Pantai Nyasar, Errr, Eh, Bukan Pantai Cemara Namanya!

Pantai Nyasar, Errr, Eh, Bukan Pantai Cemara Lombok Namanya! Yah, tidak selamanya yang namanya Nyasar itu berakhir buruk, paling tidak bukan nyasarnya kami kemarin. Gara – gara nyasar malah tidak sengaja menemukan pantai alami yang seharusnya tidak ada di itinerary keliling Lombok kami. Ternyata selain Pantai Cemare Lombok Barat, ada juga yang namanya Pantai Cemara di Lombok Timur!

Yang lebih menarik lagi pantai itu serasa pantai pribadi, karena ketika itu tidak ada orang lain selain saya dan kedua teman saya. Nah! kalo ini namanya sih “Nyasar tapi membawa berkah”. Emang ya, paling seneng kalau nemu pantai cakep di Lombok buat dijelajahi sambil foto-foto. Yah, sudah bukan rahasia lagi kalau Lombok memiliki banyak pantai alami tersembunyi yang masih bersih dan sepi.

Meskipun mungkin hanya sedikit orang mengunjungi atau bahkan tahu keberadaan pantai – pantai tersebut. Seperti Pantai Cemara Lombok ini, atau Pantai Pink Lombok Timur. Pantai ini tidak sengaja saya temukan ketika sedang pergi ke Tanjung Ringgit Lombok. Meskipun sebenarnya lokasi pantai sangat mudah dijangkau, entah kenapa pantai ini begitu sepi ketika kami kunjungi.

Mungkin karena belum banyak yan tahu mengenai keberadaan pantai tersembunyi di Lombok Timur ini sih. Jadi tak banyak yang liburan kesini. Atau mungkin karena angin di pantai ini begitu kencang. Soalnya saya pernah ke pantai ini lagi, dan anginnya sangat kencang. Lokasinya memang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang berada di selatan Indonesia, wajar kalau kadang Pantai Cemara Lombok ini berangin kencang.

Inilah Pantai Cemara Lombok Timur! Siapa yang gak doyan? Kalau nyasar ke pantai seperti ini.
Inilah Pantai Cemara Lombok Timur! Siapa yang gak doyan? Kalau nyasar ke pantai seperti ini.

Sekali Ini Saya Nyasar Tapi Malah Seneng! Ke Pantai Cemara Lombok Sih!

Serasa di film Cast Away yang di bintangi oleh aktor Tom Hanks, mungkin itulah yang terpikir ketika pertama kali menginjakan kaki di pantai yang begitu sepi ini. Bedanya kalau si Tom Hanks harus mikir seribu cara buat keluar dari pulau, saya malah mikir, kenapa pantai secantik ini malah sepi sekali. Tetapi baguslah, karena dengan begitu pantai ini terselamatkan dari yang namanya mass tourism.

Di sekitar pantai ada begitu banyak pohon cemara di tepian-nya, mungkin karena itulah pantai ini dinamai Pantai Cemara. Saya juga tidak tahu secara pasti, karena mendapatkan nama dari pantai ini ketika tiba – tiba nongol (baca : muncul tiba – tiba) seorang penduduk lokal yang sempat mengagetkan saya. Mungkin saja jika tidak ada penduduk yang tiba – tiba muncul saya bakal kebingungan mencari nama pantai ini hehe.

Bisa tahan untuk tidak bermain air di laut Pantai Cemara sebiru ini?
Bisa tahan untuk tidak bermain air di laut Pantai Cemara sebiru ini?

Pantai Cemara Lombok ini terletak di sebuah teluk dengan posisi agak menjorok ke daratan. Jadi meskipun berlokasi di bagian selatan yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia, Pantai Cemara Lombok cocok untuk berenang, dan ombaknya cukup tenang. Kalau tidak ingat sedang nyasar dan tujuan kami selanjutnya yaitu Tanjung Ringgit belum ketemu, pasti saya sudah lupa diri dan bermain air hingga sepuasnya.

Tidak hanya warna biru air lautnya saja yang menggoda, Pantai Cemara juga memiliki pasir pantai sehalus debu. Bermain -main dengan pasir sangat direkomendasikan. Hanya saja, jangan lupa untuk memakai sunblock, karena panas negara tropis seperti indonesia bisa membakar kulit anda tanpa ampun.

Bermain pasir di Pantai Cemara Lombok bersama teman.
Bermain pasir di Pantai Cemara Lombok bersama teman.

Pantai cantik seperti Pantai Cemara ini memang bisa menyihir setiap orang yang mendatanginya. Membuat betah untuk berlama – lama di pantai ini. Bahkan mungkin jika Tom Hanks yang bermain di film Cast Away terdampar di pantai ini, dia tidak akan memikirkan seribu cara untuk keluar dari pulau, tetapi memikirkan cara bagaimana bisa berlama – lama tinggal di pantai yang begitu cantik ini. Sayang saya harus melanjutkan perjalanan touring ala Backpacker ke Lombok ini. Jadilah saya tidak bisa berlama-lama untuk bersantai di Pantai Cemara Lombok Timur!

Tips Wisata Ke Pantai Cemara Lombok

Agar liburan ke pantai ini lebih menyenangkan, sebaiknya membaca beberapa tips menarik dibawah ini dulu ya!

  • Pantai Cemara Lombok ini bertipe pantai yang terbuka. Jadi akan sangat panas sekali di siang hari, dan kadang berangin kencang. Menggunakan tabir surya atau sunblock akan sangat membantu agar kulit tidak terbakar.
  • Tidak ada parkir sepeda motor yang pasti, jadi sebaiknya agar lebih aman, kamu parkir kendaraan atau sepeda motor sedekat mungkin dengan lokasi pantai.
  • Ini adalah salah satu pantai gratis di Lombok, karena memang belum dikelola dengan baik. Jadi sampai saat ini tidak ada tiket yang harus dibayar untuk mengunjungi Pantai Cemara Lombok Timur.
  • Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah ketika pagi hari atau sore hari dimana matahari belum begitu terik.
  • Gunakan sandal atau sepatu yang benar ketika berkunjung kesini.

Lokasi Pantai Cemara Lombok

Jika kamu ingin pergi ke Pantai Cemara Lombok, bisa menggunakan petunjuk lokasinya di gogle maps disini :

Lokasi Pantai Cemara Lombok Timur di google maps.
Lokasi Pantai Cemara Lombok Timur di google maps.

Lombok Barat Juga Punya Pantai Cemara Atau Pantai Cemare

Tidak hanya di bagian timur, pada sebelah barat lombok juga punya pantai yang namanya mirip. Orang lokal mengenalnya dengan nama Pantai Cemare Indah. Lokasi tepatnya pantai ini berada di Dusun Cemare, Desa Lembar, Kecamatan Lombok Barat. Nggak jauh dari Pelabuhan Lembar sih. Saya sering lewat kalau lagi ke Lombok jalur darat.

Tidak seperti Pantai Cemara Lombok Timur yang tersembunyi dan sepi, Pantai Cemare Lombok Barat ini adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang sudah terkenal. Mungkin karena lokasi Pantai Cemare Lombok Barat yang hanya berjarak sekitar 2 Km dari Pelabuhan Lembar dan berada dekat dengan perkampungan ya. Makanya pantai ini ramai dikunjungi.

Ombaknya tenang, di bagian tengah terlihat seperti ada yang mengapung. Entah apa, tapi sepertinya milik penduduk lokal sini. Suasana Pantai Cemare Lombok barat juga sedikit mirip. Pantai Cemare Lombok Barat lebih tenang karena berada di Selat Lombok.
Ombaknya tenang, di bagian tengah terlihat seperti ada yang mengapung. Entah apa, tapi sepertinya milik penduduk lokal sini. Suasana Pantai Cemare Lombok barat juga sedikit mirip. Pantai Cemare Lombok Barat lebih tenang karena berada di Selat Lombok.

Pantai Cemare Lombok Barat ini bisa dikunjungi ketika sudah sampai di pusat kota lombok Mataram, atau langsung setelah berlabuh di Pelabuhan Lembar. Pantai ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaran roda dua ataupun roda empat. Dari Kota Mataram berjarak sekitar 43 menit berkendara. Sementara jika kamu menuju ke Pantai Cemare Lombok Barat dari Bandara International Lombok Praya akan memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit saja.

Pantai Cemare adalah sebuah pantai yang berada di bagian barat Lombok. Pantai ini menghadap ke arah selat Lombok dan pulau Bali. Karena berada diantara selat, ombaknya cenderung tenang. Kawasan Pantai Cemare Indah sendiri sebenarnya merupakan desa wisata yang memiliki pantai. Tentu saja, namanya begitu karena disini juga terdapat banyak pohon cemara.

Karena berada di sebelah barat, ini adalah salah satu tempat kece untuk menikmati sunset. Kalau cuaca lagi cerah, pemandangan sunset dari balik Gunung Agung yang ada Bali akan tampak menawan terlihat dari Pantai Cemare Lombok. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat favorit untuk memancing lho. Memancign di Pantai Cemare Lombok Barat ini akan lebih menyenangkan, karena bisa sambil melihat kapal ferry berlalu lalang dari Pelabuhan Padang Bai bali ke Pelabuhan Lembar di Lombok.

Tak hanya untuk menikmati sunset atau memancing, Pantai Cemare juga sering digunakan untuk kegiatan berkemah atau camping. Cuma karena lokasinya di bagian barat lombok, sunrise tidak bisa dinikmati dengan bagus disini. Jika ingin melihat sunrise, memang sebaiknya mengunjungi Pantai Cemara di Lombok timur saja. Namun kalau memang ingin sekedar camping dan menikmati kuliner ikan laut segar, boleh baget camping di Pantai Cemare Lombok Barat deh. Tertarik?

Meanwhile When I’m Lost In Cemara Beach, Foto-Foto Pantai Cemara Lombok Timur

Ini adalah hasil perjalanan yang tak terduga, sebuah perjalanan tanpa perencanaan yang matang membawa saya ke sebuah pantai yang tidak ada di daftar kunjungan saya. Ya, namanya Pantai Cemara Lombok, entah kenapa namanya begitu. Padahal saya tidak melihat banyak pohon cemara di sekitar pantai ini.

Photograph By : Fahmi
Gear : Sony A200 Lens Kit

Pas jalan - jalan sebentar, eh nemu beberapa perahu. Mungkin sih milik nelayan sekitar pantai. Beberapa saat sebelumnya saya juga sempat ketemu penduduk lokal yang sedang berada di Pantai Cemara ini.
Pas jalan – jalan sebentar, eh nemu beberapa perahu. Mungkin sih milik nelayan sekitar pantai. Beberapa saat sebelumnya saya juga sempat ketemu penduduk lokal yang sedang berada di Pantai Cemara ini.
Pantainya sepi banget! Sesaat saya jadi lupa kalau tujuan awal saya adalah Tanjung Ringgit. senang nemu pantai kayak gini
Pantainya sepi banget! Sesaat saya jadi lupa kalau tujuan awal saya adalah Tanjung Ringgit. senang nemu pantai kayak gini
Pasir pantai Cemara Sih enggak begitu halus, tapi suasananya bikin sejuk hati. Padahal matahari lagi panas - panasnya sodara sebangsa.
Pasir pantai Cemara Sih enggak begitu halus, tapi suasananya bikin sejuk hati. Padahal matahari lagi panas – panasnya sodara sebangsa.
Mau sekali deh, berlama - lama di Pantai Cemara D, Sebentar saja pasti kurang banget!
Mau sekali deh, berlama – lama di Pantai Cemara D, Sebentar saja pasti kurang banget!
Tapi waktu ke pantai nya hati - hati ya, ada banyak tumbuhan yang berduri seperti ini. Dan saya harus melewatinya untuk menuju bibir pantai.
Tapi waktu ke pantai nya hati – hati ya, ada banyak tumbuhan yang berduri seperti ini. Dan saya harus melewatinya untuk menuju bibir pantai.
Apalagi cuaca di Pantai Cemara waktu itu sedang cerah - cerahnya. Langsung keluarin kamera kesayangan dong. Kira - kira kayak gini nih pemandangannya! Cake gak?
Apalagi cuaca di Pantai Cemara waktu itu sedang cerah – cerahnya. Langsung keluarin kamera kesayangan dong. Kira – kira kayak gini nih pemandangannya! Cake gak?
Awalnya saya mencari jalan menuju Tanjung Ringgit dan Pantai Tangsi. Namun ternyata saya salah arah, eh malah nemu pantai secakep ini!
Awalnya saya mencari jalan menuju Tanjung Ringgit dan Pantai Tangsi. Namun ternyata saya salah arah, eh malah nemu pantai secakep ini!
Jadi ceritanya saya menemukan yang namanya Pantai Cemara ini secara tidak sengaja. Lho, gimana?
Jadi ceritanya saya menemukan yang namanya Pantai Cemara ini secara tidak sengaja. Lho, gimana?

Video Pantai Cemara Lombok

Dibawah ini adalah video suasana dari pantai ini ya! Selamat menikmati!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
10 Responses
  1. “Tetapi baguslah, karena dengan begitu pantai ini terselamatkan dari yang namanya mass tourism”
    Setuju banget…..dengan demikian alam yang belum tersentuh ini masih bisa bertahan dari tangan jahil manusia hehhee…
    Salam kenal…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: