Panas Tapi Adem Di Pantai Mawun Lombok Selatan!

Bagian selatan lombok banyak dikaruniai pantai dengan pasir putih yang halus, seperti salah satunya adalah Pantai Mawun Beach yang mempesona ini. Saking mempesonanya, bukannya bermain pasir atau berenang di airnya yang berwarna biru cerah, saya malah menghabiskan waktu di salah satu pantai terindah di Lombok ini dengan leyeh – leyeh saja.

Bentuk pantai di Lombok ini memang unik, melengkung dengan garis pantai yang cukup lebar hampir membentuk seperti tapal kuda. Pantainya sendiri diapit perbukitan yaang menjulang tinggi. Di bagian tengah ombak cukup kencang, bagus untuk surfing. Sementara itu pada tepi pantainya cukup tenang untuk berenang. Itulah mengapa saya suka berkunjung ke pantai ini.

Entah karena takdir atau apa ya, dua kali saya pernah berkunjung ke Pantai Mawun Beach selalu pada waktu matahari sedang bersemangat memancarkan sinarnya di atas kepala. Bedanya, kalau kemarin saya ke pantai ini bersama teman – teman, kali ini saya menyambangi Pantai Mawun Beach bersama si doi. Kali ini suasana pantai juga jauh lebih sepi dibanding sebelumnya.

Saya memang suka dengan pantai, suka bermain airnya juga. Namun kalau matahari terlalu terik seperti ini. Saya tentu berpikir dua kali. Toh saya bisa berkunjung lagi kesini pada sore hari nantinya. Jadi buat kali ini saya melewatkan kesegaran air laut pantai ini. Mending bersantai deh di gazebo yang ada disana.

Pantai di Lombok ini sekarang memang semakin ramai, namun fasilitas yang ada disini sepertinya juga semakin dilengkapi. Salah satunya ya fasilitas gazebo yang dibangun tak jauh dari bibir pantai. Mungkin memang sengaja dibangun untuk  orang yang sedang males kepanasan seperti saya. Padahal waktu pertama kali berkunjung kesini, jangankan gazebo, yang datang pun masih sepi.

Asiknya Bermalas – Malasan Di Pantai Mawun Beach Ketika Panas Terik

Baru tahu kalau di Pantai Mawun Beach bisa dipakai surfing, tapi dimana ya posisi tepatnya?
Baru tahu kalau di Pantai Mawun Beach bisa dipakai surfing, tapi dimana ya posisi tepatnya?

Pantai ini adalah salah satu pantai tersembunyi di bagian selatan Lombok. Ehhh… saya lupa kalau setiap pantai di pulau ini bisa dikategorikan  sebagai hidden beach atau pantai tersembunyi di Lombok. Yang jelas pantai ini masih belum terlalu ramai, meskipun akses menuju Pantai Mawun Beach sekarang 1000 persen lebih mudah jika dibandingkan dengan kunjungan saya pertama kali pada tahun 2011 dulu.

Kalau mau capek, atau memang sedang ingin olah raga, Pantai Mawun Beach bisa dicapai dalam waktu kurang dari satu jam jalan kaki dari Kuta, Lombok. Tetapi, kalau gak mau ribet seperti saya, pantai ini bisa dicapai hanya 20 menit naik sepeda motor dari Kuta, Lombok Selatan. Iya, lokasi pantainya memang dekat sekali.

Sekarang, jalan menuju pantai di Lombok ini sekarang sudah jauh lebih baik, aspal hitam mulus sudah membentang sepanjang jalan dari area Kuta, sampai pantai selong belanak. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan tahun 2011 lalu, jalanan masih rusak dan berlubang disana-sini. Dulu saya harus ekstra hati-hati dalam perjalanan menuju kesini.

Mau leyeh - leyeh di gazebo Pantai Mawun Beach juga bisa.
Mau leyeh – leyeh di gazebo Pantai Mawun Beach juga bisa.

(Baca Juga : Enjoy Tanjung Aan)

Bentuk pantainya memang sedikit menjorok ke daratan. Karena itu Pantai Mawun bisa dikatakan sebagai teluk yang sedikit mirip dengan Pantai Jimbaran di Bali. Hanya saja, pantai ini ukurannya lebih kecil, dan… lebih sepi tentunya. Karena tipe pantai ini berupa teluk, ombak yang menghempas ke pantai tidak terlalu besar.

Untuk yang suka berenang, Pantai Mawun Beach ini akan sangat menyenangkan untuk aktifitas berenang tentunya. Bisa juga sekedar bermain air di tepiannya saja untuk yang tidak terlalu mahir berenang. Tapi ingat! Pakai sunblock, dan siap – siap jadi tanned dan gelap ya! Asal tahu aja, terik matahari Pulau Lombok beberapa kali lebih kejam dari pada Bali! Sudah dipastikan, kulit bakal hitam legam dalam waktu tak lama.

Atau mau menceburkan diri di air laut sebiru ini saja ya
Atau mau menceburkan diri di air laut sebiru ini saja ya.

(Baca Juga : Pantai Selong Belanak : Eat, Surf, and Fun!)

Selain bermain air dan berenang, aktifitas yang asik dilakukan di Pantai Mawun Beach adalah bersantai, leyeh – leyeh tidak melakukan kegiatanapapun! Terlebih lagi jika berkunjung ke pantai ini pada waktu siang hari, bersama orang terkasih. Bawaannya pengen ngadem mulu dah~~ Panas teriknya si matahari enggak diperdulikan lagi! Lupakan!! Apalagi fasilitas untuk berteduh disediakan secara gratis di Pantai Mawun Beach.

Berbeda dengan beberapa pantai lain yang ada di Lombok yang rata rata mengenakan biaya parkir sebesar Rp. 3000 untuk sepeda motor, pantai ini mengenakan tarif parkir sedikit lebih mahal. Sepeda motor dikenakan tarif Rp. 5000 untuk sekali parkir. Dulu nggak ada tiket masuk ke pantai ini, tapi sekarang pengunjung harus bayar tiket masuk.

Salah satu tempat buat ngadem di pantai ini
Salah satu tempat buat ngadem di pantai ini.

Yah, enggak apalah, yang penting tidak perlu bayar lagi ketika menggunakan gazebo yang ada di dekat pantai. Toh itu semua juga bisa membantu perawatan pantai biar selalu bersih. Soalnya saya belum kapok untuk berkunjung ke Pantai Mawun Beach lagi! Kalian bagaimana, mau berkunjung ke salah satu pantai indah di Lombok ini!?

(Baca Juga : Pantai Tangsi, Pantai Pink Dengan Latar Belakang Gunung Rinjani)

Tips Wisata Ke Pantai Mawun Beach

Beberapa tips ini akan berguna buat kamu yang akan berlibur ke Lombok, dan ingin mengunjungi pantai ini.

  • Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Mawun Beach. Mulai dari bersantai di tepi pantai, hingga berenang, dan surfing menaklukkan ombak.
  • Tidak ada penjaga pantai disini, jadi sebaiknya kalau mau berenang pastikan memang sudah bisa berenang. Sebaiknya berenang di bagian tepi pantai saja untuk yang masih baru belajar.
  • Kalau tidak mau kepanasan, kamu bisa memanfaatkan gazebo yang ada di Pantai Mawun Beach yang disediakan dengan gratis. Alternatifnya, kamu bisa juga menyewa kursi malas yang ada disini.
  • Tidak ada ruang ganti khusus di pantai ini, jadi ya kalau baju basa tunggu saja sampai kering atau ganti di dalam mobil.
  • Harga tiket masuk ke Pantai Mawun Beach adalah IDR 10.000 per orang.
  • Jika berkunjung kesini bersama anak-anak, harap selalu diawasi agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.
  • Kamu bisa juga camping di pantai ini dengan membayar IDR 50.000. Tapi kalau mau camping di Pantai Mawun Beach, usahakan tidak camping sendiri ya. Nggak asik kan camping sendirian di tepi pantai?
Tarif parkir di Pantai Mawun Beach. Mahal atau murah segini?
Tarif parkir di Pantai Mawun Beach. Mahal atau murah segini?

Beberapa Tempat Wisata Lain Dekat Pantai Mawun Beach

Ada juga beberapa tempat wisata lagi didekatnya yang bisa kamu kunjungi. Beberapa pantai tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pantai Selong Belanak
  • Pantai Are Guling
  • Pantai Lancing Dan Pantai Tampah
  • Pantai Kuta Lombok
  • Pantai Seger
  • Pantai Nyale

Penginapan Atau Hotel Di Dekat Pantai Mawun Beach

Berikut ini adalah beberapa penginapan yang lokasinya tak jauh dari pantai. Kalian bisa mencoba menginap di salah satu hotel dekat Pantai Mawun Beach di bawah ini:

  • Novotel Lombok Hotel
  • Kuta Indah Hotel
  • G’Day Inn Budget Room – Kuta Beach Lombok
  • Family House Lombok
  • Sari Inn
  • Lombok Kuta Cove Hotel
  • Kuta Paradise Lombok

Peta Jalur, Cara Pergi Ke Pantai Mawun Beach

Pantai Mawun Beach ini berada sekitar 60 Kilometer dari Kota Mataram, atau 10 Kilometer dari Kuta, Lombok. Jadi pantai ini bisa dikunjungi baik dari arah Mataram Atau Kuta. Dari arah mataram kira-kira akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam.

Rute yang akan dilewati untuk menuju ke pantai ini dari Mataram adalah Mataram – Cakranegara – Kediri – Kota Praya – Penujak – Pantai Selong Belanak – Pantai Mawun. Sementara itu jika berangkat dari Kuta, Lombok, waktu tempuh yang diperlukan hanya sekitar 20 menit saja karena lokasinya yang dekat. Berikut dibawah ini adalah rute menuju ke Pantai Mawun Beach dan juga lokasinya di dalam Google Maps

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
17 Responses
  1. Pantai Di Lombok Dalam Panorama - Catperku.info

    […] Pantai Mawun merupakan salah satu pantai di Lombok Selatan dengan fasilitas terlengkap. Tetapi tarif parkir di pantai ini juga yang paling mahal ^^ […]

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      beda jalur, pantai mawun ini searah ke pantai selong belanak kalau dari kuta. atau ambil ke arah barat jika berangkat dari kuta, lombok selatan. jalannya udah bagus sekarang, aspal semua. beda jauh dengan tahun 2011 yang masih rusak parah :|

  2. Yang perlu diperhatikan di Mawun adalah fasilitas toilet dan ruang ganti yg gelap, kotor, dan baunya menusuk. Sayang aja pantai yang sedemikian bagus fasilitiasnya begitu.Aku sih gak kapok kemari, jalanannya udah bagus dari Kuta.

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      eh, pantai mawi? mananya itu~~~ aku enggak tau, apa deket sama pantai mawun ya? :| heran juga itu bule surfing di mana? panas banget sih pas ke pantai mawun, maunya tiduran di gazebonya aja :p

  3. Lombok Selatan Adventure, Chapter 2 : Lembar - Kuta

    […] dimiliki Lombok Selatan. Kami pun menyempatkan mengunjungi beberapa seperti Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, dan beberapa pantai tak bernama (karena saya memang tidak tahu namanya ^^). Sementara Pantai Kuta […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: