Tips Dan Trik Backpacking Ke Lombok Sendirian!

Saya ingat, ketika pertama kali backpacker ke Lombok, saya tidak tahu sama – sekali kondisi Pulau Lombok itu seperti apa. Yang saya punya hanya modal nekat, informasi dari beberapa teman travel blogger ( i owe you fellow travel bloggers), GPS dan sepeda motor matic yang selalu menemani saya kemanapun :D. Tapi kali ini saya akan mencoba berbagi tips backpacker ke Lombok.

Backpacker Ke Lombok? Kata Siapa Ribet? Baca Tipsnya!

Kalau ngomongin tentang tips backpacking, tentunya hal utama yang perlu diperhatikan adalah tentang transportasi, tempat menginap, makanan, dan beberapa hal spesifik lainnya. Nah! Untuk tips dan trik backpacker ke lombok kali ini juga akan membahas hal – hal tadi, plus bagaimana untuk survive di Adventure Island, Lombok. Oke! Baca sampai selesai ya!

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Bagaimana Cara Ke Lombok!?

Ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga jalan dan itinerary untuk backpacking ke Lombok. Cara paling cepat adalah dengan naik pesawat, beberapa maskapai yang melayani jalur penerbangan ke Lombok adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air.

Cara kedua, dan juga merupaka cara favorit saya untuk liburan ala backpacker ke Lombok adalah perjalanan darat dengan menggunakan sepeda motor lewat pelabuhan Padang Bai, Bali dan Pelabuhan Lembar, Lombok. Cara yang kedua memang tidak secepat yang pertama dengan terbang langsung ke Bandar Udara Internasional Lombok, Praya.

Tetapi dengan cara yang kedua saya bisa mendapat banyak pengalaman seru, seperti melihat sunrise dan sunset cantik dari atas dek kapal yang menyeberangi Selat Lombok, Asyik bukan!!? Tiket kapal ferry-nya pun cukup murah kok, cuma Rp. 102.000 per sepeda motor, yang bisa diisi berdua :D

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Lombok bisa dicapai dari laut lewat Pelabuhan Lembar
Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Lombok bisa dicapai dari laut lewat Pelabuhan Lembar
Tiket Penyeberangan Padang Bai - Lembar, Harganya Rp. 101.000 untuk sepeda motor
Tiket Penyeberangan Padang Bai – Lembar, Harganya Rp. 101.000 untuk sepeda motor

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Sepeda Motor Adalah Transportasi Paling Efisien Di Lombok

Sedih memang, jika melihat kondisi transportasi umum di negara ini. Transportasi umum di kota besar saja tidak ada yang beres, apalagi di pulau kecil seperti Lombok. Memang di Lombok ada transportasi umum yang beroperasi, hanya saja akan sangat tidak efisien jika menggunakan transportasi umum tadi untuk mengeksplore Lombok.

Selain karena tidak efisien waktu, transportasi umum tadi tidak bisa menjangkau seluruh sudut pulau ini. Lagi – lagi sepeda motor adalah transportasi yang efisien untuk mengubek – ubek tiap sudut pulau ini. Dengan menggunakan sepeda motor, bisa dipastikan time table backpacker ke Lombok tidak akan banyak berbeda dan tidak berantakan, kecuali ada kejadian alam atau hal yang tidak terduga lainnya.

(Baca Juga : Motor Touring Itinerary : South Lombok ADVENTURE Bertualang Di Lombok Selatan)

Sepeda motor bisa di sewa di Lombok, atau di Bali jika memutuskan Backpacker Ke Lombok dengan starting point dari Bali. Yang perlu diperhatikan lagi ketika mengubek – ubek Lombok dengan sepeda motor, stasiun pengisian bahan – bakar tidak sebanyak di Pulau Jawa.

Jadinya, selalu pastikan bahan bakar sepeda motor cukup sampai stasiun pengisian bahan bakar selanjutnya. Atau kalau paranoid seperti saya, selalu bawa bahan bakar cadangan di botol mineral ukuran 1.5 Liter. Paling tidak, bahan bakar cadangan tadi akan menyelamatkan dari kejadian “mendorong sepeda motor sampai stasiun bahan bakar minyak terdekat.

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Dimanakah Saya Bisa Menginap?

Senggigi, Kuta (Lombok Selatan), Gili Trawangan dan Mataram, disitulah area yang terdapat banyak tempat untuk menginap. Mulai dari model hostel hingga resort mahal, semuanya sudah tersedia di Lombok. Tinggal pilih sesuai budget di kantong saja.

Kalau saya seringnya sih pake tenda atau hostel yang murah – murah saja, soalnya waktu pasti lebih banyak dihabiskan untuk mengeksplore Lombok. Untuk lokasi seperti Lombok Timur, tidak akan bisa ditemukan tempat untuk menginap. Jadi jika ingin menginap di tempat itu, lebih baik membawa tenda sendiri seperti beberapa waktu lalu saya sempat nenda di Tanjung Ringgit :).

Untuk area yang banyak tempat menginapnya, mencarinya pun tidak ribet. Bisa dengan go show, atau langsung cari ditempat (jangan dicoba kalau sedang peak season), atau bisa pesan lewat internet. Seperti biasa, saya sering memanfaatkan jasa Agoda dalam hal ini. Berikut beberapa area yang terdapat banyak tempat menginap, kesemuanya bisa dipesan lewat Online.

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Makan Di Lombok Bagaimana?

Kecuali di area yang banyak penginapan, kota utama Lombok seperti Mataram, menemukan warung makanan sedikit sulit. Kalaupun ada, rata – rata warung yang ada adalah warung bakso, jadi berbahagialah yang suka makan bakso.

Selain bakso, makanan paling banyak yang saya temukan ketika traveling di lombok adalah nasi bungkus mirip nasi jinggo yang ada di Bali. Kalau mau coba kuliner khas lombok, bisa coba ubek – ubek area Mataram, disana ada banyak makanan khas asli Lombok.

Kalau kuliner favorit saya di Lombok sih, Ayam Taliwang! Biasanya saya makan di warung yang spesial menjual Ayam Taliwang seperti Warung Ayam Taliwang Dua – Em Bersaudara. Sudah tiga kali lho saya makan disini, dan pedasnya si Ayam Taliwang selalu bikin saya kangen ingin makan lagi :D

Kuliner andalan ketika Backpacker Ke Lombok, Ayam Julat, Si Ayam Taliwang Super Pedass!!
Kuliner andalan ketika Backpacker Ke Lombok, Ayam Julat, Si Ayam Taliwang Super Pedass!!

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Ribetkah Navigasi Ketika Backpacker Ke Lombok?

Ribet enggaknya navigasi di lombok sebenarnya tergantung kemampuan navigasi tiap orang sih sebenarnya. Soalnya ada orang yang suka menyasarkan diri meski ditengah kota besar sekalipun hahah! Tetapi, yang jelas jalanan di lombok itu tidak begitu ribet kok.

Sekarang setiap jalannya sudah ada petunjuk arahnya, hampir mirip seperti Bali, jalanan utamanya cuma itu – itu saja. Kalau sampai nyasar kebangetan dah! Hape dengan fitur GPS yang memakai Google Map sangat berguna untuk bernavigasi selama backpacking di lombok.

Sekarang ini data peta satelit Lombok yang dimiliki Google sudah begitu lengkap, bahkan remote area seperti Lombok Timur pun bisa terkover. Hanya saja, sinyal handphone sering ngilang, kalau salah memakai operator -_-“. Jangan lupakan juga peran GPS lokal atau Guide Penduduk Setempat jika ternyata masih nyasar juga. Ingat kata pepatah malu bertanya sesat di jalan, bertanyalah dengan ramah kepada penduduk lokal jika memang bingung.

Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok : Lombok Bagian Manakah Yang Wajib Didatangi Ketika Ber-backpacking Ke Sana!?

Lombok Utara, Barat, Timur, Selatan ada banyaak destinasi yang bisa dikunjungi di Pulau Lombok, dan semuanya adalah destinasi cakep yang bisa bikin mata adem! Bahkan beberapanya adalah favorit saya, yang sudah saya datangi sampai dua kali! Saya mau dah berbagi list destinasi favorit saya tadi, saya kan tidak pelit yah :3

  1. Destinasi Lombok, Tanjung Ringgit
  2. Destinasi Lombok, Pantai Tangsi
  3. Destinasi Lombok, Pantai Cemara
  4. Destinasi Lombok, Tanjung AAN
  5. Destinasi Lombok, Pantai Mawun
  6. Destinasi Lombok, Pantai Selong Belanak
  7. Destinasi Lombok, Gili Trawangan
Pantai Tangsi, destinasi favorit saya ketika liburan ala backpacker ke Lombok :D
Pantai Tangsi, destinasi favorit saya ketika liburan ala backpacker ke Lombok :D

Gimana Tips Dan Trik Backpacker Ke Lombok nya? Semoga berguna buat yang ingin merasakan petualangan di Lombok! Ada pertanyaan bisa dituliskan di komentar dibawah yak! Happy Reading!

Foto-Foto Backpacker Ke Lombok Bersama Teman Saya!

Ini adalah foto yang diambil ketika saya dan beberapa teman berpetualang di Lombok selama liburan.

This photograph taken when me and my friends exploring almost half of Lombok Island, during my holiday.

Photograph By : Fahmi
Gear : Sony A200 Lens Kit

Tangsi Beach
Entering West Lombok
Praya City
Cemara Beach
This is The Fun, Cemara Beach
Where? My world
Hard Way To the Paradise
Tanjung Ringgit
Mount Rinjani Behind :)
Lighthouse behind

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang! Follow Catperku di Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Support catperku dengan berdonasi, kerjasama, atau beli buku penulis : The Traveler Notes : BALI, THE ISLAND OF BEAUTY

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
27 Responses
    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      halah~~ coba yang ayam bakar madu aja, enggak pedes ituu~~ atau kalau mau iseng sekalian yang ayam julat *devi smile* :p

  1. Frenky

    Masih bermimpi dan ngarep mau dateng ke lombok, nice post bro buat gw yang belum pernah kesana haha..
    Tapi sepertinya makan di lombok emang spesialis pedas yak, duh kaga suka pedas lagi (x_x)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      lhaa, kuliner pedas itu salah satu spesialnya lombok lho~ selain pantai – pantai nya :D coba deh kapan – kapan backpacking ke lombok :D

  2. irul

    Mas…provider apa yg sinyalnya gak ilang2 disono? Rencana mgg depan explore lombok jg nih. Thank ya sharing info nya. Membantu banget :-)

  3. Hahah.. Aku sih kalok ke sana numpang di rumah sodara aja, Bang.. Beliau punya penginepan soalnya. Gratis makan jugak. Wkwkwk.. :D Dan bener, di sana enakan naik Honda. Soalnya ngga ada becak sih

  4. ferra

    Bang kira2 klo dr lombok balik ke sby ad yg tau gak bus apa yg murah dan aman dan brp lama dperjalanan. Trus 3hr di lombok cukup aja gk keliling disana.
    mohon infonya, perdana u/ kesana

    1. Rijal Fahmi

      kalau bus pasti ada ya, cuma aku gak tahu yang langsung ke lombok :|, yang jelas ada banyak bus yang langsung ke mataram dari bungurasih. kalau nyambung2 paling transit di gilimanuk :)

  5. brigita

    Kalau dari bali ke lombok..daerah apa sj yg bisa dikunjungi untuk pertama kalinya?sy jg pgn nyoba kesana utk pertama kali…mohon infonya ya..ohh iya kalau mau tny2 lg bisa ngak?

  6. wah mantap informasinya, langsung bookmark XD
    ada info tentang jam2 penyebarangan bali ke lomboknya ga om?
    kapal setiap jam berapa, fastboat juga jam berapa..

    bali lombok untuk keliling enakan pakai motor apa mobil om? masih memperhitungkan budget dan kenyamanan bersama :D

  7. Dery

    Alhamdulillah,, dapet juga info tentang Lombok yang kumplit,padet,jelas, dan membantu sangat… Mas fahmi, saya boleh Tanya2 yah by email..hehehe

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: