di Sydney, sebaiknya lihat dari sini saja. Karena tempat ini adalah salah satu tempat terbaik di Sydney untuk menikmati pertunjukan kembang api tahun bar Sydney yang cetar membahana. O iya, kalaupun main kesini pas nggak ada event juga tetep asik kok. Soalnya pemandangan dari Mrs Macquarie’s Chair ini memang keren!

4. Piknik Di Hyde Park

Sydney itu memang kota yang sangat piknik-able~
Sydney itu memang kota yang sangat piknik-able~

Kalau lagi males kemana-mana, piknik adalah pilihan murah-meriah nan menyenangkan di Sydney. Buat saya Hyde Park ini pasti ada dalam list pertama kalau lagi sedang pengen liburan murah di Sydney. Letaknya pas di tengah kota Sydney dengan udara segarnya. Kesini bisa jalan kaki atau naik stasiun dan turun di St James Station.

5. Jalan Santai Di Darling Harbour

Darling Harbour, wisata gratis di Sydney, tempat favorit untuk ngabuburit
Darling Harbour, wisata gratis di Sydney, tempat favorit untuk ngabuburit

Darling Harbour ini memang salah satu tempat yang nggak pernah sepi dari kebahagiaan di Kota Sydney. Dari siang hingga malam, tempat ini selalu dipenuhi turis dan sydneysiders yang haus akan hiburan seperti saya. Biasanya sih saya datang kesini dari sore hari hingga malam hari. Duduk santai atau sekedar jalan kaki santai berkeliling Darling Harbour.

6. Menikmati Keramaian George Street

Kalau mau lihat keramaian Sydney, mainlah ke George Street
Kalau mau lihat keramaian Sydney, mainlah ke George Street

Salah satu jalan tertua dan juga paling ramai di Sydney. Manusia dari berbagai bangsa berkumpul di jalan ini. Mulai dari pekerja hingga turis dan wisatawan. Biasanya, kalau lagi suntuk dengan pekerjaan selama menjalani WHV di Sydney, saya selalu pergi kesini untuk menghibur diri.

7. Window Shopping Di Market City

Window Shopping doang sih gratis, tapi kalau belanja ya tetep bayar ya!
Window Shopping doang sih gratis, tapi kalau belanja ya tetep bayar ya!

Biasanya, Market City ini adalah tempat belanja oleh-oleh buat yang liburan ke Sydney. Memang Market City ini adalah salah satu pusat belanja oleh oleh di Sydney. Disini saya juga sering ketemu sama orang Indonesia yang sedang belanja. Selain itu, di Haymarket juga merupakan tempat belanja mingguan yang murah, terutama untuk bahan makanan asia. Perlu dicatat, meski Market City ini adalah salah satu tempat wisata gratis di Sydney, tetapi kalau kalian over budget karena kebanyakan belanja, saya nggak tanggung jawab ya :D

8. Berburu Sashimi Di Sydney Fish Market

Fresh seafood is everywhere in Sydney Fish Market!
Fresh seafood is everywhere in Sydney Fish Market!

Sebagai pecinta seafood, saya suka main ke pasar ikan dong. Nah, kalau di Sydney ada Sydney Fish Market, pasar ikan yang modern. Disini nggak cuma pasar yang jualan ikan saja, tetapi lengkap dengan cafe yang tentunya menjual ikan segar dong. Tempatnya bersih, dan tentunya ada banyak sashimi kesukaan saya untuk dibeli! Hmm, yummy!

***

Okee… diatas, Adalah Tempat Wisata Gratis Di Sydney CBD, nah kalau dibawah ini, adalah tempat wisata gratis di Sydney yang perlu naik kereta selama 1-2 jam perjalanan. Beberapa agak jauh, tapi recomendend buat yang suka dengan alam.

1. Bondi Beach

Main ke Sydney, ya harus mampir kesini!
Main ke Sydney, ya harus mampir kesini!

Pantai yang paling ramai dikunjungi di Sydney ketika musim panas tiba, pantai yang paling ngehits di Sydney. Jadi kalau lagi liburan ke Sydney nggak kesini, ya rugi. Gratis, nggak pake bayar. Di Bondi Beach itu asik buat berjemur, atau sekedar menunggu senja tiba. Akses ke sini gampang, tinggal naik kereta ke Bondi Junction Station, lalu lanjut naik bus yang lewat Bondi Beach.

2. Manly Beach

Manly Beach, bisa main ke pantai sekaligus bersantai di cafe
Manly Beach, bisa main ke pantai sekaligus bersantai di cafe

Kalau mau ngafe (red: Nongkrong di cafe) sambil mantai sih saya senengnya ke Manly Beach. Pantainya asik, cafe-cafe di dekat pantai juga menyenangkan buat bersantai. Lagian cara ke Manly Beach juga seru. Naik kereta dulu ke Circular Quay, baru naik ferry ke Manly. Pas buat yang mau main ke Opera House sekalian ke Manly.

3. Cronulla Beach

Salah pantai, tempat wista gratis di Sydney yang juga tempat favorit untuk surfing!
Salah pantai, tempat wista gratis di Sydney yang juga tempat favorit untuk surfing!

Saya baru sekali main ke Cronulla Beach, tapi langsung suka. Garis pantainya panjaang, tempatnya asik buat jalan-jalan :D. Ombaknya nggak gede-gede amat, tapi entah kenapa banyak yang surfing disini.

4. Brighton Beach

Brighton Beach, salah satu pantai yang nggak jauh dari bandara Sydney
Brighton Beach, salah satu pantai yang nggak jauh dari bandara Sydney

Saya suka dengan pesawat terbang, saya juga suka mantai. Hasilnya, Brighton Beach ini jadi salah satu pantai favorit saya di Sydney. Soalnya, pantai ini lokasinya nggak terlalu jauh dari bandara Sydney. Paling asik sih ketika menjelang senja, bersantai di Brighton Beach sambil memantau pesawat yang take off dan landing. :D

5. Palm Beach

Palm Beach ini adalah salah satu pantai di Sydney yang mengingatkan saya dengan Kota Hakodate
Palm Beach ini adalah salah satu pantai di Sydney yang mengingatkan saya dengan Kota Hakodate

Lokasinya memang rada jauh dari Sydney, tapi perjalanan kurang lebih selama satu jam ke Palm Beach nggak akan rugi. Pantainya keren, dan ada beberapa tempat yang instagram able di sini. Paling seru sih foto dari atas bukit dengan latar belakan Palm Beach. Kalau mau kesini, kalian bisa naik bis L90 dari bus stop deket Wynyard Station.

6. Morisset Park

Kapan lagi bisa sedekat ini dengan kanguru?
Kapan lagi bisa sedekat ini dengan kanguru?

Ketemu yang namanya Kangguru di Australia pasti seru! Tetapi kalau ketemu mereka di alam liar pasti makin seru! Iya nggak? Tenang saja, saya tahu tempat seru buat ketemu Kanguru di alam liar. Namanya Morisset Park, sekitar dua jam perjalanan dari Sydney. Yang paling saya suka, di salah satu wisata gratis di Sydney ini, saya bisa selfie bareng Kanguru liar! Asik kan!?

7. Wentworth Fals

Bosen ke pantai atau keliling Sydney CBD, kenapa gak main ke Wentworth Falls Saja
Bosen ke pantai atau keliling Sydney CBD, kenapa gak main ke Wentworth Falls Saja

Wentworth Falls ini adalah salah satu air terjun yang berada dalam jangkauan transportasi publik Sydney. Biasanya sih, air terjun di Australia itu selalu berada di tempat remote dan agak susah disamperin kalau nggak ada mobil. Nah, yang satu ini bisa disamperin dengan naik kereta ke Wentworth Station, lalu dilanjutin trekking selama kurang dari satu jam. O iya, kalau kalian kuat, bisa dilanjut trekking di Wentworth Pass selama sekitar 4 jam dengan jalur trekking yang *aduhai asiknya* :D

8. Kiama

Kiama Blowhole, daya tarik kota kecil tak jauh dari Sydney ini
Kiama Blowhole, daya tarik kota kecil tak jauh dari Sydney ini

Kiama ini adalah kota kecil yang berada sekitar 120 KM dari Sydney. Kotanya sih nggak terlalu ramai, dan kalau mau kesini harus naik kereta dari Central ke Kiama Station. Yang bikin saya kesini sebenarnya karena ada yang namanya Kiama Blow Hole. Penasaran aja sih, karena katanya mirip dengan Water Blow yang ada di Nusa Dua, Bali. Lagian Kiama Blow Hole ini gratis, gak pake bayar :D

9. Wollongong

Kalau cerah, Wollongong Beach ini pasti keren!
Kalau cerah, Wollongong Beach ini pasti keren!

Dulu saya main ke Wollongong karena kelaperan akibat belom sempat makan siang sehabis dari Kiama. Nah, pas googling ternyata katanya pantai di Wollongong ini keren. Mumpung disana, sekalian deh main ke pantainya. Eh, ternyata bener, pantainya keren, pasirnya haluus! Sayang kesini pas cuaca mendung kelabu, jadi kurang perfect gitu. Next time kalau cerah, saya pengen main kesini lagi deh!

10. Figure 8 Pools

Datang pagi kayaknya lebih sepi :D
Datang pagi kayaknya lebih sepi :D

Tempat wisata gratis di Sydney yang perlu usaha ekstra untuk mencapainya. Perlu trekking selama dua jam hingga berjalan melipir di bebatuan karang untuk sampai ke Figure 8 Pools. Kalau datang di waktu yang tepat, Figure 8 Pools ini adalah salah satu tempat yang luar biasa.

11. Blue Mountain

Only in Blue Mountains!
Only in Blue Mountains!

Pemandangan yang keren, ada air terjun, lengkap dengan jalur trekking yang menggoda. Semua ada di Blue Mountain yang berada sekitar 2 jam naik kereta dari Sydney. Datang agak pagi ya, karena Blue Mountain ini adalah salah satu tujuan turis yang liburan ke Sydney Australia. Siangan dikit, tempat ini akan dipenuhi turis yang datang dari puluhan Bus.

Nah, kira-kira itu pilihan wisata gratis di Sydney yang saya rekomendasikan. Untuk efektifitas liburan di Sydney, sebaiknya kalian jangan sampai salah pilih lokas hotel atau tempat menginap. Sebaiknya cari tempat menginap yang dekat dengan Stasiun Central.

Soalnya Stasiun Central ini adalah titik pusat untuk menjelajah area Sydney dan sekitarnya. Untuk hotel murah & informasi harga kamar hotel, tentu kalian bisa menggunakan search engine favorit kalian. Jaman udah maju, jadi jangan terlalu kaku~ Okeh, selamat berlibur ke Sydney! Kalau saya masih di Sydney, boleh deh ketemuan disini^^

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
165 Responses
  1. boleh nih tempat2 gratisannya jd referensi, walopun ada 1 tempat yg jelas ga gratis di australi yg udh lama ada dlm bucket listku :D.. dreamworld themepark, di gold coast, cuma krn aku mw ngejajal rollercoasternya :D..

  2. yulhairil

    Keren banget info nya, kebetulan saya mau ke oz Maret nanti, sebelum baca artikel ini agak bingung habiskan waktu di Sydney selama 1 Minggu.

  3. kerupuk

    Dari dulu selalu membayangin kalau liburan ke Sydney itu butuh budget yang banyak…. apa lagi jika kesana dengan tujuan yang banyak hehe…
    baru tau kalau trnyata ada juga wisata yang hemat budget disana

  4. bagiinfo

    Waduh, jadi pengen kesana…. akhir tahun 2017 rencana mau berlibur ke Australia, bisa jadi ide bagus nih. thanks banget rekomendasinya

  5. Aku menyimak kisah WHVnya mas. Sampe-sampe aku kepincut pingin jadi #”babu”internasyenel juga *ini pake istilah Pandah Hendra Fu haha.

    Menarik jika tempat semenarik ini dapat dinikmati secara gratis.

      1. Widihh murah banget yaa….nah kalo ke kota besar sih memang lumayan gampang dapet yang promo, tapi kalau ke kota kecil disana rada susah..
        Oiya bener gak sih kalau book tiket tengah malem bisa dapet murah?

  6. Halo salam kenal, saya blogger baru, suka jalan2 suka tapi masih sekitaran rumah huhu.. postingannya mantap om, jadi terinspirasi pengen ngetrip ke aussie juga…

  7. Ternyata Sidney asik banget ya Mi. Aku pikir cuma kota gede begitu aja, ternyata banyak spot-spot alam juga di sekitarnya. Dan yang membuat asiknya, banyak tempat yang cocok untuk jalan-jalan atau trekking juga. Ah, jadi kepikiran masukkin Sidney ke dalam daftar tujuan jalan-jalan :-)

        1. hahah, kalau di OZ yang jadi perdebatan mana kota yang terbaik selalu 3 kota ini sih. Sydney, Melbourne sama Perth :D baru pernah ke melbourne sama Sydney doang, dan sejauh ini Sydney masih paling oke menurutku :D Kalau makanan halal gampang jug kok carinya :D beberapa resto di Sydney malah ada label halalnya.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: