Jalan – Jalan Jelajah Wisata Gili Trawangan Lombok!

Pengen banget bikin status ala 9gag hahaha, status like a boss. Tapi ntar dikira pamer ga jadi deh, tulis di blog aja. Gak ada yang ngelarang. Blog gue kok :D. Apalagi jalan – jalan jelajah wisata Gili Trawangan Lombok itu seru banget, nggak bakalan bosan meski tinggal lama di tempat wisata terbaik Lombok ini!

“Saya jarang jalan – jalan pagi, tapi sekali jalan pagi. saya jalan pagi sambil jelajah wisata Gili Trawangan Lombok”

Kalau setelah ini saya ditanya dimana tempat jalan pagi, atau joging terbaik di indonesia? Pasti saya akan jawab Gili Trawangan!!!. Kenapa? Sudah jelas ini satu – satunya pulau di Indonesia yang tidak ada kendaraan bermotor sama sekali. Jalan pagi pun serasa jalan pagi ternikmat. Tidak ada polusi sekali.

Serunya Jalan Pagi, Jelajah Wisata Gili Trawangan Lombok Sendirian

Terlalu capek setelah malam sebelumnya, menghabiskan waktu untuk melihat bintang, saya hampir saja telat bangun untuk jalan – jalan pagi dan melihat sunrise. Untungnya saya masih sempat bangun setelah si alarm tidak bosan bosannya untuk membangunkan saya. Padahal saya biasanya paling malas bangun pagi lho.

Dengan sedikit malas saya beranjak dari kasur, lalu cuci muka. Tak menghabiskan banyak waktu, saya beranjak pergi keluar kamar, dan kemudian menuju pantai utama wisata Gili Trawangan Lombok. Bukan karena apa, soalya spot sunrise Gili trawangan meamng ada di pantai utama tadi. Ternyata tidak rugi saya bangun pagi, meskipun agak sedikit terlambat masih bisa menyaksikan sang surya muncul dari balik Gunung Rinjani yang tinggi.

Mau mencoba serunya jalan - jalan pagi di salah satu pulau wisata terbaik di Indonesia?
Mau mencoba serunya jalan – jalan pagi di salah satu pulau wisata terbaik di Indonesia?

Bosan melihat sunrise karena memang semakin siang, ide mengelilingi pulau yang super asik nan keren ini muncul di kepala saya. Selain karena pulau ini juga tidak terlalu besar saya tidak ingin rugi telah menyewa sepeda seharga 30 ribu seharinya ini. Tak perlu menunggu lama, saya mulai mengayu sepeda, memutari pulau ke arah kiri atau ke arah timur.

Suasana pagi di pulau wisata Gili Trawangan Lombok yang tenang
Suasana pagi di pulau wisata Gili Trawangan Lombok yang tenang

Pagi hari di Gili Trawangan Lombok ini memang menyenangkan. Penduduk lokalnya banyak yang ramah, udara yang segar tempat wisata pulau di Lombok ini menjadi komposisi yang pas buat kabur dari keramaian kota. Selain itu memang ada beberapa pilihan untuk mengelilingi pulau di pagi hari, anda bisa jalan atau jogging, naik sepeda, atau naik Cidomo.

Tentunya semua cara untuk mengelilingi pulau ini benar – benar ramah lingkungan. Karena memang tidak satupun moda transportasi yang saya sebutkan tadi menggunakan mesin bermotor. Hmm, coba saja Kuta Bali bisa seperti ini ya. Pasti saya jual tuh motor saya, ganti pakai sepeda saja setiap harinya :)

Serunya, pada cuaca pagi yang cerah, dari Gili Trawangan Lombok ini saya bisa melihat dua gunung tinggi di Bali dan Lombok, Yaitu Gunung Agung dan Gunung Rinjani. Pemandangan dua gunung itu menambah indahnya pemandangan pulau wisata Gili Trawangan, apalagi dinikmati sambil jalan – jalan pagi.

Jelajah Wisata Gili Trawangan Lombok, Gowes YES!, Mesin NO!

Memang, tidak ada yang lebih menyenangkan ketika kamu menemukan sebuah pulau dengan segala peradaban didalamnya (Ada internet, tv, listrik). Namun, pada pulau teresebut tidak ada kendaraan bermotor sama sekali didalamnya. Machine is absolutely forbidden here! Bisa dibayangkan bagaimana segarnya udara di pulau itu, bagaimana tenangnya suasana pulau, tetapi masi bisa internet-an, masi bisa buka facebook, kaskus, twitter, apalagi… ngerjain travel bloging dan travel vlogging?

*Sigh… dasar blogger hahaha “I’m A Blogger , I have wonderfull life lah :)“. Bekerja sambil menjelajah tempat wisata Gili Trawangan Lombok itu cuma bonus. Tapi memang ya, pulau ini sih “Just some wonderful island i ever found”. Nggak banyak tempat yang bisa membuat saya senang seperti di pulau ini.

Gili Trawangan Lombok, Gowes YES!, Mesin NO!
Gili Trawangan Lombok, Gowes YES!, Mesin NO!

Pulau yang merupakan salah satu dari tiga rangkaian pulau kecil berada utara Lombok ini memang memiliki magnet yang kuat untuk wisatawan. Pulau yang kini telah menjadi sebuah destinasi favorit oleh para traveler dari berbagai kalangan. Mulai dari flashpacker, backpacker, sampai travel bloger seperti saya eh?

Bagi traveler, tempat, juga aktifitas wisata Gili Trawangan Lombok memang sangat menarik. Aktifitas air, trekking, jogging, cycling semua bisa dilakukan disini. Namun bagi saya aktifitas yang paling menarik adalah bersepeda berkeliling pulau menikmati suasana dan tenangnya pulau. Apalagi dengan tidak di ijinkan kendaraan bermotor di Gili Trawangan, itu berarti lebih banyak oksigen, bukan Karbondioksida. Sehingga bersepeda di pulau kecil ini tidak seperti ketika bersepeda di kota besar!

Cidomo, satu - satunya alternatif selain Gowes di Gili Trawangan
Cidomo, satu – satunya alternatif selain Gowes di Gili Trawangan

Hampir setiap home stay di Gili Trawangan Lombok menyewakan sepeda, jadi tidak perlu repot – repot membawa sepeda sendiri. Sepeda yang disewakan disini juga cukup bagus kondisinya. Selain itu, harga sewa disini juga tidak terlalu mahal. Saya kemarin mendapatkan harga Rp. 30.000 untuk bersepeda seharian. Yang penting pintar – pintar menawar deh disini! Hehehee…

Gowes di gili trawangan juga akan terasa berbeda. Menurut saya lebih dari pada sekedar bersepeda. Kenapa? Ya karena pemandangan dan suasananya yang indah. Apa lagi coba? Berada di antara dua pulau terindah di indonesia, yaitu Lombok dan Bali, otomatis saya bisa menikmati dua pemandangan indah yang memanjakan mata. Pemandangan indah di sisi timur yaitu Lombok dengan Gunung Rinjaninya, dan Bali disi si barat dengan Gunung Agung sebagai titik tertingginya.

Jalur gowes Gili Trawangan adalah pada sisi teluar pulau, atau selalu berada pada sisi dekat pantai. Kemarin saya sempat gowes dari pagi hari sampai siang. Saya memulainya dari pantai utama yang juga menjadi salah satu daya tarik wisata Gili Trawangan Lombok. Dari situ saya mengayuh ke arah kiri, atau ke arah barat. Untuk mengelilingi pulau yang berukuran panjang 3 km dan lebar 2 km ini tidak memerlukan waktu yang banyak kok. Saya kemarin selesai mengelilingi pulau dalam waktu kurang dari 1 jam.

Meski bisa dikelilingi kurang dari 1 jam, tetap saja ya bikin capek. Selain faktor udah lama tidak olah raga, jalur Gowes di pulau kecil ini sebagaian besar adalah berupa pasir pantai. Jadi perlu sedikit tenaga ekstra untuk mengayuh sepeda. Pada beberapa jalur saya juga dipaksa untuk turun dari sepeda. Karena bakal lebih capek lagi kalau tetap mengayuh. Jadinya, acara gowes di Gili Trawangan Lombok pun dibarengi acara joging deh. Gara-gara ini saya jadi punya ide. Lain kali saya akan coba jogging saja, gak perlu Gowes lagi :D

Foto-Foto Jalan – Jalan Jelajah Wisata Gili Trawangan Lombok!

Seperti inilah wajah dari Gili Trawangan, salau satu dari tiga gili yang terkenal di Lombok. Sejauh ini, pualu kecil di Lombok ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Terutama untuk pualu di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Di pulau ini, tidak diperbolehkan kendaraan bermesin seperti mobil atau sepeda motor. Hanya sepeda dan kendaraan tradisional mirip delman bernama “cidomo” yang diperbolehkan. Liburan kesini dijamin mendapatkan udara segar dan liburan yang menyenangkan deh.

Photograph By : Fahmi
Gear : Sony A200 Lens Kit

Salah satu cara menikmati udara segar wisata Gili Trawangan adalah bersantai di tepi pantainya.
Salah satu cara menikmati udara segar wisata Gili Trawangan adalah bersantai di tepi pantainya.
Atau bisa juga menikmati Lombok di kejauhan dari dermaga Gili Trawangan :)
Atau bisa juga menikmati Lombok di kejauhan dari dermaga Gili Trawangan :)
Tidak ada kendaraan bermotor sama sekali kan di Gili Trawangan? :D
Tidak ada kendaraan bermotor sama sekali kan di Gili Trawangan? :D
Pun, pengunjung tempat wisata Gili Trawangan Lombok ini didominasi oleh turis asing. Ketika saya kesana, sedikit orang lokal yang sedang berlibur.
Pun, pengunjung tempat wisata Gili Trawangan Lombok ini didominasi oleh turis asing. Ketika saya kesana, sedikit orang lokal yang sedang berlibur.
Buat penyuka jogging, ini adalah pulau sempurna untuk melakukan hobi joggingnya :D
Buat penyuka jogging, ini adalah pulau sempurna untuk melakukan hobi joggingnya :D
Di salah satu sudut pulau, terlihat jelas Gunung Agung di kejauhan.
Di salah satu sudut pulau, terlihat jelas Gunung Agung di kejauhan.
Namun sepertinya pemandangan Gunung Agung dari Gili Trawangan hanya bisa terlihat ketika hari sedang cerah. Benarkah begitu?
Namun sepertinya pemandangan Gunung Agung dari Gili Trawangan hanya bisa terlihat ketika hari sedang cerah. Benarkah begitu?
Sebagian jalan yang ada di pulau ini sebagian berupa aspal keras, dan kebanyakan berupa pasir pantai.
Sebagian jalan yang ada di pulau ini sebagian berupa aspal keras, dan kebanyakan berupa pasir pantai.
Saya pun bertanya - tanya, entah bagaimana kambing - kambing ini bisa sampai pulau ini :D err... lupakan..
Saya pun bertanya – tanya, entah bagaimana kambing – kambing ini bisa sampai pulau ini :D err… lupakan..
Cidomo adalah satu - satunya transportasi umum di pulau wisata Gili Trawangan Lombok. Mau coba naik?
Cidomo adalah satu – satunya transportasi umum di pulau wisata Gili Trawangan Lombok. Mau coba naik?
Menginap di Gili Trawangan, jangan bermalas - malasan. Apalagi sampai bangun siang. Pemandangan matahari terbitnya sangat menawan loh :D
Menginap di Gili Trawangan, jangan bermalas – malasan. Apalagi sampai bangun siang. Pemandangan matahari terbitnya sangat menawan loh :D
Dermaga ini yang menghubungkan pulau dengan dunia luar.
Dermaga ini yang menghubungkan pulau dengan dunia luar.
Kadang ada juga perahu - perahu yang memanfaatkan pantai untuk bersandar di Gili Trawangan.
Kadang ada juga perahu – perahu yang memanfaatkan pantai untuk bersandar di Gili Trawangan.
Dear cidomo, terimakasih karena tetap membuat udara pulau terus segar tanpa polusi sepanjang hari.
Dear cidomo, terimakasih karena tetap membuat udara pulau terus segar tanpa polusi sepanjang hari.
Bisa juga menyewa sepeda untuk berkeliling pulau.
Bisa juga menyewa sepeda untuk berkeliling pulau.
Memang, berlibur di tempat wisata Gili Trawangan itu selalu menyenangkan :)
Memang, berlibur di tempat wisata Gili Trawangan itu selalu menyenangkan :)

Penginapan Atau Hotel Di Gili Trawangan

  • Cotton Tree Cottages
  • Gili Hideaway Resort
  • Big Bibble Dive Bungalows
  • Welcome Inn
  • Malino Homestay
  • Coconut Garden Resort
  • Bale Sasak Bungalow
  • Pondok Twin Garden
  • Little Woodstock Homestay
  • Gili Smile Homestay
  • Corner Hidewaway Bungalows

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses
  1. Selamat Pagi Papandayan! - @catperku

    […] ngosan, dan badan yang menggigil kedinginan saya hiraukan. Saya enggak menyesal bisa menyaksikan pemandangan pagi hari seperti […]

  2. Nusa Lembongan Pulau Tropis Asik Buat Liburan - @catperku

    […] snorkeling bisa dilakukan di Nusa Lembongan. Jadi, bisa dibilang juga kalau Nusa Lembongan adalah Gili Trawangan-nya Bali. Kedengaran menarik ya? Mau kesana lagi […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: