Liburan Musim Dingin? Main Ke Hakuba Valley Saja! Ini Dia Alasannya!

Saya pertama kali pegang salju di Tateyama Kurobe pada tahun 2013, itu juga sebentar. Gak sempat main-main karena saya salah kostum. Jadinya gak bisa main-main salju agak lama deh. Boro-boro mau main lempar bola salju. Berdiri diluar aja sudah bikin gemetaran. Makanya saya seneng banget ketika ada kesempatan untuk berkunjung ke Hakuba Valley. Soalnya Hakuba Valley ini adalah salah satu tempat liburan musim dingin di Jepang yang terbaik!

Buat yang belom tau, Hakuba (白馬) ini adalah sebuah lembah yang berada di Pegunungan Alpen Utara Jepang, tepatnya di Prefektur Nagano. Ini sebenarnya adalah salah satu tempat ski paling populer di Jepang. Tiap musim dingin Hakuba ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin merasakan ski di hamparan salju pada beberapa resor ski besar di sekitar Hakuba Valley.

Mulai dari dewasa hingga anak-anak memenuhi Hakuba Valley. Soalnya tempat ini memang dipenuhi banyak ski resort seperti Hakuba Iwatake.
Mulai dari dewasa hingga anak-anak memenuhi Hakuba Valley. Soalnya tempat ini memang dipenuhi banyak ski resort seperti Hakuba Iwatake.

Tempat wisata musim dingin di Jepang ini mulai populer sejak Olimpiade Musim Dingin Nagano 1998. Nama Hakuba melejit di dunia karena diadakan beberapa kompetisi olimpiade disini. Bahkan sampai sekarang ini pun beberapa fasilitas olimpiade masih bisa digunakan lho!

Misalnya seperti fasilitas Stadion Ski Ski Jumping. Terus disini ada juga Hakuba Olympic Village Memorial Hall, sebuah museum kecil tapi menarik, yang terletak di Hakuba. Yang jelas, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di beberapa ski resort disini. Kebetulan kemarin saya berkunjung ke Hakuba Iwatake Ski Resort. Salah satu resort yang ada di Hakuba Valley.

Kayaknya seru banget gitu main Sowboarding!
Kayaknya seru banget gitu main Sowboarding!
Kalau yang ini sepertinya tempat latihan ski anak-anak.
Kalau yang ini sepertinya tempat latihan ski anak-anak.

Mata saya langsung berbinar sesaat setelah memasuki area Hakuba Valley. Tumpukan salju seakan tak ada habisnya sejauh mata memandang. Pikiran saya langsung melayang kemana-mana, memikirkan apa saja yang akan saya lakukan nanti begitu sampai di Hakuba Iwatake Resort. Mulai dari bikin bola salju, mengamati orang main Ski dan Snow Board (karena saya belom bisa), hingga mencoba beberapa atraksi yang ada di Hakuba Iwatake.

Sedih memang, berasal dari negara tropis, olahraga seperti Ski dan Snow Board begitu asing buat saya. Jadinya saya tak bisa langsung mencobanya. Karena memang harus belajar terlebih dahulu. Sementara waktu saya di Hakuba Iwatake tidak terlalu banyak. Jadilah kemarin saya hanya mencoba atraksi lain yang tak kalah seru seperti bermain-main di salju, Buggy Cruise, dan Snow Rafting!

Bermain Salju Di Hakuba Iwatake

Saya sampai di Hakuba Iwatake menjelang makan siang. Jadi sebelum menghabiskan waktu untuk bermain salju, saya lebih memilih untuk makan siang terlebih dahulu. Disini terdapat sebuah tempat makan yang nyaman dan makananya enak. Daripada nanti tak punya tenaga ketika bermain salju, lebih baik makan dulu deh. Saya pun kemudian memesan semangkuk mie soba hangat dengan lauk ayam. Sesuai informasinya, mie soba ini enak banget!

Sebenarnya saya lebih suka Mie Soba dingin, tapi yang panas pun juga enak. Terutama ketika musim dingin seperti ini
Sebenarnya saya lebih suka Mie Soba dingin, tapi yang panas pun juga enak. Terutama ketika musim dingin seperti ini
Apa yang kamu lakukan kalau ketemu padang salju seperti ini?
Apa yang kamu lakukan kalau ketemu padang salju seperti ini?
Main ski itu seru banget!
Main ski itu seru banget!
Next time ke Jepang pengen belajar Snowboarding!
Next time ke Jepang pengen belajar Snowboarding!

Barulah setelah urusan perut kenyang mulai bermain – main salju. Baru kali ini saya bisa main di padang salju yang luas banget tanpa salah kostum. Jadinya ya saya gak perlu takut kedinginan deh. Kemarin juga sempat nerbangin drone disana buat foto selfie dari udara. Sayang cuma beberapa jam saja disini, jadi masih kurang puas deh main di saljunya.

Cobain Snow Rafting

Biasanya yang namanya rafting itu di Sungai kan ya? Tapi gimana kalau rafting di salju? Saya kira bakalan biasa aja loh awalnya, tapi setelah mencoba ternyata seru banget. Apalagi kalau snow rafting di Hakuba Iwatake ini gak bakalan basah sama air. Yah, paling cuma kecipratan salju sedikit aja. Cuma bayar 1000 YEN per orang untuk menikmati serunya Snow Rafting seperti yang saya lakukan di video ini!

Buggy Cruise di Hakuba Iwatake

Kalau Snow Rafting di Hakuba Iwatake itu cuma diajakin keliling-keliling saja, naik Buggy Cruise ini bakalan dibawa lebih jauh. Saya kemarin diajakin berkeliling Hakuba Iwatake selama kurang lebih 20 menitan, masuk ke hutan kecil yang berada tak jauh disana, dan berkunjung ke sebuah padang salju rahasia. Tentu saja, begitu lihat tumpukan salju yang mengoda, saya pun langsung terjun keatasnya. Kapan lagi bisa guling-guling di Salju? Iya kan! O iya, biaya cobain Buggy Cruise ini sama, cuma 1000 YEN saja per orang. Kalau mau tahu keseruannya, bisa lihat videonya dibawah ini:

***

Nah, gimana? Main-main salju di Hakuba Iwatake seru banget bukan? Memang sih, ini adalah salah satu tempat liburan musim dingin di Jepang yang terbaik. Pun begitu, sebenarnya di musim lain Hakuba Iwatake ini gak kalah keren! Kalau gak percaya lihat saja foto-foto dibawah ini! Saya pun jadi pengen main lagi kesini di musim lainya kok!

Dimusim lain ternyata Hakuba Iwatake juga keren!
Dimusim lain ternyata Hakuba Iwatake juga keren!
Bakalan balik lagi kesini deh pastinya!
Bakalan balik lagi kesini deh pastinya!

Cara Pergi Ke Hakuba Valley

Ada beberapa cara untuk pergi ke Hakuba Valley. Bisa dengan naik bus, atau naik kereta yang dilanjutkan dengan naik bus. Yang jelas tujuan akhir kalian adalah Hakuba happo bus terminal. Dari situ biasanya penginapan akan menyediakan jemputan dan shuttle untuk menuju ke masing-masing ski resort yang ada di Hakuba seperti Hakuba Iwatake. (Lokasi Hakuba Iwatake di Google Maps bisa ditemukan disini)

Saya kemarin sewa baju khusus untuk aktifitas salju di Hakuba Iwatake Resort ini.
Saya kemarin sewa baju khusus untuk aktifitas salju di Hakuba Iwatake Resort ini.
Ngelihat ginian jadi pengen belajar main ski atau Snowboarding deh
Ngelihat ginian jadi pengen belajar main ski atau Snowboarding deh

Naik Bus Ke Hakuba Iwatake

Kalian bisa naik bus ke Hakuba Valley dari Shinjuku. Rutenya adalah Shinjuku bus terminal – Hakuba happo bus terminal. Harga tiketnya adalah 4,850 YEN untuk dewasa dan 2,430 YEN untuk anak umur 12 tahun kebawah. Waktu tempuh perjalanan adalah 5,5 jam.

Naik Shinkansen Ke Hakuba Iwatake

Tidak ada Shinkansen yang langsung menuju ke Hakuba Valley, namun kalian bisa naik Shinkansen ke Nagano terlebih dahulu. Cara ini paling enak untuk para pemegang JR Pass. Rutenya adalah Tokyo Station – Nagano Station. Jika tanpa JR Pass kalian harus membayar 8000 YEN.

Waktu tempuh menuju nagano adalah 1 jam 40 menit. Setelah itu dari Nagano Station kalian bisa melanjutkan dengan naik bus dan turun di Hakuba Happo bus terminal. Harga tiketnya adalah 1,800 YEN untuk dewasa dan 900 YEN untuk anak-anak. Lama perjalanan dari Nagano ke Hakuba Happo Bus terminal adalah 1 jam.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: