Kue Taiyaki, Makanan Berbentuk Ikan Dari Jepang Enak!

Kue Taiyaki adalah makanan yang memiliki bentuk seperti ikan dari Jepang, jajanan yang rasanya manis, sedikit mirip dorayaki wajib kamu beli! Bagaimana sih sejarah dan cara membuat Taiyaki? Sudah pernah coba belum?

Jadi, dimanapun, kapanpun ketika sedang jalan jalan di Jepang, saya tidak pernah berhenti berburu mencari beberapa makanan yang sebelumnya hanya bisa saya lihat di film anime atau dorama saja.

Kali ini saya menemukan satu lagi makanan di salah satu sudut jalanan Akihabara.

Namanya lebih dikenal dengan Taiyaki.

Apa Itu Taiyaki?

Taiyaki (たい焼き、鯛焼き、たいやき、タイヤキ) sendiri adalah makanan berupa kue jepang berbentuk ikan, meskipun aslinya tidak ada rasa ikan sama sekali.

Iya, ini adalah kue yang rasanya manis, manisnya bahkan lebih dari pada saya. Eheee~

Sambil mengantri, saya mengamati sejenak bagaimana cara memasak kue ini.

Cara memasaknya adalah dengan di panggang, dan bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue.

Ketika Taiyaki hampir matang, keduanya akan disatukan dengan selai kacang merah.

Itu adalah Taiyaki yang original.

Taiyaki yang baru saja jadi, masih hangat dan siap disantap :D
Taiyaki yang baru saja jadi, masih hangat dan siap disantap :D

Sejarah Taiyaki

Kue taiyaki pertama kali dijual di Jepang pada tahun 1909. Sebenarnya, kue ini merupakan bentuk modifikasi dari imagawayaki, camilan populer yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan pasta kacang.

Seijirō Kobe, pendiri toko Naniwaya Sōhonten (浪花家総本店), kesulitan menjual imagawayaki-nya, sehingga dia memutuskan untuk membuat kue tersebut menjadi bentuk ikan yang menyerupai ikan tai atau ikan kakap merah.

Ikan tai dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan di Jepang, dan hanya dapat dimakan oleh kalangan atas atau di acara khusus karena harganya yang mahal.

Masamori Kobe, pemilik keempat dari toko tersebut, mengatakan bahwa Seijirō ingin memberikan rasa ikan yang mahal kepada masyarakat biasa dengan harga yang terjangkau.

Sejak saat itu, taiyaki telah berevolusi menjadi banyak variasi, dengan berbagai jenis isi dan adonan yang digunakan, serta variasi bentuk dan ukuran.

Taiyaki kemudian diperkenalkan ke Korea selama periode kolonial Jepang, di mana kue ini dikenal sebagai bungeo-ppang.

Setelah masa perang, taiyaki menyebar ke negara-negara Asia lainnya, serta ke Amerika Serikat.

Sekarang, kue ini menjadi camilan yang sangat populer di seluruh dunia.

(Baca Juga : Cobain Makanan Dan Jajanan Seven Eleven Di Jepang!] )

Kue Taiyaki, Makanan Berbentuk Ikan Dari Jepang Sekarang Memiliki Berbagai Macam Rasa

Sedangkan pada perkembangannya, kue ini juga sering diisi dengan cokelat, keju, atau bahkan sosis.

Sayangnya karena keterbatasan dana, ketika traveling ala backpacker ke Jepang kemarin, saya hanya sempat mencoba Taiyaki yang isinya kacang merah saja, karena harganya paling murah. :D

Pada gigitan pertama, memakan kue Taiyaki itu rasanya seperti makan kue Dorayaki yang saya beli di Museum Doraemon.

Isinya sama – sama kacang merah manis, tetapi bedanya tekstur Taiyaki lebih keras jika dibandingkan dengan Dorayaki.

Di kedai tempat kue ini saya beli, ada 4 jenis harga, mulai dari yang paling mahal 580 Yen, dibawahnya 380 Yen, dan yang paling masuk hitungan kantong saya adalah 160 dan 140 Yen.

Entah apa bedanya di tiap harga, yang jelas kemarin saya beli yang paling murah. 140 Yen demi menghilangkan rasa penasaran saya terhadap kue Taiyaki.

“Bentuknya agak aneh, enggak seperti ikan sempurna, kalau di film kan kuenya mirip banget sama ikan” Kata travel partner saya waktu itu.

(Baca Juga : Bagian Dalam Kereta Super Cepat Shinkansen Itu Seperti Apa sih? )

Kuliner Jajanan Khas Jepang Yang Mirip Bentuk Ikan, Wajib Dicoba Waktu Liburan Kesana!

Kue Taiyaki adalah makanan yang memiliki bentuk ikan dari Jepang, jajanan yang rasanya manis mirip dorayaki, cara membuat kue ini mudah!
Pengen cepet dimakan, tapi sayang bentuk ikannya lucu meski sedikit aneh, jadi di foto dulu deh :D

(Baca Juga : Serunya Jadi Tukang Kue Di Australia )

Ohh…

Sebelum melanjutkan gigitan berikutnya, saya mengamati kue Taiyaki yang saya pegang ini.

Memang, yang ini bentuknya tidak seperti ikan yang sempurna.

Tetapi masih seperti ikan yang belum lepas dari cetakan.

Entahlah, mungkin karena saya membeli yang paling murah, jadinya tidak termasuk melepaskan si kue ikan Taiyaki dari bagian yang mengelilinginya.

Well, saya tidak peduli, mending saya segera menghabiskan saja, kue yang cuma bisa saya nikmati ketika sedang liburan ke Jepang ini.

Kalian mau? Pokoknya kuliner khas makanan Jepang berbentuk ikan ini wajib kamu coba kalau sedang berlibur kesana ya :)

Bagaimana Cara Membuat Kue Taiyaki, Makanan Jepang Berbentuk Ikan Ini?

Kue Taiyaki adalah makanan ringan asal Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicetak dalam bentuk ikan dengan isian manis seperti kacang merah atau pasta kacang hijau.

Kue ini populer di kalangan anak-anak dan dewasa, serta sering dijumpai di toko-toko makanan di Jepang.

Jika kamu ingin mencoba membuat kue Taiyaki sendiri di rumah, berikut ini adalah resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung terigu serba guna
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh vanilla extract
  • Isian kacang merah atau pasta kacang hijau secukupnya
  • Sedikit minyak goreng untuk olesan

Alat yang dibutuhkan:

  • Taiyaki mold (cetakan Taiyaki) yang bisa kamu dapatkan di toko-toko bahan kue atau online
  • Spatula
  • Sendok takar
  • Mangkuk

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu dan baking powder ke dalam mangkuk, aduk rata.
  2. Tambahkan gula pasir dan telur ke dalam mangkuk, aduk rata dengan menggunakan sendok takar.
  3. Tuangkan susu cair dan vanilla extract ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata.
  4. Panaskan cetakan di atas kompor dengan menggunakan api sedang.
  5. Olesi bagian dalam cetakan dengan sedikit minyak goreng.
  6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga setengah penuh.
  7. Tambahkan isian kacang merah atau pasta kacang hijau di tengah-tengah adonan yang sudah ditekan.
  8. Tuangkan lagi adonan ke dalam cetakan hingga penuh.
  9. Panggang selama 3-4 menit atau hingga matang dengan menggunakan api kecil hingga sedang.
  10. Balikkan cetakan dan panggang lagi selama 1-2 menit hingga matang sempurna.
  11. Angkat Taiyaki dari cetakan dengan menggunakan spatula dan sajikan selagi masih hangat.

Kue Taiyaki, makanan khas Jepang bentuk ikan ini siap disajikan dan dinikmati. Selamat mencoba!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected]. Cepetan Ga pake lama ya!
https://catperku.com


Comments

  1. iyah aga beda yah bentuk Taiyakinya *kebiasaan beli es krim taiyaki di Sushitei*
    hihihihi
    di Chinatown,Singapura juga ada yg juga taiyaki, namanya Oyoge Taiyaki, bentuknya lebih mirip yg di kartun-kartun, yang ini juga ada rasa macem-macem yaah :D

  2. Aku pernah makan ini.. Dikasih sama sensei ku. Manggangnya rame-rame trus karena congok ya abisnya paling banyak deh.. Bahahah.. :D Paling sukak sama isi cokelat. Enaaaak :P

  3. Iya ya kenapa nggak berbentuk ikan sempurna kaya di komik Jepang? >.<
    Nggak ada foto isinya, bro? Penasaran beda tekstur dengan isi dari dorayaki hehehe

    1. Ahahaha, iya ini kemungkinan besar karena aku beli yang paling murah -,-” kalau foto isinya sih nggak ada, keburu khilaf mulut… sekejap langsung habis >,<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *