Hei Kalian, 7 Alasan Ini Akan Meyakinkan Kalian Kalau Lombok Adalah Destinasi Liburan Favoritmu Selanjutnya!

Hei Kalian, 7 Alasan Ini Akan Meyakinkan Kalian Kalau Lombok Adalah Destinasi Liburan Favoritmu Selanjutnya!
5 (100%) 10 votes

Mungkin buat seseorang, kampung halaman cuma satu, tetapi buat saya yang sering berpindah-pindah kota, kampung halaman berarti adalah tempat atau kota yang pernah membuat saya jatuh hati. Dulu, saya pernah bilang, kalau Bali adalah kampung halaman saya yang ke-3 setelah Blitar, dan Malang.

Namun, setelah pengalaman traveling saya bertambah banyak, sepertinya kampung halaman saya pun bertambah satu lagi, yaitu Lombok. Iya, bisa dibilang Lombok menarik perhatian saya, ketika dulu saya masih tinggal di Bali. Beberapa kali saya rela menghabiskan akhir pekan, menyeberang Selat Lombok demi bisa menikmati pantai-pantai Indah di Lombok yang masih sepi itu.

Dan… memang Lombok punya semua itu! Iya itu adalah satu alasan kenapa saya menganggap Lombok adalah kampung halaman saya, yang juga merupakan salah satu tujuan liburan favorit saya. Bersama itu, alasan lainnya ini tentu akan makin meyakinkan kalian untuk menjadikan Lombok sebagai salah satu destinasi liburan terfavorit kalian!

1. Hal Mendasar, Kalian Bisa Menemukan Bali Di Lombok, Tetapi Tidak Sebaliknya

Pantai Tangsi, salah satu pantai unik yang hanya ada di Lombok
Pantai Tangsi, salah satu pantai unik yang hanya ada di Lombok

Ini bukan berarti saya membandingkan secara langsung kekurangan dan kelebihan dari dua pulau yang sebenarnya bagai pinang dibelah dua itu. Dua pulau ini memang sama-sama indah, tetapi memang ada beberapa hal yang tidak bisa ditemukan di Bali.

Seperti misalnya di Lombok  ada Pantai Tangsi dengan pasirnya berwarna pink, yang tidak bisa kalian temukan di Bali dan masih banyak beberapa hal lainnya. Selain itu, menemukan makanan Halal di Lombok jauh lebih mudah daripada jika kalian sedang berada di Bali.

2. Kalian Suka Pantai? Tenang, Ada Banyak Pantai Yang Masih Alami Yang Indah Di Lombok

Pantai Selong Belanak, pantai favorit saya di Lombok
Pantai Selong Belanak, pantai favorit saya di Lombok

Lombok adalah surga kecil untuk para pecinta pantai yang memiliki pasir putih. Dengan gampang saya bisa menemukan pantai indah di Lombok, ketika liburan disana. Menyenangkannya lagi, beberapa pantai masih sepi dan belum banyak pengunjungnya.

Kecantikan pantai di Lombok tidak perlu dipertanyakannya lagi! Seperti misalnya, Pantai Selong belanak adalah salah satu pantai di Lombok yang paling saya sukai! Yah, sebenarnya masih banyak banget sih pantai-pantai di Lombok. Namun, takutnya kalau saya ceritakan semua, satu tulisan ini isinya malah pantai-pantai di Lombok yang indah tadi! Hehee!

3. Kuliner Di Lombok Adalah Salah Satu Yang Terbaik Di Indonesia

Ayam Taliwang, salah satu makanan khas Lombok yang halal
Ayam Taliwang, salah satu makanan khas Lombok yang halal

Sejauh pengalaman saya keliling Indonesia, meski belum seluruh provinsi nih! Saya berani bilang kalau di Lombok bisa ditemukan banyak sekali (dan dengan gampang) makanan enak, juga halal! Disini saya bisa beli makanan enak yang halal dengan mudah, tanpa perlu ragu lagi!

Sebut saja salah satunya Ayam Taliwang, yang juga merupakan makanan khas Lombok favorit saya. Ayam Taliwang ini berbahan dasar daging ayam. Yang paling enak menurut saya adalah dimasak dengan cara dibakar dengan bumbu pedasnya yang mantap!

Dimakan bersama dengan plecing kangkung tentu akan lebih nikmat. Pun, selain Ayam Taliwang masih ada banyak kuliner lain yang bisa kalian coba! Seperti Sate Rembiga, Bebalung dan Nasi Puyung! Tapi ingat, beberapa masakan khas Lombok tadi terkenal dengan pedasnya!

4. Liburan Sambil Honeymoon? Tentu Lombok Adalah Pilihan Yang Tepat Untuk Pasangan Muda!

Pun ada banyak pilihan honeymoon yang lain seperti di Maldives, Paris dan mungkin tempat yang lebih jauh lainnya. Saya memilih Lombok sebagai destinasi bulan madu. Bukan karena apa, karena dengan biaya yang nggak terlalu besar, saya sudah bisa mendapatkan destinasi yang romantis. Lombok mempunyai banyak Gili yang bisa dimanfaatkan untuk berbulan madu!

Tidak cuma itu saja, ada beberapa resort di Lombok yang merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati masa bulan madu yang indah. Sore hari, mengobrol tentang masa depan dengan orang tersayang dibalut latar belakang semburat sunset yang indah tentu akan menyenangkan bukan?

5. Petualang Yang Selalu Haus Adrenalin? Yah, Lombok Cuma Punya Gunung Rinjani Yang Siap Menjamu Kalian Kok!

Suatu saat, saya pasti mendaki Gunung Rinjadi yang ada di belakang saya ini
Suatu saat, saya pasti mendaki Gunung Rinjadi yang ada di belakang saya ini

Oke, mungkin kalian belum ketemu jodoh, jadi nggak mungkin buat bulan madu di Lombok sambil menikmati kenikmatan rasa jomblo yang tiada tara. Fine! Mungkin kalian adalah petualang yang haus akan tantangan setiap detiknya. Tenang saja… Karena Lombok cuma punya Gunung Rinjani dengan segala keindahannya!

Tingginya cuma 3.726 saja kok, lansekapnya juga cuma bisa membuat kalian tercengang, nggak lebih! Yah, kalau sudah naik sekali, paling cuma kepengen nambah beberapa kali nanjak lagi karena ketagihan. Keindahan pemandangan di puncak mungkin juga cuma membut kedua mata tak bisa berkedip!

Memang, saya belum pernah mendakinya secara langsung. Tetapi beberapa kali melihatnya dari kejauhan, seakan dia memanggil saya untuk mencoba mendakinya. Mungkin nggak dalam waktu dekat, doakan saja! Karena honeymoon di Lombok sudah pernah, tinggal “cuma” mendaki Gunung Rinjani ini saja yang belum! Hehee!

6. Liburan Rame-Rame Bareng Keluarga? Jangan Takut, Nggak Cuma Backpacker Yang Bisa Menikmati Lombok!

Liburan Rame-Rame Bareng Keluarga Jangan Takut, Nggak Cuma Backpacker Yang Bisa Menikmati
Liburan Rame-Rame Bareng Keluarga Jangan Takut, Nggak Cuma Backpacker Yang Bisa Menikmati

Nggak cuma destinasi liburan yang menantang dan tempat bulan madu yang romantis, tetapi Lombok adalah tempat yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga besar. Bercengkrama bersama keluarga di Pantai-Pantai yang ada di Senggigi, atau bersenda gurau sambil bersepeda keliling Gili Trawangan tentu akan lebih membuat harmonis keluarga. Nggak perlu banyak bertanya atau ragu, yang ini tinggal dibuktikan sendiri saja sih. Pesan tiket untuk keluargamu, dan… terbanglah ke Lombok dengan segera! :)

7. Kalian Nggak Perlu Takut Susah Cari Makanan Halal! Lombok Adalah Pulau Seribu Masjid Gitu!

Dukung Indonesia di World Halal Travel Awards 2015! Kapan lagi bisa bantu negara cuma dengan vote saja? Ayo Dukung Indonesia di World Halal Travel Awards 2015!!
Kapan lagi bisa bantu negara cuma dengan vote saja? Ayo Dukung Indonesia di World Halal Travel Awards 2015!! Vote ditutup tanggal 11 Oktober 2015 loh!

Kalian pernah dengar nggak, kalau Lombok ini punya sebutan “Pulau Seribu Masjid”? Yap, begitulah keberadaanya, karena mayoritas penduduk Lombok adalah muslim! Nah, karena itu mencari makanan halal di Lombok ini nggak terlalu susah, nggak jauh beda seperti ketika berburu makanan di Jakarta.

Nggak salah dong kalau Lombok ini masuk ke dalam nominasi World Halal Travel Awards 2015. Disini Lombok masuk nomonasi “World’s Best Halal Honeymoon Destination” dan “World’s Best Halal Tourism Destination”. Selain itu, ada beberapa kategori lain dimana Indonesia masuk ke dalam nominasi.

PS : Lombok telah memenangkan “World’s Best Halal Honeymoon Destination” dan “World’s Best Halal Tourism Destination”! Selamat untuk Lombok, semoga terus jaya pariwisatanya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
50 Responses
  1. Duh…
    Pengeeeen banget ke Lombok nih mas…
    Dulu pas hanimun aku pun ke Bali, padahal tinggal nyebrang dikit aja yah, tapi waktunya gak sempet, dan nyesel terus sampe sekarang huhuhu…

    Dan ayam taliwang super pedes KW di Bandung pun rasanya udah endang bambang, apalagi yang aslinya dari Lombok yah. Aku suka sama kangkung plecing-nya juga! Itu khas Lombok juga kan yah?

  2. Nina Iskandar

    Terima kasih untuk posting-nya, Mas Fahmi! Saya senang juga Lombok sekarang semakin gencar menyiapkan diri untuk industri pariwisata. Tahun ini saja banyak sekali cafe dan hotel yang baru dibangun. Semoga infrastruktur transportasi umum Lombok menyusul dan segera mapan, ya.

  3. ahmad yani

    D sebelah pantai pink itu, namanya teluk sunut, nah…d atas teluk itu ladang bpk sya… mgkn mas fahmi blom kesana,,, sya yakin kalian semua akan taksub liat panorama dlm laut teluk sunut, indah dan jernih…. dateng kesana ya temen” nanti tak ajak bakar jagung d ladang bpk sya

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: