Bunga Sakura Di Korea!? Memangnya Ada!?

Bunga Sakura di Korea Selatan! Memang-nya ada!? Itu yang langsung terpikirkan di kepala ketika membaca itinerary traveling ke Korea Selatan kemarin. Selama ini saya kira kalau Bunga Sakura itu hanya di Jepang saja. Makanya saya berkunjung ke Jepang seringnya pas musim semi, dimana Bunga Sakura sedang bermekaran.

Tetapi tampaknya saya kurang banyak membaca. Soalnya ternyata di Korea Selatan itu juga bisa menikmati indahnya Bunga Sakura bermekaran di mana-mana. My bad~ harus lebih rajin lagi baca-baca!

Ini berarti, Korea Selatan itu bisa menjadi salah satu alternatif kalau ingin menikmati mekarnya Sakura dengan suasana yang berbeda. Terutama untuk yang suka sama K-Pop atau Drama Korea nih! Siapa yang demen nonton Drama Korea hayo!

Well, saya sempet nonton beberapa darakor juga, sih. Tetapi drama yang seri lama kayak Sassy Girl Chun Hyang, terus yang bintangnya Song Hye Kyo itu lho, lupa saya judulnya!

Terakhir saya sempat melihat beberapa episode Drama Korea yang judulnya Dokkaebi. Itu juga karena di rumah ada yang seneng banget nonton Drama Korea.

Hey! Ternyata ada juga Bunga Sakura di Korea Selatan!
Hey! Ternyata ada juga Bunga Sakura di Korea Selatan!

Cuma motivasi saya untuk traveling ke Korea itu tidak cuma karena drama. Sebenarnya lebih ke penasaran karena saya dulu sempat bekerja di Samsung Research Institute Indonesia selama satu setengah tahun lebih.

Selama itu belom sempat ngerasain dikirim ke Samsung HQ di Korea Selatan sampai akhirnya saya mengundurkan diri. Dari situ saya jadi malah lebih penasaran sama Korea Selatan.

Kembali ke masalah Bunga Sakura di Korea Selatan, asal usul dari bunga sakura di negeri gingseng ini sebenarnya cukup kontroversial. Guide saya bilang kalau bunga ini memang sudah ada sejak dulu disana. Namun ada juga sejarah yang menyebutkan kalau Bunga Sakura diperkenalkan ketika masa pemerintahan Jepang di korea dulu.

Nah, mana sih yang bener!? Disebutkan pula kalau waktu itu orang Jepang menanam pohon sakura Yoshino pertama kali di Istana Changgyeonggung Seoul. Lalu kemudian festival melihat bunga sakura diperkenalkan ke Korea selama pemerintahan Jepang.

Ada yang bilang Bunga Sakura di Korea ini ditanam pada masa pemerintahan Jepang
Ada yang bilang Bunga Sakura di Korea ini ditanam pada masa pemerintahan Jepang

Bahkan festival itu berlanjut setelah Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II. Hal ini sempat menjadi hal yang kontroversial di Korea, hingga banyak pohon Sakura ditebang karena mereka dianggap sebagai simbol pendudukan.

Pemotongan pohon sakura ini bertujuan untuk merayakan ulang tahun kelima puluh penyerahan Jepang. Namun faktanya sampai sekarang orang Korea terus menanam pohon Sakura Yoshino untuk menarik wisatawan. Hasilnya festival melihat Bunga Sakura ini tetap menarik banyak wisatawan sampai sekarang. Termasuk saya salah satunya.

Membicarakan mengenai  kontroversi sejarah Bunga Sakura di Korea memang menarik, namun kalau diperdebatkan nggak bakal ada habisnya. Daripada memperdebatkannya, saya jauh lebih tertarik untuk menikmati keindahannya saja. Jadi saya memutuskan untuk tidak membahas lebih dalam mengenai sejarahnya lebih dalam di tulisan ini.

Taman Kota Gangneung, salah satu sudutnya dipenuhi oleh Pohon Sakura
Taman Kota Gangneung, salah satu sudutnya dipenuhi oleh Pohon Sakura

Dari hasil pencarian, sebenarnya banyak untuk merekomedasikan Seoul sebagai salah satu kota terbaik untuk melihat Bunga Sakura di Korea Selatan.

Ini juga membuktikan kalau Seoul sebenarnya bukan hanya tempat terbaik untuk berbelanja kosmetik saja di Korea Selatan. Namun sayangnya selama di Korea Selatan kemarin saya malah lebih banyak menghabiskan waktu di luar Seoul.

Kemarin saya sempat mengunjungi salah satu taman di Kota Gangneung. Saya nggak tahu cara baca namanya karena pake huruf korea. Namun yang pasti saya tahu lokasi tempat melihat Bunga Sakura di Kota Gangneung itu di Google Maps disini. Dalam bahasa Korea nama taman itu adalah 경포호수광장, lokasinya nggak jauh dari Pantai Gyeongpo.

Taman kota ini berada di tepi danau, tak jauh dari Pantai Gyeongpo
Taman kota ini berada di tepi danau, tak jauh dari Pantai Gyeongpo

Taman ini berada di tepi danau. Bagian tengah taman dipenuhi rerumputan, tempat yang asik untuk piknik musim semi, sementara pada salah satu bagian tepinya terdapat puluhan Pohon Sakura yang telah mekar. Pohon Sakura itu ditata dengan apik, sementara dibawahnya terdapat sebuah jalur untuk pejalan kaki.

Dibadingkan dengan area taman yang lain, jalur yang ada di bawah Pohon Sakura tadi terlihat jauh lebih ramai. Terlihat ada banyak turis yang sedang sibuk mengabadikan moment dengan kamera masing-masing.

Tidak ketinggalan, saya pun juga segera bergegas untuk ikut mengabadikan moment musim semi di Korea ini. Dimanapun, saya memang selalu bersemangat kalau berhubungan dengan musim semi dan Bungan Sakura.

Salah satu tempat melihat Bunga Sakura di Korea Selatan ini tampaknya lumayan populer buat turis
Salah satu tempat melihat Bunga Sakura di Korea Selatan ini tampaknya lumayan populer buat turis
Tamannya bersih dan terawat
Tamannya bersih dan terawat

Meskipun menurut saya, untuk ukuran sebuah festival, ini masih kurang ramai. Namun, taman dengan banyak Pohon Sakura yang ada di Kota Gangneung ini cukup untuk membuktikan kalau Korea Selatan ini adalah salah satu alternatif tempat liburan untuk menikmati musim semi selain dengan pergi ke Jepang.

Selain melihat Sakura di taman Kota Gangneung, saya juga sempat melihatnya di rumah para orang yang sempat berpengaruh di Korea Jaman dulu. Namun jumlahnya tidak sebanyak di taman Kota Gangneung. Saya melihat lagi Bunga Sakura dalam jumlah banyak malah di jalanan tempat saya makan malam.

Salah satu rumah pejabat di Korea jaman dulu
Salah satu rumah pejabat di Korea jaman dulu

(Baca Juga : Pengalaman Nonton Ice Hockey Pertama Kali Di Korea Selatan)

Saya nggak tahu nama tempatnya apa, karena lupa nanya ke pemandu dan tentu semuanya dalam huruf Hanggul. Tapi, terimakasih sama google location history, saya jadi tahu koordinat GPS-nya disini.

Dibanding dengan yang sudah saya kunjungi sebelumnya, ini adalah salah satu tempat favorit saya untuk melihat Bunga Sakura di Korea waktu musim semi!

Favorit saya untuk menikmati sakura malah disini sih
Favorit saya untuk menikmati sakura malah disini sih
Sakura mulai berguguran, padahal baru awal April lho
Sakura mulai berguguran, padahal baru awal April lho

Nah, gimana? Mungkin musim semi selanjutnya bakal lebih menyenangkan untuk berlibur ke Korea Selatan saja ya? Apalagi kalau penasaran dan mau merasakan festival melihat Bunga Sakura dengan suasana sedikit berbeda.

Bisa coba deh untuk mengunjungi Korea Selatan. Bisa coba keliling Seoul, melihat Bunga Sakura sambil berbelanja atau mengunjungi Kota Gangneung seperti yang saya lakukan kemarin. Bebas!

 

Yang Banyak Dicari

  • arcive semi jepang korea
  • bunga sakura
  • bunga sakura korea
  • daerah korea yang banyak pohon sakura
  • korea bunga sakura
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
55 Responses
  1. Dwi Potter

    Sakura di korea selatan biasanya akhir maret smp pertengahan april. Di seoul bulan april kmren mekar2nya Ini foto bulan april 2017 kmren di jalan di belakang national assembly building. Klo buat cari cherry blossom di seoul biasanya di seokchon lake sama yeouido hangang park. Klo yg terkenal di luar kota ada di Jinhae

  2. puspasiagian

    Waa seruuu! Berarti lebih enak ya Kak , gak terlalu rame ky musim sakura di Jepang jadi bisa lebih santai jalan-jalannya hehehe

  3. Antonius Yung

    Di amerika juga ada bunga sakura namanya cherry blossom, negara 4 musim bisa tumbuh, cuma ada sedikit perbedaan tinggi pohonnya

  4. Pipin Ariyani

    Sakura banyak klo lg spring. Cuma beda nama aja. Klo april k jepang n korsel ya nemuny pohon yg sama haha

  5. Tri Wiryani

    Menurut yg pernah sy baca aslinya Sakura dr Korea. Tp kmd saat Korea dijajah Jepang Sakura dibawa ke Jepang.
    Sama halnya dengan tulip. Aslinya dari Turki..

  6. Rijal Fahmi Mohamadi

    wah malah begitu ya? saya belom baca lebih lanjut lagi sih. karena ada yang menyebutkan sakura yang di korea itu aslinya dari jepang. baca dari mana itu informasinya? penasaran juga :D

  7. syuhada

    Cantiknyaa. Kalau di daerah Asia Tenggara ada pohon Sakura gak sih? Kalau ada jenis sakura yang bisa untuk daerah tropis harusnya Indonesia juga nanam.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: