5 Rekomendasi Area Tempat Menginap Di Jogja Paling Strategis Untuk Yang Mau Berwisata Ke Jogja

Kamu mau liburan ke Jogja, tapi bingung mau menginap di daerah mana? Ya, jogja itu luas, jadi ya wajar kalau kamu bingung mau memilih menginap di bagian mana Jogja. Kalau kamu bingung masalah tempat wisata di Jogja yang direkomendasikan, mungkin kamu bisa mulai membaca tulisan panduan liburan ke Jogja yang saya tulis disini.

Saya sendiri cukup sering main ke Jogja, dan mencoba menginap di beberapa area yang berbeda. Favorit saya tentu hotel di sekitar Malioboro yang lokasinya sangat strategis, dekat dengan beberapa tempat wisata Jogja. Selain lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Tugu Jogja, akses ke transportasi umum seperti halte Transjogja juga cukup dekat. Mau kulineran juga gampang.

Namun, apakah kamu tahu kalau area tempat menginap di Jogja ini nggak cuma di dekat Jalan Malioboro saja? Ada beberapa area lain di Jogja yang juga tak kalah menarik untuk dipilih sebagai tempat menginap selama liburan ke Jogja. Beberapa tempat ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sebagai tempat untuk menginap selama di Jogja.

 

 

Karena itu saya mau berbagi pengalaman saya mengenai beberapa area tempat menginap di Jogja tadi. Semoga bisa berguna untuk kamu yang mungkin mau liburan ke Jogja dalam waktu dekat. Terus kalau kamu punya rekom endasi lain atau ada pendapat mengenai area menginap di Jogja, kamu bisa berbagi informasi di kolom komentar yang ada di bawah.

Ini Dia 5 Rekomendasi Area Tempat Menginap Di Jogja Paling Strategis Untuk Yang Mau Berwisata Ke Jogja

Kira-kira dari beberapa area di bawah ini, kamu paling sering menginap dimana?

Kamu akan banyak menemukan hotel di sekitar Jalan Prawirotaman.
Kamu akan banyak menemukan hotel di sekitar Jalan Prawirotaman.

1. Hotel Di Sekitar Jalan Prawirotaman

Selain menginap di dekat Jalan Malioboro, penginapan di sekitar Jalan Prawirotaman ini memiliki daya tarik tersendiri. Tentu saja, selain saya bisa menemukan penginapan yang sesuai budget saya dengan mudah, ada banyak hal menarik yang bisa ditemui di Jalan Prawirotaman. Bahkan Jalan Prawirotaman ini juga memiliki sebutan Kampung Turis, karena memang dulu banyak turis asing lebih memilih untuk menginap di sekitar Prawirotaman.

Kelebihan dari menginap sekitar di Jalan Prawirotaman adalah, disini suasananya jauh lebih sepi dibandingkan dengan Jalan Malioboro. Suasana Jogja lebih begitu terlihat disini. Selain itu, ada banyak cafe asik untuk bersantai disini. Saya sempat juga lho mencoba beberapa cafe di Prawirotaman ketika sedang menginap disini.

Didekat Prawirotaman juga ada pasar tradisional, cocok buat kamu yang suka blusukan. Selain itu, ada banyak gang-gang kecil yang tak kalah asik untuk dieksplore sambil naik becak atau dengan berjalan kaki. Suasana Prawirotaman cenderung lebih sepi, jadi mungkin tempat ini enggak cocok buat kamu yang suka dengan tempat ramai.

2. Hotel Di Sekitar Jalan Malioboro

Saya paling sering menginap di sekitar Jalan Malioboro. Terutama kalau saya sedang transit di Jogja, pasti saya memilih menginap di sekitar Jalan Malioboro saja. Soalnya lokasinya berada di pusat kota Jogja dan dekat dengan Stasiun Tugu Jogja. Jadi mau kemana-mana deket banget gak perlu repot cari ojek atau taksi.

Mau main ke beberapa tempat wisata di dekat Jalan Malioboro juga bisa tinggal jalan kaki. Harga penginapan di dekat Malioboro ini juga banyak pilihan. Mulai dari penginapan untuk yang berbudget rendah, hingga kamu yang ingin menginap di penginapan mewah bisa ditemukan disini. Yang paling asik sih, cari makan di dekat Malioboro itu gampang banget.

Jadi menginap di sekitar Jalan Malioboro ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang hanya ingin keliling pusat kota Jogja, sekedar transit atau buat kamu yang suka dengan keramaian dan ingin berbelanja. Namun, kalau kamu nggak suka tempat ramai, saya sarankan untuk memilih tempat menginap di Jogja yang berada agak jauh dari Jalan Malioboro.

Ada banyak pilihan hotel di sekitar Jalan Malioboro untuk tempat menginap
Ada banyak pilihan hotel di sekitar Jalan Malioboro untuk tempat menginap

3. Hotel Di Sekitar Jalan Sosrowijayan

Bisa dibilang kalau Jalan Sosrowijayan ini adalah kampung turis yang terkenal nomor dua setelah Jalan Prawirotaman. Lokasinya sendiri juga berada tak jauh dari Jalan Malioboro. Hanya saja, Jalan Sosrowijayan ini adalah sebuah gang kecil yang salah satu ujungnya berada di Jalan Malioboro. Salah satu area yang cocok untuk kamu yang ingin menginap di pusat kota Jogja.

Hotel atau penginapan di sekitar Jalan Sosrowijayan ini terkenal dengan tarif sewa yang murah. Jadi Jalan Sosrowijayan ini cukup terkenal di kalangan para backpacker yang ingin menginap di Jogja dengan murah. Jadi kalau kamu ingin liburan ala backpacker ke Jogja, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menginap di Jalan Sosrowijayan ini. Untuk tarif hotel dan penginapan termurah di Jalan Sosrowijayan, kamu bisa mencoba mencarinya lewat aplikasi Traveloka.

4. Hotel Di Sekitar Bandara Adi Sucipto

Mungkin kamu ada penerbangan pagi buta, dan tak ingin ketinggalan pesawat terbang. Itu berarti kamu bisa menginap di hotel yang berada di sekitar Bandara Adi Sucipto. Ada lumayan banyak kok penginapan yang lokasinya berada tak jauh dari bandara jogja ini. Beberapa berupa homestay, namun ada juga yang berupa hotel. Area ini cocok untuk kamu yang ingin menginap di lokasi yang berada di dekat bandara.

Jika kamu ingin menjelajah tempat wisata pantai di Gunungkidul, sebaiknya kamu menginap di dekat Pantai Indrayanti saja.
Jika kamu ingin menjelajah tempat wisata pantai di Gunungkidul, sebaiknya kamu menginap di dekat Pantai Indrayanti saja.

5. Hotel Di Sekitar Pantai Gunungkidul

Kalau kamu ingin menjelajah tempat wisata di Gunungkidul, sebaiknya kamu tak memilih menginap di pusat kota Jogja. Karena dari pusat Kota Jogja ke daerah Gunungkidul ini masih memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Jadi bolak balik dari pusat Kota Jogja menuju ke Gunungkidul paling enggak ya bakal habis waktu sekitar 4 jam perjalanan. Belum lagi kalau sedang macet.

Selain itu, tempat wisata Gunungkidul itu ada banyak banget. Tak mungkin bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari saja. Terutama untuk kamu yang ingin menjelajah wisata pantai di Gunungkidul. Wajib hukumnya menginap barang satu atau dua malam di daerah Gunungkidul. Terakhir berkunjung ke daerah Gunungkidul Jogja, saya menemukan banyak penginapan di sekitar Pantai Indrayanti.

Di sekitar Pantai Indrayanti tersebut saya bisa menemukan banyak penginapan dengan mudah. Terakhir saya berkunjung ke daerah Gunungkidul, saya menemukan beberapa tempat menginap murah dekat Pantai Indrayanti dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Tarif penginapan di sekitar Pantai Indrayanti ini berkisar dari 100 ribuan hingga 400 ribuan per malam. Tentu saja tinggal dipilih sesuai budget yang kamu alokasikan.

Biasanya untuk penginapan dibawah 300 ribuan, belum mendapatkan fasilitas AC. Selain penginapan yang mudah ditemukan, tentu saja mencari makanan di sekitar Pantai Indrayanti juga cukup mudah. Hanya saja tak ada transportasi umum yang lewat jalur ini. Jadi sebaiknya kamu berkunjung ke Gunungkidul dengan menyewa mobil atau sewa sepeda motor.

***

Nah, kira-kira diatas adalah 5 area tempat menginap di Jogja yang saya rekomendasikan. Jangan sampai salah pilih tempat menginap di Jogja, karena bisa membuat itinerary perjalananmu berantakan. O iya, kalau kamu punya saran atau rekomendasi tempat menginap di Jogja yang lainnya boleh loh berbagi di kolom komentar yang ada di bawah!

 

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
1 Response

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: