Review Kalibre Shooter Pro: Tas Kamera Idaman Untuk Travel Bloger

Sebelumnya saya hanya punya satu kamera. Sebuah mirrorless Sony Nex F3 selama kurang lebih 3 tahun untuk keperluan fotografi blog catperku. Karena itu dulu saya nggak pernah pusing mikirin harus pake tas apa yang nyaman untuk dibawa traveling. Asal kamera mirrorless dengan lensa bawaan 18-50 mm tadi bisa masuk, semua beres.

Namun semuanya berubah semenjak adanya pertambahan beberapa kamera seperti Sony A6000, Sony RX100. Selain itu juga ada beberapa lensa tambahan terutama lensa Sony SEL18200 yang segede gaban itu. Makin bingung deh ketika traveling cuma bawa tas biasa. Apalagi kemarin ketika traveling ke New Zealand selama sebulan.

Tas Kamera Kalibre Shooter Pro menemani saya hingga ke Kanazawa, Jepang
Tas Kamera Kalibre Shooter Pro menemani saya hingga ke Kanazawa, Jepang

Bawaannya kemarin itu parno mulu, kalau terjadi apa-apa dengan kamera dan lensa yang kalau misalnya (amit-amit) rusak. Ditambah lagi, tas daypack saya cukup kecil dan nggak ada rain coat-nya pula. Entah kapan saya bisa beli lagi kalau kamera saya rusak. Apalagi belum balik modal banget itu belanja lensa sama kameranya :D

Makanya begitu pulang di Indonesia saya langsung deh cari informasi, browsing sana-sini untuk cari tas kamera yang nggak terlalu mahal, di budget IDR 1.000.000-1.500.000. Sebelumnya saya juga sempat cari selama di Sydney, namun untuk tas yang bagus atau yang sesuai keinginan saya itu harganya rata-rata diatas AUD 200 atau 2 jutaaan lebih. Nggak masuk budget sama sekali deh pokoknya.

Nah, setelah beberapa kali cari informasi dan membandingkan beberapa merek. Pilihan saya malah jatuh ke salah satu brand Kalibre, dengan tas kamera Shooter Pro-nya. Dari foto-fotonya juga beberapa review yang saya baca tas ini bakal bisa untuk menampung semua kamera dan beberapa perlengkapan aksesoris yang saya punya.

Kalibre Shooter Pro, Tas Kamera Idaman Untuk Travel Bloger

Tas kamera Kalibre Shooter Pro saya bawa ke Korea Selatan
Tas kamera Kalibre Shooter Pro saya bawa ke Korea Selatan

Nggak terlalu lama, akhirnya saya memegang juga tas kamera Kalibre Shooter Pro ini. Sekali lihat, saya langsung jatuh hati dengan tas kamera ini. Alasan pertama karena desainnya dominan hitam terlihat kece dari luar, dan interiornya dominan oranye warna favorit saya. Jadi bakalan tetep pede ditenteng kesana kemari di punggung ketika traveling.

Kedua, setelah mencoba membawanya ke Korea Selatan dan Jepang, fungsionalitasnya berfungsi dengan baik sesuai dengan yang saya harapkan. Kapasitasnya juga banyak, ada beberapa kompartemen dengan beberapa fungsinya masing masing.

Biar ngak penasaran mau saya coba reviw tas kamera Kalibre Shooter Pro dibawah ini ya:

Kompartemen Utama Tas Kamera Kalibre Shooter Pro

Bagian kompartemen utama
Bagian kompartemen utama

Disinilah tempat saya menyimpan Kamera dan lensa. Kompartemen utama ini disekat dengan sekat yang aman dari benturan dan gesekan untuk tiap lensa. Di kompartemen utama ini bisa menyimpan satu kamera utama hingga 7 lensa (kalau punya).

Kompartemen utama ini bisa menyimpan hingga 7 lensa
Kompartemen utama ini bisa menyimpan hingga 7 lensa

Saya sendiri hanya ada 3 lensa. Jadi saya memanfaatkan beberapa tempat lensa kosong untuk menyimpan 1 Go Pro, baterai cadangan, universal plug, 1 converter, 1 kamera cadangan dan 1 kamera pocket Sony RX100. Di bagian penutup kompartemen utama ini juga terdapat beberapa slot yang bisa untuk digunakan menyimpan hingga 4 memory kamera. Selain itu juga ada satu ruangan yang saya manfaatkan untuk menyimpan kabel, meski seharusnya itu adalah tempat untuk menyimpan filter lensa.

Kompartemen utama juga bisa dibuka dari samping, berguna saat ingin memakai kamera sewaktu-waktu meski sedang berada di dalam tas.
Kompartemen utama juga bisa dibuka dari samping, berguna saat ingin memakai kamera sewaktu-waktu meski sedang berada di dalam tas.

Untuk kemudahan ketika mau memakai kamera utama saya A6000, kompartemen utama ini juga bisa dibuka dari samping kanan. Jadi kalau mau memakai kamera secara mendadak, nggak perlu nurunin tas terlebih dahulu. Cukup melepas selempang kiri, dan mengambil kamera dari kanan. Simple, moment penting pun nggak bakal kelewat untuk diabadikan meski kamera sedang berada di dalam tas.

Dua Ruang Bagian Atas Tas Kamera Kalibre Shooter Pro

Dua ruangan bagian atas bisa untuk menyimpan body kamera cadangan atau aksesoris yang lain seperti charger dan powerbank
Dua ruangan bagian atas bisa untuk menyimpan body kamera cadangan atau aksesoris yang lain seperti charger dan powerbank

Pada bagian atas tas Kamera Kalibre Shooter Pro terdapat dua ruangan yang berukuran sedang dan kecil. Ruangan ini selama traveling ke Jepang dan Korea Selatan kemarin saya manfaatkan untuk menyimpan charger kamera dan smartphone juga powerbank. Tujuannya biar gampang mengambilnya jika sewaktu, waktu saya ingin memakainya.

Sementara itu ruangan yang lebih kecil saya saya manfaatkan untuk menyimpan kain untuk membersihkan kamera, batere yang sudah habis terpakai, dan kadang saya nyimpen kamera RX100 atau smartphone di bagian ini. Meski kecil, tetapi masih muat kok dimasuki oleh smartphone atau kamera pocket sekelas Sony RX100.

Dua Ruang Bagian Depan Tas Kamera Kalibre Shooter Pro

Dua ruangan bagian depan
Dua ruangan bagian depan
Satunya untuk menyimpan HDD
Satunya untuk menyimpan HDD
Sementara satunya untuk menyimpan modem dan filter lensa yang sering dipakai
Sementara satunya untuk menyimpan modem dan filter lensa yang sering dipakai

Kalau biasannya saya naruh HDD begitu saja di dalam tas, sekarang saya bisa menyimpannya di tempat tersendiri, di bagian depan tas. Di bagian ini ada dua ruangan kecil yang cukup untuk menyimpan HDD, shutter release, modem portable dan filter untuk lensa. Bisa juga dipake buat naruh charger smartphone yang tipis kalau mau.

Satu Tempat Laptop Di Tas Kamera Kalibre Shooter Pro

Ruangan untuk menyimpan laptop
Ruangan untuk menyimpan laptop

Saya nggak mungkin memilih tas kamera Kalibre Shooter Pro kalau nggak ada tempat untuk menyimpan laptop. Soalnya sebagai travel blogger, saya selalu membawa laptop ketika traveling. Entah hanya untuk editing foto, live posting atau browsing cari informasi selama di perjalanan. Nah di tas kamera yang ini terdapat satu tempat untuk menyimpan laptop

Kesimpulanya…

Karena modelnya backpack, saya tetap bisa bergerak secara dinamis
Karena modelnya backpack, saya tetap bisa bergerak secara dinamis
  • Buat travel blogger atau travel photographer yang suka dengan tas kamera model backpack, tas ini bisa menjadi piihan.
  • Tas kamera ini cocok baik untuk pemula, menengah atau yang sudah pro. Terutama untuk yang punya lebih dari satu kamera dan lensa.
  • Harganya juga nggak terlalu mahal untuk style dan fungsionalitas yang didapatkan. Sempet survey untuk tas yang saya inginkan (sekelas dengan ini) harganya diatas 2 juta-an.
  • Terdapat raincoat untuk melindungi dari percikan air hujan, jadi nggak perlu lagi berli raincoat tambahan.
  • Kalibre adalah brand lokal, dan dibuat di Indonesia jadi membeli tas ini sama dengan mencintai produk Indonesia juga :)

***

Menurut saya, meskipun baru saya bawa dua kali perjalanan, selama kurang lebih satu bulan, saya sudah merasa cocok banget dengan tas kamera yang satu ini. Kalau dulu saya selalu merasa was-was dengan lensa dan kamera saya karena saya bawa dengan tas yang tidak semestinya, sekarang saya bisa lebih tenang, dan bisa fokus untuk mencari foto yang bagus.

Saya puas memakai tas kamera Shooter Pro ini
Saya puas memakai tas kamera Shooter Pro ini

Ditambah lagi desainnya berupa backpack, tetap membuat saya bisa bergerak secara dinamis untuk berburu foto. Soalnya saya sering menghabiskan waktu dengan banyak berjalan kaki ketika sedang ingin berburu foto. Misalnya saja, ketika saya traveling di Jepang kemarin, dalam sehari saya bisa berjalan hampir 10 km. Untung saja bagian belakang tas ini empuk dan nyaman di punggung.

Nah, mungkin buat yang sedang mencari tas kamera, bisa mencoba Tas Kamera Kalibre Shooter Pro Ini. Harga jualnya sekitar 1,3 jutaan. Lumayan murah untuk manfaat yang akan didapatkan. Paling enggak kamera dan lensa akan tetap aman selama traveling. Jadi siapa yang lagi cari tas kamera baru? :)

Yang Banyak Dicari

  • review tas kamera
  • tas kamera kalibre
  • travelogue kalibre
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

6 Responses
  1. Aku juga sedang mencari tas camera. Kebetulan sekarang punya lensa 3 biji. Kalau jalan maunya dibawa semua. Jadi cari-cari di internet belum ada yang sesuai. Aku akan mempertimbangkan merek ini. Cuma masalahnya, cocok gak ya dibawa ibu-ibu, Mas? Kegedean gak?

    1. kalau kegedean nggak sih, nyaman waktu ditenteng kemana-mana waktu di tokyo. Padahal tokyo kan padet benget tuh. buat ibuk-ibuk juga bisa kalau nggak terlalu memikirkan warna~ biasanya cewe suka yang cerah dan warna-warni ya? Cuma kalau buat mengamankan kamera, lensa dan masalah fleksibilitas, bagus lah. Nggak kalah sama merek lain yang lebih mahal :D

    2. Adi Bali

      Kalo boleh ikut berpendapat sih sepertinya untuk kaum wanita sepertinya bukan di ukuran ini ganjalannya. Ukurannya enak koq nggak terlalu besar. Saya sempat punya juga. Lebih ke model mungkin yang agak terlalu maskulin. Mungkin produk-produknya Crumpler bisa jadi pertimbangan. Modelnya manis-manis dan warnanya juga lebih dinamis.

  2. Adi Bali

    Saya pernah punya nih yang satu ini. Setuju banget, memang pas dan enak dibawa-bawa. Belakangan saya pensiunkan. Tapi bukan karena nggak happy sih, cuma kebutuhan aja berubah, perlu yang agak besaran sekarang.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: