Panduan Seru Liburan Ke Solo!

Panduan Seru Liburan Ke Solo!
5 (100%) 16 votes

Sebentar lagi liburan akhir tahun lho? Terus, mau liburan kemana? Sudah ada rencana kah? Mau ke luar negeri, ke Bali, Lombok, Yogyakarta, atau malah… Enaknya liburan ke Solo saja? Eh! Liburan ke kota Solo sepertinya asik nih! Ada apa saja sih memangnya disana? Tentu saja yang jelas kota ini tidak akan membosankan! Nah! Mari kita cari tahu sama – sama ada apa saja di solo ya! :D

Untuk yang belum tahu, Kota Solo ini merupakan kota kecil yang suasananya sedikit mirip dengan Yogyakarta karena lokasinya enggak terlalu jauh dari Kota Gudeg. Yah, sekitar 60 km dari Yogyakarta. Ada juga yang bilang kalau Kota Solo adalah saudara kembar dari Yogyakarta. Jadinya jika pengen melihat karakter dan suasana asli masyarakat Jawa, Selain Yogyakarta, Solo bisa didatangi juga loh!

Nah, buat yang suka banget dengan wisata sejarah dan budaya, Kota Solo sangat direkomendasikan untuk didatangi ya! Kenapa? Karena di Kota Solo ini kalian bisa menjelajahi kota sambil melihat keraton, mengunjungi pasar tadisional, atau berbelanja batik. Menarik sekali bukan? *brb pesen tiket ke solo*

Jangan lupa mampir ke keraton Kasunanan Solo ya
Jangan lupa mampir ke keraton Kasunanan Solo ya

Cara Pergi Liburan Ke Solo

Eh? Bagaimana ya cara untuk liburan ke solo?Apa naik kereta ini?

Naik pesawat? Atau malah harus pinjam pintu kemana saja punya Doraemon.

Seraaaah! Mau kesana naik sepeda juga boleh! Tapi moda transportasi umum untuk menuju kota solo ada 4 seperti ini :

  1. Pergi ke Solo dengan pesawat terbang! Eiits! Jangan salah! Meskipun solo ini enggak sebesar Jakarta, dia sudah punya bandara sendiri lho! Yaitu bandara Adisumarmo International Airport Solo dengan kode IATA: SOC. In-ter-na-tional! Keren bukan? Jadi ada pesawat dari luar negeri yang mendarat di bandara ini. Untuk rute domestik pun, Kota Solo juga bisa dicapai dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta.
  2. Kota Solo mempunyai terminal bus yang bernama Terminal Tirtonadi yang dapat dicapai dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan saudara kembarnya Yogyakarta. Jadi kamu bisa pergi ke Solo dengan naik Bus juga. Oiya, kalau cuma numpang lewat terminal ini, saya rekomendasikan untuk menjajal kuliner kaki lima Kota Solo belut goreng :)
  3. Ada beberapa kereta cepat yang melewati Stasiun Solo Balapan, pergi ke Solo naik kereta adalah salah satu cara paling asik kok. Dari kota Jakarta misalnya kereta api Argo Lawu, Argo Dwipangga, Bima and Gajayana. Sedangkan dari Bandung kereta api Argo Wilis and Lodaya. Juga kereta api Argo Wilis and Sancaka yang berangkat dari dan ke Surabaya. Dari arah Kota Malang ada yang namanya Malioboro Express, kereta api tujuan Yogyakarta tapi singgah di Stasiun Solo Balapan. Terus, selain Stasiun Solo Balapan, Kota Solo Juga memiliki stasiun lain yaitu stasiun Purwosari dan Solojebres. Tetapi hanya melayani kereta ekonomi dari Yogyakarta.
  4. Terakhir bisa naik mobil ke Kota Solo. Karena Kota Solo ini berada di tengah pulau jawa, jadi bisa mudah dicapai dari kota manapun asal kuat nyetir :D

Sip! Jadi gampang banget ya caranya jika mau liburan ke Solo. Sampainya disana jangan lupa nyobain naik Becak dan jalan – jalan seru di kota ya!

Emang ada apa aja sih di Kota Solo? Terus bisa ngapain aja Kalau Liburan Ke Solo? Kan enggak seru kalau kesana tidak datang ke tempat – tempat menarik di Kota Solo?

Pertama, ada salah satu jalan di Kota Solo yang bikin saya iri banget. Selain nyaman buat jalan kaki, trotoarnya luas, selebar jalan di desa saya. Sudah pada tahu kan dimana? Itu lho, jalan utama kota Solo, Jl. Slamet Riyadi dengan jalur pejalan kaki (citywalk) yang berada disepanjang sisi jalan. Sudah, pokoknya kalau penggemar jalan kaki seperti saya, bakalan enjoy banget menikmati suasana jalan kaki di Jalan Slamet Riyadi.

Car Free Day kota Solo adalah salah satu pengalaman unik yang bisa didapat ketika liburan ke Solo.
Car Free Day kota Solo adalah salah satu pengalaman unik yang bisa didapat ketika liburan ke Solo.

Atau datang saja pada hari Minggu. Pada hari itu jalan ini akan ditutup total untuk lalu lintas dan menjadi taman bermain untuk berbagai jenis kegiatan olahraga bagi warga Solo. Istilahnya, Car Free Day Kota Solo gitu. Dan ternyata memang seru banget kok ikutan CFD kota Solo!

Selain itu di sepanjang jalan Slamet Riyadi ini juga terdapat banyak hotel, restoran, pusat perbelanjaan dan tempat wisata seperti Museum Batik Danar Hadi, Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka yang berada di samping jalan raya. Di ujung jalan Slamet Riyadi juga merupakan pintu masuk (gapura) ke alun-alun dan kompleks keraton Kasunanan. Jadi dapat paket lengkap kalau liburan ke Solo nanti mampir ke Jalan ini!

Kalau kalian ingin berkeliling kota Solo, bisa memanfaatkan beberapa moda transportasi  disana seperti beberapa perusahaan Taksi dibawah ini:

  • Aravia. Jl Kratonan. Telp +62 271 636468.
  • Mahkota Ratu. Jl Sungai Sambas 15 RT 001/02. Telp +62 271 655666.
  • Central, Jl Laksda Adisucipto 78. Telp +62 271 728728.
  • Kosti, Jl Ir Sutami 5-B RT 002/09. Telp +62 271 664504.

Alternatifnya, bisa langsung pesan taksi online seperti yang sudah ada saat ini. Di Solo semua taksi atau transportasi online sudah ada kok. Makin mudah deh sekarang keliling kota Solo.

Transportasi Umum Di Kota Solo

Bisa juga naik moda transportasi umum seperti Trans Jakarta, namanya Batik Solo Trans. Harga tiket untuk bus Batik Solo Trans AC adalah IDR 4.500 untuk umum, IDR 2.500 untuk pelajar. Sementara untuk harga tiket Batik Solo Trans Non AC adalah IDR 4000 untuk umum, dan IDR 200 untuk pelajar.

Selain transportasi umum modern, di Solo masih bisa ditemukan becak seperti ini
Selain transportasi umum modern, di Solo masih bisa ditemukan becak seperti ini

Rute Batik Solo Trans

Totalnya ada 8 koridor rute Batik Solo Trans ini. Untuk detail rute Batik Solo Trans adalah sebagai berikut

  • Koridor 1 (Bandara Adisoemarmo-Palur) : Bandara Adisoemarmo-Terminal Kartasura-Jl. Ahmad Yani-Jl. Slamet Riyadi-Jl. Jendera Sudirman-J;. Urip Sumoharjo-Jl. Kol. Sutarto-Jl. Ir Sutami-Terminal Palur-Jl. Ir. Sutami-Jl. Kol. Sutarto-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Veteran-Jl. Bhayangkara-Jl. Radjiman-Jl. Wahidin-Jl. Slamet Riyadi-Jl. Ahmad Yani-Terminal Kartasura-Bandara Adisoemarmo.
  • Koridor 2 (Kartasura-Palur) via Terminal Tirtonadi : Terminal Kartasura – UMS – Solo Square – Stasiun Purwosari – Gendengan – Lap. Kota Barat – Mall Solo Paragon – Monumen Pers – Stasiun Balapan – RS Triharsi (Jl. Monginsidi)- SD Cemara 2 – SMAN 1 – Hotel Asia – RSUD dr. Moewardi – UNS – Jurug – Terminal Palur – PP (catatan: Sekolah-sekolah yang dilewati bus jalur ini adalah: SMA Batik 1, SMAN 1 dan SMAN 2 Surakarta, SMK Kristen, SMP dan SMA Warga.)
  • Koridor 3 (Palur-Kartasura) via Pasar Klewer : Terminal Palur-Jl. KH Maskur-Jl. Ki Hajar Dewantara-Jl. Kol. Sutarto-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Jenderal Sudirman-Pasar Klewer-Jl. Radjiman-Jongke-Makamhaji (Jl. Slamet Riyadi Kartasura)-Terminal Kartasura-Makamhaji (Jl. Slamet Riyadi Kartasura)-Jongke-Jl. Radjiman-Baron-Jl. Bhayangkara-Jl. Veteran-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Kol Sutarto-Jl. Ki Hajar Dewantara (dihilangkan)-Jl. KH Maskur-Terminal Palur.
  • Koridor 4 (Kartasura-Solo Baru) : Terminal Kartasura-Jl. Adi Sucipto-Jl. Dr. Moewardi-Jl. Yosodipuro-Jl. Gajah Mada-Jl. Honggowongso-Jl. Veteran-Jl. Brigjen Sudiarto-Jl. KH Wahid Hasyim-Bundaran Pandawa Solo Baru-Grogol-Jl. Brigjen Sudiarto-Jl. Veteran-Jl. Yos Sudarso-Jl. Slamet Riyadi-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Ronggowarsito-Jl. Dr Soepomo-Jl. Yosodipuro-Jl. Dr. Moewardi-Jl. Adi Sucipto-Terminal Kartasura.
  • Koridor 5 (Mojosongo-Solo Baru) : Mojosongo-Jl. Brigjen Katamso-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Mayor Sunaryo-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Veteran-Jl. Yos Sudarso-Bundaran Pandawa Sulo Baru-Jl. Yos Sudarso-Jl. Veteran-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Brigjen Katamso-Mojosongo.
  • Koridor 6 (Kadipiro-Semanggi) : Subterminal Kadipiro-Jl. Kol Sugiono-Jl. Kapten Tendean-Jl-Ahmad Yani-Jl. S. Parman-Stasiun Balapan-Jl. Gajah Mada-Jl. Honggowongso-Jl. Veteran-Jl. Kyai Mojo-Subterminal Semanggi-Jl. Kyai Mojo-Jl. Veteran-Jl. Honggowongso-Jl. Dr. Radjiman-Bundaran Baron-Jl. Bhayangkara-Jl. Slamet Riyadi-Jl. Gajah Mada-Stasiun Balapan-Jl. S. Parman-Jl. Ahmad Yani-Jl. Kapten Tendean-Jl. Kol Sugiono-Subterminal Kadipiro.
  • Koridor 7 (Palur-Solo Baru) : Terminal Palur-Jl. Ir Sutami-Jl. HOS Cokroaminoto-Jl. Surya-Jl. Urip Sumoharjo (dihilangkan)-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Ranggawarsita-Jl. Yos Sudarso-Jl. Veteran-Jl. Brigjen Sudiarto-Jl. KH Wahid Hasyim-Bundaran Pandawa Solo Baru-Jl. KH Wakhid Hasyim-Jl. Brigjen Sudiarto-Jl. Veteran-Jl. Yos Sudarso-Jl. Slamet Riyadi-Jl. Jend. Sudirman-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Surya-Jl. HOS Cokroaminoto-Jl. Ir. Sutami-Terminal Palur.
  • Koridor 8 (Palur-Kartasura) : Terminal Kartasura-Jl. Adi Sucipto-Jl. MT Haryono-Jl. Ahmad Yani-Terminal Tirtonadi-Jl. S. Parman-Jl. Monginsidi-Perempatan Panggung-RS Dr. Oen-Jl. Tentara Pelajar-Jl. Ki Hajar Dewantara-Hl. KH Maskur-Terminal Palur-Jl. KH Maskur-Jl. Ki Hajar Dewantara (dihilangkan)-Jl. Tentara Pelajar-RS Dr. Oen-Perempatan Panggung-Jl. Monginsidu-Jl. S. Parman-Terminal Tirtonadi-Jl. Ahmad Yani-Jl. MT Haryono-Manahan-Jl. Adi Sucipto-Terminal Kartasura.

Terus, kalau liburan ke Solo, Kira-Kira Tempat Wisata Solo Mana Saja Yang Harus Dikunjungi!?

Ada banyak sih, tempat wisata Solo yang menarik buat dikunjungi. Misalnya seperti beberapa list tempat wisata di Solo ini deh. Yang jelas ada banyak tempat menarik di Solo untuk dikunjungi. Jangan lupa juga untuk mencicipi Kuliner Solo yang enak dan bermacam-macam seperti Thengkleng, dan Selat Solo!

Kota Solo dari ketinggian
Kota Solo dari ketinggian

Kalau Tempat Wisata Solo yang bisa dilihat, diresapi, dinikmati dan dilestarikan di Kota Solo ya ini :

  1. Keraton Kasunanan. Keraton ini merupakan istana raja Pakubuwono yang merupakan istana besar dan indah yang dibangun pada tahun 1675. Arsitekturnya merupakan campuran gaya Eropa klasik dan Jawa Tradisional.

     

  2. Puro Mangkunegaran. Sebuah istana indah yang dibangun tahun 1757 dengan balairung utama menakjubkan untuk ratu mangkunegara.
  3. Museum Batik Danar Hadi yang ada di jalan Slamet Riyadi 261. Merupakan rumah yang berisi 10000 koleksi batik pribadi, yang katanya merupakan terbesar di Indonesia. Museum ini menampilkan berbagai macam batik dari pengaruh budaya yang berbeda. Mulai dari periode – Jawa,Cina, India dan bahkan dari masa kolonial Belanda.
  4. Taman Sriwedari. Merupakan taman Kesenian Jawa dan pusat budaya dengan pertunjukan wayang kulit, dan wayang orang dengan tari – tarian jawa di malam hari, teman bermain anak, dan food court berupa restoran tradisional Jawa.
  5. Naik Sepoor Kluthuk. Di Solo kita bisa naik kereta tua Sepur Klutkhuk Jaladara yang berhenti di Loji Gandrung dan Kampung Batik Kauman. Yang seperti ini sepertinya jarang sekali ada di Indonesia sekalipun. Yang seperti inilah yang membuat Kota Solo menjadi lebih unik jika dibandingkan dengan kota yang lain :)
  6. Radya Pustaka Museum. Museum kecil yang memamerkan beberapa benda unik seperti gamelan, keris, boneka dan wayang beber (gulungan yang menggambarkan cerita wayang)
  7. Masjid Agung, yang ada di bagian barat alun – alun dan merupakan masjid besar di Kota Solo.
  8. Grebeg Sudiro. Sebagai kota festival, salah satu festival yang paling terkenal di Kota Solo adalah Grebeg Sudiro. Yang bisa dinikmati menjelang imlek.
  9. Desa Wirun. Sebuah desa yang berada di Sukoharjo, Solo terkenal dengan produk Gamelannya. Iya, saya bahkan tidak menyangka kalau dari desa yang ada di Solo ini diproduksi Gamelan dengan kualitas terbaik. Jadi, wajib mampir kesini kalau lagi liburan ke Solo!
Di Kota Solo juga bisa melihat proses pembuatan gamelan yang unik. Jadi kalau lagi liburan ke Solo, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Desa Wirun ini.
Di Kota Solo juga bisa melihat proses pembuatan gamelan yang unik. Jadi kalau lagi liburan ke Solo, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Desa Wirun ini.

Kalau Mau Belanja Di Kota Solo Ke Mana Saja Sih?

Meski tidak terlalu terlihat, ada beberapa mall di Solo yang asik untuk hangout dan belanja. Ada juga beberapa tempat yang khusus untuk mencari kuliner. Kalau lagi liburan ke Solo dan mau belanja, beberapa tempat berbelanja di Solo diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Solo Square, Jl Slamet Riyadi No 451.
  • The Park, JL Solo BaruSolo Paragon, Jl Ronggowarsito.
  • Hartono Mall, JL solobaru
  • Sami Luwes, Jl Honggowongso
  • Gading Luwes, Jl VeteranMegaland, Jl Slamet Riyadi
  • Luwes Mall, Jl Veteran
  • Ratu Luwes, Jl S. Parman
  • Singosaren Plaza, Jl Gatot Subroto
  • Solo Grand Mall, Jl Slamet Riyadi No. 313
  • Batik Semar (Bale Sattwika), Jl Raden Mas Said 148 Surakarta
  • Batik Semar, Jl Laksda. Adi Sucipto 101 Surakarta
  • Batik Semar (Pasar Klewer), Los Baru no 4-5 Pasar Klewer
  • PGS, Jl Mayor Kusmanto Surakarta
  • Ngarsopuro, Jl Slamet Riyadi. Hanya ada waktu malam minggu, pasar malam yang asik buat dikunjungi
  • Windujenar. Salah satu pasar barang antik yang terkenal di Solo

Beli batik di Solo dimana tempatnya?

Liburan ke Solo tanpa beli batik? Sepertinya ada yang kurang ya! apalagi menemukan batik di Solo itu mudah sekali. Mulai dari batik yang mahal dengan kain dari sutra sampai kain dari kapas biasa. Batik yang dibuat dengan tangan (batik tulis) tentu saja lebih mahal daripada yang dibuat dengan menggunakan ‘cap’ (batik cap). Sesuaikan saja dengan budget jika ingin berbelanja batik di Solo. Beberapa tempat yang sudah umum untuk berbelanja Batik di Solo adalah sebagai berikut:

  • Kampung Batik Kauman. Letaknya di dekat Keraton Kasunanan. Produk batik desa Kauman biasanya terbuat dari bahan sutera dan tenun sutera, dan kapas premmisima.
  • Pasar Klewer. Pasar tradisional untuk pakaian, meski kebanyakan adalah batik. Terletak di luar gerbang barat alun alun utara keraton. Kalau beli di Pasar Klewer, asiknya adalah masih bisa ditawar.
  • Pusat Grosir Solo. Pusat grosir seluas 5 lantai yang berada di dekat Keraton Solo dan Pasar Klewer (pasar Klewer) dimana kamu bisa menemukan banyak toko yang menjual batik dengan harga yang tidak terlalu mahal.
  • Semar. Jl Laksda Adisucipto 101. Telp +62 271 722937
  • Kampung Batik Laweyan. Jl. Dr. Rajiman Laweyan.
  • Keris. Desa Cemani Selatan Laweyan. Telp +62 271 721217.
  • Danar Hadi. Jl Dr Rajiman 164. Telp +62 271 644126.
Suasana solo pada perayaan imlek
Suasana solo pada perayaan imlek

Selain beberapa diatas (sebenarnya masih banyak lagi :D), di Solo yang merupakan saudara kembar dari Yogyakarta, kita bisa berburu macam – macam kuliner. Tentunya akan menyenangkan sekali buat yang doyan mencoba makanan unik nan enak :) Seperti Es dawet kesukaan saya yang mungkin salah satu kuliner favorit dari Jawa yang bisa ditemukan di Solo. Atau bisa juga menjajal beberapa makanan khas Solo seperti nasi liwet, nasi timlo, dan nasi gudeg.

Gimanaa? Liburan ke  Solo kedengaran seru sekali bukaan? Sebentar lagi akhir tahun 2013, maukah kalian berlibur ke Kota Solo?

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
7 Responses
  1. Aulia Bali Tour

    Aq setuju kalau dibilang ke Solo tempat ngaso, kota yang tenang, masyarakatnya sangat santun, dan bersahabat, the real Java adalah Solo

  2. Suramto Siswoyo

    Tidak salah untuk ngaso di kota Batik ini (SOLO), sebuah kota yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Mataram yang saat ini masih menujujukkan eksestensinya di kancah nasional & internasional. Kota yang mempunyai segudang prestasi dan karya di berbagai bidang kegiatan sebut saja seninya, budayanya, bahasa dan busana, musik dan perangkatnyanya. Hiburan tradisionalnya (wayang & ketoprak), batik dan kulinernya semua komplit ada di kota ini. Olahragawannya, musisinya sampai politikusnya dan tentunya keindahan dan keunikan kota Solo sendiri.

    SOLO yang ngangeni.

    Salam,

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: