Menggelinjang Kepedasan Karena Ayam Taliwang!

Traveling ke suatu tempat tanpa mencoba merasakan kulinernya itu bagaikan makan sayur tanpa garam. Hambar rasanya! Seperti halnya traveling ke Lombok tidak mencoba kuliner Ayam Taliwang akan terasa ada yang kurang dan tertinggal. Bahakan meskipun akhirnya sudah menyambangi puluhan pantai cakep di Lombok. Tetap saja, hampa.

Untuk yang belum tahu, Ayam Taliwang ini merupakan salah satu makanan khas yang hanya bisa ditemui di Lombok. Meski mungkin ada, namun sangat jarang saya menemukannya di tempat lain. Kalaupun bisa menemukan Ayam Taliwang di luar Pulau Lombok, biasanya rasanya pastilah tidak sama. Apalagi jika dibandingkan mencoba langsung di tempat asalnya.

Kurang lebih sudah tiga kali saya liburan ke pulau seribu masjid Lombok. Selama berkunjung tidak pernah sekalipun saya absen menjajal pedasnya si Ayam Taliwang! Memang masakan khas Lombok yang satu ini bakal bisa membuat para penyuka makanan pedas ketagihan. Akibatnya, setiap kali traveling ke Lombok pasti akan mencari kuliner khas Lombok ini lagi.

Sepotong kelezatan kuliner khas Lombok tersaji di atas piring
Sepotong kelezatan kuliner khas Lombok tersaji di atas piring

Kuliner Ayam Taliwang ini adalah merupakan masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam. Biasanya digunakan ayam yang masih muda ( berukuran lebih kecil). Kemudian ayam tadi dimasak, disajikan bersama bumbu-bumbu utamanya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, dengan sayur pelengkap yaitu Plecing kangkung.

Rasa pedas yang seakan membakar mulut adalah ciri khas dari kuliner ini. Seakan, kalau tak pedas itu bukan lah kuliner Ayam Taliwan khas lombok! Jadi buat yang kurang suka dengan masakan pedas, sebaiknya berhati-hati ketika mencoba kuliner Lombok yang satu ini ya!

(Baca Juga : 5 Kuliner Enak Indonesia Yang Wajib Dicoba!)

Traveling Ke Lombok Kurang Lengkap Rasanya Tanpa Menjajal Ayam Taliwang Super Pedas!

Model penyajian Ayam Taliwang, disebelah kiri Ayam Bakar Madu, kanan Ayam selimut sambal.... Eh! Ayam Julat super pedas!
Model penyajian Ayam Taliwang, disebelah kiri Ayam Bakar Madu, kanan Ayam selimut sambal…. Eh! Ayam Julat super pedas!

Dari sekian banyak warung yang menyediakan menu ayam taliwang, favorit saya adalah warung Ayam Taliwang Dua – Em Bersaudara. Kenapa saya memilih warung itu? Alasannya simpel! Dulu waktu pertamakali ke Lombok, warung Dua – Em Bersaudara ini muncul dihalaman pertama google, dengan kata kunci “Warung makan ayam taliwang yang enak di Mataram”.

Yah, karena saya sering mempercayakan jawaban pada Google, dengan pedenya saya mencoba makan di warung Dua – Em Bersaudara. Ternyata, rekomendasi dari google ini benar, masakan Ayam Taliwang di warung Dua – Em Bersaudara memang juara, sampai sekarang saya sudah tiga kali makan di tempat ini.

Sayuran pelengkap agar lebih sedap
Sayuran pelengkap agar lebih sedap

(Baca Juga : Masakan Khas Bali, Ayam Betutu Khas Gilimanuk)

Selain akses ke warung Dua – Em Bersaudara yang mudah, karena berada di tengah kota mataram, menu Ayam Taliwang yang ada di warung ini banyak variasinya. Mulai dari yang super pedas “Ayam Julat” hingga yang rasanya sedikit lebih manis yaitu “Ayam Bakar Madu”. Buat yang suka banget sama makanan pedas, wajib dicoba menu “Ayam Julat” di warung ini.

Si “Ayam Julat” ini rasa pedasnya bahkan merasuk sampai ke dalam danging! Teman saya pernah menjadi korban pedasnya si “Ayam Julat”, dia makan sambil menangis saking enak dan pedasnya. Yah, saya juga, pernah menjadi korban, karena ingin merasakan pedasnya si Ayam Julat.

Jangan lupa dicampur lagi dengan sambal super pedas biar makin nikmat!
Jangan lupa dicampur lagi dengan sambal super pedas biar makin nikmat!

Toh, dengan rasa begitu pedas tidak membuat saya kapok untuk mencobanya kembali. Apalagi, keunikan dari Ayam Taliwang, masakan khas Lombok ini memang pedasnya bukan? Tertarik mau coba? Siap – siap saja menggelinjang karena pedasnya!

Menu Ayam Taliwang di Dua EM bersaudara. Harganya ga bikin kantong jebol sih, tapi menunya bikin kepedasan! Hehe!
Menu Ayam Taliwang di Dua EM bersaudara. Harganya ga bikin kantong jebol sih, tapi menunya bikin kepedasan! Hehe!

(Baca Juga : Masakan Khas Bali, Ayam Betutu Khas Gilimanuk)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
10 Responses
  1. di jakarta juga ada resto ayam taliwang, itu aja pedesnya udah bikin nangis apalagi kalau yang langsung dimakan di lombok ya..maybe that’s why they called this town lombok. once you’ve taste how spicy their lombok is then u’ll never forget the town ;)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: