Setelah Berkunjung Ke Kanazawa, Ini Dia Tempat Wisata Favorit Di Kanazawa Versi Saya!

Sebelumnya saya harus ber-terima kasih dulu sama H.I.S Travel yang hadiah menang lombanya ke Kanazawa. Soalnya kalau mungkin hadiah menang lomba blog kemarin nggak ke Kanazawa, gak bakalan saya jalan-jalan tanpa rencana ke Kanazawa ini dalam waktu dekat.

Meski ternyata punya banyak tempat wisata yang menarik, Kota Kanazawa ini seperti berada di luar radar para turis dan traveler, termasuk saya. Mungkin sih karena Tateyama Kurobe Alpine Route dan Shirakawa-Go jauh lebih populer, jadinya Kanazawa hanya dijadikan tempat transit saja.

Padahal faktanya, selain pemandangan bunga sakura yang keren di bantaran Sungai Saigawa, ada banyak sekali tempat menarik di Kanazawa yang bisa dikunjungi selama liburan disana. Jadinya paling tidak perlu waktu sekitar 4-5 hari untuk menikmati Kota Kanazawa secara efektif.

Sayangnya saya kemarin hanya berada di Kanazawa selama 3 hari  2 malam saja. Jadi masih ada beberapa tempat yang belum sempat saya kunjungi dan saya abadikan dengan kamera saya.

Tetapi paling enggak, ini dia tempat wisata favorit di Kanazawa versi saya! Kebanyakan sih berhubungan sama bunga sakura :D

1. Bantaran Sungai Saigawa Yang Penuh Dengan Bunga Sakura

Bantaran Sungai Saigawa, tempat favorit piknik di Kanazawa ketika musim Bunga Sakura

Bantaran Sungai Saigawa, tempat favorit piknik di Kanazawa ketika musim Bunga Sakura

Saya nggak pernah menyangka kalau bantaran sungai bisa secantik ini. Soalnya saya biasa lihat bantaran sungai di Jakarta sih. Saya kira bantaran Sungai Kitakami ketika musim semi dengan sakuranya yang bermekaran sudah yang paling keren. Eh, ternyata yang di Kanazawa jauh lebih keren lagi.

Bantaran Sungai Saigawa ini memang paket lengkap tempat piknik sekaligus untuk berolahraga sore hari. Ada banyak pohon sakura yang lagi bermekaran ketika musim semi disini. Itu juga yang membuat tempat ini makin apik dan menarik untuk bersantai sore hari. Nggak heran kalau tempat ini selalu ramai.

Iya, bukan cuma saya saja yang senang menemukan tempat ini. Banyak orang lokal yang memang meluangkan waktunya untuk menikmati berakhirnya hari sambil bercengkrama di bawah pohon sakura yang ada disana. Ada yang berduaan, ada yang sendirian seperti… saya :P

2. Kanazawa Castle, Kastil Berumur Ratusan Tahun

Kanazawa Castle ini masuknya gratis, meski ada beberapa ruangan kastil yang harus bayar kalau mau lihat

Kanazawa Castle ini masuknya gratis, meski ada beberapa ruangan kastil yang harus bayar kalau mau lihat

Ini adalah kali kedua saya berkunjung ke sebuah kastil yang ada di Jepang. Kalau dulu saya sempat mampir ke Nijo Castle yang ada di Kyoto, sekarang saya menyempatkan diri untuk mampir ke Kanazawa Castle. Soalnya selain sebagai salah satu tempat bersejarah, Kastil Kanazawa adalah salah satu tempat untuk menikmati Bunga Sakura di Kanazawa.

Berdasarkan sejarahnya, dari tahun 1583 sampai akhir Periode Edo, Kanazawa Castle (沢 城 城, Kanazawajō) adalah tempat tinggal klan Maeda yang berkuasa pada waktu itu. Waktu masuk ke dalam area kastil kemarin pun saya langsung membayangkan, bagaimana situasi kastil ini waktu masih aktif dipakai oleh penguasa saat tu.

Meski selamat dari gempuran sekutu pada perang dunia kedua, dan kondisinya masih terjaga, kastil ini sempat mengalami kebakaran selama beberapa kali. Yang terakhir terbakar adalah Gerbang Ishikawa-mon yang dibangun pada tahun 1788 yang menghadap ke Kenrokuen Garden. Untungnya secara perlahan pemerintahan setempat berupaya untuk mengembalikan kastil ini ke kondisi aslinya.

Bagian dalam Kastil Kanazawa

Bagian dalam Kastil Kanazawa

Untuk masuk ke Kastil Kanazawa ini umumnya gratis, namun ada beberapa tempat yang mengharuskan untuk membayar tiket seperti di area Gojukken Nagaya. Namun jika hanya ingin berkeliling saja, sebagian besar bagian kastil ini gratis, tidak perlu membayar.

Untungnya bagian paling menarik, yaitu salah satu pintu masuk yang dipenuhi pohon sakura itu nggak perlu bayar. Bagian ini juga yang paling banyak dikunjungi karena salah satu tempat yang paling fotogenik di Kastil Kanazawa.

3. Omicho Market, Tempatnya Berburu Makanan Segar Di Kanazawa

Suasana di Omicho Market

Suasana di Omicho Market

Entah di Indonesia atau di luar negeri, blusukan ke pasar tradisional adalah salah satu kegiatan favorit saya ketika sedang traveling. Soalnya saya bisa benar-benar melihat bagaimana kehidupan masyarakat setempat dengan cara ini. Lagi-lagi saya mengulang kembali asiknya blusukan di Nishiki Market yang ada di Kyoto. Bedanya, kali ini saya mengunjungi Omicho Market, pasar tradisionalnya Kanazawa.

Saya penasaran buat mampir ke Omicho Market ini karena katanya pasar ini adalah pasar makanan segar terbesar di Kanazawa. Didalamnya ada lebih dari 200 toko yang menjual berbagai bahan makanan. Tentu saja ikan segar, kepiting raksasa khas Jepang hingga sashimi kualitas nomor satu di Jepang dengan mudah ditemukan disini.

Omicho Market ini surganya pecinta seafood!

Omicho Market ini surganya pecinta seafood!

Harusnya waktu terbaik berkunjung ke Omicho Market ini pas pagi hari. Cuma karena saya lagi males bangun pagi, jadinya saya kesini siang hari di jam makan siang saja. Sambil lihat-lihat, apa saja kira-kira yang bisa saya beli untuk makan siang. Sebenarnya sih ada banyak seafood segar yang begitu menggoda disini, tetapi ujungnya saya hanya beli kroket isi kari daging karena keasikan berkeliling untuk berburu foto :D

4. Nishi Chaya District, Tempat Ngeteh Asik Di Kanazawa

Suasana Nishi Chaya District di siang hari

Suasana Nishi Chaya District di siang hari

Saya penasaran dengan Nishi Chaya ini karena membaca brosur yang ada di tempat saya menginap. Lokasinya hanya sekitar 5 menit jalan kaki dari hotel. Nishi Chaya District ini sebenarnya adalah sebuah tempat yang terdapat banyak warung teh ala Jepang. Jadi kalau mau nge-teh di Kanazawa, mampir deh kesini.

Asiknya lagi, disini bisa minum teh sambil dihibur geisha yang menyanyi dan menari gitu. Tapi nggak semua warung teh ada geishanya sih. Kalau lagi nggak pengen cobain minum teh disini, bisa juga kok cuma keliling sambil berburu foto seperti yang saya lakukan. Sore hari adalah waktu yang pas untuk mengunjungi Nishi Chaya District. Pun begitu siang hari juga nggak kalah oke untuk berburu foto, asal cuacanya lagi cerah kayak di foto saya diatas.

5. Ninjadera, Kuil Ninja Yang Penuh Jebakan Dan Ruang Rahasia

Ninjadera, Kuil Ninja dengan berbagaimacam ruang rahasianya

Ninjadera, Kuil Ninja dengan berbagaimacam ruang rahasianya

Nama aslinya adlaah Myourji Temple, atau lebih dikenal dengan nama Ninjadera (Kuil Ninja). Dikenal dengan nama itu karena memang di kuil ini ada banyak ruang rahasia dan pertahanan ala ninja. Meskipun ternyata sebenarnya kuil ini nggak ada hubungannya dengan ninja sama sekali.

Cuma karena banyaknya pertahanan di dalam kuil untuk mencegah penyusup masuk. Dan terdapat banyak terowongan tersembunyi, kamar rahasia, hingga perangkap layaknya ninja, jadilah tempat ini terkenal dengan Kuil Ninja.

Faktanya ini dulu adalah sebuah markas militer rahasia yang dibuat untuk mengelabui penguasa yang sedang berkuasa pada saat itu. Ini adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Kanazawa. Namun sayangnya bagian dalam Kuil Ninja ini nggak boleh difoto dengan kamera. Untuk harga tiketnya adalah JPY 1000.

***

Sebenarnya selain 5 tempat wisata favorit saya di Kanazawa diatas masih ada lagi tempat wisata yang lain. Sayang karena keterbatasan waktu saya nggak sempat mampir. Jadi buat catatan aja dulu disini, siapa tahu nanti ada kesempatan lagi untuk berkunjung ke Kanazawa di lain waktu.

Bangunan unik di dekat Stasiun JR Kanazawa. Ini juga salah satu ikon Kota Kanazawa yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

Bangunan unik di dekat Stasiun JR Kanazawa. Ini juga salah satu ikon Kota Kanazawa yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

1. Kenrokuen Garden

Katanya ini adalah satu dari tiga taman terindah di Jepang. Tapi entah kenapa saya malah kelewatan buat mampir kesini. Saya keasikan piknik dibawah pohon sakura yang ada di bantaran Sungai Saigawa sih :| Ingat sama Kenrokuen Garden ini malah pas hunting foto di dekat pintu masuknya, malam hari sebelum balik ke Tokyo. Sial!

2. Higashi Chaya District

Higashi Chaya ini mirip seperti Nishi Chaya District, tetapi katanya lebih besar, luas dan menarik. Mungkin lain kali kalau ada waktu saya akan mampir kesini. Kemarin harus puas hanya sempat mampir ke Nishi Chaya saja.

3. 21st Century Museum

Dari yang saya baca, bagian paling menarik sih “Leandro Erlich’s Swimming Pool”. Itu adalah kolam renang bohongan, dimana pengunjung bisa berfoto layaknya dibawah air. Meski sebenarnya nggak benar-benar berada di bawah air. Bagian ini paling populer karen gratis, dan sisanya harus bayar mulai ari JPY 1000, tergantung lagi ada pameran apa pada waktu berkunjung.

4. Nagamachi

Nagamachi ini adalah tempat dimana para samurai pernah tinggal dulunya. Sebenarnya saya masukkan ke list yang mau saya kunjungi, tapi karena waktunya ternyata nggak ada saya skip dulu. Soalnya dulu saya juga sudah pernah main ke Kakunodate, desanya para samurai Jepang sih. Jadi ke Nagamachi bisa lain kali, siapa tahu ada yang ajakin lagi~ Hasek!

***

Nah kira-kira diatas adalah tempat-tempat wisata di Kanazawa yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi kalau lagi liburan disana. Sebaiknya sih berkunjung ke Kanazawa ini waktu musim semi. Musim dimana bunga sakura bermekaran adalah dimana Kanazawa menjadi kota yang cantik dan menarik.

2 Responses

  1. Kresnoadi DH says:

    Belum pernah ke Jepaaang. Semoga suatu saat bisa ke sana. Hohoho. Pengen banget itu ke tempat yang Ninjadera seru kayaknya gaya jadi ninja. \:p/

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: