Museum Doraemon Di Jepang, Seperti Ini Bagian Dalamnya!

Museum Doraemon di Jepang, seperti apa bagian dalamnya? Para pecinta karakter Anime Doraemon pasti penasaran dengan bagian dalam museum yang juga dikenal dengan nama Museum Fujiko F Fujio.

Saya pun begitu, semenjak mengetahui keberadaan museum ini, saya selalu ingin mengunjunginya.

Selain ini memang karakter Anime favorit saya selain Gundam, saya juga ingin tahu bagian dalamnya seperti apa.

Jadinya, setelah gunung salju Tateyama dan kota pelabuhan Hakodate di Hokkaido, Kota Kawasaki adalah destinasi yang ada di top list yang harus saya kunjungi selama 13 hari backpacking di Jepang.

Alasan utamanya adalah tidak lain karena di kota ini, terdapat museum yang didalamnya terdapat mimpi masa kecil jutaan anak kecil di dunia.

Tidak ketinggalan pula, mimpi masa kecil saya ada di tempat ini pula. Namanya adalah Museum Fujiko F Fujio atau juga dikenal dengan Museum Doraemon.

Museum ini memamerkan hasil karya komikus Fujiko F Fujio (Hiroshi Fujimoto) dengan karakter utamanya yang paling terkenal, yaitu Doraemon.

Sebelumnya, ada yang tidak kenal dengan doraemon disini?

Doraemon Sudah Menunggu Saya Di Museum Fujiko Fujio AKA Museum Doraemon

Doraemoooooon!!
Doraemoooooon!!

(Baca Juga : Tour Ke Museum Fujiko F Fujio Bagian 1 – Di Perjalanan)

Kota Kawasaki adalah tempat dimana komikus Fujiko F Fujio menetap semasa hidupnya, dan tempat dia membuat komik untuk anak – anak seperti Esper Mami, P-Man, dan yang paling fenomenal yaitu Doraemon.

Museum Doraemon ini didirikan atas permintaan istri sang komikus, Fujiko F Fujio.

Saya ingin membalas budi kepada setiap anak – anak di dunia yang telah mensupport komik hasil karya suami saya” Kata Istri Sang Komikus Fujiko F Fujio.

"Idealisme saya untuk komik adalah menikmatinya dengan mengilustrasikannya sebagai hasil pekerjaan, dan juga membuat pembaca menikmati dengan membacanya" Kurang lebih terjemahannya seperti itu ^^
“Idealisme saya untuk komik adalah menikmatinya dengan mengilustrasikannya sebagai hasil pekerjaan, dan juga membuat pembaca menikmati dengan membacanya” Kurang lebih terjemahannya seperti itu ^^  (courtesy of www.fujiko-museum.com)

Yah, memang komikus yang satu ini jadi besar karena mimpi anak – anak diseluruh dunia.

Termasuk saya yang selalu bermimpi punya kantong ajaib dan baling – baling bambu yang bisa selau saya pakai tiap pergi ke kantor.

Museum Fujiko F Fujio ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Tokyo.

Jika memiliki Japan Raill Pass, rute terbaik adalah dari Stasiun Tokyo tinggal naik saja kereta api ke arah Kota Kawasaki ( JR Keihin Tohoku Line atau JR Tokaido Line).

Peta Lokasi Museum Fujiko F Fujio
Peta Lokasi Museum Fujiko F Fujio (courtesy of www.fujiko-museum.com)

Kemudian dari Kota Kawasaki berganti kereta menuju Stasiun Noborito (JR Nanbu Line).

Sesampainya di pintu keluar Stasiun Noborito ambil pintu keluar bagian kiri hingga menemukan patung Doraemon.

Dari sini bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit sampai ke museum atau naik shuttle bus dengan biaya 200 yen yang disediakan khusus untuk mengantarkan pengunjung sampai Museum Doraemon.

(Baca Juga : Tour Ke Museum Fujiko Fujio Bagian 2 – Bagian Depan Museum)

Tiket Masuk Ke Museum Bisa Dibeli Online Atau Di Lawson

Perlu diperhatikan bahwa tiket untuk masuk ke Museum Fujiko F Fujio tidak dijual di museum.

Tiket untuk masuk ke Museum Doraemon ini bisa di beli di Jepang, di seluruh mesin yang bernama Loppi.

Loppi adalah mesin penjual tiket otomatis yang ada di minimarket Lawson yang banyak di temukan di Jepang.

Nah, sebelum kaget ketika mau membeli tiket seperti saya, tidak semua menu mesin Loppi berbahasa inggris!

Kalau sudah menemukan patung Doraemon seperti ini, berarti arahnya sudah benar menuju Museum Doraemon.
Kalau sudah menemukan patung Doraemon seperti ini, berarti arahnya sudah benar menuju Museum Doraemon.

Mengandalkan insting atau asal pencet menu di mesin tidak akan banyak membantu, lebih baik iseng membikin repot mas/mbak kasir di Lawson untuk membantu membeli tiketnya.

Meskipun bahasa inggris mereka sangat minim, tetapi saya berhasil membeli tiket untuk masuk ke museum karena bantuan mereka.

Tiket masuk ke Museum Fujiko F Fujio juga hanya dijual dengan 4 kali waktu masuk saja, yaitu jam 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00.

Alasannya untuk memaksimalkan waktu kunjungan dan waktu menikmati pameran yang ada di museum.

Pengunjung juga hanya diberi waktu keterlambatan maksimal sampai setengah jam saja, jadi jangan sampai membawa jam karet ala Indonesia ke museum ini ya! ^^

(Baca Juga : Tour Ke Museum Fujiko F Fujio Bagian 3 – Bagian Dalam Museum, Lounge Room)

Tiket masuk Museum Fujiko F Fujio, harganya 1000 Yen bisa di beli di Lawson yang ada di Jepang, atau beli online untuk kemudian ditukar di Lawson juga :)
Tiket masuk Museum Fujiko F Fujio, harganya 1000 Yen bisa di beli di Lawson yang ada di Jepang, atau beli online untuk kemudian ditukar di Lawson juga :)

Ada Apa Di Museum Fujiko F Fujio Ini?

Ketika saya berkunjung, keunikan dari museum yang satu ini bahkan sudah terlihat sejak dari jalan menuju tempat ini.

Jadi, paling tidak ada 7 bagian dari kunjungan museum Doraemon yang bisa dinikmati.

Ada beberapa bagian museum yang bebas difoto atau diabadikan, namun untuk ruang pameran sama sekali tidak diperbolehkan untuk difoto.

Di Perjalanan.

Museum Fujiko Fujio atau yang juga dikenal sebagai museum Doraemon yang berada di Kawasaki City, Jepang enggak cuma bisa dinikmati di bagian dalamnya saja.

Bahkan, sejak turun dari Stasiun JR Noborito saya sudah dihibur oleh Doraemon mini yang tersenyum.

Saran saya, jika ada kesempatan mengunjungi Museum Fujiko F Fujio, lebih baik berjalan kaki saja dari stasiun hingga ke museumnya.

Karena akan banyak hal yang menarik sepanjang jalan menuju museum.

Toh lokasi museum tidak terlalu jauh dari stasiun.

Nah? Apa saja yang bisa ditemui di sepanjang perjalanan menuju Museum Fujiko F Fujio?

Di sepanjang perjalanan menuju museum akan ada banyak karakter karya dari komikus Fujiko F Fujio yang bisa dilihat.

Mulai dari patung Doraemon di luar Stasiun Noborito hingga ukiran Nobita dan dan kawan kawan di pagar yang ada di jalan menuju musium.

Untuk menikmati yang ini, saya harus rela berjalan kaki menuju museum, tidak naik shuttle bus.

Itu berarti kalau kamu melihatnya juga, sebaiknya berjalan kaki ke Museum. Selain bisa berhemat, kamu bisa melihat banyak hal disini.

Doraemon yang tersenyum manis ini bisa langsung terlihat sejak keluar dari Stasiun JR Noborito. Patung doraemon ini juga bisa digunakan sebagai penanda kalau sudah keluar dari pintu stasiun yang benar.
Doraemon yang tersenyum manis ini bisa langsung terlihat sejak keluar dari Stasiun JR Noborito. Patung doraemon ini juga bisa digunakan sebagai penanda kalau sudah keluar dari pintu stasiun yang benar.
Tidak ketinggalan juga Dorami si adik dari Doraemon menyambut dengan ramah setiap orang yang akan mengunjungi Museum Fujiko F Fujio, tempat dimana ditampilkannya proses kelahiran mereka berdua.
Tidak ketinggalan juga Dorami si adik dari Doraemon menyambut dengan ramah setiap orang yang akan mengunjungi Museum Fujiko F Fujio, tempat dimana ditampilkannya proses kelahiran mereka berdua.
Lihat apa yang saya temukan? Siapa yang terlihat seperti sedang berlari ini? Ada yang tahu kah teman - teman semua?
Lihat apa yang saya temukan? Siapa yang terlihat seperti sedang berlari ini? Ada yang tahu kah teman – teman semua?

(Baca Juga : Kyoto Imperial Palace Park, Saksi Bisu Era Kejayaan Kekaisaran Jepang)

Lho? Ada Dorami sedang bermain di dekat sungai? Hemm, sedang Mencari doraemon kah dia?
Lho? Ada Dorami sedang bermain di dekat sungai? Hemm, sedang Mencari doraemon kah dia?
Nah! Ini dia si Doraemon yang sedang di cari oleh dorami. Doraemooon... di cariin Dorami itu loh :D
Nah! Ini dia si Doraemon yang sedang di cari oleh dorami. Doraemooon… di cariin Dorami itu loh :D
Kalau yang ini, namanya Esper Mami. Salah satu karakter yang dibuat oleh Fujiko F Fujio sensei juga. Pertama kali saya membaca komiknya, kira - kira ketika sedang SD kelas 3.
Kalau yang ini, namanya Esper Mami (Mami Sakura). Salah satu karakter yang dibuat oleh Fujiko F Fujio sensei juga. Pertama kali saya membaca komiknya, kira – kira ketika sedang SD kelas 3.
Kalau enam karakter yang sedang berlari ini tentu sudah pada tahu dong? siapa mereka? ehmm...
Kalau enam karakter yang sedang berlari ini tentu sudah pada tahu dong? siapa mereka? ehmm…
Yak! Mereka adalah Dorami, Suneo, Shizuka, Giant, Nobita dan Doraemon! Karakter dari mangaka Fujiko F Fujio dalam komik Doraemon yang sudah mendunia. Ada banyak hal seru, unik dan lucu tentang mereka di Museum Fujiko F Fujio lho! *saya jadi pengen kesana lagi* *hiks*
Yak! Mereka adalah Dorami, Suneo, Shizuka, Giant, Nobita dan Doraemon! Karakter dari mangaka Fujiko F Fujio dalam komik Doraemon yang sudah mendunia. Ada banyak hal seru, unik dan lucu tentang mereka di Museum Fujiko F Fujio lho! *saya jadi pengen kesana lagi* *hiks*

Bagian Depan Museum

Bagian depan diibaratkan spoiler dan preview untuk membuat pengunjung semakin tidak sabar untuk melihat bagian dalam dari Museum Doraemon.

Beneran, melihat bagian depan saja sudah bikin penasaran banget lho!

Setelah terhibur selama di perjalanan menuju Museum Doraemon, sekarang waktunya antri untuk masuk ke dalam museum sesuai waktu yang telah tertera di tiket.

Sekedar informasi saja, untuk masuk kedalam museum, hanya ada 4 jadwal saja dalam sehari, yaitu pada jam 10:00, 12:00, 14:00, 16:00 waktu Jepang.

Alasan mereka adalah untuk memaksimalkan pengunjung dalam menikmati karya Fujiko F Fujio sensei di dalam museum.

Enaknya, usahakan datang sebelum jam yang ditentukan di tiket agar bisa antri dengan tenang.

Jangan takut bosan juga antri di depan Museum Fujiko F Fujio.

Karena dibagian depan museum ini saja ada banyak benda lucu yang bisa membuat saya mengenang masa kecil.

Dimana saya masih sangat tergila – gila dengan karakter yang namanya “Doraemon”.

Dan, sebagian besar dari benda – benda yang di pajang di depan museum itu, nantinya akan bisa ditemukan juga di souvenir store museum untuk dibeli sebagai oleh – oleh.

Nah? Apa saja benda – benda lucu yang dipajang di bagian depan Museum Fujiko F Fujio ini?

Jika datang pada musim hujan dan membawa payung, di denap Museum Fujiko F Fujio telah disediakan tempat khusus yang aman untuk menitipkan payung. Hemm... saya berlum pernah melihat yang seperti ini di Indonesia loh! Mungkinkah tempat penitipan payung ini keluar dari kantong ajaib doraemon?
Jika datang pada musim hujan dan membawa payung, di denap Museum Fujiko F Fujio telah disediakan tempat khusus yang aman untuk menitipkan payung. Hemm… saya berlum pernah melihat yang seperti ini di Indonesia loh! Mungkinkah tempat penitipan payung ini keluar dari kantong ajaib doraemon?
Yang ini adalah miniatur Giant yang sedang menyanyi dan si Doraemon sedang memakai topi sihir seperti di cerita Doraemon Petualangan : Nobita di dunia setan. Eh? Tapi kok doraemon tahan sama suara si Giant ya?
Yang ini adalah miniatur Giant yang sedang menyanyi dan si Doraemon sedang memakai topi sihir seperti di cerita Doraemon Petualangan : Nobita di dunia setan. Eh? Tapi kok doraemon tahan sama suara si Giant ya?
Kalau yang ini adalah karakter si mangaka Fujiko F Fujio dengan salah satu karakter dinosaurus di Doraemon Petualangan : Doraemon dan dinosaurus Nobita, nama dinosaurusnya Piisuke.
Kalau yang ini adalah karakter si mangaka Fujiko F Fujio dengan salah satu karakter dinosaurus di Doraemon Petualangan : Doraemon dan dinosaurus Nobita, nama dinosaurusnya Piisuke.
Souvenir - souvenir lucu yang juga di jual di Museum Doraemon Karya Fujiko F Fujio. Bikin mau dikoleksi semua deh >,<
Souvenir – souvenir lucu yang juga di jual di Museum Doraemon. Bikin mau dikoleksi semua deh >,< Eh! Dimakan juga :p
Nah, kalau yang ini gimana? Lucu juga enggak souvenir di Museum Doraemonnya?
Nah, kalau yang ini gimana? Lucu juga enggak souvenir di Museum Doraemonnya?
Ada juga buku - buku komik doraemon yang dijual untuk di koleksi. Tapi semuanya masih berbahasa jepang :D
Ada juga buku – buku komik doraemon yang dijual untuk di koleksi. Tapi semuanya masih berbahasa jepang :D
Eh? Nobita sama doraemon sedang main sama siapa tuh? Ada yang tahu ini dari cerita yang mana?
Eh? Nobita sama doraemon sedang main sama siapa tuh? Ada yang tahu ini dari cerita yang mana?
Suneo, Shizuka sama satu karakter dari cerita Doraemon Petualangan : Nobita dalam perang luar angkasa
Suneo, Shizuka sama satu karakter dari cerita Doraemon Petualangan : Nobita dalam perang luar angkasa
Dan... si Giant pun bilang " Doraemon, ayo kita kuasai dunia bersama!! Dengan nyanyianku!!"
Dan… si Giant pun bilang ” Doraemon, ayo kita kuasai dunia bersama!! Dengan nyanyianku!!”

Bagian Dalam Museum Doraemon, Ruang Pameran

Di ruang ini adalah tempat untuk memamerkan semua karya sang komikus Fujiko F Fujio yang tidak pernah di publikasikan ke umum.

Sayang di ruang ini tidak diperbolehkan sedikitpun mengambil foto.

Bagian yang paling menarik dari ruangan ini adalah diorama tiga dimensi proses pembuatan komik Doraemon yang diperankan oleh Nobita si pengacau dan Doraemon yang lucu ^^.

Lounge Room Museum

Kalau bagian depan Museum Fujiko F Fujio saja sudah begitu menarik, bagaimana di bagian dalam museum ini?

Hohooo…. pasti penasaran yak!?

Sebenarnya, bagian dalam Museum Doraemon terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruang untuk menampilkan karya – karya sang komikus (Exhibition Room), ruangan bersantai ( lounge room ), dan cafe dengan menu – menu unik yang akan saya tuliskan di tulisan setelah ini.

Sayang di exhibition room atau ruangan yang digunakan untuk menampilkan karya Fujiko F Fujio yang tidak pernah terbit ke dunia luar, tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar.

Beda lagi di bagian lounge room, saya diperbolehkan untuk mengambil gambar sepuasnya.

Yah, enggak apa sih, tentunya ngeliat lounge room dari museum ini pun bisa bikin ngiler para penggemar Doraemon untuk mengunjungi Museum Fujiko F Fujio!

Di tempat ini adalah ruang bersantai di museum ini setelah capek mengelilingi ruang pameran.

Disini juga ada ruang untuk membaca komik karya sang komikus yang semuanya berbahasa jepang dan ruang tempat untuk melihat film animasi yang tidak pernah ditampilkan di belahan dunia manapun!

Hanya bisa disaksikan di museum ini saja.

Lhooo.... Doraemoooon lagi baca apa tuuuh?
Lhooo…. Doraemoooon lagi baca apa tuuuh?
Aneeh, Doraemon yang lagi bacak komik Doraemon di Museum Fujiko F Fujio~~ :|
Aneeh, Doraemon yang lagi bacak komik Doraemon di Museum Fujiko F Fujio~~ :|
Daaaaan!! Apapun yang dibaca, makanannya, teteup Dorayaki!!
Daaaaan!! Apapun yang dibaca, makanannya, teteup Dorayaki!!
O iyaa, teman - teman yang kebetulan berkesempatan mengunjungi museum doraemon, boleh juga loh ikut membaca komik karangan Fujiko F Fujio di ruangan ini :)
O iyaa, teman – teman yang kebetulan berkesempatan mengunjungi museum doraemon, boleh juga loh ikut membaca komik karangan Fujiko F Fujio di ruangan ini :)
Cumaaan... ya gitu, semua komiknya berbahasa jepang teman - temaan hehee... harus bisa baca tulisan berbahasa jepang yaa! Saya juga enggak terlalu bisa sebenarnya, ini cuma pamer aja :p, jadi jangan ditanya tentang bahasa jepang yaaa :D
Cumaaan… ya gitu, semua komiknya berbahasa jepang teman – temaan hehee… harus bisa baca tulisan berbahasa jepang yaa! Saya juga enggak terlalu bisa sebenarnya, ini cuma pamer aja :p, jadi jangan ditanya tentang bahasa jepang yaaa :D
Komik Doraemon lengkap banget disini!
Komik Doraemon lengkap banget disini!
Komik yang lain karangan komikus Fujiko F Fujio juga ada loh disini
Komik yang lain karangan komikus Fujiko F Fujio juga ada loh disini
Selain bisa membaca komik, menikmati desain interior lounge room Museum Doraemon Karya Fujiko F Fujio juga tidak kalah asik!
Selain bisa membaca komik, menikmati desain interior lounge room museum juga tidak kalah asik!
Seperti desain interior yang lucu seperti ini, ada yang tahu siapa saja nama karakter yang ada di dinding lounge room Museum Fujiko F Fujio ini?
Seperti desain interior yang lucu seperti ini, ada yang tahu siapa saja nama karakter yang ada di dinding lounge room Museum Fujiko F Fujio ini?
Atau bisa juga bermain main dengan kantong ajaib doraemon yang ada di mesin interaktif berlayar sentuh ini
Atau bisa juga bermain main dengan kantong ajaib doraemon yang ada di mesin interaktif berlayar sentuh ini
Lounge room lumayan luas untuk dinikmati atau untuk sekedar beristirahat saja.
Lounge room lumayan luas untuk dinikmati atau untuk sekedar beristirahat saja.
Di lounge room juga terdapat akses menuju bioskop mini yang memutar film tentang karakter buatan komikus Fujiko F Fujio, yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun, kecuali di Museum Fujiko F Fujio ini.
Di lounge room juga terdapat akses menuju bioskop mini yang memutar film tentang karakter buatan komikus Fujiko F Fujio, yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun, kecuali di Museum Fujiko F Fujio ini.
Atau mau mencoba gacha - gacha Doraemon ini? 200 Yen sekali mencoba?
Atau mau mencoba gacha – gacha (Gashapon) Doraemon ini? 200 Yen sekali mencoba?
Milih gacha - gacha Dorami juga boleh loh :D
Milih gacha – gacha Dorami juga boleh loh :D

The Cafe Di Museum Doraemon Karya Fujiko F Fujio!

Berjalan dari Stasiun JR Noborito ke Museum Fujiko F Fujio, menikmati suguhan unik di sepanjang jalan, tercenggang melihat bagian depan museum yang membuat terkenang akan masa kecil, dan menikmati karya – karya sang komikus di dalamnya.

Siapa juga yang enggak capek loh? Bahkan saya yang ketika di Jepang sedikit terlatih untuk banyak berjalan kaki, masih bisa merasa lelah, lapar dan dahaga.

Eh! Kalau ngomongin lapar dan dahaga, saya sarankan jangan sampai untuk tidak mencoba menu yang ada di cafe yang berada di bagian dalam Museum Doraemon ini loh!

Apalagi yang cuma bisa ke Jepang dengan cara backpacking seperti saya.

Siap untuk mencoba menu yang tidak bisa ditemukan dimanapun selain di Museum Fujiko F Fujio?

Tempat yang pas untuk yang kelaparan setelah berkeliling museum, menu yang ada tidak jauh dari karakter yang bertebaran di museum ini.

Favorit saya Dorayaki! hehe! Jadi kalau kamu lapar, bisa coba beli makanan di cafe yang ada di Museum Doraemon ini ya.

Lumayan kok makannya. Saya sempat mencoba beberapa menu disini.

Dan... inilah beberapa menu unik yang ada di Museum Fujiko F Fujio. Sebagian menu dihidangkan dengan di desain mirip beberapa karakter yang telah di buat sang komikus Fujiko F Fujio.
Dan… inilah beberapa menu unik yang ada di Museum Fujiko F Fujio. Sebagian menu dihidangkan dengan di desain mirip beberapa karakter yang telah di buat sang komikus Fujiko F Fujio.
Sayangnya beberapa menu harganya kurang begitu ramah untuk kantong backpacker sedikit kere seperti saya *hiks* makanan masa 1500 Yen coba? mana penyajiannya lucu lagi, mana tega saya makannya? :|
Sayangnya beberapa menu harganya kurang begitu ramah untuk kantong backpacker sedikit kere seperti saya *hiks* makanan masa 1500 Yen coba? mana penyajiannya lucu lagi, mana tega saya makannya? :|
Enggak cuma makanan yang unik, cafe yang ada di dalam Museum Doraemon ini nyaman untuk melepas lelah setelah berkeliling.
Enggak cuma makanan yang unik, cafe yang ada di dalam Museum Doraemon ini nyaman untuk melepas lelah setelah berkeliling.
Pesan makanan yang disukai, dan kemudian bayar. *Pilih yang lebih ramah sama kantong tentunya*, kebetulan saya cocok dengan menu yang harganya 700 Yen :D
Pesan makanan yang disukai, dan kemudian bayar. *Pilih yang lebih ramah sama kantong tentunya*, kebetulan saya cocok dengan menu yang harganya 700 Yen :D
Dan kemudian saya mendapatkan nomor sambil menunggu pesanan saya jadi. Tidak lupa seperti kebanyakan tempat makan di Jepang yang lainnya, saya selalu mendapatkan air putih gratiss!!
Dan kemudian saya mendapatkan nomor sambil menunggu pesanan saya jadi. Tidak lupa seperti kebanyakan tempat makan di Jepang yang lainnya, saya selalu mendapatkan air putih gratiss!!
Enggak perlu nunggu terlalu lama, Dorayaki-Chiffon pesanan saya diantarkan. Sayang juga sih, makan makanan selucu ini :| tapi apa boleh buat, saya kelaparan! Selamat makaaan! Itadakimasu!
Enggak perlu nunggu terlalu lama, Dorayaki-Chiffon pesanan saya diantarkan. Sayang juga sih, makan makanan selucu ini :| tapi apa boleh buat, saya kelaparan! Selamat makaaan! Itadakimasu!
Selain Dorayaki-Chiffon, masih ada banyak menu unik yang dijual di cafe Museum Doraemon ini.
Selain Dorayaki-Chiffon, masih ada banyak menu unik yang dijual di cafe Museum Doraemon ini.
Upss! ini untuk foto yang lebih dekat dan sedikit lebih jelas :D Selamat menikmati!
Upss! ini untuk foto yang lebih dekat dan sedikit lebih jelas :D Selamat menikmati!

The Play Ground!

Melihat keunikan yang ada di sepanjang jalan menuju museum udah, mengantri sambil menikmati preview sebelum masuk ke museum sudah, apalagi menikmati bagian dalam museum, gak boleh ketinggalaaaan!

Apalagi sampai kelaparan, terus makan di kafe Museum Fujiko F Fujio!

Teruuus… apa lagi dong yang belum?

Naaaaaah! buat yang doyaaan banget sama Doraemon, bermain main di bagian play ground atau taman bermain-nya museum doraemon tidak boleh ketinggalan!!

Percaya atau enggak, bermain di taman yang satu ini seakan – akan saya terbawa ke kenangan masa kecil saya dengan mesin waktu.

Dibagian ini mimpi – mimpi masa kecil saya kembali liar! Jadi kangen masa kecil euy pas main kesini.

Di play ground museum saya bisa menemukan ukuran asli karakter doraemon.

Ada juga beberapa pernak pernik yang sebelumnya hanya bisa saya lihat di dalam komik karya Fujiko F Fujio saja.

Jadi, ayooooo! tunggu apa lagi?

Dan... di play ground inilah, saya terbawa ke masa lampau, tempat kenangan masa kecil saya berada. ada yang tau, siapa yang sedang tidur siang di atas rumput itu?
Dan… di play ground inilah, saya terbawa ke masa lampau, tempat kenangan masa kecil saya berada. ada yang tau, siapa yang sedang tidur siang di atas rumput itu?
Enggak tanggung - tanggung! taman bermain Museum Fujiko F Fujio ini lumayan luas juga. Asik untuk berkeliling sambil berburu peralatan yang tercecer dari kantong ajaib Doraemon.
Enggak tanggung – tanggung! taman bermain Museum Fujiko F Fujio ini lumayan luas juga. Asik untuk berkeliling sambil berburu peralatan yang tercecer dari kantong ajaib Doraemon.
Eeeeeh? Apa itu yang seperti telepon umum? Kok ada di tempat ini yaaaa?
Eeeeeh? Apa itu yang seperti telepon umum? Kok ada di tempat ini yaaaa?
Ooooh, ternyata itu kotak telepon andaikannya si doraemon toh :D atau kadang ada juga yang mengenal dengan nama Moshimo-box!
Ooooh, ternyata itu kotak telepon andaikannya si doraemon toh :D atau kadang ada juga yang mengenal dengan nama Moshimo-box! Yang mau tau, apa itu kotak andaikan, bisa liat video ini.
Wah! Kaget! Ada dinosaurus peliharaannya si Nobita disini!! Tahu kan? Yang namanya Piisuke itu loh :D Enak banget mereka bisa naek yak! Nobitaa... Doraemooon... ikutan dong :p
Wah! Kaget! Ada dinosaurus peliharaannya si Nobita disini!! Tahu kan? Yang namanya Piisuke itu loh :D Enak banget mereka bisa naek yak! Nobitaa… Doraemooon… ikutan dong :p
Kalau yang ini, patung Bauwanko dari film Doraemon petualangan, Doraemon: Nobita and the Haunts of Evil.
Kalau yang ini, patung Bauwanko dari film Doraemon petualangan, Doraemon: Nobita and the Haunts of Evil.
Peralatan ajaib doraemon yang paling ingin saya miliki ada di Museum Fujiko F Fujio nih! Cobain yuuuk, heheee!
Peralatan ajaib doraemon yang paling ingin saya miliki nih! Cobain yuuuk, heheee!
Udah pada tau kan? Kalau namanya pintu kemana saja (dokodemo door), kalau boleh pengennya dibawa pulang nih pintu, lumayan gak perlu kena macet lagi di jalan :D
Udah pada tau kan? Kalau namanya pintu kemana saja (dokodemo door), kalau boleh pengennya dibawa pulang nih pintu, lumayan gak perlu kena macet lagi di jalan :D
Kalau ini apa dooong? Coba tebaaak!?
Kalau ini apa dooong? Coba tebaaak!?
Eeeeh! Ada tiga pipa besar dan Doraemon lagi ada disebelahnya? Hemmm...
Eeeeh! Ada tiga pipa besar dan Doraemon lagi ada disebelahnya? Hemmm…
Yak, ini adalah pipa yang ada di taman bermain, biasanya sih buat sembunyi nobita kalau lagi dikejar sama Giant, atau tempat tidur siangnya kalau lagi pulang sekolah :D
Yak, ini adalah pipa yang ada di taman bermain, biasanya sih buat sembunyi nobita kalau lagi dikejar sama Giant, atau tempat tidur siangnya kalau lagi pulang sekolah :D

Souvenir Store Di Museum Doraemon Karya Fujiko F Fujio

Bagian terakhir dari rangkaian tour ke Museum Doraemon adalah, ruangan untuk berbelanja oleh – oleh atau souvenir store-nya museum.

Pada bagian terakhir museum ini juga lah, komitmen saya untuk tidak berbelanja oleh – oleh terlalu banyak (ngirit) ketika backpacking selama 13 hari di Jepang berakhir.

Yah, siapa juga yang bisa tahan untuk tidak berbelanja pernak – pernik lucu khas karakter si komikus Fujiko F Fujio?

Apalagi jika pernak – pernik lucu tadi hanya bisa didapatkan di souvenir store museum ini saja.

Akhirnya saya dengan rela menyerahkan 5000 Yen saya kepada kasir souvenir store Museum Doraemon untuk sebuah bantal lucu bergambar Doraemon dan beberapa pernak – pernik lucu lainnya.

Lima ribu yen masih belum terlalu banyak untuk belanja oleh – oleh kan?

Komitmen saya untuk tidak berbelanja terlalu banyak terlupakan sejenak ketika melihat pernak – pernik lucu yang ada disini!

Jadi hasilnya, ketika saya sadar 5000 yen melayang hanya dalam setengah jam :|.

Jadi siapin uang yang banyak saja, karena kamu pasti pengen belanja ketika berada disini.

Inilah ruangan untuk berburu pernak - pernik lucu yang ada karakter Doraemon di museum Fujiko F Fujio. Saya yang awalnya pengen ngirit ketika traveling di jepang pun, tergoda dengan semua pernak - pernik lucu di ruangan ini. Seakan mereka bilang, beli aku, bawa aku, beli semua... arrrgh~~
Inilah ruangan untuk berburu pernak – pernik lucu yang ada karakter Doraemon di museum Fujiko F Fujio. Saya yang awalnya pengen ngirit ketika traveling di jepang pun, tergoda dengan semua pernak – pernik lucu di ruangan ini. Seakan mereka bilang, beli aku, bawa aku, beli semua… arrrgh~~
Barang yang paling ingin saya beli ketika berada di ruangan ini adalah bantal lucu bergambarkan Doraemon, berwarna biru. Enggak tahan aja liat gambar doraemon yang lucu ada di bantal XD
Barang yang paling ingin saya beli ketika berada di ruangan ini adalah bantal lucu bergambarkan Doraemon, berwarna biru. Enggak tahan aja liat gambar doraemon yang lucu ada di bantal XD
Selain bantal, ada banyak sekali barang lucu yang bisa di beli disini. Mulai dari kaos yang bermotif karakter - karakter lucu ciptaan komikus fujiko - fujio, hingga komik edisi spesial yang cuma ada di souvenir store Museum Doraemon Karya Fujiko F Fujio.
Selain bantal, ada banyak sekali barang lucu yang bisa di beli disini. Mulai dari kaos yang bermotif karakter – karakter lucu ciptaan komikus fujiko – fujio, hingga komik edisi spesial yang cuma ada di souvenir store Museum Doraemon.
Jeng Jeeeng! Saya selesai berbelanja, dan siap mengikhlaskan 5000 yen kepada kasir toko souvenir museum *hiks lima ribu yen ku*
Jeng Jeeeng! Saya selesai berbelanja, dan siap mengikhlaskan 5000 yen kepada kasir toko souvenir museum *hiks lima ribu yen ku*
Tulisan di pintu keluar またきてね (matakitene!) yang artinya kurang lebih "datang lagi ya" Aaaaaa...! Kalau ada kesempatan, pasti saya akan datang kesini lagi!
Tulisan di pintu keluar またきてね (matakitene!) yang artinya kurang lebih “datang lagi ya” Aaaaaa…! Kalau ada kesempatan, pasti saya akan datang kesini lagi!
Saran saya, buat penggemar doraemon, atau penggemar karakter buatan komikus Fujiko F Fujio, datanglah ke Museum Fujiko F Fujio dengan membawa uang lebih. Biar lebih enteng belanja pernak - pernik lucu kesukaanmu. Yang ala backpacker juga boleh loh, dateng ke museum ini, tetapi kalau nanti overbudget, atau malah belanja kebanyakan, jangan salahkan saya! Belanja di tempat ini tidak bisa ditahan :p
Saran saya, buat penggemar doraemon, atau penggemar karakter buatan komikus Fujiko F Fujio, datanglah ke Museum Fujiko F Fujio dengan membawa uang lebih. Biar lebih enteng belanja pernak – pernik lucu kesukaanmu. Yang ala backpacker juga boleh loh, dateng ke museum ini, tetapi kalau nanti overbudget, atau malah belanja kebanyakan, jangan salahkan saya! Belanja di tempat ini tidak bisa ditahan :p

Sedikit Video Vlog Berkunjung Ke Museum Doraemon Ini

Dibawah ini kamu bisa menemukan sekilas video dari museum.

Meski bukan semuanya, namun paling tidak ini bisa memberikan gambaran bagaimana menariknya tempat wisata di Jepang ini.

Kalau ada kesempatan liburan ke Jepang, Museum ini wajib kamu kunjungi ya!

Main Ke Museum Doraemon Di Jepang! [ Fujiko F Fujio Museum Japan] [ Vlog Jalan Jalan Di Jepang ]

 

Nah, rasanya seharian bersama Doraemon di Museum Fujiko F Fujio atau Museum Doraemon ini masih saja kurang, masih banyak mimpi – mimpi liar saya yang bisa diwujudkan disini.

Semoga ada kesempatan lain untuk mengunjungi musium ini ^^

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com


Comments

  1. cumilebay.com says:

    Kalo aku punya pintu ajaib, aku akan ke himalaya, tibet, nepal, india, kyrkistas, tajikista dan negara2 pecahan soviet lain nya :)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi says:

      enakan buat ke kantor aja mas cumi akakak, gak capek2 lagi jalan~~

  2. Indra Setiawan says:

    AAAk…q fans y Doraemon juga kak…pengen pinjam pintu ajaibnya..:-D

  3. huaaaa, pengen kesini. Mau cubitin perut doraemon yang buncit :D

  4. Pingback: Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 1 - Di Perjalanan - @catperku
  5. Pingback: Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 6 - The Souvenir Store - @catperku
  6. aiiiih doraemon…asli penasaran banget nyobain dorayaki. kalau punya pintu ke mana saja pingin dipake ke kamar mandi, biar rajin mandi :))))

    1. Rijal Fahmi Mohamadi says:

      saya juga pengeeen, tapi sama doraemon enggak dikasi pinjem kemaren :( *hiks*

  7. Aaaaa ini kali kedua aku baca tentang Museum Doraemon (setelah sebelumnya di blog Alid), jadi makin mupeng ke sana haha.

    Cerita Giant yang kecebur di sumur/sungai (?) itu inget hehe karena dulu punya komiknya (yang sekarang ntah dimana).

    Ditunggu catatan perjalanan lain di Jepang ya mas :)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi says:

      Semoga nanti bisa ketularan ke sana :D ini masih banyak cerita sebenernya, cuma waktunya kurang buat nulis :D moga ada waktu nyantai banyak deh, ditunggu ya :D

  8. Sukaaaa sukaaa Doraemonnn… :-)
    Ingon dorayali, ingin cubit pipi Dora, ingin ini ingin itu banyak sekali hahaha… Nice share bro.
    Bener-bener kudu nabung buat ke Jepang tahun depan. Fightin! :-D

    1. Rijal Fahmi Mohamadi says:

      semoga cepet sampai sana, terus cubit pipi doraemon :D

    1. Rijal Fahmi Mohamadi says:

      hehee, pasti bisa nanti XD tetep pengen ajaa, cari visa jepang lebih gampang loh :D

  9. Pingback: Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 3 - Bagian Dalam Museum, Lounge Room - @catperku
  10. Pingback: Tour Ke Museum Fujiko Fujio (Museum Doraemon) Bagian 2 - Bagian Depan Museum - @catperku
  11. iis istichomah says:

    Huwaaaaaa.. mau kesana mau kesanaaa…..
    mau peluk dora, mau ajak dia ke Indonesia
    aseli mupeng parah.. racun bgd ini tulisan..
    *gagal ikutan quis gratis ke Jepang huhuhu T_T

    1. Rijal Fahmi says:

      doraemon gak boleh diajak ke indonesia tuh katanya :p coba ikutan kuis lagi kalau ada. Siapa tahu beruntung ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *