Itinerary Backpacking Ke Lombok Overland

Ada yang bilang setiap perjalanan itu adalah personal, tapi tidak ada salahnya juga berbagi catatan perjalanan atau paling tidak berbagi itinerary. Mungkin nantinya ada yang bisa memanfaatkan sebagai acuan jika ingin melakukan perjalanan dengan rute yang sama.

Itinerary Backpacking Ke Lombok Overland , Dua Hari, Lombok Timur, Lombok Selatan Untuk Teman – Teman!

Kali ini saya akan mencoba berbagi Itinerary Backpacking Ke Lombok melalui perjalanan darat dengan start dari Pulau Bali (karena memang saya tinggal di bali). Didalam Itinerary Backpacking Ke Lombok ini, mencakup beberapa destinasi yang berada di Lombok Timur, dan Lombok Selatan. Nah, berikut Itinerary Backpacking Ke Lombok-nya, semoga bisa berguna jika ada yang ingin ber-backpacking ke Lombok melalui perjalanan darat, dengan starting poing dari Bali.

Itinerary Backpacking Ke Lombok : Waktu Berangkat (Malam Ke 0)

Sudah 3 kali saya traveling ke Lombok lewat perjalanan darat, dan kesemuanya selalu berangkat pada malam hari, kenapa? Pertama efektifitas waktu, dengan berangkat pada malam hari (Sekitar jam 22.00 – 24.00 WITA) kita bisa beristirahat di kapal fery selama menyeberang.

Tenang saja di dalam kapal fery biasanya ada yang menyewakan kasur untuk istirahat. Atau kalau tidak mau rugi, bawa saja sleeping bag, sehingga bisa tidur dimana saja diatas deck kapal. Selain itu jika berangkat dari bali (Kuta), sekitar jam 23.00 WITA, akan sampai di pelabuhan Lembar, Lombok pada keesokan harinya (jam 06.00-0800 WITA), dengan bonus sunrise yang cantik dari atas kapal ferry :)

(Baca Juga : Pantai Selong Belanak : Eat, Surf, and Fun!)

Itinerary Backpacking Ke Lombok Overland : Pagi yang cakep dari Pelabuhan Lembar, bisa dilihat kalau berangkat dari Bali malam hari saja :)
Itinerary Backpacking Ke Lombok Overland : Pagi yang cakep dari Pelabuhan Lembar, bisa dilihat kalau berangkat dari Bali malam hari saja :)

Itinerary Backpacking Ke Lombok : Sampai Di Lembar, Langsung Berangkat Ke Lombok Timur (Hari Ke 1)

Perkiraan waktu sampai di Pelabuhan Lembar adalah pagi hari, sekitar jam 06.00-07.00 WITA. Kalau tidak membawa bekal untuk sarapan, bisa membeli sarapan disini, karena akan sedikit susah mencari sarapan atau mini market selama perjalanan menuju Lombok Timur. Satu – satunya minimarket yang bisa ditemui bisa ditemukan setelah keluar dari pelabuhan.

Perjalanan menuju lombok timur akan memakan waktu sekitar 3 Jam, dengan tujuan pertama Pantai Tangsi. Jika berangkat dari Pelabuhan Lembar pada waktu 08.00 WITA, kemungkinan bisa sampai di Pantai Tangsi pada pukul 11.00 WITA, dengan kecepatan mengendarai sepeda motor normal (60-70 KM/Jam)

Itinerary Backpacking Ke Lombok Overland : Destinasi Lombok Timur (Hari Ke 1)

Rekomendasi saya, tujuan pertama di Lombok Timur yang harus didatangi adalah Pantai Tangsi. Kenapa? Karena perjalanan panjang selama kurang lebih 3 Jam dari Pelabuhan Lembar, pasti akan membuat capek. Apalagi setelah melewati jalan yang lumayan rusak selama menuju Pantai Tangsi. Nah, di Pantai Tangsi ini tempatnya enak untuk beristirahat.

(Baca Juga : Si Eksotis Tanjung Ringgit, Ketika Lombok Tidak Melulu Pantai)

Pantai Tangsi salah satu destinasi di Itinerary Backpacking Ke Lombok kali ini.
Pantai Tangsi salah satu destinasi di Itinerary Backpacking Ke Lombok kali ini.

Di Itinerary Backpacking Ke Lombok ini, sekitar pukul 13:30 WITA sebaiknya mulai berpindah ke destinasi berikutnya, yaitu Tanjung Ringgit yang lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Pantai Tangsi. Usahakan sekitar pukul 15:00 sudah harus meninggalkan Tanjung Ringgit, dan bergerak menuju Pantai Cemara. Estimasi waktu sampai di pantai cemara adalah sekitar pukul 16:30 WITA.

Tiga destinasi dalam sehari memang sedikit berlebihan, tetapi karena memang waktu yang ada cuma dua hari 1 malam di Lombok, jadinya tidak bisa berlama – lama di Pantai Cemara. Disarankan beranjak dari pantai ini sekitar jam 17:30, biar bisa sampai di Kuta, Lombok Selatan pada pukul 19:00.

Itinerary Backpacking Ke Lombok : Menuju Kuta, Lombok Selatan (Malam Ke 1)

Karena lokasi Kuta, Lombok Selatan memang sedikit jauh dari lombok timur, jadinya harus melakukan perjalanan malam hari. Pastikan lampu sepeda motor bisa menyala, dan GPS tidak kehabisan baterai, Navigasi dimalam hari tentunya akan lebih sulit dari pada siang hari kan?

Perkiraan waktu sampai di Kuta, Lombok Selatan adalah malam hari jam 19:00 WITA. Disini ada banyak guest house dan hotel tempat menginap. Mencarinya pun cukup mudah meskipun go show seperti saya kemarin. Kebetulan kemarin saya menginap di Surfer Inn, tempat dimana saya pernah menginap ketika pertama kali ke Lombok Selatan 2011 lalu.

(Baca Juga : Enjoy Tanjung Aan)

Itinerary Backpacking Ke Lombok : Menyusuri Pantai Selatan Lombok (Hari Ke 2)

Usahakan bangun pagi, jangan molor seperti saya, karena Lombok Selatan memiliki banyak pantai dan tanjung yang cakep seperti  Tanjung AAN dan pantai disekitarnya, Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak. Paling tidak dalam sehari bisalah mendatangi ketiga pantai tersebut. Untuk perkiraan waktunya di Itinerary Backpacking Ke Lombok ini dengan anggapan keluar dari penginapan jam  08:30 WITA, adalah sebagai berikut.

  1. Tanjung AAN dan beberapa pantai di sekitarnya, Jam 08:30-10:30
  2. Pantai Mawun, 11:00 – 11:30 WITA
  3. Pantai Selong Belanak, 12:00 – 13:30 WITA

(Baca Juga : Panas Tapi Adem Di Pantai Mawun)

Itinerary Backpacking Ke Lombok : Mencoba Kuliner Khas Lombok, Si Ayam Taliwang

Jika berangkat dari Pantai Selong Belanak pada jam 14:00 WITA, diperkirakan sampai ke kota Mataram pukul 15:00. Sesampainya disana, bisa langsung mencoba kuliner Ayam Taliwang. Favorit saya adalah Ayamg Taliwang Dua EM Bersaudara, yang berada di Jalan Transmigrasi No 99. Sudah tiga kali saya makan ditempat ini, dan hampir semua menunya enak kok.

Makan ayam taliwang selalu menjadi cara favorit saya untuk menutup traveling di Lombok. Karena, setelah makan bisa langsung pulang ke Bali melewati jalur yang mudah. Tidak seperti berangkatnya yang selalu melewati jalur yang sedikit menantang (baca: kadang rusak, kadang enggak :D) . Perkiraan sampai di pelabuhan lembar adalah jam 17:00 WITA, jika pergi dari Ayam Taliwang Dua EM Bersaudara pada jam 16:00 WITA. Kalau beruntung, ditengah Selat Lombok akan bisa menyaksikan sunset yang cakep.

 Itinerary Backpacking Ke Lombok : Peta Jalur

Berikut adalah peta jalur Itinerary Backpacking Ke Lombok dengan beberapa destinasi dan informasi di Lombok Timur, Lombok Selatan, dan Sedikit Kuliner di Mataram.

(Baca Juga : Motor Touring Itinerary : South Lombok ADVENTURE Bertualang Di Lombok Selatan)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • intinerary overland lombok bali
  • itin ke lombok
  • itin liburan di lombok
  • Itinerary backpacker ke lombok
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

18 Responses
  1. agungarifz

    blum coba ke sundancer,blum coba makan nasi puyung,,ke gili gede,gili nanggu,gili kondo,goa susu,air terjun tiu kelep.hehehe

  2. Review Hotel, Surfer Inn, Kuta Lombok Selatan - Catperku.info

    […] tempat berpetualang yang begitu asik? Nah, saking banyaknya tempat yang harus di kunjungi di Lombok, terutama di Lombok Selatan, tentunya perlu juga dong tempat untuk beristirahat yang nyaman dan […]

  3. Enjoy Tanjung Aan, Lombok Selatan - catperku.info

    […] sesuatu yang menarik *semoga pacar tidak protes*. Seperti Tanjung Aan yang tidak pernah ada dalam itinerary backpacking ke Lombok kami, tetapi pada akhirnya kami menemukannya, tempat yang bisa digunakan untuk sedikit bersenang […]

  4. Senggigi Unjuk Gigi! - Catperku.info

    […] Coba tebak, di tempat sini asik apa enggak!? Ternyata, tempat yang menjadi tujuan utama turis ketika traveling ke Lombok ini asik juga lho! Meskipun tempatnya cenderung “turis banget” tetapi suasanaya masih […]

  5. Andini

    Hai Mas,

    excited banget abis baca ceritanya di lombok…bdw, kami (b4) planning mmmhh actually tiket dan hotel udah beli sih, ke lombok. 28 sept-1 okt..but we are still have no idea mau kmn aja, please please please…ksh itin buat kita dong hehe..mksdnya spy trip kita b4 ga ngebosenin…

    thank u ..

    Waiting for ur good respon..

    cheers,

    Andini

  6. Tips Dan Trik Backpacking Ke Lombok - Catperku.info

    […] banyak jalan menuju Roma, begitu juga jalan untuk backpacking ke Lombok. Cara paling cepat adalah dengan naik pesawat, beberapa maskapai yang melayani jalur penerbangan ke […]

  7. Syafira

    Waah, wktu itu sya juga prnah mau coba ke lombok dr bali. Tp bingung transport. Krna kan penginapan di kuta, trus menuju padang bai biasanya pake motor rental, tp nanti bingung motornya dikemanain kalau mau nyebrang. Atau ternyata ada cara lain selain motor rental? Setelah itu jg masih bingung juga pas udah sampe pelabuhan lombok langsung rental motor lagi kah? Hehe. Selalu asyik baca itin punyanya mas Rijal ini. Thanks

  8. samsiah

    Saya berpeluang ke Lombok Selatan sekitar bulan Mac 2015 lalu, Sunset dan sunrise di Tanjung Aan dan Batu Payung, air terjun tiu kelep, makan ayam taliwang pedas, soda ais , tidak puas walaupun duduk 4 hari, terus ke Bali menggunakan feri, rakan -rakan beritahu datang lagi ke Lombok , mungkin 4 , 5 tahun lagi pemandangan mungkin x sama . Apa yang saya pelajari di Lombok Selatan , masyarakatnya punye ikatan yang kuat antara satu sama lain, tidak tercemar dengan pembangunan ditambah lagi dengan anugerah tuhan yang tidak terperi. Akan datang lagi bersama anak2 dan suami, mahu mereka lihat dan rase sendiri indahnya syurga dunia di Lombok Selatan.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: