Pantai Tanjung Aan Beach Lombok Dan Cerita Legenda Putri Mandalika

Kamu pernah main ke Pantai Tanjung Aan Beach Lombok!? Pantai ini keren tiada duanya lho! Salah satu pantai di Lombok yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi kalau liburan ke Lombok. Apalagi lokasinya gampang dicapai lho! Karena memang Pantai Tanjung Aan beach Lombok ini dekat dengan Pantai Kuta Lombok.

Makin lama entah kenapa saya jadi semakin suka dengan perjalanan tanpa itinerary yang begitu detail. Just Go Where The Wind Blows, You Will Find Something Interesting“. Atau kalau diterjemahkan secara bebas, tersesatlah kamu akan menemukan sesuatu yang menarik. Seperti kunjungan saya pertama kali ke Pantai Tanjung Aan Beach Lombok yang tidak pernah ada dalam itinerary backpacking ke Lombok kami, tetapi pada akhirnya kami menemukannya, tempat yang bisa digunakan untuk sedikit bersenang – senang.

Pantai Tanjung Aan Beach Lombok ini masih berada di area Kuta, Lombok Selatan, beberapa kilometer sebelah timurnya. Menemukannya gampang, ikuti saja jalan beraspal menuju arah timur sampai menemukan tanah lapang yang luas dan terlihat sebuah daratan menjorok ke tengah laut, di himpit oleh dua pantai berpasir putih. Selamat! Kalau sudah menemukannya! itulah si Tanjung Aan.

Pantai ini terlihat lebih sepi dibanding pantai lain di Lombok seperti Pantai Selong Belanak misalnya. Mungkin juga saya berkunjung pada hari juga waktu yang salah? Karena rasanya saya nggak percaya pantai seindah ini tapi sepi pengunjung. Memang katanya pantai ini lebih banyak dikunjungi para turis manca negara. Makanya, kalau pada musim low season, pantai ini pasti sepi.

Tiap Orang Punya Cara Sendiri Untuk Menikmati Pantai Tanjung Aan Beach Lombok

Ceritanya lagi menerbangkan drone di Pantai Tanjung Aan Beach nih!
Ceritanya lagi menerbangkan drone di Pantai Tanjung Aan Beach nih!

Sampai sekarang, saya sudah pernah berkunjung kesini dua kali. Pertama saya datang pada siang hari, kedua berkunjung pada sore hari. Pada kunjungan pertama saya memang datang ketika matahari sedang berada di atas kepala. Ya pantas saja, sma kayak di Pantai Mawun sih panasnya! Heheee! Toh tetap saja terik matahari tidak menyurutkan semangat saya untuk bersenang-senang di Tanjung Aan.

Ditempat ini tidak melulu pantai yang bisa dinikmati, malah menurut saya bagian daratan yang menjorok ke tengah laut lah bagian yang paling menarik. Nah! Apalagi kalau bukan untuk berfoto ala instagram! Boleh kaa. Bosen juga lho kalau liat foto landscape terus-terisan! Sekali – kali liat foto bloggernya kek :p

Kalau datangnya siang hari, pantai ini panasnya luar biasa!
Kalau datangnya siang hari, pantai ini panasnya luar biasa!

Tidak seperti di Tanjung Ringgit, di Pantai Tanjung Aan Beach Lombok ada banyak sekali yang jualan. Jadi tidak perlu khawatir kehausan atau kelaparan deh, tinggal pilih mau beli makanan atau es kelapa muda yang segernya minta ampun jika diminum ketika matahari sedang begitu terik *jadi haus deh*. Nah! tertarik untuk mencoba kesasar di Pantai Tanjung Aan Beach Lombok Selatan?

Gratis kok, cukup bayar parkir Rp. 3000 saja. Tidak ada tiket masuk ke Pantai Tanjung Aan Beach Lombok yang harus dibayarkan lagi. Cuma perlu bayar parkir, dan kamu langsung bisa menikmati salah satu pantai di Lombok yang begitu indah ini. Jangan lupa untuk banyak berfoto di pantai ini ya.

Legenda Putri Mandalika Dan Pantai Tanjung Aan Beach

Selain pantainya cantik, ada legenda yang berkaitan dengan pantai ini lho. Sudah pernah dengar tentang legenda Putri Mandalika belum? Konon Putri Mandalika ini adalah seorang putri Raja yang memilik wajah elok dan cantik. Saking cantiknya, setiap kali dia selalu menjadi rebutan para pangeran.

Kamu nggak mau main kesini!?
Kamu nggak mau main kesini!?

Makanya, tiap hari makin banyak pangeran yang ingin melamarnya. Karena hal itu, konon sang putri tadi mengajak para pangeran yang ingin melamarnya ke Pantai Tanjung Aan ini. Namun, bukannya lamaran mereka diterima, sang putri malah melompat ke laut lalu menghilang. Bahkan jasadnya pun tidak perna ditemukan. Walaupun begitu, sebelum melompat dia berjanji akan kembali lagi sekali setiap tahun.

Nah, konon kabarnya sang putri tadi berubah menjadi cacing Nyale. Iya, cacing nyale yang ada pada setiap festival Bau Nyale ini merupakan jelmaan dari Putri Mandalika meloncat ke laut tadi. Entah legenda tentang Putri Mandalika ini benar atau hanya cerita belaka.

Namun setiap festival Bau Nyale, banyak warga berbondong-bondong untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Aan Beah. Mereka berebut untuk mencari dan mendapatkan cacing Nyale sebanyak mungkin. Soalnya mereka percaya kalau cacing Nyale tadi akan membawa keberuntungan. Mungkin kamu mau ikut berburu cacing Nyale juga?

Tips Wisata Ke Pantai Tanjung Aan Beach!

Ketika sedang surut, pantai ini juga terlihat indah lho!
Ketika sedang surut, pantai ini juga terlihat indah lho!

Untuk kamu yang ingin mengunjungi pantai di Lombok ini, ada beberapa tips yang mungkin berguna. Beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1.  Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini pada waktu sepi, datang saja ketika siang hari atau pada waktu low season. Kalau sore hari biasanya akan jauh lebih ramai.
  2. Kamu tak bisa melihat sunset dari pantai ini, jadi jangan berkunjung ke Pantai Tanjung Aan Beach kalau niatnya mau melihat sunset.
  3. Tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu bayar parkir saja kalau mau berkunjung kesini. Tarif parkirnya adalah sebesar IDR 5000 saja per sepeda motor.
  4. Ada banyak warung disekitar pantai, jadi kalau kelaparan atau mau beli minuman nggak usah khawatir.
  5. Belum ada fasilitas kamar mandi untuk ganti pakaian disini, jadi kalau mau ganti pakaian basah ya terpaksa di penginapan.
  6. Jika kamu mengunjungi Pantai Tanjung Aan Beach pada bulan Februari-Maret, mungkin kamu bisa sekalian melihat festival atau upacara adat Nyale, yaitu sebuah festival untuk berburu cacing Nyale.
Tanjung Aan Beach terlihat keren dari udara.
Tanjung Aan Beach terlihat keren dari udara.

 Penginapan Atau Hotel Di Dekat Tanjung Aan

  • Novotel Lombok Hotel
  • Kuta Indah Hotel
  • G’Day Inn Budget Room – Kuta Beach Lombok
  • Family House Lombok
  • Sari Inn
  • Lombok Kuta Cove Hotel
  • Kuta Paradise Lombok

Tempat Wisata Lain Dekat Pantai Tanjung Aan Beach

Tak jauh dari Pantai Tanjung Aan Beach terdapat beberapa tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat wisata itu adalah:

Pemandangan sunset di Bukit Merese yang lokasinya nggak jauh dari Pantai Tanjung Aan Beach.
Pemandangan sunset di Bukit Merese yang lokasinya nggak jauh dari Pantai Tanjung Aan Beach.

1. Bukit Merese

Ada satu tempat wisata dekat pantai ini yang populer di Instagram. Namanya Bukit Merese terletak di sisi kanan, tak jauh dari lokasi pantai. Bukit dengan hamparan rumput hijau tersebut bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit saja. Atau kalau mau lebih cepat bisa naik sepeda motor, cuma sekitar 10 menit. Dari Bukit Merese inilah pemandangan sunset di Lombok terlihat begitu Indah.

2. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung ini sebenarnya masih termasuk dalam kawasan Pantai Tanjung Aan. Namun lebih dikenal sendiri dengan namanya karena terapat sebuah batu besar yang bentuknya unik, menyerupai payung. Nggak mirip-mirip banget sih, tapi bagian bawah yang kecil dan atasnya yang besar menjulang sering disebut dengan Batu Payung.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
2 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: